Perlu Persiapan, Berikut Tips Merencanakan Travel Selama Pandemi !

Tips Merencanakan Travel Selama Pandemi

Pandemi Covid hingga saat ini memang belum usai, angkanya naik turun dengan kebijakan yang juga berubah sewaktu waktu. Selama masa ini, sebenarnya kita tetap bisa loh melakukan traveling. Hah? Yang bener?

Beneran kok! Cuma memang ada tipsnya saat merencanakan travel selama pandemi. Karena memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman. Mau tahu? Selengkapnya yuk bisa dibaca tips-tips berikut ini! 

1. Lakukan Riset

Sebelum kita memutuskan untuk traveling di masa pandemi seperti saat ini, paling tidak kita harus melakukan riset lebih dahulu. Tujuannya tentu untuk mencari informasi lengkap terkait destinasi liburan kita.

Informasi ini sangat penting, karena ada beberapa destinasi yang menerapkan aturan tertentu. Anda juga perlu tahu tentang infeksi harian di area tersebut. Ada baiknya jika kita menentukan destinasi yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Lakukan riset ini dengan bantuan internet dan dari berbagai sumber. Destinasi yang ditentukan juga bisa berdasarkan dari saran Satgas Covid 19, agar lebih aman.

2. Pilih Akomodasi yang Refundable

Hal yang tak kalah penting dalam tips merencanakan travel selama pandemi adalah dengan menyiapkan akomodasinya. Karena kondisi saat ini tidak menentu, alangkah baiknya memilih yang refundable untuk akomodasinya.

Sehingga ketika kita batal berangkat pun, tidak akan rugi terlalu banyak. Ada banyak faktor yang bisa terjadi yang membuat batal berangkat. Salah satunya karena diterapkan aturan PPKM atau karena berbagai hal lainnya.

3. Membuat Itinerary Yang Rinci

Selain masalah akomodasi, kita juga harus merencanakan itinerary yang rinci selama perjalanan liburan nanti. Tentukan tujuan mana saja yang akan pertama kali dituju, hal ini juga akan berkaitan dengan budget yang dikeluarkan.

Selama pandemi hal ini sangat penting, karena kita bisa menjadi tahu tempat mana saja yang aman untuk disinggahi.

Tips ini juga akan membantu kita lebih efektif dalam menghabiskan liburan. Kemana saja tujuan yang harus disinggahi selama kitaliburan, akan membuat waktu liburan tidak sia sia begitu saja. dalam hal ini, kita juga harus menyiapkan rencana cadangan jika ada perubahan tiba tiba di luar rencana.

4. Jangan Lupakan Safety Kit

Setelah kita merencanakan beberapa hal yang berkaitan dengan perjalanan ini, maka tips merencanakan travel selama pandemi berikutnya adalah membawa safety kit.

Dalam satu tempat ini, akan tersedia hand sanitizer, peralatan makan, ibadah, masker, tisu basah sampai dengan vitamin. Semua alat tersebut akan membantu kita menjaga diri dari virus.

Tidak hanya membawa safety kit, agar lebih aman kita juga harus memilih akomodasi yang memiliki fitur Clean ataupun stay safe. Akan memudahkan kita untuk menjaga diri agar tidak sampai tertular virus covid. Kebersihan dengan standar tinggi ketika menginap juga perlu dipertimbangkan. Selain itu juga akan membuat liburan jadi makin nyaman. 

5. Pastikan Dalam Kondisi Sehat

Jika semua persiapan kita sudah selesai, maka kini saatnya menyiapkan tubuh. Pastikan jika tubuh kita dalam kondisi yang fit sebelum berangkat. Saat ini juga ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, vaksin misalnya.

Maka dari itu, menjaga kesehatan dan selalu menerapkan 5 M adalah kunci dalam semua tips merencanakan travel selama pandemi ini.

Itulah beberapa langkah yang bisa kita siapkan sebelum traveling di masa pandemi. Selama masa pandemi memang aktivitas keluar rumah begitu dibatasi. Pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Mematuhi semua tips di atas bakal bikin liburan kita menjadi nyaman dan aman selama masa pandemi. Selain itu, pastikan kita juga telah memiliki asuransi perjalanan sebagai perlindungan ekstra. 

Selamat travelling!


1 komentar:

  1. Hemm, sejak pandemi memang ragu mau jalan-jalan, tapi dengan mengakali cara-cara aman ini memang aman.

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^