Dan Saya Belajar Lagi Memijat Bayi


Memiliki anak lagi tentunya saya kudu belajar jadi Ibu yang anaknya bertambah kembali. Benar tidak? Karena ternyata bukan hanya anak yang lahir, tapi seorang Ibu juga terlahir kembali dengan status baru terntunya. 


Kalau ditanya apa hal yang paling gampang dilakukan untuk newborn selain menyusui? Bonding dengan sentuhan tentunya. Dengan banyak sentuhan, bayi newborn akan lebih terstimulasi. Tapi jangan lupa sentuhan lainnya ya, seperti mengajak bayi ngobrol, memandang bayi, bermain kicik-kicik dll.

Baca lengkapnya di tulisan saya :

Dan tanggal 26 Juni 2019 kemarin, untuk pertama kalinya saya dan R3 keluar rumah untuk datang event Manfaat Pijat Bayi yang diselenggarakan oleh Johnsons Baby. Kebetulan saya diundang oleh The Urban Mama bersama TUM Bloggers lainnya. Ya lumayan, mamak me time (Atau pindah tempat ngasuh tepatnya).


Tapi senang banget, bisa ketemu lepas kangen sama teman blogger lainnya. Swear, apalagi sepertinya si R3 juga senang pergi jalan-jalan sejenak lepas dari pemandangan rumah (Eh, ini ibu e kayak e bukan bayinya wkwkkw).

Bukan, ini saya kudu belajar lagi memang tentang memijat bayi. Secara sudah sangat lama walau tidak lama-lama banget saya tidak memijat bayi. Atuhlah semua anak-anak kudu satu-satu dipijet kan capekkkk wkwkkw. Cuma ini punya bayi newborn pula, masak gak dipijat. 

Padahal tahu tidak? 1000 Hari pertama kehidupan itu sangat penting buat bayi. Tumbuh kembang anak semua ditentukan dari 1000 HPK. Coba deh bisa dibayangkan, otak bayi newborn itu cuma 400gram dan saat dia di 2 tahun tumbuh menjadi 1400 gram ternyata. Makanya ternyata pesat sekali pertumbuhan otak anak.

 

Dengan nutrisi dan stimulasi yang cukup, bayi akan tumbuh kembang dengan baik dan optimal. Salah satu cara stimulasi seperti saya sampaikan di atas adalah dengan pijat bayi. Melalui sentuhan kita akan berinteraksi dengan bayi sekaligus stimulasi. Karena pijat bayi bisa mencangkup stimulasi semuanya, mulai visual, sentuhan, pendengaran dan badan yang akan lebih nyaman saat dipijat. Lengkap!

Hal ini disampaikan oleh dr Bernie  Endyarni Medise SpA(K), MPH, selaku nara sumber, mengatakan dengan memijat bayi, bonding Ibu dan anak akan sangat tercipta. Apalagi newborn yang katanya suka rewel dan kolik, akan membuatnya nyaman dengan pijat bayi. 

Pijat bayi yang rutin itu bisa dilakukan setiap hari padahal saat ritual mandi. Tentunya dengan produk yang tepat, pijat bayi sekaligus mandi akan menjadi keseharian yang sangat menyenangkan. Salah satu produk yang bisa kita gunakan adalah Johnsons Baby yang sejak beberapa tahun lalu terus menggalakkan pentingnya pijat bayi dan ritual mandi bayi dengan program Sentuhan Cinta-nya.




Percaya atau tidak, saya sudah menjalani kebersamaan dengan Johnsons Baby ini selama 3 tahun berturut-turut untuk mengkampanyekan pijat bayi loh. Modul pijat bayinya saja masih saya simpan. Bahkan teman saya ada yang sampai diajak ke R and D di Singapore untuk melihat langsung proses Johnson Baby ini.

Baca juga :

Dan sekarang di tahun 2019, Johnsons Baby bekerja sama dengan Habitat For Humanity, membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur. Bagus banget btw programnya. Karena di daerah pelayanan kesehatan sangatlah kurang. 

