Macam-macam Gerakan Janin dalam Kandungan

macam-macam gerakan janin

[Sponsored Post] Macam-macam Gerakan Janin dalam Kandungan. Menginjak tri semester 2, ibu hamil sudah bisa merasakan gerakan janin diperut. Seneng gitu rasanya ada yang bergerak-gerak diperut kita :"). Saya paling suka saat melihat USG dan janin lagi gerak-gerak berputar seakan menyapa kita.

Bahagia? Pastinyalah. Karena bagaimanapun juga minimal harus ada gerakan dalam sehari yang kita rasakan untuk menandakan janin sehat. Mau gerakannya halus atau kencang, itu menandakan kalau bayi baik-baik saja dalam kandungan. Katanya sih minimal kudu ada 10 gerakan dalam sehari. Nah yang bahaya itu kalau janin tidak aktif atau malas gerakannya, maka kudu kita rangsang agar dia merespon. Kalau masih tidak ada gerakan, sebaiknya kita segera pergi kedokter agar tahu kondisi bayi.

Tapi walau begitu, kita tetap harus waspada dengan gerakan janin yang berlebihan. Takutnya bumil stress dan membuat janin terlalu aktif, sehingga harus diberi anti kontraksi biar gerakannya teratur juga. Yang kek gini sih, dikonsultasikan kedokter ya :"). Saya biasanya kalau kebanyakan kerjaan pasti bayinya terlalu aktif gerak, sehingga harus istirahat. Itu padahal tidak pergi kemana-mana loh :D. Kembali lagi ke kondisi beda tiap kehamilan ya masing-masing ^^.

Baca : atasi janin stress dalam kandungan

Kapan pertama kali gerakan janin dirasakan oleh ibu hamil?

Yang pasti, beda orang beda kehamilan beda ketebalan perut juga merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi kapan kita bisa merasakan gerakan janin pertama kali.  Saking sensitifnya masalah ketebalan perut dan berat badan ibu, kalau ibu hamilnya kurus katanya bisa pegang kaki bayi. Saya? Ya, jangan haraplah secara badan tahu diri besarnya kekmana -__-.

Saat hamil Raffi saya merasakan gerakan janin saat umur kehamilan di 16 minggu. Tapi saat hamil ini, saya merasakannya saat umur kehamilan di 19 minggu hampir 20 minggu. Itupun umur segitu gerakannya juga masih lemah kok. Baru kerasa banget kencang gerakan nendang nguletnya saat umur kehamilan 5-6 bulan. Soalnya kan bayi juga sudah besar juga ^^.

Sebenarnya janin sudah bergerak sejak umur kehamilan masih muda. Karena kebetulan dihamil awal ini saya bolak-balik ke dokter kandungan karena flek, makanya tahu kalau dia lagi gerak-gerak. Lucu lagi dia gerakannya benar-benar kencang pas lihat di USG. Secara kan masih kecil dengan kantung yang luas, jadi dia enak muternya tuing-tuing kesana sini.

Kapan waktu yang baik untuk mengamati gerakan janin?

Kalau saya bilang sih kapan saja selama dia mau dan kita senang merasakannya ^^. Soalnya gerakan janin itu bisa tiba-tiba. Kita lagi berdiri biasa dan tiba-tiba dia bergerak sampai bikin kita kaget xD. Kalau menurut dokter sih saat kita lagi santai dimalam atau pagi hari setelah bangun tidur. Karena bisa sekalian ngobrol sama bayi, kan mulai umur segitu janin sudah bisa merespon sentuhan kita.

Lihat tuh si bayi muter-muter bokongnya wkwkkw
(doc : pribadi)

Fase gerakan janin
(diambil dari berbagai sumber)

