Wajib Instal! Ini 5 Aplikasi Wajib Buat Penjual Online

25 komentar
5 Aplikasi Wajib Buat Penjual Online

Seiring perkembangan jaman, mau tidak mau saya jadi ikutan juga jadi penjual online. Hehehe. Ya demiii kan? Demi mendapat penghasilan selama halal ya dilakoni. Karena sudah beberapa tahun ini saya jualan online, jadi boleh dong ya ngasih tips apa saja aplikasi wajib untuk penjual online kudu diinstal di gawai. Bakal saya bahas mulai dari mbanking sampai aplikasi kasir iReap.

Ini lengkapnya, cek-cek di sini ya.

5 Aplikasi Wajib Buat Penjual Online

aplikasi wajib penjual online

1. Aplikasi M-Banking dari Bank Apa Saja

Plissss, jangan bilang jualan online kalau tidak punya rekening transaksi mbanking. Pusing nanti yang mau bayar deh. Serius, ini kenyataan kalau hidup di desa. Jualan online tapi harus cash bayarnya. Huhuhu. Itu sedih banget yang beli, apalagi kalau harganya kebetulan tidak bulat misalnya Rp. 13.542 atau nominal di bawah 50ribu pasti ditolak mentah-mentah. Jangan yaaaa jangan.

Sekarang jaman sudah modern ada mbanking di setiap bank. Jadi tinggal aktifkan dan simpan username, password dan pin dengan baik, sehingga akan memudahkan untuk proses transaksi apapun. Enaknya mbanking kan bisa real time juga, jadi gampang buat cek cek langsung saat pembeli bilang “Sudah ditransfer yaaa!”. Ahhh senangnya.

2. Aplikasi Pembuatan Konten Foto dan Video

Nah, setelah ada barang yang dijual langsung foto dan video biar tampak lebih kece serta sedap dipandang untuk dibeli. Buat para penjual online aplikasi edit konten ini memang wajib dimiliki. Karena hanya dengan konten produk kita bisa dikenal oleh orang lain. Ya nggak? Kalau tidak ada foto atau videonya memangnya mau jualan apa lohhh pemirsa?

Dari satu foto bisa dibuat berbagai macam konten dengan tema berbeda, kan lumayan stoknya banyak jadinya. Ya nggak? Saya biasanya pakai yang gampang-gampang seh kayak canva, picsart, capcut, inshot, terus ada lagi aplikasi screen recorder gitu buat ngevideoin layar biasanya kepake banget.

Jangan lupa branding, jadi ada konten yang beda dibandingkan yang lain dan menjadi ciri khas toko atau produk yang saya jual. 

3. Aplikasi Media Sosial 

Barang sudah ada dan konten sudah siap, ya sekarang waktunya dipajang. Susah kalau cuma kita sendiri yang tahu barang jualan tanpa woro-woro. Kata pepatah, tidak lengkap tanpa kehadiran circle kita untuk tahu kalau saya jualan sesuatu. Meski mereka tidak beli, paling tidak kalau kita posting di sosial media bakal tahu jualannya kita apa saja. Minimal inget gitu xixixi. 

Makanya, maksimalinlah sosial media. Apalagi sekarang, sosial media ada seabrek-abrek tohhhh. Bisa mulai dari whatsapp, instagram, tiktok, blog dan masih banyak lagi sosial media yang bisa dipakai. Sell your brand start from sosial media*halah. Mau promosi apa saja bisa ya nggak? Tinggal bikin sesuatu yang kece buat kontennya, agar bisa dilirik banyak orang untuk pembelian produk. Tidak perlu viral, paling tidak punya profil sosial media yang jelas juga menentukan tingkat kepercayaan orang untuk membeli. 

4. E-Commerce atau Marketplace 

Jualan online di mana lagi? Atuhlah sekarang sudah ada marketplace yang wajib dimiliki para penjual online. Platform ini selain berguna untuk memasarkan produk saya lebih luas lagi, juga bisa memudahkan proses pencatatan hingga laporan keuangan. Belum lagi sekarang banyak fasilitas bimbingan jualan online dari tiap ecommerce yang bikin saya tambah pinter. Ya nggak.

