Tips Mengelola THR Ala Blogger, Bisa Dapat Saham Plus Mobil Loh!

mengelola thr ala blogger bisa dapat saham dan mobil

Yuhuu, tidak terasa sudah dua minggu kita puasa ya. Bulan Ramadan akan segera berakhir :”). Dan sebentar lagi hari kemenangan hari lebaran deh! Anak-anak sih sudah tidak sabar lebaran Idul Fitri sebenarnya, bukan karena ingin baju baru atau sepatu baru tapi ingin dapat amplop-amplop lebaran yang lucu-lucu penuh duit itu loh. Sepertinya masih lekat di kenangan mereka, lebaran itu bisa dapat amplop kalau main ke rumah-rumah orang.

Tapi itu sama sih, saya dulu pas masih kecil senangnya ya begitu kalau lebaran yang ditunggu-tunggu amplop lebaran isi uang ala-ala. Walau yang dibagikan Cuma 2000-5000, kalau ke 10 rumah ya jadinya besar juga. Malahan ya, anak-anak teman-teman saya itu pada bisa loh uang THR lebaran sampai jutaan. Wihh, jadi kepikiran berapa rumah yang didatangi dan tiap orang berapa ngasihnya?

Ngomongin THR memang ini hal yang dinanti-nanti dari dulu ya. THR atau kepanjangannya Tunjangan Hari Raya ini adalah bonus tahunan yang biasa dinantikan banyak orang. Untuk orang yang bekerja di perusahaan, biasanya besar THR sudah ada ketentuan masing-masing.

Soalnya ini sudah ada di Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan juncto Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja atau Buruh di Perusahaan, pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja dan buruh.

Saya jadi ingat dulu saat masih bekerja kantoran ya rasanya tidak sabar dapat THR. Ya kebayang kan lumayan dapatnya 2 kali gaji kita. Suami pun sama kok senang dapat THR, katanya mendadak kayak dapat durian runtuh. Hehehehe

Biasanya sih THR dibagikan 1-2 minggu sebelum lebaran. Ya antara minggu ini atau minggu depan kemungkinan keluar kan? Hayooo sudah diplanning belum mau dipakai apa THRnya? Soalnya jujur kalau sudah pegang uang THR ya, hawa nafsu ingin beli-beli belanja tinggi sekaleeee. Bener gak?

Kan sayang uang THRnya, yang tadinya bisa digunakan untuk apa begitu malah bisa habis dalam sekejap. Kalau kita bisa mengelola keuangan THR dengan baik untuk ditabung atau jadi dana darurat bukankah itu lebih bijaksana? Saya juga lagi belajar ini biar bisa kelola uang THR agar tidak cepat habis.

Freelance Blogger Dapat THR?


Nah, sayangnya buat freelance seperti saya ini THR 2 kali gaji sudah pasti tidak ada. Yang ada malah fee saja belum cair-cair kadang hehehe. Tapi seringnya hampir setiap tahun beberapa brand atau owner begitu kirim parcel dll buat saya. Ya alhamdulillahlah ya masih ingat sama blogger :”). Terharu juga jadinya.

Namun, biasanya juga di mau lebaran begini banyak fee job ngeblog yang dibayarkan bersamaan. Jatuhnya ya sama seperti kata Suami dapat durian runtuh (Baca : Uang banyak). Betul tidak?

Jadi freelance bukan berarti kita tidak dapat berkah THR kan? Uang job cepat keluar banyak dalam waktu yang bersamaan juga termasuk berkah THR lebaran. Semangat semangat semangat!

5 Cara Bijak Mengelola THR ala Blogger


Sebenarnya koentjinya adalah dari diri sendiri yang tegas untuk menggunakan uang THR sebijak mungkin. Jadi memang membeli yang dibutuhkan dan bisa menahan diri dari berbagai macam godaan yang menggiurkan hehehe.

cara mengelola thr dengan bijak

Tapi tapi, namanya juga manusia kan? Baiklah ini beberapa tips ala saya yang biasa dilakukan saat mendapat THR lebaran. Mau tahu apa saja? Yuk lanjut dibaca yuk!

