5 Manfaat Bermain Air untuk Anak


5 Manfaat Bermain Air untuk Anak. Banyak cara untuk mengajarkan anak bermain sambil belajar, salah satunya adalah dengan bermain menggunakan media air. Believe me, bermain air itu adalah cara jitu mengeksplorasi kemampuan anak. Tampak sederhana ya? Cuma bermain air saja ^^. Tapi kegiatan ini membawa banyak dampak positif loh. Anak dan air itu kayak lem, susah dilepasin kalau sudah senang.


Swear! Raffi kalau disuruh berhenti renang susahnya minta ampun, padahal tangannya sudah keriput dingin tapi tetap saja dia senang kalau berenang. Tapi memang sih dari bayi saya ajarkan Raffi berenang. Dan sekarang dia berenang sudah ada kali 1 meter saja tanpa bantuan pelampung. Oh iya untuk melancarkan berenang Raffi, saya ikutkan dia kelas berenang biar lihai. Sisanya dia berenang dikolam rumah sendiri. Kalau saya lihat, berenang itu bisa karena biasa sih ya^^.

Baca :
Mengajarkan bayi berenang
Kelas berenang Raffi

Tuh lihat! Sudah kedinginan masih tertawa lebar xD

Tapi disini saya mau sharing tentang bermain air secara luas untuk anak. Tahu sendiri kan saya sering bikin mainan anak montessori, mulai dari mainan bayi sampai Raffi umur 3 tahun ini. Tapi memang banyak sih manfaat mainan anak itu untuk perkembangannya. Cuma kadang saya sendiri kewalahan kalau saat dibuatin mainan anak murah buatan sendiri (montessori) dia tidak berminat. Tidak sering sih, tapi pernahlah beberapa kali.  Jadi satu-satunya cara agar dia mau mencoba mainannya, mainan itu diremake jadi mainan edukatif yang ada unsur airnya ^^. Dan Raffi pasti akan otomatis mau bermain.

Yess, sensasi air membuat rasa dingin, basah, menyenangkan dan bahagia. Dan itu kan yang kita cari untuk tumbuh kembang anak, "Senang dan bahagia" ? Anak tetap bermain dan kita tetap bisa mengajarkan permainan edukatif buat dia.

Coba deh diingat-ingat. Saat anak masih bayi terus diajak mandi dia senang banget kan, merespon sambil menggoyangkan tangan dan kaki dibak mandi. Rasanya memandangi dia tertawa saat bermain air itu senang, ketawanya lepas banget ^^. Iya buibu, anak itu menikmati loh bermain air :").

Masih bayi senang banget kan main kecipak-kecipuk air


Btw, ini dia 5 manfaat bermain air untuk anak :

1. Bisa melatih memecahkan masalah
Anak akan belajar sebab akibat dan proses. Jadi ada yang bisa tenggelam dan ada yang bisa mengapung. Dan dia jadi tahu apa yang harus dia lakukan saat dia akan tenggelam, otaknya akan berpikir ^^.

2. Meningkatkan kemampuan matematika, fisika dan bahasa
Anak akan belajar konsep kosong atau penuh, banyak atau sedikit, mengenalkan konsep jumlah, mengukur dll. Kita juga bisa mengajarinya tentang hujan, air dan bentuk zat. Anak juga belajar banyak kosakata saat mengobrol sama kita.

Jadi ingat baru kemarin Raffi pagi-pagi tidak mau sekolah. Saat saya tanya kenapa, dia jawab hujan nanti Raffi basah :v :v. Nah, semua berkat air kan :D.

3. Meningkatkan perkembangan fisik, motorik dan sensorik
Bermain air itu membuat koordinasi mata, tangan, kaki, tubuh dan ketangkasan tubuh jadi lebih baik. Dia juga merasakan suhu air yang berbeda-beda. Anak juga tertawa, teriak, menjerit saat bermain air. Lepas gitu. Dan itu membuat seluruh tubuh bergerak plus otot, jantung dan paru-paru juga terlatih.

Semuanya bergerak \m/

4. Melatih Emosi
Anak bisa menenangkan emosi saat bermain air. Kegiatan menyiprat, menyiram, menghentakkan kaki dan tangan diair dll itu membantu mengekspresikan emosinya. Coba deh lihat ekspresi wajah anak saat berenang, pasti terlihat bahaaaaaaaaaagia banget kan?

5. Mengembangkan kreatifitas, ide dan imajinasi anak
Kalau ditemani mainan anak yang lucu saat berenang, kegiatan bermain air akan lebih menyenangkan. Makanya, saya selalu sedia kolam, bola dan perosotan dirumah saat bermain air hehehe.

Ide Permainan Edukatif di Air untuk Anak


Yang pasti, selalu jaga anak saat bermain air. Jadi kita tetap pilih bermain air yang aman dan tentunya membuat anak senang. Berikut beberapa ide bermain air untuk anak yang bisa dilakukan disekitaran rumah versi saya (psssttt sudah saya praktekkan selama ini dan anak senang bangettt).

