Memilih Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro Kesayangan Emak-Emak


Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro

"Ma, olinya gimana ini motore mogok?"
"Duh iya ya. Gimana ya?"
"Ke bengkel dulu apa, Ma?"
"Iya sih boleh. Tapi di sini gak ada bengkel"
"Eh itu ada pom bensin Pertamina ma. Mungkin ada oli paling?"
"Ya udah. Kita coba yuk, Nak!"

Sebel dah! Pas antar Raffi ke les Bimba tiba-tiba motornya mogok di jalan. Tahu gitu naik gojek kalau tahu bakal mogok. Padahal dari sebelum berangkat, Papih sudah ngingetin agar jangan berangkat naik motor soalnya olinya sudah mau habis. Sayanya saja yang tidak percaya, karena buru-buru sudah waktu mau masuk les si kakak. Gak nurut sama suami sih, olinya habis masih saja dipakai.

Tapi memang suka gitu, wanita itu bisanya pakai kendaraannya saja tapi merawat lagi-lagi ya suami yang ke bengkel. Boro-boro mikirin olinya atau mesinnya masih layak pakai atau nggak, bensin sudah mau habis baru panik. Sama seperti motor ini, olinya sudah mau habis baru bingung belinya bagaimana. Nah kan? Sekarang kebingungan sendiri seperti sekarang ini.

Panas-panas, bawa anak, dorong motor. Emak-emak pula yang dorong.

Untungnya ada SPBU Pertamina, jadi saya dorong sebentar ke sana. Soalnya ingat di SPBU Pertamina ada tempat jualan olinya di dalam gitu. Ehh pas mau masuk, ternyata sekarang Pertamina punya yang namanya Pertamina Enduro Express. Bentuknya macam kios gitu, ada isi gas nitrogen, tambal ban dan yang penting jual oli motor terbaik Pertamina yang saya cari.

Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro
Enduro Express

Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro
Bisa tambal ban dan isi gas nitrogen

Mas-mas pegawai Pertamina Lubricants di Pertamina Enduro Express ini baik loh. Dari jauh dia melihat saya kecapekan dorong motor, dia langsung nyamperin. Duh pangeran oli penyelamatku :").

"Buk, kenapa motornya"
"Gak tahu, Mas. Kata suami saya olinya habis tadi. Tapi bolehlah dicek "
"Siap bu, saya bantu bawain motornya ya"

Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro

"Biasa pakai oli yang mana, Bu?"
"Gak tahu, Mas. Biasanya suami soalnya yang isi"
"Iya ini, Bu. Olinya habis kering, sudah lama tidak diisi dan ganti oli ya?"
"Hehehe"
"Ya udah, Bu. Ini kita isi dulu ya. Tapi ini kan olinya lagi kosong yang matic. Kita pakai yang racing saja tidak apa-apa.
"Beneran nih, Mas? Nanti rusak tidak?"
"Iya gpp, Bu. Yang penting jalan dulu, Bu!"
"Ahsiaaaappp"

Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro

Jadi ternyata oli itu banyaaaaaak banget jenisnya. Kalau dulu saya cuek bebek, tapi gara-gara kejadian ini saya harus mulai aware sama kesehatan motor. Jadi emak-emak kan bukan hanya bisa sen kiri saat mau belok kiri saja, tapi motornya juga harus dijaga selayaknya anak.

Enduro, Oli Idola Kendaraan Bermotor


Oli sangat penting fungsinya saat bersirkulasi dalam mesin. Cairan ini bekerja dari melumasi antar komponen sampai dengan mendinginkan mesin. Biar tidak bingung karena banyaknya macam oli motor terbaik ini, emak-emak pakainya yang pasti-pasti saja buatan Pertamina Lubricans dengan produknya yang pasti emak-emak kenal yaitu Pertamina Fastron dan Pertamina Enduro. Kedua produk andalan ini selalu memimpin pasar domestik yang menantang. Untuk kalangan mobil lebih mengenal Oli Fastron, tapi untuk motor oli Enduro sangat berjaya digunakan.

Produk Oli motor terbaik Pertamina Enduro ini ada banyak yang bisa disesuaikan dengan jenis motornya. Ada 8 macam oli motor terbaik Pertamina Enduro yang bisa disesuaikan kebutuhan kita.

