Mual dan Muntah Berlebihan Saat Hamil?

Mual dan Muntah Berlebihan Saat Hamil

Siapa di sini yang mual dan muntah berlebihan saat hamil? Sayaaaaaaaaaaaa, kalau bisa ngacung pakai kaki mau deh saking saya kebetulan Ibu yang dikaruniai kehamilan yang dahsyat apalagi di tri semester awal. Aww sesuatu pokoknya.

Lima kali hamil membuat saya bahagia memang. Sangat. Anak-anak adalah rejeki Allah yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Mengingat kondisi saya sebelumnya seorang survivor yang  kemungkinan kecil punya anak saat itu. Tapi Allah Maha Adil, Dia berikan rejeki tidak terhingga kehamilan berulang dan anak-anak yang sangat sehat. Alhamdulillah.

Masih ingat saat pertama kali testpack, rasanya gemetaran sambil nangis. Bersyukur sangat ternyata diberikan kemudahan hamil berulang dalam waktu dekat. Dimana banyak teman yang terus berjuang hamil, saya diberikan sehat hamil sampai lahiran. Sekali lagi, Alhamdulillah.

Mual dan Muntah Berlebihan Saat Hamil


Masih ingat juga, saat pertama kali USG. Ya ampun itu pas dengar detak jantung jangan ditanya gimana rasanya. Sampai tidak terasa air mata mengalir sendiri saking bahagianya. Rasanya, luar biasa. Sampai ada kali print USG itu dipandangi terus-terusan sampai dibawa tidur saking senengnya. Eh iya, momen ke dokter kandungan itu selalu saya nantikan. Uwuuu banget rasanya lihat si bayi muter-muter di perut sambil menyapa kami kayaknya. 

"Hai, Mamih!"
"Hai, Papih!"

Saya dan Papih pun pelukan. Tanda bahagia. Sangat bahagia tak terkira. Nanti kalau kalian baca tulisan ini ya, Nak! Inget kalau Mamih dan Papih itu sayang sama kalian semua :* pokoknyaa titik dua bintang bintang bintang bintang deh!

Tapi di balik senang pasti ada susah, kita sebut itu perjuangan ya biar lebih menjaga hati tetap terhura dengan kehamilan yang terjadi. Di semua ke-5 kehamilan saya, kebetulan di tri semester pertama semua mengalami muntah mual yang tak terhingga. Sebel? Tidak sih, lebih ke gemes gitu bawaannya kok mual muntah aja sih! Bahkan kehamilan ke-4 dan ke-5 saya mengalami mual, muntah plus kontraksi dari awal hamil sampai lahiran. Rasanya? NIKMATTT!

Walau begitu, mual dan muntah yang terjadi tetap mengharuskan saya merawat anak-anak yang lain. Saya tetap berusaha bisa antar jemput anak sekolah dan les. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti biasa, kerja nulis blog dan hal lain seperti kalau tidak hamil saja tidak ada yang berbeda. Dan saya bisa loh! Kadang saya geleng-geleng kepala, wihhhh tibakne iso loh aku melakukan banyak hal saat hamil.

Cuma ya kalau ditanya mau lagi? Hamil? Anu, cuma untuk dikenang saja. Umur saya pun sudah sangat berumur untuk hamil lagi. Mau hamil sambil ngasuh anak lagi begitu? Makasih ya, Beb. Big no no. Ndak wes, makasih banyak. Sepurane tak pamitan wkwkwk. Tangan cuma 2 yang diurus banyak banget. Gak kepegang, apalagi sekarang punya anak kan bukan cuma perkara hamil lahiran aja. Aihhhh banyak yang dipikiri. Cukup kenangan dan nostalgia yang sangat indah.

Mual dan Muntah Pada Kehamilan


Ngomong-ngomong masalah mual dan muntah di kehamilan banyak yang mengalami memang. Saya contohnya. Tapi ya ada pada beberapa Ibu yang kebetulan hamilnya badak katanya, mau makan apa saja oke, mau ngapain aja bisa banget, pokoknya hamil mulus semulus kulit bayi. Tapi saya ya kan kebetulan yang masuk di rata-rata hamil mual muntah. Ya apa boleh buat, jalani aja.

Baca juga

Mual dan Muntah Berlebihan Saat Hamil

Pokoknya kalau hamil yang diingat IBU HAMIL KUDU SENANG. Anak saya ada di perut sehat walafiat, nanti lahir bayi yang lucu sambil bayangin yang senang bahagianya saja. Karena kalau tidak begitu, yang ada bakal bikin kita stress berkepanjangan. Tidak baik juga kan buat bumil?

