Apa Saja Jenis-jenis Peralatan Bayi Baru Lahir?


Apa Saja Jenis-jenis Peralatan Bayi Baru Lahir?. Saat memasuki trimester ke tiga ini, saya mulai mempersiapkan segalanya. Soalnya, mau tidak mau kita harus memiliki persiapan yang matang. Dan itu akan membantu saya dalam menjadikan kegiatan mengurus buah hati nanti menjadi lebih maksimal. Apalagi kalau sudah tahu jenis kelamin bayinya apa lebih enak lagi persiapannya.

Ya kan, USG bisa membantu saya lebih mudah memilih warna pakaian, perlengkapan mandi, warna cat pada kamar anak dan masih banyak lainnya. Untungnya, kali ini bayi dalam kandungan saya cowok lagi. Jadi tidak beda-beda jauhlah ya sama kakaknya, Raffi.

Tapi kalau kita masih baru pertama kali melahirkan tentu bingung kan jenis peralatan bayi baru lahir apa saja yang harus dibeli? Sebelumnya, saya pernah menulis lengkap tentang daftar perlengkapan bayi baru lahir, sekalian mau share DIY list perlengkapan peralatan bayi baru lahir yang bakal membantu buibu pakbapak buat ngelist belanjaannya. 



perlengkapan bayi
Ini DIY perlengkapan bayi baru lahir ^^ 
Buat yang mau download daftar perlengkapan bayi silahkan klik postingan saya

Btw, ini jenis-jenis perlengkapan penting untuk menyambut kelahiran buah hati, antara lain:

1. Pakaian 

Pilih jenis pakaian yang punya kain yang nyaman saat dipakai. Jadi baju bayi itu kudu mudah menyerap keringat, tidak panas, tidak menimbulkan iritasi pada kulit dan masih banyak lainnya. Bayi soalnya rada sensitif kulitnya biasanya, jadi kalau bayinya nyaman, tidak iritasi dan tidak rewel jadinya kita tenang juga kan?

2. Popok 

Ini adalah barang wajib apalagi buat bayi baru lahir. Makanya saya jauh-jauh hari sudah stok popok banyak hehehe. Secara ya, bayi baru lahir itu pup dan pipis sering banget. Cucian numpuk nambah stress kalau musim ujan. Belum kalau malam kudu bangun cuma gara-gara ganti popok yang nembus dll huhuhu. Big no no dah. Pengalaman dulu pas Raffi masih newborn, akhirnya kali ini saya milih untuk pakai pospak. Yesss, saya tim pospak :D *ada masalah? wkwk. Bisa sih pakai popok kain atau clodi, tapi kalau saya bisa..bisa gila wkwkkw. Nggak wes, biar sayanya juga tetep waras sesudah lahiran bukan malah jadi baby blues cuma gegara popok cucian --".

Sudah nyetok popok banyak cyinnn \m/
Sedia popok sebelum lahiran :v

Yang pasti pospak yang saya pilih yang lembut, tidak lembab dan tidak membuat iritasi. Terus bentuknya tipis gitu kan suka ada pospak yang tebel banget bentuknya tapi bikin gerah kan. Dulu pas Raffi saya pakai diapers Goo.N sih tapi yang excellent dry. Makanya sekarang juga nyetok popoknya yang itu juga. Yang pasti tetap pospak biar cucian tidak banyak dan kitanya juga tidak stress biar bisa istirahat lebih banyak pasca lahiran :").



3. Perlak 

Perlak memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Sehingga tak jarang banyak ibu yang membeli peralatan bayi baru lahir ini. Tujuan membeli perlak adalah menanggulangi agar buah hati yang tiba-tiba pipis tidak langsung terkena ke tempat tidur. Dengan demikian akan membuat Anda tak harus selalu menjemur kasur yang digunakan untuk tidur. Disarankan saat membeli perlak dengan ukuran yang besar sehingga akan memberikan kenyamanan saat buah hati Anda aktif bergerak.

4. Gendongan bayi 

Jangan takut bau tangan :). Bersyukurlah bisa menggendong bayi :"), semenjak saya kena syaraf kejepit ini hal yang sangat susah saya lakukan. Lagian kenapa takut bau tangan sih, secara ya nanti ada masa bayi tidak mau digendong loh. Jadi gendong aja sampai dia gak mau digendong hehehe.

Pencarian untuk sebuah gendongan bayi yang nyaman itu sudah saya lakukan. Dan sampai saat ini saya tetap rekomendasikan merk boba untuk gendongan bayi hehehe. Habisnya tidak capek, bahannya awet dan tidak mengubah struktur tubuh anak karena tetap tegak. Untuk adiknya Raffi, gendongan ini masih bagus jadi saya tidak perlu beli lagi. Hehehe.