Ini macam-macam Oli Motor Pertamina Enduro
1. ENDURO 4T SPORT SAE 5W-30
2. ENDURO 4T RACING SAE 10W-40
3. ENDURO 4T SAE 20W-50
4. ENDURO MATIC SAE 10W-30
6. ENVIRO 2T SAE 20
7. ENDURO GEAR
8. ENDURO MATIC G SAE 20W-40


Macam-macam oli motor terbaik pertamina enduro

Banyak banget ya pilihannya. Tapi paling tidak sekarang tahu harus yang mana mau dipilih. Semacam emak-emak pilih popok saja kan, pilih oli juga harus yang berkualitas, harga terjangkau dan merawat mesin jangka panjang.
 
Yang kebetulan dipakai si mas-nya buat mengisi oli motor saya yaitu ENDURO 4T RACING SAE 10W-40. Sebenarnya ini direkomendasikan untuk motor empat langkah merek seperti Suzuki, Honda, Yamaha, Kawasaki dll.

Kekentalan ganda formula yang stabil  berkualitas tinggi membuat ENDURO 4T SAE 10W-40 yang anti slip pada kopling saat pemakaian. Karena sudah lolos pengujian variable speed friction test dengan hasil melebihi high friction reference oil. Dan kebersihan mesin sangat terjaga.

Selain itu, oli ini juga memiliki tingkatan mutu JASO MA2 (approved) yang merupakan standar Jepang untuk motor empat langkah dan tingkatan level API SL


Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro

Loh motornya matic kok pakai oli yang buat racing? Tidak apa-apa gitu? Memang sebenarnya lebih baik oli yang sesuai dengan jenis motornya. Tapi untuk keadaan mendesak tidak apa-apa kok, seperti kejadian saya hari ini.

"Mesinnya kasihan bu kalau olinya kotor atau habis gini. Jangan seperti gini lagi ya bu!"
"Siap, Mas"

Ternyata cepat ya ganti nambah oli motor terbaik ini.  Apalagi saya pikir dari dulu itu ganti atau nambah oli itu mahal. Coba kalau saya tahu dari awal ya, pasti cerita mogok anterin anak pas les tidak akan terjadi. Emak-emak ternyata bisa ganti olii

PT Pertamina Lubricans sendiri sudah memberikan kemudahan saat bertransaksi. Jadi emak-emak yang suka cashless bisa bayar oli yang dijual pakai  Go-Pay, OVO dan T-Cash. Beli olinya juga bisa di OliMart, bengkel own-channel PT Pertamina Lubricants di seluruh Indonesia, atau Enduro Express kayak saya juga bisa di SPBU Pertamina.

Pertamina lubricans juga bisa dibeli online olinya. Mau oli motor Enduro atau oli mobil Fastron ada semua. Sesuai perkembangan jamanlah ya serba digitalisasi untuk pelayanan prima bagi pelanggan. Cek harga oli mobil atau harga oli mobil atau juga oli motor matic apa saja semua bisa dilakukan serba online sekarang.

Sekarang emak-emak juga jadi bisa ganti oli sendiri kan ?

Tips Menjaga Oli Motor


"Saya coba nyalakan ya, Bu"
"Siap, Mas"
"Bismillahirrahmanirrahim"

Brem brem brem.

Horeeeee, akhirnya motornya nyala juga. Cepat ternyata dan alhamdulillah nyala. Akhirnya bisa nganter si Kakak les lagi.

Loh iya mana si Kakak? Ternyata dia lagi duduk di dekat mesin tambah nitrogen sambil cemberut. Lihat jam sudah telat banget rasanya mau antar les.

"Kakak, tar lagi langsung pulang saja ya"
"Iya, Mih", katanya sambil merengut
"Kak kan motornya sudah nyala. Senyum dong"
"Iyaaaa. Mamih sih gak merhatiin olinya" Jadinya begini dah"

Yeee nih anak, dah nyala juga motornya bukannya bersyukur. Tapi benar sih, coba kalau saya aware sama olinya. Si Mas Enduro Express yang tahu kegundahan saya akhirnya nyamperin dan ngasih beberapa tips mudah yang emak-emak pun paham.

