Mengenang 2015 dan Harapan 2016 echaimutenan


Mengenang 2015 dan Harapan 2016 echaimutenan. Hula-hula, seperti tahun-tahun sebelumnya... Nggak lengkap kalau nggak refleksi diri setahun kemarin. Tujuannya apa? Biar saya pribadi bisa belajar lebih baik lagi dari waktu  kewaktu... Apa yang harus dihindari dan apa yang harus diasah agar lebih baik lagi... Sekedar catatan untuk diri sendiri juga seh :").

Tiap tahun saya selalu bersyukur masih bisa hidup layak, bisa hidup bersama orang yang saya sayang dan menyayangi saya, bisa bermain dengan Raffi setiap hari, bertemu dengan banyak orang yang memberi energi positif dan lain halnya. Banyak sekali yang saya syukuri karena nikmat dan ijinNya.


Iman

Percaya nggak kalau ucapan itu adalah doa.. Dipostingan awal Januari 2015 lalu saya menulis tentang ingin pakai jilbab lagi. Entah itu keluar saja dari mulut dan hati *eciyee hati :v.. Oh iya, kalau mau baca postingan renungan saya silahkan baca di http://www.echaimutenan.com/2015/01/kisah-2014-dan-selamat-datang-2015.html.
Saya punya keinginan 2015 dan seterusnya...pakai Jilbab..hehehe..iya pakai jilbab bener..yang g cuma jilbab tapi hati dan mulut hancur... apalagi gara-gara peristiwa kemaren saya rada2 g percaya sama orang yang pake jilbab...karena yang jahat sama  saya rata2 pake jilbab semua seh wekekek....iyah saya tahu nggak bisa generalisasi seperti itu...makanya saya berdoa semoga saya bisa pakai jilbab beneran :")
Dan ternyata, Tuhan memang selalu mendengar doa-doa baik. Saya diberi kepercayaan hidayahNya buat menggunakan jilbab beneran. Dan itu saya syukuri banget :"). Saat saya pakai jilbab, banyak yang ngasih baju gamis atau khimar :") padahal orang-orang itu sangat jarang berinteraksi dengan saya. Terima kasih banyak ya :"). Semoga selalu bisa menjaga hidayahNya dan meningkatkan iman islam..aamiin.


Kehidupan

Kalau 2014 lalu saya disakiti oleh tetangga dekat sendiri, yang ternyata ditahun 2015 dia diberi cobaan lebih dari saya. Dalam hati, saya sudah memaafkannya dan berdoa semoga kehidupannya semakin membaik. Saya memang tidak percaya ramalan, tapi saya percaya karma. Orang yang berbuat baik akan mendapat baik, sedangkan orang yang menyakiti orang lain akan lebih disakiti orang lainnya. Itu seh prinsipku sekarang, walau dulu-dulu pernah nyakiti alhamdulillah energi positif papih membuat saya lebih kaleman dan berusaha untuk tidak nyakiti orang lain. Kalaupun nyakiti pasti minta maaf, nggak pengecut gitu seperti......... *sinyal hilang.

2015 gimana? Hmm tidak banyak berubah ternyata. Karena terlalu percaya sama teman, saya juga disakiti. Sakit banget malah, sampai saya jadi takut punya teman (sok) dekat :"). Soalnya pernah ada yang ngomong si echa sering curhat gak? Jadi aku nggak enak kan :"), makanya mending dipendem aja wes daripada curhat malah dikira gimana-gimana.. Tapi hal ini juga membuat saya hampir tidak pernah mau cerita lagi sama orang lain, kecuali sama ciwi dan nopee (karena mereka sudah terbukti bertahun-tahun bisa mengerti dan dimengerti temenan sama saya haha. ilopyuhh). 

Tahun ini, ternyata saya juga belum bisa bijak untuk menyikapi suatu hal. Masih belajar dan terus belajar.. Dan saya bersyukur banyak tangan-tangan baik yang memberi pertolongan tanpa syarat disekitar keluarga kami... Alhamdulillah..