1. Buat perencanaan keuangan THR

Walau ini kadang tampak hanya sebuah rencana saja, tidak ada salahnya untuk tetap membuat ya? Soalnya kalau dilist kita jadi tahu apa saja yang dibutuhkan, tapi setelah itu kita jadi tahu ternyata di list itu tidak semua yang penting dan tahu mana yang overspending. Jadi kita bisa pisahin untuk membeli barang yang penting duluan. Dan jangan lupa jangan pernah lebih dari 50% THR yang kita dapat ya. Believe me, kalau belanja-belanja pasti tidak akan ada habisnyaaaa.

2. Dahulukan bayar hutang

Jangan lupa ya membayar setengah atau seluruh hutang jangan ditunda-tunda. Saya pun juga kemarin langsung bayarin. Ya kan biar beban hutang berkurang dan tidak menumpuk, hidup jadi tenang nyaman tentram. Bagus lagi kalau setelah ini tidak berhutang kembali, biar uang THR full.

3. Jangan lupa Zakat dan Sedekah

Bulan Ramadan ini masih pandemi, jadi jangan lupa untuk menyisihkan THR buat zakat fitrah dan sedekah ya. Karena sekecil mungkin bantuan kita akan bermanfaat buat banyak orang. Ini juga menjadi salah satu bentuk syukur dan ikhlas kita di bulan puasa penuh rahmat ini.

4. Dana Darurat Untuk Masa Depan

Nah, saat pandemi pasti merasakan pentingnya dana darurat ya! Kali ini pun sama, gunakan THR untuk meletakkannya di dana darurat. Karena ini berguna untuk di kemudian hari dan memang masa depan itu tidak ada yang tahu. Jadi semisal ada kejadian tidak terduga, dana darurat ini bisa digunakan.

Salah satu yang saya lakukan adalah menyimpannya di Aplikasi Investasi Ajaib.

5. Boleh Belanja tapi yang penting ya

Kan tadi sudah buat perencanaan, sekarang waktunya dilakukan. Iya, belilah yang diperlukan saja ya. Boleh belanja atau buat kegiatan yang bikin kita bahagia, tapi jangan terlalu banyak. Tahan nafsu belanja mumpung puasa.

Ajaib #BerbagiKeAJAIBanTHR di Bulan Ramadan


Pasti banyak yang sudah mendengar tentang Ajaib? Itu loh brand ambassadornya Iqbal, Pevita, dan Ghozali. Ajaib Group ini sudah berdiri sejak 2018 loh dengan anak perusahaan Ajaib Sekuritas (PT Ajaib Sekuritas Asia) dan Ajaib Reksa Dana (PT Takjub Teknologi Indonesia).

kenapa harus aplikasi ajaib

Ajaib ini merupakan perusahaan investasi Mobile dan Online Trading yang cocok buat milenial untuk membeli saham ritel. Layanan saham dan reksa dana Ajaib bisa diakses online, cepat, mudah dan terpercaya oleh berbagai lapisan masyarakat.

Saya sendiri coba buka Ajaib ini, sebentar kok cuma butuh waktu 5 menitan dan 100% diproses online. Selain itu, di Ajaib kita bisa investasi mulai dari 10ribu saja loh! Tidak ada minimal deposit bisa langsung investasi.

Yang bikin tenang, ini aman dan terdaftar plus diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan BEI (Bursa Efek Indonesia).

keajaiban di ajaib

Nah mumpung hilal THR sudah diambang mata, di Ajaib ada program kece #BerbagiKeAJAIBanTHR yang pas banget buat dipilih untuk saving beberapa rupiah THR kita.

Jadi Ajaib bakal bagi-bagi THR saham dengan cara berbagi kode Ajaib dengan teman berlaku di periode 11-13 Mei 2022. Nanti tiap hari bisa dapat THR saldo Buying Power Rp150ribu untuk setiap 3 teman yang melakukan top up pertama kali (tanpa minimum deposit), berlaku kelipatan.