Karena perawatan yang rutin dan teratur membuat motor akan berumur panjang dan tahan lama dengan mesin yang bagus. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah mengganti oli teratur.

Biar kejadian macam saya ini tidak terjadi sama emak-emak lainnya di seluruh Indonesia. Jangan sampai telat ganti oli, karena bisa membuat mesin bisa mengalami ‘stres’ dan tingkat keausan di mesin makin tinggi. Periode ganti oli yang teratur bertujuan agar kemampuan pelumas tidak berkurang atau bahkan hilang.

Dan ini tips merawat mesin dengan oli motor terbaik Pertamina Enduro :

1. Pilih oli sesuai spesifikasi motor

Memilih oli yang sesuai ya. Nah, kalau motor emak-emak matic ya kalau bisa oli motornya matic. Kalau motornya bebek ya olinya yang bebek.Oli yang dipilih juga sesuuai sama keperluan pemakaian, buat sehari-hari atau buat balapan.

Seperti case saya hari ini, pakai Enduro 4T Racing. Bisa karena terdesak apalagi stok enduro matic habis. Tarikan motor lebih enak memang, tapi umur mesin jadi lebih pendek. Jadi memang lebih baik sesuai spesifikasi motor ya, untuk case tertentu tidak apa-apa. Tapi selanjutnya kembali lagi ke oli yang sesuai kebutuhan motor.

Enduro 4T Series untuk motor bebek sport dengan cc diatas 100, dangan jangan lupa sesuai dengan volume oli mesin pada motor yaitu sekitar 0,8 L.Enduro 4T Racing untuk motor laki laki yang berjenis kopling manual, dan jangan lupa sesuai dengan volume oli mesin yaitu daya tampungnya hanya 1 L

Tapi kalau case kayak saya ya gpp, tetep Enduro oli motor terbaik.

2. Jangan campur oli yang berbeda merek

Jangan pernah gonta ganti merek oli terlalu sering. Udah, kan jelas Pertamina Enduro ini oli motor terbaik jadi tidak perlu ganti lagi. Setia gitu. Karena kalau ganti merek oli terlalu sering kerja mesin jadi tak optimal. Apalagi kalau sampai mencampur oli baru dari merek yang berbeda. Duh, BIG NO NO ya!

3. Ganti oli saat mesin dingin

Ganti olinya saat motor mati dan mesin dingin ya agar semua olinya turun ke dalam mesin dan proses
penggantian oli berjalan maksimal.

4. Ganti oli sebulan sekali

Untuk motor yang setiap harinya jalan kurang dari 10 km, maka oli diganti 2-3 bulan sekali atau ketika oli sudah digunakan sejauh 4.000 km. Kalau motor setiap harinya menempuh jarak lebih dari 10 km, maka sebaiknya oli diganti setiap satu bulan sekali atau ketika motor sudah digunakan berjalan sejauh 2.000-3.000 km.

5. Jangan gunakan sisa oli untuk melumasi rantai


Ini sering dilakukan orang pada umumnya melumasi rantai motor dengan menggunakan oli sisa baik baru ataupun bekas. Padahal sudah ada Pertamina Enduro Gear loh. Jangan dilakukan lagi ya, soalnya gram besi dari mesin di oli bekas bisa memperpendek umur rantai. Kalau pakai oli baru malah bikin debu menempel di rantai dan rantai pun cepat kering.
"Bu, motornya sudah bisa jalan"
"Siap, Mas. Makasih banyak ya"
"Sama-sama, Bu"

Akhirnya bisa pergi juga panas-panas gini huhuhu. Mayan loh setengah jam tidak sebentar bikin keringetan di Jakarta pula tahu sendiri panasnya MasyaAllah. Yang penting bisa pulang, wqalau si Kakak gak jadi pergi les.

Ternyata benar ya, kalau Oli Pertamina ini menjawab kebutuhan mesin dan gaya hidup masa kini. Pantas kalau di 2018 saja dapat tiga penghargaan BUMN Marketeers Award 2018 antara lain kategori 'The Most Promising Company in Branding Campaign', kategori 'The Most Promising Company in Entrepreneurial SOEs', dan kategori 'The Most Promising Company in Marketing 3.0'.