1. Mandi hujan

Hahay. Rada pro-kontra ya? Tapi saya sudah memperbolehkan Raffi mandi hujan loh. Saat mandi hujan, anak bisa kita ajarkan bersyukur kepada Tuhan, mengajarkannya tentang siklus hujan, menambahkannya beberapa kosakata yang berhubungan dengan hujan, dll banyak kan yang bisa kita lakukan. Anak akan cepat menangkap ilmu saat dia senang ^^.

2. Menyiram Tanaman

Ini bisa kita lakukan rutin setiap hari. Kita bisa mengajarkan kalau tanaman harus disiram agar tidak layu. Bisa juga sedikit bercerita tentang rantai makanan, karena ada banyak tanaman yang akan dia jumpai nanti.



3. Melakukan kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan air

Seperti mencuci sepeda, cuci tangan atau mengepel itu adalah kegiatan sehari-hari yang dilakukan anak kan ^^. Kita tinggal mengawasi dan memberitahu cara yang benar bagaimana ^^. Jangan lupa untuk mengajari anak agar hidup hemat tidak menghambur-hamburkan air.
Simpel dan sering dilakukan ^^

4. Bermain water beads

Dari dulu, bermain dengan menggunakan media water beads ini sangat Raffi sukai. Permainan bayi pertama yang mengandung unsur basah selain berenang ya bermain ini. Soalnya bisa dibuat permainan montessori macam-macam sih ya, bisa story telling, merangsang motorik halusnya juga dan macam-macam pokoknya ^^. Memindahkan air dan water beads dari satu tempat ketempat lainnya juga sangat menyenangkan loh!

5. Berenang di kolam sendiri

Saya sengaja membeli kolam sendiri buat dirumah agar Raffi bisa mengekplorasi berenangnya lebih sering. Karena seperti tadi saya bilang diawal, bisa mahir berenang itu karena biasa ^^. Jadi Raffi bisa kapan saja berenang semaunya dirumah dibawah pengawasan saya.

Btw, mencari kolam buat anak itu susah-susah gampang loh. Sudah berkali-kali saya membeli kolam bermain buat Raffi, cuma pasti terus saja bocor. Akhirnya saya nemu toko mainan anak yang recomended, harganya murah, pilihan mainannya banyak banget dan bahannya berkualitas. Disana saya beli kolam intex untuk anak yang tanpa mompa, tinggal diisi air, bola dan dipasang perosotan jadi deh kolam renang buat Raffi dirumah :"). 


Di KIDIPAL - toko mainan anak online terlengkap, kita bisa punya banyak sekali pilihan mainan anak murah untuk mendukung perkembangan anak dari tahun ketahun. Di Kidipal, cara termudah mencari mainan anak yang kita mau. Saya sendiri saat membeli kolam ini langsung dapat, karena di Kidipal sudah ada pilihan mainan sesuai umur dan gender. Bikin kita lebih mudah lagi toh cari mainan. Harganya? Kolam segede ini (hampir 2 meter) harganya cuma 300ribu rupiah loh dan bisa digunakan sampai gede pula. Saya dan suami bisa ikutan nyebur juga hehehe.

Banyak kan manfaat bermain air untuk anak ini. Seru dan sangat menyenangkan kok!. Boleh dicoba ide-ide yang saya berikan diatas misalnya bingung mau bermain air apa ^^. Atau punya permainan air lainnya yang bisa dilakukan oleh anak? Yuk disharing dikolom komentar biar banyak yang ikutan bermain \m/.


Yokkk, berenang sama Raffi yokk!

Klik disini kalau mau belanja^^
Selamat berbelanja ^^

[Sponsored Post] 

58 comments:

  1. Ngiler banget nih ma kolamnya. Punya 2 anak laki-laki harus bisa renang lah. Fatih minta trus. Mamanya kumpulin duit dulu.

    ReplyDelete
  2. kalo udah berenang anak2 lupa pulang deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya susah banget itu diminta berhenti-____-

      Delete
  3. wahw ah ternyata tidak sembarang main air yah tapi ada manfaatnya :-) pantas saja ada yang bilang main air adalah bagian dari olahraga :D

    ReplyDelete
  4. namanya anak2 emang doyannya maen aer ya... :)

    ReplyDelete
  5. Berenang dan waterbeads adalah water activities favorit di rumahku mba Echa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa anakku juga kok ga bosen2 itu sama water beads

      Delete
  6. Baguss kolamnya ga perlu di pompa.

