Perlu Persiapan, Berikut Tips Merencanakan Travel Selama Pandemi !

Tips Merencanakan Travel Selama Pandemi

Pandemi Covid hingga saat ini memang belum usai, angkanya naik turun dengan kebijakan yang juga berubah sewaktu waktu. Selama masa ini, sebenarnya kita tetap bisa loh melakukan traveling. Hah? Yang bener?

Beneran kok! Cuma memang ada tipsnya saat merencanakan travel selama pandemi. Karena memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman. Mau tahu? Selengkapnya yuk bisa dibaca tips-tips berikut ini! 

1. Lakukan Riset

Sebelum kita memutuskan untuk traveling di masa pandemi seperti saat ini, paling tidak kita harus melakukan riset lebih dahulu. Tujuannya tentu untuk mencari informasi lengkap terkait destinasi liburan kita.

Informasi ini sangat penting, karena ada beberapa destinasi yang menerapkan aturan tertentu. Anda juga perlu tahu tentang infeksi harian di area tersebut. Ada baiknya jika kita menentukan destinasi yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Lakukan riset ini dengan bantuan internet dan dari berbagai sumber. Destinasi yang ditentukan juga bisa berdasarkan dari saran Satgas Covid 19, agar lebih aman.

2. Pilih Akomodasi yang Refundable

Hal yang tak kalah penting dalam tips merencanakan travel selama pandemi adalah dengan menyiapkan akomodasinya. Karena kondisi saat ini tidak menentu, alangkah baiknya memilih yang refundable untuk akomodasinya.

Sehingga ketika kita batal berangkat pun, tidak akan rugi terlalu banyak. Ada banyak faktor yang bisa terjadi yang membuat batal berangkat. Salah satunya karena diterapkan aturan PPKM atau karena berbagai hal lainnya.

3. Membuat Itinerary Yang Rinci

Selain masalah akomodasi, kita juga harus merencanakan itinerary yang rinci selama perjalanan liburan nanti. Tentukan tujuan mana saja yang akan pertama kali dituju, hal ini juga akan berkaitan dengan budget yang dikeluarkan.

Selama pandemi hal ini sangat penting, karena kita bisa menjadi tahu tempat mana saja yang aman untuk disinggahi.

Tips ini juga akan membantu kita lebih efektif dalam menghabiskan liburan. Kemana saja tujuan yang harus disinggahi selama kitaliburan, akan membuat waktu liburan tidak sia sia begitu saja. dalam hal ini, kita juga harus menyiapkan rencana cadangan jika ada perubahan tiba tiba di luar rencana.

4. Jangan Lupakan Safety Kit

Setelah kita merencanakan beberapa hal yang berkaitan dengan perjalanan ini, maka tips merencanakan travel selama pandemi berikutnya adalah membawa safety kit.

Dalam satu tempat ini, akan tersedia hand sanitizer, peralatan makan, ibadah, masker, tisu basah sampai dengan vitamin. Semua alat tersebut akan membantu kita menjaga diri dari virus.

Tidak hanya membawa safety kit, agar lebih aman kita juga harus memilih akomodasi yang memiliki fitur Clean ataupun stay safe. Akan memudahkan kita untuk menjaga diri agar tidak sampai tertular virus covid. Kebersihan dengan standar tinggi ketika menginap juga perlu dipertimbangkan. Selain itu juga akan membuat liburan jadi makin nyaman. 

5. Pastikan Dalam Kondisi Sehat

Jika semua persiapan kita sudah selesai, maka kini saatnya menyiapkan tubuh. Pastikan jika tubuh kita dalam kondisi yang fit sebelum berangkat. Saat ini juga ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, vaksin misalnya.

Maka dari itu, menjaga kesehatan dan selalu menerapkan 5 M adalah kunci dalam semua tips merencanakan travel selama pandemi ini.

Itulah beberapa langkah yang bisa kita siapkan sebelum traveling di masa pandemi. Selama masa pandemi memang aktivitas keluar rumah begitu dibatasi. Pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Mematuhi semua tips di atas bakal bikin liburan kita menjadi nyaman dan aman selama masa pandemi. Selain itu, pastikan kita juga telah memiliki asuransi perjalanan sebagai perlindungan ekstra. 

Selamat travelling!


Komentar

  1. Hemm, sejak pandemi memang ragu mau jalan-jalan, tapi dengan mengakali cara-cara aman ini memang aman.

    BalasHapus
  2. safety kit saat ini jadi lebih extra, kalau dulu sebelum pandemi, aku termasuk jarang bawa masker cadangan. kalau sekarang udah seperti kebutuhan primer
    dan asuransi perjalanan perlu juga sebenarnya, meskipun aku beli untuk tujuan tertentu aja, harusnya setiap perjalanan harus ada asuransinya ya, untuk jaga jaga juga

    BalasHapus
  3. Mantap arahan Echa utk traveling di masa Pandemi. Arshañ2 ini juga bisa kan ditrapkan utk Stacatioñ hehe...selalu iri deh (iri yg positip) setiap x baca tentang stacation Echa n keluarga kecil yg bahagia. Md2an setelah Covid 19 kabur dari NKRI bunda diajak si bontot ke Bali jd udah paham deh apa yg seharusnya direncanakan dengan matang sebelum melakukan travel. Tq 4 sharing.

    BalasHapus
  4. Jalan-jalan di masa pandemi penuh pertimbangan dan persiapan ye Mak. Ga bisa langsung cusss aja. Salah satu yang dipikirkan asuransi perjalanan itu. Amit-amit kalau sampai ada kejadian buruk, bisa jadi pertolongan biaya.