Selain Posyandu, ada roadshow 15 kota dengan tim edukasi profesional dari Johnsons untuk mendukung  edukasi pelatihan pijat bayi, demi mendukung tumbuh kembang bayi optimal.


Hal ini disampaikan oleh Devy Andrie Yheanne, C and PA Leader Johnsons Indonesia, dan mba Wynne Lukman, Brand Manager Johnsons Baby Indonesia. Dan benar, ternyata selama bertahun-tahun Johnsons Indonesia selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup bayi di Indonesia. Dan program kampanye Sentuhan Cinta yang sudah berjalan sekian tahun ini akan terus dilakukan demi generasi penerus Indonesia.


Hayooo siapa di sini yang pernah pakai Johnsons Baby? Banyak pastinya yaaaaa! Lengkap, terjangkau dan sangat mudah didapat pastinya.

Pasti udah pada familiar yaaaa

Untuk materi pijat bayi dilakukan oleh tenaga profesional yang telah tersertifikasi. Sayangnya udara ac sangat dingin, jadi saya tidak jadi buka baju Rafif. Pijat di luar saja, padahal sudah dikasih lotion untuk memijat.



Pijat bayi normalnya dilakukan mulai dari wajah, dada, perut, tangan, kaki dan punggung. Tapi kalau mau dibalik urutannya tidak apa-apa juga, yang penting anak nyaman. Tahu sendiri kan bayi kayak gimana hihihi. 

Lengkapnya sih bisa dibaca di : Langkah-langkah pijat bayi


R3 sebenarnya bayi yang senang sekali dipijat, cuma karena udara dingin dia inginnya bolak balik menyusu tidak mau dipijat. Tidak apa-apa ya , Nak! Kita lanjutkan di rumah setiap hari 2 kali sehari.

Urutan pijat bayi


Tuh, baru dipegang saja udah ketawa mangap-mangap


Sukses terus Johnson's dengan program Sentuhan Cinta agar makin banyak orang tua yang sadar kalau pijat dan ritual mandi bayi itu sangat-sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang optimal anak. 

Lumayan jadi refresh lagi tentang pijat bayi ini, yang tadinya lupa jadi ingat lagi.Paling tidak jadi menyadarkan saya lagi untuk kembali memijat bayi dan jadi makin paham pentingnya pijat bayi.

Dan iya, saya belajar lagi memijat bayi. Yuk, kita pijat bayi kita yuk!
 

informasi lebih lanjut tentang Johnsons Baby, bisa dilihat di
Sentuhan Cinta Johnson's
Instagram : @johnsonsbaby_id
Twitter @johnsonsbaby_id
Facebook https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia

19 comments:

  1. Kemasan sabun Johnson sekarang berubah jadi lebih cantik
    . *maapkan mamak salah fokus pas liat foto produk.


    Memijat bayi ini memang penting, malah DSA ku menganjurkan banget pijat bayi untuk stimulasi dan bonding ibu anak.

    ReplyDelete
  2. Waktu Keke dan Nai masih kecil belum ada pelajaran pijat bayi begini. Jadi, saya baca-baca dari tabloid atau majalah aja. Tetapi, kalau sama produk Johnsons mah familiar banget. Kepake terus semua produknya

    ReplyDelete
  3. Benar banget, punya bayi lagi itu kita belajar lagi. Apalagi tiap anak beda-beda. Senangnya ya Mak Echa bisa ikutan acara edukatif begini dari Johnson. Saya ingat waktu punya baby tahun 2001, dapat buku pijat bayi yang sponsornya Johnson ... eh apa emang bukunya dari Johnson ya waktu itu (lupa).

