Kalau Saya Meninggal Berarti Saya Nggak Ngeblog Lagi

3 komentar
Kalau Saya Meninggal Berarti Saya Nggak Ngeblog Lagi

Judulnya dramatis sekaleeeeeeee wkkwkw. Nggak seh, sebenarnya saya sendiri lagi ikutan challenge dari KEB. Kebetulan tema pertama adalah alasan emak lama tidak update blog. Hmm, sebenarnya saya bingung mau menjawabnya karena kebetulan saya kan masih update blog dan blog-blog lainnya secara berkala.

Ya apalagi kalau sekarang hampir 90 persen tulisan di blog saya isinya postingan berbayar semua. Hehehe ya namanya hidupnya dari nulis ya tulisannya harus menghasilkan. Demi dapur ngebul, demi bayar spp anak-anak dan demi membiayai keluarga besar saat ini. 

Seperti dulu pernah saya tulis, memang hidup itu nggak ada yang tahu ya hari esok. Tiba-tiba saja bisa di atas, tiba-tiba bisa di bawah. Susah menerka-nerka, karena bagaimana pun kita hanya manusia yang cuma bisa menjalani apa yang sudah digariskan. 

Sekarang memang kami bertukar peran demi kebahagiaan keluarga. Karena satu dan banyak hal yang akhirnya membuat saya dan suami bergantian dalam mencari nafkah. Namun jujur kalau boleh saya bilang Pak Tile itu support system terbaik buat saya dan anak-anak. Jadi ya sekarang jalani saja dengan nyaman dan saling melengkapi satu sama lain.

Btw, biar sesuai dengan tema yaaa hmmm saya biasanya lama tidak update blog itu karena beberapa alasan seh. Mau tahu  mau tahu? Yang pasti seperti flash back beberapa bulan lalu alasannya.... Yaaaa mari kita curhat lagi...

Ini 3 Alasan Saya Lama Tidak Ngeblog

1. Sakit

Kalau Saya Meninggal Berarti Saya Nggak Ngeblog Lagi

Jelas ini. Sebenarnya dari September 2022 saya itu sudah metastase LNH (Limfoma Non Hodgkin). Setelah 11 tahun lebih kumat wew itu bener-bener kayak pukulan aja seh. Tapi saya tetap berusaha tenang, walau nangis seh di depan suami. Ya kebayang ya sekarang sudah ada anak-anak dan dengan caraNya saya dah bahagia saja. Tiba-tiba dicoba dengan ujian sakit yang tiba-tiba. 

Baca Juga: Metastase ya ampunn

Kalau dulu saya cuma 1 tapi besar, sekarang limfomanya banyak ada 6 coba. Makanya sampai sekarang saya agak susah buka mulut, ngomong dan nelan. Pengennya yang empuk dan kuah-kuah biar gampang nelannya. Terus sering pusing juga nyeri seh, karena kelenjar membengkak kan wajar seh. Hehehe. 

Tapi karena udah biasa ya biasa aja. Saat ini saya sedang kemoterapi, iya sudah yang ke-4 seh. Tinggal dua lagi trus beres deh, kalau ga radiasi atau minum hormon lagi. Jadi tinggal dijalani aja sekuatnya, ya nggak?.

Belum selesai dengan limfoma, ternyata dapat kejutan lainnya di awal tahun. Saya lumpuh. Kayak petir hehehe, beneran pagi-pagi saya nggak bisa menggerakkan sama sekali kaki kiri. Tadinya saya pikir cuma nyilu atau nyeri yang nanti bisa gerak lagi, tapi ternyata dugaan saya salah. Beneran tidak bisa digerakkan sama sekali, kalau kata dokter saraf dan terapi kekuatan kaki kiri saya nol. Otot dan saraf nol putul melemahnya.

Saya lumpuh karena HNP syaraf kejepit.

Kaget? Jelas! Sebulan dua bulan pertama saya nangis aja pokoknya. Ya dibawa ke dokter syaraf di kota sini ya cuma terapi dan minum obat saraf yang banyaknya ampun. Karena kurangnya alat dan dokter, sama seperti limfoma saya pun dirujuk ke kota lain yang lebih lengkap. Kalau biasanya bisa naik bis, sekarang kan harus sewa mobil mau tidak mau. Dan jujur lumayan banget 2 kali seminggu sewa mobil bolak balik antri berjam-jam di rumah sakit untuk dapat penanganan.