Hadiah Buying Power tersebut belum termasuk 3 lot saham yang akan didapatkan apabila 3 teman tersebut berhasil untuk melakukan transaksi saham (tanpa minimum nominal transaksi saham).

berbagi keajaiban thr ajaib

Bisa dapat saham total miliaran rupiah dan punya kesempatan buat menangin THR Grand Prize Mobil Honda Brio. Bisa baca informasi lengkap Promo Ramadhan Ajaib di website Ajaib ya!

Pokoknya kalau masukin kode Ajaib echaqrhr, nanti bakal dapat hadiah saham langsung loh! Langsung setelah transaksi pertama. Yakin gak mau?

Komentar

  1. Bikin perencanaan itu penting sih. Kalo ga, kita jadi ga tau itu duit habis kemana 🤣. Mau gaji, thr, bonus, thr natal, semua aku bikin plan mba. Jadi semua pengeluaran terkontrol.

    Naah sebagian dana yg aku dpt juga dimasukin ke investasi saham. Aku udh lama sih investasi di saham. Tapi jujur nya 2 aplikasi saham yg aku pake bukan ajaib. Sengaja pake 2, Krn aku bedain saham yg utK JK panjang, dan saham yg buat trading. Mungkin ntr kalo niat utK tujuan lain lagi, aku buka ajaib deh 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah sama Mbak Fani, aku juga kalau abis dapat THR atau bonus sudah ada planningnya. Buat A, B, C ....tapi belum berani investasi saham. Tapi ntar coba baca-baca Ajaib ini dulu deh

      Hapus
  2. terimakasih ilmunya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. kalo mau rapi ya harus direncanakan dan dibuat budget list yang jelas ya, biar ketauan kemanakah larinya rupiah rupiah itu :)

    BalasHapus
  4. Keren nih cara ngatur duitnya. Mana bisa berbonus saham dan mobil lagi, ya

    BalasHapus
  5. Mba echaaaa aku belum pernah ikh dapet parcel dari brand. Jadi mau juga. Tapi siapa yang mau ngasih ya hihihi 😂 *ngarep aku 🤣.

    Setuju aku mba uang THR itu harus jelas perhitungannya biar uangnya ga abis gitu aja

    BalasHapus
  6. Mengelola uang THR itu memang harus smart ya mom . Aku termasuk yang kagak rapi alias tanpa perencanaan. Ngalir gitu aja bablas abis bahkan suka nombok. Tulisan yang bermanfaat

    BalasHapus
  7. Memang dapet THR tuh harus dikelola dengan baik supaya gak khilaf dan kebablasan akhirnya budget buat tagihan bulan depan malah amblas hahaha gawat ituh

    Wah menarik banget nih investasi di Ajaib, kayaknya harus intip2 dulu nih aplikasinya seru soalnya ada berbagi Keajaiban THR tiap hari yaah

    BalasHapus
  8. wihhh warbyasak bisa dpt mobiill.. semangatt! hahaha..
    btw list down kita sama mbaa, utang dulu baru lain2 wkwkw..

    btw iya tuh bener bgt DD itu super penting buat blogger lho, apalagi yg kerjanya beneran cuma dr nulis aja kayak aku, duh. kalau ga pinter2 bisa bablas

    BalasHapus
  9. Wah dapat hadiah saham....asyikkk!
    Bener nih kalau blogger jangankan THR gai 2xlipat, yang ada pending fee-nya, cair setelah lebaran haha
    Memang langsung dialihkan ke investasi seperti di aplikasi Ajaib ini adalah solusi

    BalasHapus
  10. Penting banget lho perencanaan mengelola THR, biar ngga gelap mata aja hehehe.
    Dahulukan mana yang wajib ditunaikan duluan sih. Ajaib ini ngga ada minimal deposit bisa langsung investasi ya. Eh, Seru uga nih ada program #BerbagiKeAJAIBanTHR.