    BalasHapus
  5. liburan meski nggak jauh, cuma renang aja waktu itu udah pada seneng banget. Iyaa betul ya mak, safety kit jadi ada tambahan. Masker cadangan untuk kita dan anak. Jumlah anak dikali kebutuhannya hihi. Udah nggak boleh lupa deh ini. 3R sehat2 selalu ya di sana..

    BalasHapus
  6. Kalau sebelum bepergian, aku mengkondisikan badan seperti mau vaksin. Harus sehat luar dalam. Begitu pun saat di perjalanan, dooping vitamin kalau perlu.
    Tapi sih, lebih amannya perginya jarak pendek aja, biar nggak terlalu capek, hihi

    BalasHapus
  7. Bersykur saat ini kondisi perlahan keadaan mulai pulih
    Dan beberapa orang mulai lagi melaksanakan perjalanan dgn tetap menerapkan prokes 5M

    BalasHapus
  8. wwh mantap tipsnya mbak
    emang ya, tetap butuh hiburan buat jalan jalan gitu meski masih pandemi
    tapi klo pake tips tips ini, jalan jalan saat pandemi bisa tetap aman

    BalasHapus
  9. Beli asuransi buat traveling atau perjalanan sekarang udah masuk list, ya. Buat jaga2 saat di di perjalanan soalnya. Penting banget.


    Btw, aku jadi ingat beberapa waktu lalu saat aku dan keluarga piknik tipis2 ke Cilacap tuh ada beberapa mobil yang terpaksa putar arah karena ternyata ada penumpang yg belum vaksin. Kasiaan.

    BalasHapus
  10. Iya bener saat pandemi kalau mau melakukan perjalanan emang perlu banyak persiapan. Saya juga setuju kalau asuransi perjalanan itu perlu juga buat tindakan preventif.

    BalasHapus
  11. Dari mulai berencana pergi memang kudu teliti dan jeli menetapkan itinerarynya yaa..
    Agar pas di lokasi gak kecewa kalau ada apa-apa.
    Perjalanan di masa pandemi memang harus selalu siap dengan segala kemungkinan yang terjadi.

    Semoga selalu yang baik-baik yang terjadi.
    Aamiin~

    BalasHapus
  12. Iya nih Alhamdulillah udah turun & udah banyak yg traveling tapi harus tetap menaati prokes ya. Sebelum traveling harus menyiapkan semuanya nih termasuk asuransi perjalanan supaya aman & nyamanb

    BalasHapus
  13. Kelihatannya simpel, tapi memang hars cari yang refndable. karena kadang tu tiba-tiba ga bisa karena sesuatu. Kondisi sekarang kan ga menent.

    BalasHapus
  14. Bener banget.. Semua tips itu saya lakukan setiap kali mau traveling. Lebih wellpreapre kalau persiapannya matang ya. Travelingnya jadi ga terbuang sia2 waktunya. Soalnya kadang sudah terncana aja suka ada aja yang diliar rencana. Apalagi tidak terencana.

    BalasHapus
  15. Sepakat mbak, mau jalan2 di masa pandemi persiapannya ekstra. Apalagi kalau bawa anak. Beneran ga bisa asal jalan gitu aja. Kudu bawa banyak masker sekali pakai atau masker kain jika siap mencuci sendiri. Terus jangan nekat kalau kondisi lagi enggak enak badan

    BalasHapus
  16. Harus ekstra hati-hati memang ya kalau mau traveling di masa pandemi ini. Jangan sampai seneng-seneng dahulu malah sakit kemudian. Hiks jangan sampai.
    Makasih tips-tipsnya, Mbak. Penting juga ya punya asuransi perjalanan.

    BalasHapus
  17. Iyap udah kangen bngt travelling apalgi bareng keluarga,, selain Penting asuransi perjalanan buat jaga2 ya..

    BalasHapus
  18. Wah, ini tipsnya komplit banget mbak. Kalo traveling memang paling enak nyiapin itynerary yang rinci, biar nggak bingung kalo udah di temat tujuan

    BalasHapus
  19. Baru tahu saya kalau Garda Oto bisa memberikan pelayanan seperti ini
    Bisa dengan nyaman mempersiapkan traveling nih jadinya

    BalasHapus
  20. Rempong memang Yaa traveling di masa begini. Itulah kenapa aku msh jarang banget kluar yg harus pakai kendaraan umum mba. Kemarin sempet ke solo, Jogja, Semarang, tapi naik mobil.

    Itu juga samaaa aja rempongnya hahahaha. Aku bawa juga tuh tas khusus yg isinya peralatan prokes. Komplit banget. Dan selalu kami bawa kemana mana. Juga vitamin penambah imun. Bajupun dibawa lebih banyak, lah gimana lagi. Tiap kali kluar, balik ke hotel, aku wajib kan anak2 dan suami harus langsung mandi. Gantian memang. Tapi yg nunggu, jangan berani2 naik ke tempat tidur sebelum mandi 😄. Bisa ngaum kayak singa aku nanti wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  21. Layanannya makin keren ya Garda Oto ini, jadinya traveling semakin nyaman deh. Duh jadi ingin segera traveling juga nih.

    BalasHapus
  22. Bepergian saat pandemi memang agak ribet ya, tapi tetap bisa dilakukan asal persiapannya matang. Jadi mau jalan-jalan kemana nih ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!