    ReplyDelete
  4. Wah asyiknya bayi zaman now bisa ngerasain pijat bayi kayak gini, soalnya zaman anak-anak saya masih kecil, informasi dan fasilitas pijat bayi belum seperti sekarang, masih ngadalin mamak tukang urut bayi...hahaha. Alhamdulillah Johnsons memberikan informasi edukatif serta produk untuk pijat bayi, jadi bisa dilakukan mandiri nih oleh mamanya.

    ReplyDelete
  5. Bayiiiikkk R3 lucuuu buangeett :D
    Kalo dipijat oleh ibunda, rasanya memang menyenangkan banget ya Mak.
    Aku aja walo udah tua, eh, gede juga hepi kalo dipijat.
    Apalagi bayiiii :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Aku selalu mikir bayi itu cuma goler2 apa nggak capek? Hihiii. Makanya perlu dipijat ya biar enakan badannya. Syukurlah mama2 sekarang ada edukasi bagus ini karena tukang pijat bayi udah langka. Perawat bayi yg datang kerumah juga mahal kan.

    ReplyDelete
  7. Duh si bungsu (sementara) udah diajak ke event aja. Rejekimu ya Nak.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah jadi emak jaman sekarang, mau pijit bayi pun ada tutorialnya, gak perlu ke dukun bayi lagi.

    Mau praktek ah biar bayiku ngerasain dipijitin.

    ReplyDelete
  9. Rafif.. andai ku blm lahiran bisa ketemu di sini huhu.
    Wah pertama kalinya event sama R3 yaa ini, pas pijat2an lagi. Asyiiik 😃

    ReplyDelete
  10. Aku kalau mandiin anak ya langsung mandiin aja wkwk, ternyata ada sentuhan cinta lewat pijatan2 yang bisa stimulasi anak ya. Menarik nih. Aku pun waktu si kecil lahir pake in Johnson baby tapi to toe untuk mandiin si kecil.

    ReplyDelete
  11. Teh echa mAh... Sudah pengalaman pijat bayi jadi dah ahli,, bener dpt ilmu lagi pijat banyak bngt manfaatnya buat tumbuh kembang n bounding

    ReplyDelete
  12. Dulu, aku sempat ikut les pijat bayi, Cha. Karena anak-anakku senang banget kalau dipijat.
    Malah sampai sekarang, Tio itu mesti minta dipijat sebelum tidur.

    ReplyDelete
  13. Hore... bis alihat baby R3 langsung. Semoga sehat terus ya, Nak. Pijat bayi ini ternyata banyak gunanya ya. Selain mempererat bonding Ibu dan anak juga bisa meningkatkan perkembangan otak anak. Bisa mengurangi colik dan rewel apada anak juga.

    ReplyDelete
  14. Jadi inget dl pas neng Marwah bayi ku suka pijetin dia kalau lg rewel.

    ReplyDelete
  15. Saat anak-anak bayi saya juga sering memijatnya mbak, sambil diajak ngobrol gitu, duh jadi pengen praktik mijet bayi deh #ups
    Memang ya anak bisa lebih lelap tidurnya setelah dipijat

    ReplyDelete
  16. Itiik...ittiik...itttik~
    Gemeesh banget, kak...pengin nimang-nimang.
    Baru lihat lagi kemasan Johnson's sekarang lebih full-colour yaa...
    Dulu rasanya hanya warna kuning.

    Dan iya,
    Kalau anak dipijat sama Ibunya sendiri, jadi lebih tenang dan ga mudah rewel.
    Ajaib~

    ReplyDelete
  17. Echaa... makin pinter kamu lama2 pijat bayinya. Anak udah tiga, khatam. Besok aku privat aja yaaa.. Hahaha..

    ReplyDelete
  18. mak kalau pijatan untuk anak delay speech ada dibahas nggak? terus anakku kan mikrosefali masih kelihatan tangannya nggak begitu letur kira-kira bisa nggak melalu pijatan anakku jadi normal

    ReplyDelete
  19. Mak mak aku jadi pengen punya baby lagi, kali aja bisa belajar pijat bayi lagi.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^