Marketplace emang tempat yang tepat buat majang produk dalam penjualan online. Ada banyak kan sekarang, bisa dipakai semua loh. Tapi bila lebih konsen sama 1-2 ecommerce saja juga tidak apa-apa, lebih maksimal pasti mengelola tokonya. Daripada banyak, tapi tidak kepegang. Tul gak? Jangan lupa untuk melihat plus minus setiap ecommerce yaaa.

5. Aplikasi Kasir iReap

aplikasi kasir ireap

Nah, kalau ini aplikasi yang akan mempermudah pencatatan, keluar masuk stok barang, data pelanggan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan penjualan online tersedia semua. Aplikasi kasir iReap juga memudahkan untuk saya untuk transaksi penjualan lengkap dan terperinci. Enaknya juga buat yang punya bisnis UMKM bakal kebantu dalam pencatatan di gawai tanpa harus tulis-tulis manual. Yang seru juga bisa memindahkan seluruh data dari atau ke dalam drive, jadi semua transaksi jelas tercatat rapi. 

Saat instal, nanti akan menggunakan iReap Lite yang gratis dan ini sangat cocok buat yang baru mulai usaha, seperti kontrol uang masuk dari penjualan, keuntungan harian hingga bulanan dan juga buat tahu stok barang yang ada. Buat saya yang punya usaha kecil bisa bantu untuk atur dan jalanin usaha dengan mudah.  

Buat yang ingin full pakai aplikasinya, bisa beli iReap Pro. Kalau yang iReap Lite kan belum lengkap semua fitur ada. Untuk fitur iReap Pro ada customer price list, product set, special price per store, transaksi per user, transfer barang, menu expense, menu absensi untuk karyawan, report lengkap dari sales hingga inventory semua tercatat dan web dashboard report khusus untuk admin. Selain itu, untuk iReap Pro juga bisa dipantau secara real time. 

Menurut saya, ini cocok untuk yang baru jualan loh. Secara bisa banget bantu mengatur data pelanggan dan kode stok barang dari awal buka. Jadi lebih jelas dan terperinci. Mending langsung nyobain sih aplikasi Kasir iReap ini daripada masih bingung. Ya nggak? Pencatatan lengkap bakal kebantu dengan iReap. Hayooo, mendingan langsung download saja daripada malu bertanya, galau di jalan. Saya dah instal juga kok. Harga aplikasi kasir iReap Pro Rp 41.667 per bulan selama setahun. 

Hayoooo, sudah pada punya belum 5 aplikasi wajib buat penjual online? Kalau sudah marilah mantapkan hati untuk semangat jualan online ya. Selamat berjualan semoga lancar dan laris manis!

Related Posts

25 komentar

  1. Nah bener banget ini, beralih ke bisnis online memang lebih memudahkan dan bisa menjangkau lebih banyak orang, tapi ada beberapa aplikasi yang diperlukan untuk ini. M-Banking paling penting sih enggak hanya untuk penjual, pembelinya juga hehe. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Ereap wajib saya coba ini. Makasih Teh Echa...

    BalasHapus
  3. Iya juga sih kalo ngaku pemilik usaha kecil harus punya catatan digital seperti Ireap, kasir digital. Memudahkan pencatatan secara digital jadi nggak usah lagi nyatat transaksi manual ya Cha

    BalasHapus
  4. Kecuali aplikasi kasir iReap itu tuh saya yg belum punya. Semoga kedepannya punya bisnis atau usaha sehingga memerlukan aplikasi pintar pembimbing para pebisnis muda hingga expert itu ya

    BalasHapus
  5. Usaha online ini makin dimudahkan ya mbk, banyak aplikasi yang sangat membantu. Salah satunya seperti kasir online, makin rinci dan nggak perlu nulis manual ya

    BalasHapus
  6. Kudu kasih tau temeeen nih, aplikasi buat penjual online yg terakhir. Sepertinya dia belum pakai. Jadi lebih gampil nih ya dan bisnis makin lancar dan barokah...
    iyaya tidak perlu viral yg penting orang ingat kita jual apa..aku ingat mba Echa yg strong selalu

    BalasHapus
  7. Pokoknya klo mau jualan online, kudu paham bgt amunisi apa aja yg dibutuhkan ya mba.