Sama seperti harapan tahun 2015, untuk 2016 saya berharap yang baik-baik. Semoga saya selalu dikelilingi orang baik dan berenergi positif. Selalu dilindungi Tuhan dari berbagai macam masalah dan godaan... Intinya sih, terus menebar hal positif dan mengurangi hal negatif.

Kesehatan

Awal januari 2015, sel kanker saya bermetastase dibawah leher dan sekarang januari 2016 muncul juga diketiak. Horeee, nambah :v. Jadwal kemo setelah menyapih Raffi belum saya laksanakan. Cuma MRI saja untuk memastikan isi dan letak benjolannya.


Yang lebih membuat saya kurang fit itu adalah penyakit syaraf yang sudah 2 tahun ini dialami. Itu lebih menjengkelkan daripada kanker. Soalnya bikin saya susah beraktifitas. Jalan sebentar saja kumat, salah posisi langsung sakit dan tidak bisa gerak lagi :v.. Kocak kan :v. Dan itu membuat saya dirawat inap dirumah sakit sampai 7 kali selama 2015. Tapi kalau rawat jalan cuma diberi obat infusan pereda nyeri dan fisio seh jangan ditanya. Sebulan bisa 2 kali dijalani demi badan bisa bergerak lagi. :")

Tahun 2015 juga, saya diberikan rejeki hamil lagi untuk yang ke-4 kalinya. Sayang, saya terlalu capek fisik dan pikiran sehingga terus terusan pendarahan lalu keguguran. Semoga 2016 ini, saya diberi kemudahan untuk bisa hamil dan memberi Raffi adik :"). Aamiin.


Selain itu, Raffi juga kena sakit kelenjar getah bening yang tiba-tiba pecah sendiri setelah 4 bulan :O. Lalu setelah sembuh, tiba-tiba dia kena alergi tungau :v.. Yang saat dia alergi, kami lagi bener-bener tongpes... Sesyuatu yaaaaaaahhh.

Tapi tapi tapi, saya bisa memberi ASI Raffi sampai 2 tahun lewat lohhhhhhhhhhhh... Bangga banget loh, walau kondisi badanku sakit-sakitan bisa ngasi hihihi.. alhamdulillah.

Kalau papih, dia sempet kena air panas yang bikin kakinya melepuh. Dan itu kena kekucing juga air panasnya, karena kebetulan kucinge lagi dibawah duduk..


Doa tahun 2016, semoga keluarga kami selalu diberikan kesehatan...aamiin.

Keluarga

Alhamdulillah, 3 tahun bersama walau aral dan rintangan menghadang.. Kami terus bersama saling mencinta dan menguatkan. Suamiku, aah suamiku baik sekali dengan segala kesederhaannya dan ketulusan merawat saya :"). Raffi juga makin aktif..ya geraknya ya ngomongnya :v... Semoga terus saling melindungi, selalu sehat, penuh cinta dan berkah keluarga kami...Aamiin

Kucing

Cucuth udah 11 tahun lohhhh... Kakek cucuth tersayang..hihihi..sekarang jadi banyaaaaak kucingnya.. Dan karena suka kucing juga, untuk pertama kalinya saya berani buka jasa titip kucing dan catsitter yang daerahnya masih bisa terjangkau. Lumayan, seneng aja mainan sama kucing (orang) xD. Semoga kucing-kucing kami selalu sehat dan usaha kecil-kecilan kami bisa lancar..


Blog, Internet dan Prestasi

Saya dulu suka iseng saja bilang blogger nastar hehehe.. Seru aja, menurut saya. Tapi ternyata dunia blog tidak seperti dulu lagi hehehe. Dan kata mbak Indah, ngebloglah seperti Echa biasanya. Terima kasih mbak, semoga saya bisa selalu survive didunia blog.

