Tren Tata Rias Pengantin 2015


Trend Tata Rias Pengantin 2015. Menurut saya, salah satu momen yang paling istimewa dalam hidup itu adalah sakralnya pernikahan.



Makanya, banyak calon pengantin yang mempersiapkan pernikahannya jauh-jauh hari demi menyambut hari istimewanya. Apalagi calon pengantin wanita yang ingin sekali tampil cantik dan menjadi ratu sehari dihari pernikahannya itu.

Tidak salah, kalau riasan make up pengantin ini sangat krusial. Kalau kata orang dulu, pengantin itu kudu punya aura manglinin (wajah berbeda lebih cantik dari biasanya). Makanya memilih vendor perias pengantin juga harus hati-hati, jangan sampai kita salah pilih. Biasanya, sebuah vendor perias pengantin yang baik akan memberikan tes make up pengantin yang akan digunakan pada pernikahan nanti. Jadi, perias akan mengetahui bagian mana yang harus dikoreksi dari make up agar dapat disesuaikan dengan wajah si calon pengantin.

Di tahun 2015 ini, ada 2 jenis trend tata rias make up pengantin di Indonesia


1. Tradisional

Konon, seorang perias pengantin adat biasanya berpuasa terlebih dahulu sebelum merias calon pengantin. Karena Indonesia dari Sabang sampai Merauke, make up adatnya juga beda-beda ciri khasnya. Cuma kalau saya boleh bilang, make up pengantin tradisional itu memang bikin pangling dibandingkan make up lainnya, karena membutuhkan tekhnik yang lebih sulit dibanding make up pengantin lainnya.

Riasan pengantin tradisional juga sarat makna. Misalnya saja pada make up pengantin adat Jogja. Tahapannya saja sudah banyak yang dimulai dari raturan, halup-halupan (kerik rambut), cengkorongan (pola wajah paes ageng), kandelan (menebalkan paes) dan terakhir dandos (berbusana pengantin lengkap).

Hiasan sanggul gelung bokor yang disempurnakan dengan bunga Trimurti (merah-kuning-biru/hijau) disisi kakanan kiri gelung. Untaian melati disebelah kanan dinamakan gajah ngoling yang artinya suci untuk menjalani kehidupan sakral. Cunduk mentul 5 bunga disanggul yang artinya sholat 5 waktu. Untuk dodotannya sendiri menggunakan kain batik Sido Mukti, Sido Asih, Semen Rama atau Truntum yang kesemua motif batiknya bermakna filosofi harapan rumah tanggal yang kekal, cinta kasih dan bahagia. 

Kalau untuk contoh makeup pengantin tradisional, saya suka sama riasan saat Raffi Ahmad dan Nagita Slavina menikah. Bagus banget riasannya, Nagitanya tambah cantik, anggun dan manglingin. Serius!

Pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavita dengan rias make up pengantin tradisional

2. Internasional

Nah, ini yang sekarang memang lagi in.. Hasil riasannya riasan pengantin internasional sangat berbeda dengan make up pengantin tradisional. Lebih sederhana dengan banyak highlight dan lebih flawless, jadi terlihat natural. Dengan menonjolkan riasan pada mata yang terlihat jernih ditambah blush on dipipi menjadikan wajah pengantin internasional ini terlihat lebih segar. Tahun ini, untuk riasan pengantin internasional lebih banyak terinspirasi ke make up ala korea.

Untuk contoh make up pengantin Internasional, saya suka riasan Chelsea Olivia dan Glenn yang baru menikah kemarin. Riasannya natural dengan gaun yang sangat istimewa. Cantik!
Pernikahan Glenn Alinski dan Chelsea Olivia dengan rias make up Internasional


Saya sendiri waktu menikah lebih memilih make up pengantin tradisional semi modern. Karena untuk saya yang tinggal didesa, riasan pengantin seperti ini lebih bisa 'diterima' didaerah. Hehehe... Apalagi waktu itu, persiapan saya menikah kurang dari sebulan. Jadi, pakai rias pengantin yang sudah kenal saja. 

