Macam-macam Permainan Seru di Rumah Saja

Macam-macam Permainan seru di rumah saja

Pandemi memang membuat segalanya beda. Semua hal dilakukan serba dari rumah, mulai dari bekerja, berjualan hingga belajar pun juga dari rumah. Iya,  saya dan keluarga juga mengalaminya. 

Untungnya kehidupan blogger ini memang membuat saya sudah terbiasa di rumah saja. Suami mungkin yang sedikit perlu adaptasi, di mana biasanya dia selalu pagi sampai malam di kantor sekarang beneran cuma di rumah saja. Anak-anak pun sama, yang harusnya Raffi bisa wisuda di gedung dan ikutan pelajaran di sekolah sekarang bisanya daring saja. Raffa pun yang sudah waktunya masuk TK A juga cuma bisa ikutan daring. 

Kegiatan daring pun saya rasa banyak banget (Sepertinya), mengingat biasanya dilakukan guru sekarang semua dilakukan bareng orang tuanya. Ya lumayan juga kan menguras emosi*eh. Iya loh, kalau di sekolah kayaknya anaknya nurut-nurut aja, kalau di rumah disuruh ngerjakan apa pasti alasan-alasan aja. Gemes ya? Bangetttt!

Dan itu bukan hanya masalah saya dan keluarga, tapi hampir seluruh orang tua terus mengalami hal yang sama. Kebayang kan kalau anaknya banyak kayak gimana mengatur jadwal daring dan mengajari sedangkan kita sendiri harus mengerjakan kerjaan lainnya? Sesuatu pokoknyaaa.

Tapi itulah adaptasi selama pandemi yang harus dilakukan. Mau tidak mau daripada anak malah lebih telat menerima pelajaran kan? Ya di rumah tetap dilakukan semampunya. Seru? Iya! Sebel? Ya gitu deh! Dan jangan lupa ambil hikmah positifnya kalau kita sebagai orang tua bisa lebih lama bersama anak. Biasanya kan anak sibuk sekolah dan orang tua sibuk bekerja di tempat yang berbeda, sekarang semuanya harus bisa selaras satu sama lain. 

Namun namanya anak-anak, pasti ada rasa bosan dan bete saat diminta terus belajar daring yang tugasnya seabrek!. Kita sebagai orang tua jangan lupa tetap memberinya kegiatan bermain ya. Karena dengan bermain, anak akan lebih kreatif dalam melakukan banyak hal. Jadi jangan lupa walau anak belajar daring, kegiatan bermain tetap harus balance.

Saking banyaknya kegiatan bermain yang bisa dilakukan di rumah saja, ini ada beberapa permainan yang mungkin bisa menjadi salah satu inspirasi untuk bermain seru walau di rumah saja. Apa saja? Cekidot yaa!

Macam-macam Permainan Seru di Rumah Saja


1. Bermain monopoli

Permainan ini memang tidak lekang waktu. Tahu tidak kalau permainan monopoli juga bisa melatih anak tentang belajar uang, menstimulasi rasa strategi dan juga bekerja sama dengan orang lain. Saya ingat dulu saat masih kecil, rasanya senang punya banyak rumah di satu tempat. Seperti juragan tanah jadinya hihihi. Terus bisa ambil sewa , tapi tiba-tiba saya kalah dan harus menjual rumah tanah huhuhu sedihnya ampun walau cuma permainan.

Anak-anak saya yang sekarang sudah besar sudah bisa saya ajak bermain ini. Ya senang saja anak saya ternyata sudah besar bisa diajak bermain monopoli. Dan senangnya lagi, kan ini ada tentang uang gitu. Buat yang kelas 2 SD pasti hapal kalau sekarang ada pelajaran tentang mata uang, jadi lumayan buat menambah anak memahami pelajarannya.

bermain monopoli

2. Berenang bersama

Anak mana sih yang tidak suka air? Wuhuuu, hampir semua anak suka bermain air dan berenang. Walau berenangnya cuma kecipak kecipuk, tapi ini bikin senang tetap. Anak-anak jadi happy! Banget.