Cuma yaaaa itu, pilih gendongan bayi yang cocok buat bayi dan kita. Masing-masing punya selera, kenyamanan dan budget kan tentunya ^^. Jangan lupa perhatikan juga kenyamanan dan keamanan saat membawa bayi.


5. Peralatan mandi 

Bayi tentu saja membutuhkan mandi untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Dengan demikian hendaknya Anda membeli alat untuk mandi ini. Sebaiknya membelinya sebelum melahirkan agar lebih siap dan tidak perlu bingung saat menggunakannya. Perlengkapan mandi untuk bayi terdiri dari sabun, shampo, pasta gigi dan masih banyak lainnya. Tentu saja pemilihannya sebaiknya yang tidak menimbulkan mata menjadi pedih.

6. Perlengkapan P3K 

Siapa bilang bayi tidak membutuhkan obat-obatan ringan. Dengan menggunakan dan menaruhnya di kotak P3K akan membantu menangani apabila bayi mengalami situasi yang tak terduga. Misalnya saja bayi tersengat serangga yang membuat tubuhnya menjadi bentol. Untuk meringankan gejalanya dan mudah sembuh hendaknya menggunakan peralatan bayi baru lahir yang dibutuhkan. Kalau saya biasanya suka sedia sudocream, soalnya itu krim serbaguna.

Beberapa contohnya kebutuhan P3K terdiri dari salep, minyak kayu putih, alkohol, kapas, perban dan masih banyak lainnya. Tentu dengan demikian Anda akan lebih siap dengan adanya kemungkinan apapun.

Cara membuat DIY daftar perlengkapan bayi

Keenam perlengkapan diatas itu peralatan bayi baru lahir yang wajib dimiliki. Kalau mau list lengkapnya sih ada di DIY daftar pelengkapan bayi yang saya buat ya ^^. Silahkan didownload seperlunya di Perlengkapan wajib bayi baru lahir karena insyaallah berguna ^^.

Tapi, belanja peralatan bayi baru lahir ini emang bikin deg-degan ya. Soalnya jadi inget bentar lagi mau lahiran :"). Semangatt \m/. Semoga bermanfaat ya. Happy pregnancy :*.

    [Sponsored Post]

14 comments:

  1. Perlengkapan bayi saya sudah tak bagi-bagi, nek lahiran neh piye iki. Coment bahasa Jawa boleh kan?

    ReplyDelete
  2. semoga dilancarkan ya mak proses lahirannya nantii ^^

    ReplyDelete
  3. Kalo ngeliat ibu - ibu baru lahiran atau sedang hamil, pengen hamil lagi dan belanja pernak pernik bayi yang lucu - lucu :)

    ReplyDelete
  4. Simpeeeennn... Kalo nanti hamil keluarin lagi hihihihi

    ReplyDelete
  5. Wuaa... banyak juga ternyata. Boleh dicicil sejak trimester pertama kan ya?

    ReplyDelete
  6. Perispan menanti seorang bayi memang seru ya mbak walau sebenarnya capek tapi kalau demi sidedek bayi pasti semuanya berasa seru dan muantappp.

    ReplyDelete
  7. Nah kan...apalagi kalau tinggal mandiri kaya mba Echa...jangan deh ngeribetin cuci cuci

    ReplyDelete
  8. Banyak yaa perlengkapan bayi ini, tapi banyak juga yang dapat kado heheheh

    ReplyDelete
  9. Semangat... Moga lancar yaa mba Echa..
    Aku juga nge list, takut ada yg kelupaan soalnya kan yaaa...setuju sudocream ^^

    ReplyDelete
  10. btw bu, bayi saya lahir juga..banyak yang ngado dan semua peralatannya saya simpan di box besar..mungkin bisa sampai usia dua taun, n skg baru 6 bulan heheeh..lumayan gratisan :)

    ReplyDelete
  11. aku kemarin yang lupa itu beli sudocream,padahal udah nyatet semua yang dari mak Echa...cuma ya gitu,pas belanja kelupaan,sangking antusias heheeh..
    sehat2 ya mak Echa

    ReplyDelete
  12. jadi inget perlangkapan bayinya anak-anak...semua lucu-lucuuuu hehehe. Aku semangat banget beli dari A sampai Z, padahal terus dapet banyak kado juga hehehehe...

    ReplyDelete
  13. Lengkap banget, semoga semuanya lancar ya Mak, happy deh lihat bumil semangat

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^