Iya, alhamdulillah berobat saya semua dicover BPJS. Sayangnya untuk akomodasi dll tidak. Kota yang harus saya datangi rutin itu jauh, pp 8 jam coyyyyyy. Jauh banget kan? Kebayang tidak kami berangkat pagi-pagi sekali subuh, ngantri lamaaaa, diperiksa tidak sampai 5 menit, antri lagi buat obat atau terapi lain, baru bisa pulang. Itu kalau tidak tes-tes macam-macam ya.

Total sampai saat ini saya sudah 3 kali MRI dan hampir 10 kali rontgen. Sesuatu kan? Jadi kebayang kan capeknya bagaimana, duit untuk akomodasi gimana. Huhu mo nangis, padahal ingin lebih baik dalam ngeblog dan jadi cw malah diberi ujian lumpuh. 

Cuma untungnya, saya itu banyak dibantu teman-teman blogger buat biaya berobat dan hidup. Serius! Bukan hanya teman blogger saja, teman kuliah dan teman-teman komunitas juga sangat banyak membantu. Ya senang saja diingat orang banyak padahal siapa sih saya. Bukan cuma itu saja, saya juga harus mau merelakan uang pensiun dan mau tidak mau jual tanah untuk berobat. Yaaa kan kebutuhannya jadi double, harusnya kami cuma bisa fokus pada anak dll. Kenyataannya harus mau 'menghabiskan' uang untuk kesehatan.

Tapi saya masih bisa bekerja semampu saya kok. Serius. Kalau dulu kudu rate card, sekarang ya wes yang mana aja wes yang mau bayar hehehe. Saya juga masih bekerja seperti biasa namun terbatas. Sangat terbatas.

Memang sehat itu mahal ya coyyy!

Sekarang bagaimana? Sekarang alhamdulillah sudah operasi dan masih terapi. Cuma posisi duduk ke berdiri saya harus dibantu sama suami. Sekarang kekuatan kaki saya 3 yang kiri nilainya kata pak dokter. Jari yang tadi tidak ada rasa sekarang sudah bisa merasakan geli, panas dan dingin kembali. Saya juga sudah bisa ke kamar mandi sendiri dan sudah bisa mandi sendiri. 

Jujur, selama sakit saya dimandikan sama suami. Kalau sekarang saya dah bisa mandi sendiri. Cuma untuk bersihkan lutut ke bawah kan tangan tidak sampai ya kudu minta bantuan suami lagi. Dan tetap bersyukur paling tidak sudah ada progres lebih baik dibanding dulu. Ya nggak?

Kayaknya poin satu ini panjang bener ya curhatnya. Tapi beneran ini kejadian yang saya alami masyaAllah. Diberi kesempatan bisa kemungkinan sehat lagi itu anugerah. Kata dokter, saya tidak bisa pulih kembali normal jadi kesembuhan parsial separuhnya aja. Jadi harus dikuatkan dan tetap latihan biar bisa sembuh. 

Tadinya yaaaa kupikir kalau udah operasi itu semua bakal sehat. Cih! Nyatanya tidak pemirsaaaaa! Tapi ya lumayan ya dah bisa beraktivitas secara terbatas kayak gini. Saya benar-benar bersyukur. Sekarang saya dipegang empat dokter, yaitu dokter syaraf, dokter bedah syaraf, dokter onkologi, dokter fisioterapi dan dokter penyakit dalam. Banyak yaaaa, namanya juga BPJS kudu berjenjang apalagi minta SKDP untuk perpanjangan perawatan berobat :").

Alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah. Sekarang sedang menjalani terapi di dua tempat d onkologi untuk penanganan kanker dan dr bedah syaraf plus dokter fisioterapi untuk syaraf kejepit HNP yang membuat saya lumpuh. Sekarang cuma bisa tebalin semangat dan kuat melihat teman-teman lain kontennya makin bagus plus terkenal dimana-mana. Eike, cukup di rumah sambil mengurus anak-anak meratapi nasib. 