Tapi saya salut sama perias saya ini... Secara waktu menikah, rambut saya baru tumbuh setelah kemoterapi jadi masih pendek. Tapi, karena menggunakan riasan tradisional, dia bisa menutupi banyak rambut yang masih pendek untuk disanggul bahkan nyaris botak karena belum banyak tumbuhnya... Pakem filosofi riasan tradisionalnya juga tetap dipakai, saya jadi pangling dengan wajah sendiri (eaaaa muji diri sendiri gitu hehehe).

 
Make up akad nikah pertama
Dandanan saya sederhana saja


Make up pengantin akad nikah KUA


 
Make  up pengantin resepsi

Bingung menentukan pilihan mau make up tradisional atau makeup internasional? Tenang, sekarang sudah ada Bridestory. Bridestory ini adalah online wedding marketplace terbesar di Indonesia. Jadi, buat para calon pengantin yang masih bingung mencari inspirasi untuk hari spesial pernikahannya bisa disini. Kita bisa mencari banyak informasi vendor yang bisa mewujukan pernikahan impian nya.

Saat saya mencoba mencari inspirasi rias make up pengantin, ada banyak sekali pilihan vendor terpercaya diseluruh kota se Indonesia, bahkan didunia loh... Disana juga diberikan kisaran harga untuk jasa dan kontak masing-masing vendor. Enaknya juga, kita bisa melihat hasil riasan make up pengantinnya, termasuk mau pilih make up pengantin tradisional atau internasional. Sambil mencari inspirasi, jangan lupa untuk save vendor favorit agar mudah melihatnya lagi.

 
Ini contoh hasil pencarian hair and make up pengantin area Jakarta


Salah satu vendor yang menampilkan hasil make up pengantinnya


Nah, sudah tidak bingung lagi kan mau pilih rias make up pengantin tradisional atau internasional dipernikahan nanti? Buka saja Bridestory. Oh ya, bukan hanya tersedia tentang make up pengantin dihari istimewa nanti loh, tapi semua detil pernikahan impian ada disana.

Kalau kamu sendiri pilih mana? Rias make up pengantin tradisional atau internasional? Let me know ^^...

36 comments:

  1. Sekarang semua dipermudah yaaa. Tinggal kita aja pinter2 memanfaatkannya :)

    ReplyDelete
  2. Yeayy belum terpikirkan. Bunda. Heee

    ReplyDelete
  3. Jadi inget jaman nikah dulu cha... ya ampun mba irma termasuk yg rempong krn hari akad nikah dan resepsi selang seminggu. Ya dua kali make up dgn dua penata rias berbeda. Hihihi

    ReplyDelete
  4. kalau pas pengantin dulu, lebih pilih pakaian yang tradisional. soalnya aku rada klasik orangnya. walau mama heran kenapa aku pilih beludru hitam utk akad nikah (pdhal itu warna klasik orang minang saat menikah). tp kalau soal make up malah cenderung internasional kali yaa ... soalnya mukaku aslinya dah kaya pake make up: alis tebal (tp berantakan), bulu mata panjang dan lentik (sampai ga perlu bulu mata palsu, mukanya bisa kemerah-merahan dgn sendirinya (jd pake blush kudu tipis, dll (maap jd muji diri sendiri), klo dipapar teknik make up tradisional jd terlalu berlebih. makanya di foto pengantin sama foto biasa nyaris sama, cuma kaya pake aplikasi penguatan warna aja hahaha 9maap saya sombong bgt di komen ini, haduh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha gpp mbak..bebas mah komennya ^^ sukak malah karena dirimu tahu plus minus wajah ^^

      Delete
  5. Nice post mbak..
    Sesuai selera ya pastinya kalau suka yang mana saya dulu pengen banget modelnya international make up gt cm kendala orangtua yang menyatakan make up tersebut kurang bsa diterima untuk lingkungan tamu yang akan dtg. Jadi tradisional banget banget deeh..
    Untung dptnya yang bagus hehehe

    ReplyDelete
  6. oke ditampung idenya mbak, tampung aja dulu, nikah mah masih belum ketauan kapan, calon pun tak ada TT

    ReplyDelete
  7. aku pilih yg mana yaaaaa, enaknya yg mana nih ? *dinyonyorin pakai buku nikah
    hehe

    ReplyDelete
  8. Nah! Dulu make up pengantinku bermasalah nih huhuhu. Enak ya sekarang ada Bridestory. Semacam one stop shopping cari-cari vendor pernikahan. :))

    ReplyDelete
  9. Aku dulu akad dan resepsi di rumah di hari yg sama tapiiii... dengan riasan dan pakaian yg berbeda..aduh rempongnya..