Makanya saya harus terus belajar dan belajar biar lebih berkualitas blognya. Betul kan? Seperti keikutsertaan saya menimba ilmu di fun blogging atau ikut berbagai acara yang bisa menjadikan saya blogger professional (eciyeee profesional :v) atau juga ikutan kursus gratis di IndonesiaX demi tetap ngasah kemampuan.

Untuk lomba, tahun 2015 saya lebih banyak lomba blog daripada nguter. Dari 22 lomba saya menang 16 lomba.. Lumayanlah ya..Untuk nguter, tahun 2015 saya masih menang undian sepeda motor seperti tahun-tahun sebelumnya :D. Alhamdulillah ya :P. Apa saja yang didapet dari blog saja? boleh dibaca di http://www.echaimutenan.com/p/echa.html atau di http://www.echaimutenan.com/p/award.html

Tapi, ada dua yang membuat saya senang tahun 2015 dengan prestasi blog bernama alay www.echaimutenan.com ini. Yaitu, menjadi blog family dan parenting terbaik tahun 2015 dan blog of the month desember 2015 kumpulan emak blogger. Huaaaa...seneng banget dapat penghargaan itu :"). Selain itu, saya dua kali nulis di ayahbunda.. Satunya testimoni satunya tentang transmart.



Walau jarang nguter, ternyata di tahun 2015 ini saya mendapat banyak #BERKAHNGEBLOG dari berbagai review brand.. Alhamdulillah. Sekarang, setiap postingan geje saya pasti itu review. Mau protes? ;D. Tahun ini juga saya ngubah template lebi jernih dan cepat yang ramah SEO :").


Saya juga mengucapkan banyak terima kasih untuk para pembaca, blogger, brand dan agency yang sudah membaca blog saya ini. Kalau bukan karena kalian, apalah arti blog yang bernama alay ini:"). Terima kasih *cipokin satu-satu.

Berkat blog juga, saya punya banyak teman banyak informasi banyak semangat banyak ilmu dan akan menghindari yang namanya energi negatif. Yah, semua berkat blog... Dunia yang saya tekuni dari 2008... Tidak ada yang instant bukan? Semua butuh perjuangan.


Harapan saya ditahun 2016, semoga blog saya bisa mendulang banyak rejeki dan lebih berprestasi daripada tahun-tahun sebelumnya. Bisa menjadi kepercayaan dan penghubung antara brand dengan pembaca, bisa memberikan informasi yang bagus dan bisa memberikan banyak manfaat kebaikan untuk banyak orang. Aamiin.

Untuk tahun ini, saya membuat 1 kategori lagi yaitu DIY (do it yourself) yang saat ini lebih banyak tentang permainan dengan metode montessori. Ternyata DIY saya lumayan banyak juga postingannya diblog ini. Makanya saya berani bikin kategori ini biar jadi inspirasi buat yang membaca. Saya senang dan yang pasti Raffi happy ^^. Bukankah bermain itu penting? :D. Dan bikin DIY membuat saya lebih kreatif dan terus kreatif ^^.

DIY

2016 ini, saya berusaha lebih meningkatkan konten yang berkualitas bukan hanya postingan 'gitu saja'. Ciwi pernah bilang, "Cha, postinganmu itu keniatan loh kadang. Dan itu bagus". Makanya, kenapa saya terus belajar.. Mulai dari aplikasi edit foto video sampai bagaimana cara menulis yang baik. 


Mari bersyukur apapun itu :)

Oh iya, satu lagi...saya bisa berjualan jajanan sehat dikantin sekolah-sekolah sekitar rumah setiap hari. Untungnya nggak banyak seh..tapi seneng :).

Hmmm..apalagi ya. Ya udahlah, harapannya semoga semua yang baik-baik menghampiri kita. Semoga 2016 lebih berkah, lebih berprestasi, lebih bijaksana dan lebih baik semuanya. Dan Allah selalu lindungi kita semua... Aamiin.

See you on top ^^

49 comments:

  1. happy New Year 2016 Chaaa....semoga selalu diberkahi yang terbaik oleh-Nya yaaa :)..semangatnya luar biasaaaa :)...