    BalasHapus
  11. Wah kalau pekerja swasta, dapat THR nya senilai 2 bulan gaji ya, lumayan besar juga ya mbak.
    Saya awal-awal jadi PNS nggak pernah ada THR mbak, beberapa tahun ini aja ada THR dan besarannya cuma 1 kali gaji. Tapi tetap di syukuri, dan bener banget nggak boleh kalap langsung dihabiskan. Mesti di simpan, diinvestasikan biar dananya bisa berkembang

    BalasHapus



  12. Aku enggak kepikiran untuk invest dari uang THR lho, Mak. Padahal ya punya Ajaib. Hahaha

    BalasHapus
  13. Waaah, Ajaib ni aplikasiny bisa mengatur keuangan THR biar terarah buat kebutuhan ini itunya yaaa.

    Biasanya kalo THR aku suka buat ngasih3 ortu, ponakan, angpow atau sekitar rumah kek satpam biar sama sa senang.

    BalasHapus
  14. Aku baru tahu ada Ajaib ini...menarik buat dicoba..apalagi hadiahnya itu loh..wowww bangett... Siapa tahu dapet yak hehe..Sesama freelancer nih yang selalu berharap semua fee cepat cair wkwkwk

    BalasHapus
  15. Bener juga nih idenya, kalau ada THR diinvestasiin aja ya. Bayangin tiap tahun kayak gitu, lama2 jadi bukit deh...

    BalasHapus
  16. Waktu kerja dulu pernah gak ada THR atau dapat pun jumlahnya kecil. Sadar sih karena kerjanya bukan di perusahaan besar. Sekarang jadi freelance ya biasa aja gak ada THR. Jujur, aku ada rencana soal nyisain uang buat THR saudara-saudara gitu. Namun wajib nentuin prioritas dulu kaya utang, sedekah, tabungan dan lainnya. Kalau bisa sisakan buat investasi juga ya

    BalasHapus
  17. Seringkali begitu dapat THR pengennya langsung belanja, ya. Padahal mah memang penting untuk lunasi hutang dulu. Kemudian ke pos lainnya

    BalasHapus
  18. ih kok menarik sekali sih ini, mengelola THR terus bisa dapat emas dan saham. Mau banget sih ini ;)) Baru banget hari ini aku mengalokasi dana THR ayahnya dan sekalian ngajarin anakku untuk bersedekah dari uang tabungan dia. Buru-buru ah intip Ajaib juga siapa tau bisa dapat emas atau saham ya.

    BalasHapus
  19. Berinvestasi memang harus direncanakan dengan detail ya karena memang butuh perencanaan matang bukan asal main saham aja. Senang nih promonya bikin mupeng dapat mobil euyy

    BalasHapus
  20. Moment lebaran menjadi moment menabung atau investasi karena dapat thr. Sebelum dipakai.mudik.sisihkan sedikit buat investasi.

    Makasih kakak ulasannya

    BalasHapus
  21. Wah, mengelola uang THR dengan cerdas dan cermat memang tugas seorang istri sebagai Menteri Keuangan keluarga. Dengan berinvestasi di Ajaib, maka pengelolaan keuangan akan terus berputar dengan sehat.

    BalasHapus
  22. Wah wah menarik nih. Bisa dapet mobil ya. Btw, huhu pengelolaan uang rumah tangga masih payah nih aku. Jadinya berasa kerepotan banget. Semoga bisa nih nerapinnya di pengelolaan THR dengan tipsmu, Cha.

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah dapat THR, ahaha. Alhamdulillah ramadhan ini dapat job yang lumayan ya mbak Echa, bisa dipakai lebaran, bisa ditabung juga sebagian. Biar gak langsung ilang, investasikan aja lebih aman

    BalasHapus
  24. Belanja yang penting, ini catatan penting banget. Kadang kalau udah belanja rasanya semua mau dianmbil, makannya kalau belanja aku pilih bawa catatan haha

    BalasHapus
  25. Maaakkk, aku baca ini pas lagi foya-foya beli kopi ahelaahh...jadi inget kudu investasi deh, wkwkwk. Makasih catatan pentingnya yaa, sebagai emak harus bisa ngerem diri nih.

    BalasHapus
  26. Ajaib ini bikin penasaran, dari kapan hari aku juga utak atik soal ilmu saham mbak, pengen nyari yang bagus tapi masih bingung

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!