    Aplikasinya kece2 semuaaa. Apalagi yg utk kasir, para bakul online wajib punyaaaaaa

    BalasHapus
  8. wah iReap ini keren ya bisa untuk penjual online, pasti terbantu banget ya jadi ingin coba download nih

    BalasHapus
  9. Bener banget ya kudu punya 5 macam aplikasi itu kalau mau jualan online. iReap pasti sangat membantu para penjual online ya. Apalagi kalau kayak aku yang gak suka nulis-nulis manual, pakai iReap ini pasti praktis dan rapi catatan keuangannya :)

    BalasHapus
  10. Bakul olshop wajib naget punya m-banking, heyy hari gini tuh udah pada cashless boscuu. Era digital gitu lho. Apalagi kalo punya aplikasi kasir iReap. Wah memudahkan banget transaksi penjualan lengkap dan terperinci buat kita semua.

    BalasHapus
  11. Duh molly udah install semuanya. Siap dong ya berbisnis online. Aplikasi ireap bagus bgt agar catatan keuangan bisnis kita lebih rapi dan terawasi.

    BalasHapus
  12. nah yang belum punya ini nih aplikasi kasir iReap. baru tahu banget malah. Makasih Mak Echa atas pencerahannya saya jadi pengen instal ah.

    BalasHapus
  13. Waah aku baru tau ada aplikasi Kasir iReap . Emang penjual online harus punya banyak aplikasi ya Mak Echa termasuk aplikasi kasih yang mempermudah ini

    BalasHapus
  14. Setuju, aplikasi-aplikasi ini emang wajib dipunyai penjual online. Jadi gak nunggu tuh cek ke ATM pas ada yang transfer. Yang aplikasi kasir juga biar uang keluar masuk tuh jelas

    BalasHapus
  15. Aku baru tau aplikasi kasir iReap. Bagus juga nih lumayan buat efisiensi pembukuan supaya kalau jualan tuh tau jualannya menguntungkan apa gak ya hehe.
    Zaman sekarang gitu lho, bukan waktuya lagi tulis2 manual, ntar bukunya ketlisut mewek :D :P .

    BalasHapus
  16. Kereen ya jaman sekarang, mau jualan online sudah di dukung support sistem yg serba online. iReap okee banget nihh buat penjual online padahal jaman dulukan sistem gitu kudu beli.

    BalasHapus
  17. Wah iya, bagi penjual online, aplikasi kasir seperti iReap ini penting banget ya mbak
    Agar bisa membantu kita mengelola keuangan

    BalasHapus
  18. bener mbak, kalau terjun ke dunia bisnis online kudu membekali diri dengan berbagai produk digital ya. salah satunya kasir online. ini membantu banget ya dalam berbisnis.

    BalasHapus
  19. Bakalan memudahkan banget ya iReap ini untuk pencatatan transaksi tanpa harus tulis2 secara manual. Bisnis makin lancar, tinggal mikirin ngembangin pasarnya aja daripada ribet ngurusi pencatatan transaksi ye kaann..

    BalasHapus
  20. Paling tau banget nih, kak Echa bahwa strategi digital marketing zaman sekarang membutuhkan 5 aplikasi wajib di atas. Paling salut sama Aplikasi Kasir iReap yang bisa digunakan sebagai pencatatan keuangan agar minim kesalahan dan tetap memperoleh data yang akurat.

    BalasHapus
  21. Ini pasti bantu bangets UMKM ya..semua jadi lebih rapi berkat Aplikasi kasir iReap yang memudahkan transaksi penjualan, sehingga jadi lengkap dan terperinci.

    BalasHapus
  22. Hari gini bisnis online makin dimudahkan dengan hadirnya aplikasi-aplikasi yg memudahkan para pelaku bisnis baik yg offline maupun online. Wajib diinstal nih nuat yg berbisnis sekarang.

    BalasHapus
  23. Yashh bener banget kalau mau jualan online harus siap tempur dan belajar beradaptasi dengan berbagai aplikasi digital.

    BalasHapus
  24. Bener mbak, semua serba digital kita harus menyesuaikan. Mengunduh berbagai aplikasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha. Aplikasi ireap penting banget, agar laporan keuangan usaha jelas.

    BalasHapus
  25. Yang belum aku punya di point terakhir, harus aku baca jelas nih. Siapa tahu beneran butuh aku nya buat bantu jualan buku-buku anak murah. Selama ini masih manual wkwkkw

    BalasHapus

Posting Komentar