Cerita Kehamilan Bulan Ketujuh


Cerita kehamilan bulan ketujuh. Kehamilan saya sudah masuk bulan ke-8 saat ini. Semakin dekat dengan jadwal bertemu baby R dede unyu dalam kandungan :"). Cepat ya :"). Terima kasih buat teman-teman yang sudah membaca perjalanan kehamilan saya kali ini yang ternyata berbeda dengan kehamilan sebelum-sebelumnya. Sebulan lagi dan fight menuju persalinan :"). Doakan lancar ya. Untuk itu, saya ingin cerita apa saja yang terjadi dikehamilan bulan ketujuh kemarin.

Baca juga :
Kehamilan Bulan ke-1
Kehamilan Bulan ke-2
Kehamilan Bulan ke-3
Kehamilan Bulan ke-4
Kehamilan Bulan ke-5
Kehamilan bulan ke-6


Bulan ke-7 ini spesial soale angka 7 kan katanya banyak makna. Ada 7 hari dalam seminggu, 7 lapisan langit, 7 keajaiban dunia, 7 bidadari, dll. Kita boleh belanja barang bayi dan bikin acara baby shower kayak yang lagi hits gitu. Saya tidak melakukan itu kebetulan, tapi saya sekeluarga selalu berdoa semoga bayi dikandungan sehat, lengkap, sempurna dan lahiran lancar selamat.

Mulai Belanja Perlengkapan Bayi


Akhirnya, mulai bulan ke-7 kehamilan ini saya bisa nyicil belanja perlengkapan bayi baru lahir (termasuk ngedekor kamar bayi). Saya sendiri biar tidak bingung mau beli apa saja perlengkapan bayinya bikin list sendiri. Semua saya sesuaikan dengan kondisi dirumah (barang Raffi yang bisa dipakai) dan budget yang saya miliki. Jadi jangan sampai kalap. Berasa loh beli satu baju aja minimal 20ribu dipake paling sebulan :v :v (Of course, belinya dipasar makanye murah wkwkwk ). Makanya saya bikin DIY list perlengkapan bayi baru lahir yang bisa digunakan ^^. 

Silahkan buat yang mau download ya ^^ di

perlengkapan bayi
Ini list DIY Perlengkapan Bayi yang saya bikin ^^ 
Silahkan didownload dan dibawa saat belanja yak


FYI, saya sendiri belum beli banyak barang :v. Mau kepasar buat beli grosiran popok dll kok belum sempet-sempet. Alhasil, sampai umur 8 bulan sekarang saya belum belanja juga :v. Btw, dibeberapa postingan saya sudah cerita kalau termasuk tim pospak hehehe daripada baby blues untuk bayi baru lahir hehehe. Untuk ini saya sudah stok popok GooN yang excellent dry. Bahannya lembut, kering, tipis dan bikin kulit bayi yang sensitif tidak ruam. Sudah pernah nyoba popok GooN tidak?

Selain itu, saya juga menyiapkan jumper dan beberapa perlengkapan penting (termasuk pompas ASI) untuk kerumah sakit. Emang belum lengkap sih, tapi lumayanlah :). Pokoknya mau kerumah sakit mah dah siap dah se-tas tinggal angkuttt.

Sedia popok GooN Excellent Dry
Bahannya enak, lembut, kering buat bayi dan anti bikin galau ibu-ibu pasca melahirkan

perlengkapan menyusui express and go tommee tippee
Saya juga sedia perlengkapan menyusui buat menyambut baby R

Baca juga : 


Perkembangan Janin Bulan ke-7

Pemeriksaan kehamilan dibulan ke-7 ini sudah setiap dua minggu sekali. Bulan ke-7 ini adalah minggu ke-30 HPHT (minggu ke-28 konsepsi) sampai minggu ke-34 HPHT (minggu ke-32 konsepsi). Saat di USG, pada pemeriksaan minggu 29-30 berat badan bayi dalam kandungan sudah 1,4 kg dan pada pemeriksaan 31-32 bb janin sudah 1,7 kg. 

USG bulan ke-7
Pemeriksaan kehamilan 31-32 minggu

USG bulan ke-7
Pemeriksaan kehamilan 29-30 minggu


Pada kehamilan bulan ketujuh ini, struktur otak makin baik dan denyut jantung jelas terdengarnya. Gerakan bayi juga sangat terasa hehehehe. Mata sering membuka dibandingkan menutup dan tulang sumsum sudah memproduksi sel darah merah. Banyak perkembangan di bulan ketujuh ini, makanya ibu hamil jangan lupa asupan gizinya ya ^^.