Kalau ditanya berapa lama mual dan muntah saat hamil? Ya tergantung banyak faktor. Tiap Ibu hamil kan beda semua, secara yang dikandung ya bayi di perut masing-masing bumil kan?Ada yang cuma mual muntah sebentar, tapi ada juga yang kayak saya sampai menjelang kelahiran masih mual muntah. Tapi biasanya memang terjadi sampai 3 bulanan, pokoknya tri semester awal. Saat masuk 4 bulan biasanya sudah enakan. Cuma ya memang tidak semua bisa seperti itu, beda-beda tiap Ibu hamil

Sebenarnya, mual dan muntah itu terjadi di pagi hari atau biasa kita sebut dengan morning sickness ini adalah kondisi yang wajar. Penyebabnya karena hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) meningkat pada tubuh ibu hamil. Makanya ketika hormon ini meningkat bakal bikin rasa mual pada ibu hamil pun cenderung memuncak. Cuma sekali lagi, saya bisa seharian mual muntahnya tidak inget jam -______________-.

Normalkah ibu hamil sering muntah? Selama masih normal dan tidak membuat berat badan Ibu dan janin tidak sesuai kenaikan perbulannya, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Tapi kalau sampai hiperemesis gravidarum, dimana itu kondisi mual muntah yang sangat parah sehingga tidak ada yang bisa masuk makanan dehidrasi maka harus rawat inap, biasanya diberikan anti mual dan infus cairan IV. Biasanya tidak boleh turun dari tempat tidur treatmentnya istirahat aja pokoknya. Cuma kan kalau udah ada anak lain susah banget ngejalaninya. Huhuhu.

Apa yang harus dilakukan ketika mual saat hamil? Yang pertama, ikhlas dulu. Beneran kalau kita ikhlas dulu, mau apa saja enak menjalaninya. Karena ini merupakan bukti kita bersyukur juga. Terus yang kedua, jangan lupa untuk menjauhi makanan atau hal apapun yang membuat pemicu mual muntah. Ada ibu hamil yang tidak suka bau badan suami sehingga bikin mual muntah loh! Jadi ya kudu temuin solusinya, misalnya suami pakai parfum yang disukai ibu.

Dokter kandungan biasanya memberikan obat anti mual, cuma kebetulan di saya itu tidak mempan. Tetap muntah aja pokoknya wkwkkw. Malah kalau pakai obat mual saya pusing banget karena yang tadinya harus muntah jadi ketahan huhuhu.

Eh iya, pas hamil muda saya sukanya beda-beda, tapi yang rada asem bikin enak memang. Cuma buat yang punya penyakit maag kudu ati-ati ya. Nanti malah bisa tukak lambung sakit terus mual muntahnya. Jadi makan apa saat mual hamil muda? Makan aja yang kamu suka dan bisa dimakan.

Yang penting jangan lupa untuk makan dalam porsi sedikit ya, pelan-pelan dengan jeda waktu biar tidak keluar muntah semua langsung. It's work di saya! Jadi saya makan jeda dikit-dikit yang penting ada yang masuk. Sambil ya itu berusaha makan yang bisa dimakan pokoknya. 

Sebenarnya buah juga dipercaya bisa menghilangkan mual saat hamil. Biasanya saya suka buah apel dan mangga. Uenakkk tenan. Pernah ya sekali waktu saya ngidam mangga di musim tidak panen mangga. Sebiji kecil itu kena 40ribu. Mahal pisan. Tapi dibeli sama Papih dan mau tahu rasanya? Sssedaaaaaaaaaap. Ngidam? Hmmm gak tau ya mungkin karena pengen saja. Btw, sebenarnya ya bawaan ngidam itu terjadi karena pikiran Ibu hamil yang kadang ada asupan tidak terpenuhi bikin ngidam ibu hamil ada aja pokoknya.

Mama’s Choice Pregnancy Supplement, Morning Sickness Relief Bikin Nyaman Ibu Hamil

Suplemen makanan apa yang bisa digunakan untuk mengatasi mual? Banyak sebenarnya tapi bagaimanapun kita harus memilih yang tepat dan tidak berbahaya buat janin kan? Contohnya vitamin kehamilan dari dokter kandungan kudu diminum. Begitupun vitamin lainnya juga sama kudu diminum kayak kalsium dan zat besi, karena kerasa banget kalau hamil kurang kalsium dan zat besi bakal berpengaruh pada kesehatan janin.

Saya masih ingat dulu suami sering banget bikinin minuman hangat dan ada jahenya. Lumayan banget ngurangi mual muntah. Makanya pas ada Mama’s Choice Pregnancy Supplement, Morning Sickness Relief ini bikin nyaman perut Ibu hamil. 

Mama’s Choice Pregnancy Supplement, Morning Sickness Relief

Mama’s Choice Pregnancy Supplement, Morning Sickness Relief

Bikin perut nyaman dengan cara aman is a must kan? Mama’s Choice Pregnancy Supplement, Morning Sickness Relief bakal dapat membantu Mama mengurangi gejala mual hingga muntah. Ini tuh kaya banget sama ramuan obat tradisional berkhasiat secara turun temurun. Apalagi minuman yang ngangetin diformulasikan dengan produk plus proses halal ini tanpa bahan kimia, pengawet, pewangi, dan pewarna buatan. 