Kalau sedih, saya pernah itu sekali obat-obatan yang segitu banyak saya lempar ke muka papih sambil nangis. Papih akhirnya ke luar rumah cari angin, setelah tenang baru dia menenangkan saya. Dan kami jadi maaf-maafan huhuhu. Makasih ya Papih cintaku.

Jadi alasan pertama tentu karena kondisi kesehatan. Ya gimana mau ngetik saya aja duduk susah, tapi ya bisa tetap diusahakan semampunya sesuai keterbatasan. 


2. Sibuk sama anak

Kalau Saya Meninggal Berarti Saya Nggak Ngeblog Lagi

Seriussss! Punya tiga anak yang sekolah itu masyaAllah. Mana kudu mengejar milestone masing-masing biar sesuai tumbuh kembangnya. Tahu nggak setengah tahun kemarin, Raffi itu turun nilainya. Entah karena saya sakit ya, jadi beneran terasa banget dia kurang support system ibunya seperti biasa. Huhuu. Bayangin dari rangking 1-2 dari kelas 1 tiba-tiba turun drastis ke rangking 7. Kan itu sedih huhuu. Alhamdulillah, sekarang nilai UTS Raffi naik lagi seperti biasanya. MasyaAllah.

Trus kan si Raffa juga sekarang udah SD, wew dia itu anak yang jarang banget diajari dari dulu. Tapi masyaAllah pintere ga ketulungan tanpa kami harus susah payah mengajari. Gurunya dulu pas TK selama saya sakit juga gercep huhu. 

Sekarang, karena saya sudah bisa pegang kompor lagi bisa bikinin bekal lagi. Jadi tiap pagi hari, saya dan Papih bikinin bekal macem-macem buat anak-anak plus sarapannya. Karena mereka masuk 6.15, mau tidak mau harus lebih pagi dari itu buatnya wkwkw. Cuma saya senang banget bisa berkreasi kembali untuk anak. Alhamdulillah bisa menemani mereka lagi. 

Untuk si bungsu, Rafif yang sekarang lagi berusaha untuk mengejar keterlambatan milestone juga mulai kami kejar juga. Selama setengah tahun ini, si anak paling sabar ini memang ikut saya dan suami bolak balik ke rumah sakit. Nunggu dari pagi hingga sore dan pulang malam sampai rumah pun dia jabani. Beneran ya Allah di rumah sakit dia ga rewel sama sekali, apalagi saat operasi dan kemo kan saya kelas 3 ada banyak gitu dia diem nemeni huhuhu sedih seh sebenarnya. Tapi memang masyaAllah penyejuk hati si bungsu. Maafkan Mamih ya Nak merepotkan.

Ya mana bisa ngeblog kan kalau sibuk ngurus anak? Syuseee, iya dulu kalau anaknya cuma satu. Lah ini tiga dengan segala keterbatasan saya, bijimane bisa ngeblog update terus-terusan. Ya kan? Cuma ya bisalah disempetin memang :D apalagi kalau ada feenya*eh gimana.

Itu cerita anak kandung yang lahir dari perut saya, lah saya juga punya anabul yang jadi majikan. Sekarang nih saat saya nulis ini pada sakit semua. Jebret tiba-tiba mati habis demam, bersin dan berdarah dari hidungnya terus mati. Ya Allah sedih banget, ini ada 4 udah yang meninggal, 2 lagi berusaha dan dua lagi dicoba diungsikan biar ga terusan. Beneran itu tiba2, wong kemarennya sehat tiba-tiba sakit kan sedih. Kalau dilihat dari gejala dll sih indikasinya lebih ke calici dan pneumonia. Namanya juga virus ya mau gak mau cuma bisa untuk menaikkan daya tahan tubuh saja.

Pusing saya dan Papih ngurusin anabul banyak banget yang sakit. Dah pol-polan ngerawat eeeeh pada sakit huhuu gimana gak sedih huhu. Makanya saya putuskan untuk ikutan challenge KEB ini, karena saya mumet kepala butuh pelampiasan sedihnya karena kucing-kucing pada sakit dan meninggal ya Allah. 