Kalau berat badan saya sendiri sih kebetulan karena BMI sudah gede tidak banyak naek hehehe. Total dari hamil sampai 7 bulan cuma naik 5 kg. Tapi memang saya tidak boleh besar-besar kenaikan badannya, karena ngaruh ke syaraf kejepit yang saya derita.

Untuk posisi bayi semakin kebawah ternyata... Hikz. Soalnya saat kehamilan bulan ke-6, saya kan melakukan perjalana yang panjang gitu. Dan kecapekan sehingga kontraksi sedangkan posisi bayi rada turun kebawah :"(. Jadi ditambah kecapekan perjalanan, saya sering alami kontraksi yang bikin nyeri. Rasanya keringetan dingin dan muntah-muntah terusan. Tapi mau tidak mau dijalani sih ya, soalnya demi orang tua :"). Anggap babymoon :v :v :v.

Untungnya saya punya dokter kandungan yang siap sedia buat mengawasi kehamilan. Penting banget ini dokter kandungan yang punya feel dan bisa berkomunikasi dengan baik dengan saya + suami. Soalnya, kita bayar dan bayi punya hak hidup dibantu dokter kandungan kan? 



Karena kontraksi terusan inilah, saya diharuskan bedrest tidak boleh turun dari tempat tidur. Rasanya sesuatu kontraksi belum waktunya ini. Bukan kontraksi palsu loh ya. Kalau gerakan bayi dalam kandungan kan halus walau kadang agak menyentak dikit. Tapi kalau kontraksi karena berbagai macam faktor itu gerakannya terusan tidak berhenti, bikin sakit dan seluruh badan keringetan dingin. Jangan ditanya deh muka kayak gimana :v udah tidak ngebentuk gara-gara muka udah capek kontraksi. 

Dari dokter, saya diberi obat anti kontraksi yaitu bricasma yang diminum per 8 jam sekali. Dan itu lumayan banget ngebantu lebih tenang. Selain itu saya juga tetap sering posisi sujud demi bayi pindah diposisi sesuai bulannya. Kalau kepala sih udah bagus udah dibawah, placenta tidak menutupi atau melilit dan ketuban juga bagus. Cuma memang terlalu kebawah untuk usia kehamilan 7 bulan :"(. Cuma yang perlu saya syukuri, kontraksinya tidak membuat flek jadi cuma kontraksi terusan yang bikin nyeri dan keringetan dingin. 

posisi sujud ibu hamil


Baca juga : Posisi sujud ibu hamil 

Sampai saya ngetik ini kondisi tetap sama :D. Saya sering kontraksi kalau kecapekan bahkan kalau kebanyakan dudukpun :v :v. Pernah kemarin saya disekolah anter Raffi tiba-tiba pusing dan kontraksi langsung tiduran gitu dikursi sekolahan. Si papih langsung datang khawatir :"). Btw, bulan ini saya mulai susah tidur. Jadi sebelum tidur minta pijetin dulu sama papih. Terus saat hamil ini saya lebih suka terlentang, jadi sering tiba-tiba sesak. Biasanya, papih yang miringin kekiri posisi badan biar saya enak tidurnya. Hehehe. Aaahhh suamikuuu kucintaaa kamuuu uooo uooo.

Karena saya sering kontraksi, sampai saat ini saya tidak diperbolehkan untuk senam hamil dan berhubungan dengan suami *puk2 papih. Semoga selalu sehat sampai lahiran aamiin. Lahir pas waktunya bulan November nanti :").  Doakan ya :*.

Ini cerita kehamilan saya bulan ke-7. Semoga bermanfaat ya. Tiap kehamilan memang berbeda yang dirasakan, lah orangnya saja beda ^^. Jadi, bismillah dan semangat ngejalaninya ^^ *ngomong kediri sendiri :D.

9 comments:

  1. Moga sehat terus ya mba. 7 bulan..kupikir kmrn itu udah 8 an lho.

    ReplyDelete
  2. Owalah? Saya cuman bisa berdoa semoga mba admin selalu dalam lindungana Allah. Semoga juga menjalani prosesi melahirkan yang normal.

    ReplyDelete
  3. Semoga proses lahirannya lancar ya. Debay dan mba echa nya selamat dan sehat sempurna. :)

    ReplyDelete
  4. Ini saya lagi cari hadiah untuk orang yang mau ngelahirin juga, ehh malah nyasar kemari.. Hahaha.. Seru deh Mbak cerita kehamilannya.. Semoga lancar, sehat, dan selamat terus sampai waktunya melahirkan ya.. Amiin.. :)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^