    ReplyDelete
  2. Semoga tercapai harapannya untuk tahun 2016 ya Mak.
    Barakallah atas rezeki tahun 2015.
    Semoga Mak Echa makin sehat. Raffi & papinya juga selalu sehat.
    Aamiin ^_^

    ReplyDelete
  3. mami raffiii, syelalu kereennn...
    smoga di thn ini dikau dikasih amanah lg ya mak eca sm Allah, raffi punya adek deh. amin.
    Sehat selalu ya mak eca, :)

    ReplyDelete
  4. Mengaminkan harapan2nya. Semoga selalu diberi yang terbaik maak :)

    ReplyDelete
  5. Aamin....saya masih perlu belajar banyak soal ngontes blog, tahun ini kalah melulu (menang sekali denk...

    ReplyDelete
  6. mantab mbak, banyak sekali kenangannya, ada suka dan ada duka. .. semoga tahun ini di beri kemudahan oleh Allah...

    ReplyDelete
  7. Wah salut.. diam2 saya jadi makin terkesima dgn mba echa.. (eh)
    semoga bisa belajar banyak.

    Semoga tahun ini lebih dimudahkan ya mba, lancar rezeki, adik raffi, dan kesehatannya membaik..

    ReplyDelete
  8. Mak Echaaa kerenn banget,semoga tahun 2016 semakin cetar membahana sampe tumpeh -tumpeh rejeki penuh berkah yoo.

    ReplyDelete
  9. Selamat tahun baru juga. ^^

    Banyak hal yang udah didapatkan di tahun kemarin, ya? ^^

    ReplyDelete
  10. Keren emang Emak atu ini. Sy suka intip2 meski jarang komen hihihi! Moga makin eksis makin produktif. Moga juga berkahnya nular ke saya ya Maak :D - eh aamiin ;)

    ReplyDelete
  11. Mbak Echa emang total banget dalam ngeblog, jadi pantaslah kalau mendapatkan banyak hal dari ngeblog #salut #berkahngeblog :D

    ReplyDelete
  12. Konten DIY ini keren banget Cha, bisa jadi referensi emak-amak yang punya balita.

    ReplyDelete
  13. amiin ya robbal 'alamiin. peluk mba Echa yang inspiring :)

    ReplyDelete
  14. Cucuth udah mau masuk SMP nih ya kalau sekolah :)

    ReplyDelete
  15. semoga makin bnyak rezeki mak eka. selamat tahun baru ;)

    ReplyDelete
  16. Dari mba Echa, aku ikut-ikutan bikin infografis. Yg gampang aja, so thanks ya mbaaak :)

    Daaan , mengaminkan doa terbaik utk mba Echa dan keluarga... Barakallahu

    ReplyDelete
  17. Walaupun sempat sakit, semangatnya luar biasa ya. Sehat selalu, mba Echa. Salam kenal :)

    ReplyDelete
  18. Echa yang selalu total memang the best :)

    ReplyDelete
  19. Selamat ya mbak, berkah ngeblog, rejeki gak akan kemana kok, aku suka konten DIY

    ReplyDelete
  20. aih...
    kilas balik yang menyentuh mbak
    kayak gado-gado ada pedes, asem, pahit, juga manis
    mirip pelangi ada merah, kuning, hijau (warna favorit saya nih), di langit yang biru...

    keren loh ngeblog dari 2008 sampe sekarang konsisten, zaman itu mah saya masih di era kegelapan yang belom kenal internet

    ReplyDelete
  21. selamat tahun baru 2016 Mbak Echa :)
    semoga semua yang diinginkan tercapai di tahun ini,amin..
    sehat selalu dan teruslah menginspirasi :)

    ReplyDelete
  22. Aamiin...
    semoga blognya semakin berkah ya mak..^^

    ReplyDelete
  23. Awardnya mba echa bikin mupeng hahhaa....Memang total bgt tulisannya mba echa...Semangat mba echa menyambut hari-hari dan challenge di tahun 2016... :)