Sampai kalau tidak disuruh berhenti ya tidak berhenti-berhenti. Hehehehe. Karena sekarang jaman pandemi, pasti tidak akan boleh berenang atau terbatas. Makanya di rumah saya menyediakan kolam renang anak biar anak sesekali bisa bermain sepuasnya walau di rumah aja. 

berenang di rumah saja

3. Bersepeda

Ini permainan seru yang anak saya sering lakukan setiap hari, setiap pagi, setiap sore dan setiap waktu. Duh sampai itu gemes mukanya pada sedikit menghitam. Apalagi kalau musim layangan, yang ada mereka  mengejar layangan sambil main sepeda. Yaa, gimana muka kagak item kan?

Tapi bersepeda memang membuat anak senang, apalagi mereka bisa melatih keseimbangan badan saat mengayuh agar tidak jatuh. Saya sendiri memang mengenalkan anak-anak sepeda dari kecil. Saat 2 tahun mereka sudah kenal balance bike, jadi saat 4 tahun memang sudah bisa naik sepeda kayuh sendiri. Yeay!

bersepeda


4. Menggambar dan mewarnai

Untuk melatih dan menstimulasi "ASA RASA" anak, kegiatan menggambar mewarnai selau saya lakukan. Walau peminatannya berbeda, kegiatan menggambar ini akan tetap bisa membuat anak lebih kreatif dalam banyak hal. Mulai dari membuat konsep, ide, plot gambar sampai finishing pewarnaan tetap sangat membantu anak dalam banyak hal. Ya kalau bisa memang harus dari kecil agar bisa diasah.

Kegiatan ini akan bisa menjadi permainan seru kalau kita bisa membuatnya sebagai kegiatan bermain. Yaitu bisa dari membuta dot dan mengajak anak untuk menghubungkan titik demi titik. Apalagi kalau mewarnainya dengan bahan-bahan foodgrade yang mereka diajak untuk mencoba membuatnya. 

Pasti seru banget!
 
menggambar bersama anak

5. Bermain seru di Plays.org

Nah, kalau ini pasti anak-anak jaman now suka!. Iyes, anak-anak saya berikan waktu untuk bermain games di plays.org. Ini adalah website games yang punya buanyak banget permainan. Kalau tidak salah ada 900 game lebih loh! 

bermain seru di plays.org

Saya bolehkan memang main di laptop karena lebih terukur waktu kalau main di laptop atau kompi. Kebayang kalau main di hape atau install game si gawai hape, itu beneran rada susah nekan waktu ke anak. Dan saya lebih susah mengawasi sih kalau pakai hape. Kalau di laptop kan lebih ketahuan jamnya, manajemen waktu sepakat bermainnya juga bisa saya terapkan.

Selain banyak banget permainan di Plays.org yang selalu diupdate games baru, saya juga suka karena tidak ada iklan. Ya kan suka bete kalau kita lagi main games biasanya ya iklannya buanyakkk banget, kebayang tidak nunggunya pasti dah kesal duluan. Buat yang baru buka juga mudah pakai dan mainnya, karena kita bisa lihat permainan-permainan yang rekomen. Mulai dari yang populer sampai permainan asah otak ada semua karena sudah dimasukkan per kategori. 

kenapa main di plays.org

Kalau misalnya punya game favorit kayak saya pacman atau mario bros yang angkatan jadul pun ada tinggal search saja kata kuncinya. Semudah itu kan? Buat yang komputernya ram tipis ini juga membantu, karena saat terhubung koneksi di plays.org ini tidak membuat komputer lag atau hang. Dijamin anak-anak saat bermain juga senang deh.