    ReplyDelete
  7. seru nih main air sambil belajar, pasti gak kerasa kalau sambil belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ^^ salah satu montessori g nyadar anak bermain

      Delete
  8. Waaah, senengnya liat Raffi berenang. Jadi pingin ikutan nyemplung ^_^

    ReplyDelete
  9. Penting banget anak bisa renang. Anak2ku udah lulus tes kemmampuan dasar renang sejak usia 7 tahun. Terlihat sih tubuhnya lebih tinggi dibanding teman sebayanya :)

    Kolamnya asik ya tanpa pompa bisa lnagsung dipakai. Dulu punya anak2 mesti pompa dl, repot banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku yang ala pompa udah babay wes -____- tauk dah kemana
      ooo jadi renang juga bisa tinggi ya mba

      Delete
  10. kolamnya mantap bener keliatannya.anak2 saya suka sekali kalo bermain air.

    ReplyDelete
  11. Ahhh rafii ajakin tante renang doong kolam renangnya asikk bngt ya

    ReplyDelete
  12. Seru banget, Aisyah dan Fatih juga kesenangan maenan air, tiap hari nyemplung hahahha....

    ReplyDelete
  13. tante ikuta ya raffi,
    lalu airnya langsung meluber kemano mano, hehe
    btw mbk echa, aku baru tau loh, main air bs stimulasi kemampuan matematika si ekcil, jd pgn ngajak si ken main aer sering2 nih, tengkiu sharenya ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk
      iya kayak ukurannya kosong, penuh, banyak atau sedikit kan juga matematika
      kalau fisika saat kita kasih pewarna berubah warna dll

      Delete
  14. Main air paling seru mba :D raffi lucu gembil bayiii
    Yg belum pernah, mandi hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dah bolehin pas umur 2 tahun xD tapi itu juga g lama
      habis itu langsung mandi makan kasih minyak telon tidur xD
      tapi dia senang :)

      Delete
  15. Serunya punya anak, jadi pengen bikin #eh

    Salam kenal dr blogger ala2

    ReplyDelete
  16. anak-anak dan air memang ga bisa dipisahkan yaa. Anak2ku yg udah gede aja tetep doyannya main air

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa kenapa ya doyan banget sama air wkwk

      Delete
  17. Kalau aku dulu bukan hanya main air di kolam, aku main di kali, anjlog dari ketinggian dan itu yang membuatku pandai berenang, dan karena itulah hampir semua anak desa pandai berenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga belajar berenang dikali hehehe. Kalau skrg kan g mungkin kalinya gt xD

      Delete
  18. Wah, kalau anakku sudah nyemplung kolam renang nggak mau keluar deh, kecuali sudah puas.

    ReplyDelete
  19. Hah serius suka main air bisa meningkatkan kemampuan fisika? Duuh tau gtu dulu jaman kecil aq main ujan2an aja ya biar nilai fisikaku gak jelek. T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk sedikit2 ada kan air bisa memuai berubah warna dll

      Delete
  20. Aakkhh lucu~ kolam renang kecil buatan buat si kecil tanpa di pompa pulaakk.. Ini yang aku cari. Tapi semoga ada ukurannya juga

    ReplyDelete
  21. toss dulu aaah... anakku juga seneng banget main air. baca ini makin semangat nih ngajarin renang secara rutin. rencana sih mau bawa ke kolam renang seminggu sekali... dah jalan 2 minggu, si bocil makin geseng aja... hahaha... thanks for sharing, mak!

    ReplyDelete
  22. sebagian besar anak kecil senang bermain dengan air.
    dan tempat ini cocok untuk tempat tinggal kami.

    Bagaimana dengan keawetan bahan yang digunakan ya?

    salam kenal dan terima kasih Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini masih tahan seh hehehe
      Belum tau kalau lama cuma g mudah bocor kayak yg pompa biasanya

      Delete
  23. Apa nantinya ngk demam mba kalau kebiasaan main air

    ReplyDelete
  24. Yeaaayyyy seneng banget klo udah main air ya Bun..
    Memang bener yaa.. Dunia anak adalah bermain. Aktivitas bermain yang tepat akan mendukung perkembangannya.
    Makasih ceritanya Bunda (",)

    ReplyDelete
  25. Aaaaaak aku juga suka banget nih belanja di kidipal, kemarin beli disana banyak diskonan. Hihihihiii. Jadi ngiler mau beli kolam renang kaya Raffi juga niiihhhh. Langsung cek kidipal aaaah. Makasi infonya maaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak diskonan ya...mamet belanja yaaa

      Delete
  26. anakku juga suka banget main air Mba Echa, dan kalo udah main air maka mamanya yang akan gregetan karena walau udah berjam-jam anaknya gak mau berenti

    ReplyDelete
  27. Yes makasih infonya segera ngubek2 kidipal

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku baru tahu manfaat air buat anak..keren ini artikelnya cinnn..

      Delete
  28. Anak-anakku semua mania air,air hujan,becekan,kolam renang,air bekas cucian...apa aja deh,pasti dicobain alias dipakai mrk basah2.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^