1. Fase quickening, dimana gerakan janin  seperti tendangan dan tonjokan mulai dirasakan. Terjadi pada minggu ke-16 sampai 20. Tapi, pengalaman saya gerakannya masih halus tidak terlalu terasa ^^. Katanya sih kalau kita bisa merasakan gerakan janin lebih awal maka jenis kelaminnya laki-laki. Betul atau tidak wallahualam :)). Karena semua anak saya laki-laki jenis kelaminnya, kebetulan memang ngerasainnya pas umur kehamilan 20 minggu seh.
2. Aktifitas janin mulai meningkat diminggu ke-21 sampai 24 karena volume air ketuban juga masih sangat banyak untuk bergerak leluasa.
3. Minggu ke-25 sampai 28 : Janin mulai cegukan, makanya kadang kayak kesentak kitanya. Dan karena sudah mulai merespon dari luar, kalau diketok-ketok atau diajak ngobrol ada balasan gerakan dari dalam :"). Yup, fungsi pendengarnya mulai berfungsi :").
4. Minggu ke-29 sampai 31 : Gerakan janin makin kuat, teratur dan terkendali, tapi tetap kudu hati-hati bisa menyebabkan kontraksi 
5. Minggu ke-32 sampai 35 : Inilah masa puncak aktivitas janin, dimana terjadi peningkatan frekuensi dan tipe gerakan janin. Yup , anak kita semakin besar dan kuat.
6. Minggu ke-36 sampai 40 : Ukuran janin yang semakin besar dan keterbatasan ruang dalam rahim  yang makin menipis membuat gerakan memutar janin makin berkurang frekuensinya. Sehingga kadang membuat kita rada sakit saat dia bergerak :D

Membedakan gerakan janin laki-laki dan perempuan

Janin cowok : lebih cepat terdeteksi gerakannya, sangat aktif, lebih banyak gerakan menendang ciat ciat ciat,
Janin cewek : lebih lambat terdeteksinya diminggu 20 kehamilan lebih, gerakannya lebih stabil dan halus, gerakan janin lebih sering tapi kebanyakan bergerak saja.

Tapi ini sih believe it or not ya  ^^. Wallahualam. Yang penting kan bayi sehat dalam kandungan ^^. Saya sih tidak pernah mengalami gerakan janin cewek kan cowok semua kebetulan, jadi ya wes menurut saya sama kuat gerakannya xD. Tidak bisa mencompare :).

Raffi-nya gimana?

Yang pasti, Raffi senang memeluk dan mengusap perut saya :"). Dia tahu didalam perut mamihnya ada sesuatu. Malah dia usap-usap perut sambil bilang baby dan bilang sayang sama baby. Entah dia ngerti apa tidak :v :v. Dikit-dikit kalau foto pengen peluk perut gitu dia sekarang xD.

Pernah kemarin pas Raffi lagi kena Biang Keringat Pada Anak, walaupun lagi garuk-garuk badan kurang nyaman Raffi maunya bobok sambil meluk perutku. Saya sih sebenarnya kurang nyaman, tapi melihat Raffi nyaman kan jadi tidak tega kalau tidak ngebolehin hehehe.

Semoga Raffi dan adiknya bisa saling menjaga sampai nanti :"). Aamiin.

Macam-Macam Gerakan Janin Dalam Kandungan
(sumber : buku 9 bulan yang menakjubkan)

Sebenarnya apa saja sih gerakan janin yang kaki tangannya lagi senam dalam perut ibu hamil? Mau tahu? Ini beberapa gerakan janin yang kita perlu tahu ^^.

1. Mengulet
Biasanya bangun tidur kita mengulet kan? Yup, janin juga mengulet beberapa kali sehari sampai bisa membuat ibu hamil kebangun hehehe. Coba deh terlentang, pasti makin terasa nguletnya wkwkwk. Makanya kenapa ibu hamil kudu miring kekiri dan kekanan. Pertanyaannya : kenapa kalau lahiran kudu terlentang padahal tidak nyaman ya --"?.

2. Olahraga
Janin melatih otot tubuhnya untuk berkembang, dengan cara menggerakkan kaki dan tangan kekiri dan kekanan atau mereganggkan otot. Ibu hamil merasakannya sebagai gerakan menedang dan sikutan. Semakin besar kehamilan semakin berasa loh gerakannya hehehe.

Tonjokan tangan atau tendangan kaki janin ini bisa menyakitkan tulang rusuk. Sampai kadang mual karena seperti tertekan ulu hatinya :v :v 

3. Mengisap jempol
Semenjak janin, mengisap jempol dilakukan saat kita lagi makan enak. Jadi si janin menunggu makanan dari aliran darahnya melalui plasenta. Ngecesss gituuu.

Kalau janin lagi asip mengisap jempol dan lepas, dia akan memutar dan mencari jempolnya lagi. Ibu hamil akan merasakan gerakan darting yang cepat. 

4. Berputar
Kalau ibu bergerak, janin juga ikutan gerak. Misalnya ibu lagi nyuci dan janin menganggapnya menarik, maka dia akan mengikuti gerakannya. Salah satunya adalah dengan mainin tali pusar, sehingga membuat gerakan berputar kesana kemari.