Susah tidak bermain game di plays.org. Nggak kok! Kita bisa search permainan atau pilih game yang disukai, di sana nanti akan ada tentang permainannya, cara bermain, rating game yang bisa jadi masukan buat kita memilih untuk main game tersebut.

cara memainkan Plays.org

Tuh lihat saja, saya main Pacman dan seru banget jadi mengingatkan saat jaman kecil gembot xixixi (((GEMBOT))). Ada juga kok permainan arcade yang seru-seru lainnya jadi semacam bangun kota dan pertahanan gitu. Game lainnya? Banyak jugaaa, jangan khawatir kita tetap bisa pilih games yang memang cocok di hati.

Saya saja senang kok mainnya, apalagi anak-anak kan. Cuma jangan lupa untuk selalu memberi timer waktu anak bermain ya, biar tidak lupa waktu. Jangan sampai mereka jadinya malah main terus lupa belajar hehehe.

Ini beberapa macam-macam permainan seru di rumah saja yang bisa kita lakukan selama pandemi agar anak tidak bosan dan tetap bahagia. Karena anak bahagia pasti akan bikin Ibu bahagia, betul gak? Selamat bermain seru walau di rumah saja ya!

happy playing at plays.org

Yuk cobain permainan game seru di Plays.org

Komentar

  1. Selama ini bingung cari permainan yang aman dan seru buat anak. Kuliat plays deh, siapa tau anakku jadi suka

    BalasHapus
  2. Dari jaman ke jaman ya monopoli masih digemari, seru sih mainnya apalagi jadi ada kedekatan sama keluarga. Nah di jaman digital main games juga perlu dikenalkan biar gak gaptek ya, tinggal pilih games yg sesuai di plays.org aja

    BalasHapus
  3. Aku tertarik dibagian Gembot...fixed mainan kita dulu sama hahaha
    Aku juga lebih pilih anak main games di laptop, karena bisa deal-deal waktunya. Kalau di HP bablas dia. Enak dong kalau ngegames di plays or ini ga ada iklan, banyak pula pilihan. cuz kasih tahu anakku

    BalasHapus
  4. Main monopoli, ular tangga, Ludo dan satu lagi apa itu saya lupa memang sering kami lakukan secara di kertasnya itu bolak balik tersedia. Jadi kalau bosen ular tangga, balik pindah ke main Ludo.
    Bersepeda, menggambarkan, termasuk kemping di halaman sambil masak-masakan sering juga. Justru main game di play.org yang belum pernah kami coba. Jadi penasaran nih makanya...

    BalasHapus
  5. Wah, asyik banget nih ada game yang beragam jenisnya
    Cucok buat anak aku yang kalo main game sering bosenan,
    Jadi bisa ganti-ganti kan yah

    Nanti mau cobain juga ah di rumah main game di Plays.org mbak Echa, mamanya juga pengen ikutan main kan hehehe

    BalasHapus
  6. Anti ngelag nih penting banget buat saya kalau main game. Kan jadi bete kalau lagi asyik main game, terus tiba-tiba respons di layar kita lambat, atau lebih parah lagi, nggak ada respons

    BalasHapus
  7. Dariing luar biasaaa. Menguras air mata ibu dan anak haha. Uji coba ptm, enak bangeeet. Klo ngerjain di skul. Slap sleeep kelar ya pas di rumah tuh iklannya banyak banget, sponsornya nggak abis2.
    Plays. Org aku udah ke tkp waktu itu banyak pilihannya seruu..

    BalasHapus
  8. Asik ada rekomendasi permainan yang bisa dimainkan bareng. Belakangan sering main menggambar juga mewarnai bersama anak. Aku mau coba ah plays.org :)

    BalasHapus
  9. Waah saya jadi penasaran mau lihat play. Org nih, Mba. Banyak pasti ya permainanannya disana. Bisa buat balita ga ya?