Semudah itu pakainya, tinggal diseduh dengan air panas dan minum di pagi hari. Pasti sedap dan menghilangkan rasa mual. 

Harganya terjangkau kok Rp 149,000 yang sekarang lagi diskon jadi Rp79,000 bakal bikin gejala mual hingga muntah berkurang. 

Baca juga

Kalau mau beli bisa pakai kode voucherku biar dapat diskon 25 ribu setiap pembelian minimal 90 ribu. Mayan banget kan? Masukin saja kode voucherku MAMAECHA di website www.mamaschoice.id dan jangan lupa pantengin ignya @mamaschoice.id soalnya bakal sering ada promo. Mayan kan hemat, aman, nyaman, natural, dan bikin tenang bumil-bumil.

Tetap semangat di kehamilannya yaaa. Terus berpikir positif dan bikin hati ibu hamil bahagia. Mual dan muntah berlebihan saat hamil? Atasi dengan Mama’s Choice Pregnancy Supplement, Morning Sickness Relief. Cobain deh! Dan tetap semangat kehamilannya. Mmmmuaaah!

Komentar

  1. Aku termasuk yang suka mual saat hamil, tapi gak pernah sampai muntah, alhamdulillah.
    AKu baru tau Mama's Choice juga ada suplement buat bumil nih, lengkap banget ya produknya, ini asupan yang berguna banget ini buat bumil...

    BalasHapus
  2. Waktu anak pertama saking mual muntah pernah nekat minum tolak angin 😅. Anak kedua nggak begitu parah mual muntahnya. Nah, pas yang ke 3 nih, trimester awal lumayan parah mual muntahnya. Sayangnya aku baru tahu produk Mama's Choice ini setelah mual muntah mereda. Coba kenapa lebih duluan ya, ga ada drama mual muntah deh.

    BalasHapus
  3. Samaan kita, Mak. Apanya yang morning sickness? Kalau mualnya sepanjang hari mah namanya "All day sickness" Haha. Tapi setelah melahirnya ya sudah itu kayak kenangan lucu aja, yaa. Alhamdulillah Mama's Choice punya produk untuk mengurangi rasa mual ibu hamil. Ini paling dibutuhkan sama semua ibu hamil yang mualnya suka tak tertahankan, nih. Karena rasa mual yang berkurang ternyata bisa bikin mood bumil jadi lebih baik.

    BalasHapus
  4. Bener banget Mbak Echa.. semua kalau dijalani dengan ikhas berasa lebih enteng ya.. udah mual-mual, terus ngeluhhh aja bawaannya, berasa makin berat gak sih hihi. Tapi belum pernah liat hamil mual sampe mau lahiran, luar biasa sekali perjuangannya :D.

    BalasHapus
  5. saya juga termasuk yang mual dan muntah berlebihan sih mba, kadang di rumah hanya sarungan aja, tapi hanya di trimester satu, waktu itu belum tau suplement ini, hehehe

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah aku termasuk yang ngga mual muntah berlebihan sih. But, makasih rekomendasi produknya ya mam.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah aku termasuk jarang mual saat hamil, memang tersiksa banget ya bumil yang muntah apalagi all day sickness kebayang sakitnya..minuman dari Mama Choice bikin bumil lebih nyaman ya

    BalasHapus
  8. Dulu aku mual bahkan sampai muntah pas hamil kalau naik kendaraan. Turunnya puyeng. Sama makan lauk telur. Entahlah, pas hamil, aku tu kayak musuhan banget sama telur. Mau dimasak apapun, blas gak doyan, malah bikin muntah.😁

    BalasHapus
  9. MashaAllah
    Ada produk terbaru lagi dari Mama's Choice yakni Mama’s Choice Pregnancy Supplement. Ini beneran perlu banget untuk membantu mengurangi mual muntah berlebihan. Soalnya kalau terlanjur mual, semua makanan gak ada yang mau masuk.
    Hiiks~

    Fase kehamilan yang paling bikin sedih.

    BalasHapus
  10. Laah diskonnya koq banyak bangett, jadi mupeng mau beli, tapi lagi ga hamil, eh belum :) mengingat perjuangan pas hamil perdana dulu jadi sebisa mungkin hamil ketiga nanti mau dipersiapkan amunisi buat mual2 di TM 1 supaya bisa maksimal ngasih nutrisi sedini mungkin ya Mba

    BalasHapus
  11. Aku juga mual dan muntah sampai pahit terasa di mulut. Nah bagus nih buat ibu hamil agar bisa mengatasinya

    BalasHapus
  12. Aku mual parah tuh hamil pertama. Sampe sempet ngebatin "ya Allah gini amat ya hamil"

    BalasHapus
  13. Jahe sama lemon emang meredakan mual banget, kalo aku jahe sih juaranya, pa smual minum jahe jadi nyaman perutnya. enak ya sekarang sudah ada yang gampang diseduh gini

    BalasHapus

Posting Komentar

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^