Wahhh bahaya kelilit dong? Ya, ibu hamil berdoa saja semoga janin tidak ya ^^. Harus positif thinking! 

5.Mengetuk
Coba diketuk perut, nanti janin akan merespon ketukannya juga dari dalam :"). Ini seru loh, soalnya juga bisa merangsang otak sejak dalam kandungan kan?. Bukan hanya ketukan seh, ibu meraba perut kadang dia juga merespon.

Si papih suka iseng itu perut diketok-ketok terus ga selesai-selesai :v. Terus kalau dia ngerespon kitanya tertawa-tawa xD. Sayang Raffi belum ngerti maksudnya mainan ketukan perut seperti ini, dia cuma usap-usap sayang saja ngertinya.

6. Menggelitik
Kalau ibu capek tapi janin masih aktif, maka dia memberi isyarat agar ibu mengusap perut dan minta dinina boboin :"). So sweet ya?

Kalau saya sih ngerasainnya digelitik dan kurang nyaman buat saya, ya tinggal diusap-usap aja terus. Tidak sampai 5 menit, dia bakal tenang lagi.

7. Hormat (Menutup mata dengan tangan)
Janin akan menutup matanya dengan tangan kalau ibu sedang berjemur dan terkena sinar matahari. Karena dia sudah bisa merasakan silaunya sinar matahari yang masuk melalui kulit sang ibu. Posisi ini juga sering saya jumpai saat usg 4G, jadi suka nutupin muka gitu dianya. Bikin sebel :v, secara kita ingin ngeliat mukanya hahaha pan bayar USG gini gak murah :v :v.



Janin bergerak itu sehat kok, tenang saja ^^. Selain sering diajak ngobrol dan diusap-usap, ibu hamil jangan lupa untuk selalu penuhi makanan bergizi buat janin dalam kandungan. Sehat-sehat ya bumil!

Dinikmati gerakan janin dalam kandungan, karena bagaimanapun juga sebentar lagi lahiran kan :"). Nanti kangen loh masa-masa itu :"). Serius! Saya saja hampir saja lupa gerakan janin dalam kandungan kalau tidak hamil lagi seperti ini hehehe. Mari berdoa, semoga anak ibu sehat hingga persalinan nanti. Aamiin.

Itu dia macam-macam gerakan janin dalam kandungan. Semoga bermanfaat ya!.

13 comments:

  1. Aaaa..Mba Echa nih, bikin kangen hamil xD.
    Aku sama suami tuh dulu paling seneng kalo boncengan motor. Mesti nendang2 dan kena punggung ayahe, hahaha.
    Pas udah lahir berasa ada yang ilang nggak ada yang nendang2 lagi :D

    ReplyDelete
  2. beberapa bulan lagi aku akan merasakan hal ini juga hihihihi

    ReplyDelete
  3. mbak,,,details banget jadi tau pengetahuannya neh. aku udah 4 kali hamil, taunya ditendang dan disikut, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah kita sih ngerasanya gitu cuma didalem ternyata macem2 ya gerakannya

      Delete
  4. Lucu-lucu dan bikin takjub memang ya chaa.. Sehat selalu et enjoy your pregnancy...

    ReplyDelete
  5. Dulu pas hamil Vito, setelah pas hitungan 4 bulan langsung ada pergerakan. Subhanallah, masyaAllah mau nangis banget dan percaya kalo di Islam menyebutkan di usia janin 4 bulan ruh ditiupkan. Passss banget.

    Luar biasa memang ya mba Echa pengalaman hamil. Aku ga pernah USG jadi ga tau posisi janin lagi apa. Whoaaa ternyata baby janin banyak gaya juga yah. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bahagia ya rasanya aku juga lupa sebenare pas hamil ini jadi inget lagi

      Delete
  6. Soal melahirkan telentang, menurut bidan yang hits banget di Bali (namanya lupa) itu ngga harus mba. Dia di rumah bersalinya membebaskan senyamannya ibu. Ada yang nungging sambil dipijat punggungnya, ada yang jongkok sambil pegangan tangga bambu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dibidan mau gaya apa aja bisa..kalau di rs ga bisa :")

      Delete
  7. gak sabar pengen segera ngerasain dedek bayi di perut gerak-gerak. semoga dua-tiga minggu lagi bisa ngrasain, aamiin :)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^