    BalasHapus
  10. Bermain di rumah aja bisa seru juga yaaa. Bisa memaikan permainan yang tradisional sampai yang butuh teknologi.
    Wah kyknya menarik nih gamenya di Plays, bisa pilih yang gampang2 aja biar anak2 juga fun yaa

    BalasHapus
  11. Kapan hari sempat nyari-nyari tempat main game kayak mario bros gitu mbak ahahaha. Ada ya disini, seru juga ya bayak pilihan gamenya. Siap ajak main anakku, biar nggak bosan di rumah aja

    BalasHapus
  12. Asyik juga mainnya di PC dan laptop ya tapi gamenya nggak berat kayak game PC biasa, jadi lebih mudah diawasi dibandingkan main game via HP.. Aku juga pengen ajak bocah berenang nih kangen air.

    BalasHapus
  13. Pengen ah lihat di plays.org. Kayaknya saya bakal suka juga. Soalnya saya suka game yang ringan. Gak mau yang bikin pusing kepala :D

    BalasHapus
  14. aku lagi cek ricek game di plays.org juga nih Mak, banyak banget. anakku belum main, emaknya duluan nih...
    ngomongin monopoli,jadi inget zaman dulu ampe hutang2nya dicatet,hehehe... pengen main lagi tapi anakku belum bisa. mainnya paling ular tangga aja

    BalasHapus
  15. Bener banget main game di Plays itu anti ngeleg, santai gak perlu download segala aplikasi juga. Bisa buka website nya dan nge-game aja

    BalasHapus
  16. Andalan kami monopoli dan halma hahaha. Jadi tertarik buka plays.org nih buat bermain bersama anak-anak di rumah. Kebetulan anak-anak masih online nih belajarnya. Butuh banget kegiatan indoor

    BalasHapus
  17. Udah cobaa jg main di play.org . Emang seruu, n yg utama free. Jd anak gak bosen di rumah aja ya mba. Aku aja suka kepo ikutan main

    BalasHapus
  18. Alhadulillah di rumah full ide main dan bermain, asal emaknya rela aja, hahaha. alhamdulillah anak aku usia nya gak terllau jauh, jaid kapan bermain langsung klop. nnati boleh lah ku rekomendasikan mainan di Plays ini buat anak2 ya mak

    BalasHapus
  19. Seneng banget bia ada alternatif seru-seruan di rumah ya.. Meski udah menurun kasus covid tapi tetap membatasi aktivitas di luar rumah tetap pilihan bijak..

    BalasHapus
  20. Seru banget bisa main game di Plays.org mana nggak ada iklan lagi, paling penting sih itu karena aku pun kalau main game gamau keganggu wkwk. Karena belum punya anak, aku main sendiri aja dulu deh, lumayan buat lepas penat dari kerjaan.

    BalasHapus
  21. Monopoli sama ular tangga itu andalan banget, hehehe. Enggak anaknya enggak emak bapaknya semua suka. Kalau berenang belum berani, Mak. Masih agak parno aja kecuali bisa di kolam renang private gitu. Btw, Plays.org ini bukan aplikasi kan ya? Artinya bisa dimainin di laptop dari website-nya aja. Jadi gak bikin HP Emak makin berat.

    BalasHapus
  22. Asyik ada pilihan baru nih buat anakku main biar betah walau di rumah aja ya, kangen juga maen di luar rumah tapi kalau di rumah juga seru kenapa enggak.

    BalasHapus
  23. Akhirnya yaaa ada plays.org yang ngerti banget kebutuhan anak jaman now! Main bisa di mana aja ya jadinya dek, ga diomelin mama lagi kalo pegang gadget lama lama

    BalasHapus
  24. Aku langsung browsing nih si "play.org"

    ... dan langsung click "categories"
    Klik lagi tetris, lalu blocky.
    Seru juga ya!

    Ini aku BW sambil praktekin lho :)
    Sudah sampai level 10 ne!

    Seru!

    Aku senang banget karena tak harus mengunduh.
    Yay!

    Benar-benar bisa banget nih buat menambah referensi macam-macam permainan seru di rumah saja nih, Mak Echa!

    Terima kasih ya!




    BalasHapus
  25. Huwooo aku penasaran buangettt

    Meluncuuurrrrr

    BalasHapus

Posting Komentar

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^