    ReplyDelete
  24. selamat tahun baru 2016 mbak.
    semoga saja segala apa yang kita inginkan ditahun ini tercapai semua termasuk dalam urusan ngeblog :)

    ReplyDelete
  25. Aamiin! Semangat terus mamak raffi! Semoga semakin cetar bersinar. :D

    ReplyDelete
  26. Selamat Tahun Baru Kak Echa, semoga mendapat banyak keberkahan di tahun ini . Aamiin

    ReplyDelete
  27. Moga makin berjayeee di 2016 ya Cha...sehat2 sejeluarga dan happy2

    ReplyDelete
  28. Aminn keras.. Semoga Raffi tahun ini dikasih adik.

    ReplyDelete
  29. Mba echaaaa,kamu emang supermom! kereen banget! selalu suka lihat postingan2 dari mba echa. semoga keinginan di tahun 2016 ini tercapai semua ya mbaa.. dan semoga mba echa sekeluarga selalu diberikan kesehatan :) *bearhug*

    ReplyDelete
  30. Prookk prookk prookk... Keren banget, menang 16 dari 22 lomba. Dewi Lomba nih makk sepertinya.. BERKAH LOMBA banget hehehe ^.^

    ReplyDelete
  31. Keren cha... yg penting smg sehat selalu sekeluarga yahh..

    ReplyDelete
  32. Keren-keren prestasinya Mbak'e dan juga semoga tahun 2016 in penyakit-penyakitnya disembuhkan ya, serta makin solid antara Papih + Raffi + calon adik bayinya :) Aamiin.

    ReplyDelete
  33. Amin amin amiiin~ Semangat yoo Mak Echa, sun sini :*

    ReplyDelete
  34. Echa menang 16 lomba! Whattttt? Awas kowe yo Cha... *JiwitEcha

    Wkwkwkwk ....

    ReplyDelete
  35. See you on top.. ahhh kata2 itu jd penyemangatku juga... inspiring me

    ReplyDelete
  36. Cucuuuuth.. :3
    Sini main ama Puspus dan keempat anaknya, Popy, Moly, Choty, Mity :3

    ReplyDelete
  37. Mantap..berkah ngeblog..selamat mak..

    ReplyDelete
  38. emang super emak raffi satu ini...hebat pencapaiannya...semoga selalu menularkan energi positif pd yg lain mbak....

    ReplyDelete
  39. Semoga makin berjaya ya mak blognya. Semangat :)

    ReplyDelete
  40. Selamat tahun baru buat Raffi dan keluarga. Semoga tahun ini raffi bisa dapat adik, ya. :D

    Moga makin semangat ngeBloge, Mbak.

    ReplyDelete
  41. Semoga do'a dan harapannya terkabul ya mba :)

    ReplyDelete
  42. amin. Smoga terkabul semua harapannya ya. Selamat tahun baru Echa & fam. Sukses selalu.

    ReplyDelete
  43. amin. Smoga terkabul semua harapannya ya. Selamat tahun baru Echa & fam. Sukses selalu.

    ReplyDelete
  44. MasyaAllah, salut sama totalnya Echa kalau ngeblog :)

    BTW Cha, nguter itu apakah? Asli kudet saya, hihi.

    ReplyDelete
  45. MasyaAllah, salut sama totalnya Echa kalau ngeblog :)

    BTW Cha, nguter itu apakah? Asli kudet saya, hihi.

    ReplyDelete
  46. Selalu suka sama semangatmu Cha, menginspirasi.
    Ditengah semuanya, karya dan prestasimu juga membanggakan. Semoga selalu dalam lindungan berkah NYA ya.
    Selamat Tahun Baru, semoga segalanya semakin indah

    ReplyDelete
  47. Huuu aku baru kenal mba echa... keep strong mak.. happy terus.. mangat pantang menyerah,,,, semoga keturutan semua doanya di tahun ini...Aamiin... Aku BW blog mak echa yah... sorry kalo bakal komen di beberapa post lama ^_^

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^