    ReplyDelete
  10. manglingi banget waktu gigi nikah,kl chealsea minimalis cantik banget..
    aku dulu tradisional mak,pakai adat jawa hehe...

    ReplyDelete
  11. waduh mantap nih riasan mbak echa., meskipun rambutnya kurang alias agak botak,. masih bisa diakali...! BTW daerah luar jawa kalau pakai bridestory bisa nggak ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ^^ seluruh Indonesia dan dunia ^^

      Delete
  12. waktu menikah saya memilih yang tradisional Cha, setuju tuh, riasan nagita bagus sekali. Bridestory memberikan kemudahan ya Cha, kalau ada pasangan yang akan menikah...dia bisa menentukan dengan melihat ke websitenya...namanya bagus bridestory

    ReplyDelete
  13. Perlu ditengok2 nih kayaknya bt referensi hihihh ^^

    ReplyDelete
  14. bridestory bantu banget buat mengatasi kerempongan milih make up saat menikah ya.. enak nih, penganten jaman sekarang beruntung.. :)
    Aku dulu juga pake ala tradisional. Belum banyak pilihan soalnya :)

    ReplyDelete
  15. Sekarang jg mulai tren wedding outdoor maakk, terinspirasi sama rafi-nagita atau andien-ippe. Banyak yg di pantai atau hutan pinus biar ala2 twilight gitu. Make up nya ringan dan lebih natural, baju yang simpel malah kadang ada yang pake celana pendek atau sneakers, dan pasangan pengantin yg mingle sama undangan. Pestanya pun lebih private n intim...

    ReplyDelete
  16. Lebih suka yg tradisionaaal. Dan iya, setuju sama Mami Raffi. Aku juga suka riasannya Gigi-Rafi. Baguuuus dan haluuus banget. Nggak medok. Yaeyalah ya... budget-nya juga gede xD

    ReplyDelete
  17. mudah banget ya...kalo aku dulu pake yg tradisional mbak cha...

    ReplyDelete
  18. Pas aku nikah belum tahu bridestory e. :D
    Glen nampak segeer bgtt, ya. . .

    ReplyDelete
  19. Aduuh jadi bingung milih tipe riasan yang mana, mau nikah ternyata ribet gini ya, atau saya sendiri yang terlalu ribet. hehe

    ReplyDelete
  20. aku nyari calon suami dulu deh baru milih make up pengantin hehehe :)

    ReplyDelete
  21. Dulu aku gak pake riasan :D
    jd gk mumet nyari perias pengantin

    ReplyDelete
  22. Sepertinya lebih milih rias pengantin yg minimalis aja. Lebih bgs deh

    ReplyDelete
  23. lengkap ya sekarang, dandan ga perlu bingung lagi

    ReplyDelete
  24. Hmm, bisa juga nih pilih dari skg yah mau riasan pengantin kaya apaa.. biar nanti pilih calonnya terakhir aja :v

    ReplyDelete
  25. Aku lebih suka yang pakaian tradisional. Enak nih ada wedding vendor kaya bridestory, memudahkan, infonya mayan komplit

    ReplyDelete
  26. Ah iya yang chelsea itu make up nggak menor ya, tapi keliatan cantik.

    ReplyDelete
  27. Wkkwkwkwk, kalo lihat pengantin gini ingett emakku rias pengantin jadi biaya pernikahan kelak lebih murah eaaa, curcolll
    Itu pernikahannya Mbak Celsi sama mas glen guediii mbakkk, butuh nabung bertahun2 wkwkwkkw

    ReplyDelete
  28. Aku suka banget liat fotonya Chelsea... spt nonton dongeng ya hehehe.
    Tapi kalau aku sendiri lebih suka yang tradisional dong.... :)

    ReplyDelete
  29. Wah, semuanya dipemudah ya sekarang. ada vendor nya gitu jadi tinggal pilih aja mana lengkap lagi.

    ReplyDelete
  30. dandanannya cakeeeep cakeeep..aku dulu saat nikah campuran tradisional dan modern chaa...dan pastinya unguuu :)

    ReplyDelete
  31. Alamak..
    Jadi pengen nikah saya mba
    :p

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^