3. Saya Meninggal

Kalau Saya Meninggal Berarti Saya Nggak Ngeblog Lagi

Iya, ini sebenarnya jadi pikiran saya. Dengan kondisi kesehatan sakit berat dan terbatas, tadinya blog ini mau saya lepas domainnya. Jadi free aja tidak berbayar. Iya, biar tidak nyusahin atau menyusahkan. Secara ini blog nyangkut sama almarhum adek Miftah. Jadi daripada saya pusing ya mau saya lepas saja rencananya. 

Cuma, ya lagi-lagi untuk kondisi sekarang saya butuh biaya banyak buat keluarga. Ya mau ga mau dirawat tetap. Yang penting update dan ada fee*eh. Tapi postingan ini gak ada fee lohhh, tulisan sepanjang 1768 kata ini ga berbayar kok. Swear! Karena kayaknya emang saatnya saya curhat lagi, apalagi lagi puyeng dan sedih berat karena anabul pada sakit huhu.

Tapi ya, saya sayang sama blog saya ini. Kalau dilihat blog ini seperti cerita hidup saya perjalanan saya dari dulu dengan segala tumbuh kembang blog ini. Saya masih bersyukur masih diijinkan untuk ngeblog, karena memang saya suka. Sangat suka.  

Kalau ditanya jarang update blog gak? Ya nggaklah! Tiap hari saya nulis walau di tempat lain, di blog juga nulis kalau pengen dan ada yang bayar saja. Hehehe. Ya nggak papa, blog ini hak kita sosmed ini juga hak kita. Tidak ada yang bisa ngatur loh. Hiduplah sebagai diri sendiri, seperti kalian mengenal seorang Echa dengan blog echaimutenan. Saya tetap Echa dengan karakteristik tulisan haha hihi yang ga peduli penulisan bahasa EYD bagaimana dan saya juga tetap Echa yang kadang kala bisa serius saat ikut tulisan lomba. Tapi tetap style itu tidak akan berubah kan.

Meski sakit dan rempong dengan urusan rumah tangga, saya masih ngeblog. Paling tidak tiga alasan itu mewakili saya. Btw, makasih ya dah baca curhatan yang panjuaaaang ini. Semangattt!

keb


Related Posts

3 komentar

  1. Echa itu bagi aku strong women, luar biasa dengan segala keterbatasan masih semangat nulis. Dan aku tau itu gak mudah rasanya. Campur aduk rasanya pasti.
    Tetap semangat ya Echa 🔥🔥🔥
    Sehat² juga yaa buat papih..
    Tetap semangat dan bersyukur sekecil apapun..

    BalasHapus
  2. Huhuhu judulnya cediiihh :P
    Eh maksudnya dulu yang ngurusin blognya alm Miftah?
    Tapi enaknya blogspot kalau gak diperpanjang bisa balik ke mode gratisan tanpa perlu pusing soal kontennya yaa.
    Moga2 selalu awet blognya. Semangat utk sembuhnyaaa.

    BalasHapus
  3. Mba echaaaaa, baca ini langsung malu aku kalo berani ngeluh2 ga update blog 😔. Mba Echa aja msh semangat gini.

    Saluuut, aku juga ngeliat dr postingan dan foto di FB gimana mba dan suami saling menguatkan. Aku doain mba Echa bisa cepet pulih, sehat lagi, begitu juga pak suami selalu Diksh kekuatan dan kesehatan yaa 🤗

    Ada kalanya aku pun jenuh ngeblog mba. Tp memang ga bisa kelamaan. Soalnya blog ini pun udh macam obat, saat lagi jenuh, bosen, dengan menulis langsung naik lagi mood nya. Aku mendingan off di IG drpd off menulis blog.

    Mau dikata banyak temen bloggers udah pindah jadi YouTubers atau Vloggers, ttp aja aku setia Ama blog 😁. Apalagi memang lebih senengnya interaksi Ama twmen2 bloggers. Kayak lebih nyambung aja 😄

    BalasHapus

Posting Komentar