Bukan laki-laki saja yang boleh melek tentang mesin dan motor. Emak-emak juga harus upgrade bisa tahu oli motor terbaik untuk digunakan sekaligus bisa mengganti sendiri agar motor jadi awet dan nyaman dipakai sehari-hari ngider antar jemput anak.

Pertamina Enduro pelumas karya anak bangsa andalan para pemotor di Indonesia dengan kinerja luar biasa. Tentunya oli motor terbaik kesayangan emak-emak. Sudah coba Enduro belum?


 Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro

32 comments:

  1. Hehehe.. Jadi punya kesempatan untuk belajar banyak tentang oli ya. Terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  2. Aih mantap teryata ada oli motor enduro ini jadi pilihan banget ya mba Echa. Aku kayaknya harus nyobain deh kalau ada oli pilih oli ini aja mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makkk oli motor terbaik pertamina enduro kesayangan emak-emak

      Delete
  3. Kayaknya suami gak pakai enduro ini, kasih tau dia ah nanti biar ganti oli bulan depan pakai enduro ajaa :D

    ReplyDelete
  4. Meski kita buk ibuk tetep penting ya tahu tentang printilan kendaraan yang kita pake...Tentang oli ini misalnya...Jadi tahu oli yang bagus buat kendaraan kita...

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  5. Sama dong mih kayak aku, bisanya pake doang, kalau motor lagi sakit aku kasihkan ke suami 🤣

    ReplyDelete
  6. Pantesan rantai motor ku gampang soak. Soalnya aq sering pake oli bekas buat melumasi nya

    ReplyDelete
  7. Emak-emak banget, ya. Memilih oli pun disamain ma milih popok hihihi. Tetapi, memang setuju banget. Jangan sampai asal-asalan milih oli. Dan jangan pula sampai terlambat ganti oli

    ReplyDelete
  8. kirain oli cm semacam ternyata ada buanyuak. wkwkw. saya jg biasanya pasrah apa kata mas yg ganti oli. sekarang bs milih deh, pinteran dikit

    ReplyDelete
  9. Aku juga paling mualessss mikirin perawatan motor.
    pernah pas nganter anakku, motor mendadak error.
    kalo ga kliru, bannya pecah :D
    Alamat pagi2 ndorooooongg ke tukang tambal ban hahahah
    Soal OLI ini, kita emak2 wajib disiplin dan care sama oli motor yhaaa

    ReplyDelete
  10. hehehe khas emak-emak ini, punya motor tahunya tinggal pakai aja. urusan service dan pemeliharaan serahkan ke ahlinya (alias suami).

    wah oli bekas nggak boleh dipakai melumasi rantai ya? Biasanya suami kalau ganti oli, pasti oli bekasnya di minta buat di bawa pulang.

    ReplyDelete
  11. Benarlah kata orang bijak, bahwa PENGALAMAN ADALAH GURU YANG TERBAIK hihi.

    Sekarang Mak Echa jadi lebih paham soal oli. :)

    ReplyDelete
  12. Urusan oli gini gak cuma bapak-bapak aja yang paham ya, emak-emak kudu paham juga. Aku aja kadang suka lupa kalau harus ganti oli mobil, jadi pengen coba ngecek besok kapan waktunya akan ganti oli.

    ReplyDelete
  13. Betul Mba Echa, pakai oli motor harus sesuai jenis motornya. Aku malah hampir sebulan sekali ganti oli, padahal gak sering banget juga gpp asal jangan kehabisan.

    ReplyDelete
  14. Kalo motor matic ya olinya matic, kalau bebek enaknay buat dimakan ya hehehe oops jadi OOT.
    AKu pun dulu gak ngerti lah tentang oli, tapi lama-lama jadi tau, gak sembarangan pakai oli juga harus disesuaikan dengan kendaraannya ya

    ReplyDelete
  15. Ntar tanya hubby, doi biasanya apaki oli apa ya?
    Motor tuh kayak cinta juga, kudu dirawat, bahahaha
    Duh, jadi curhat :)

    ReplyDelete
  16. Seru banget ya mbak pengalamannya, kalau saya pasti udah panik duluan, untung ada pangeran oli pertamina :D

    ReplyDelete
  17. Wah jadi mengerti tentang oli nih Cha dari artikelmu, ternyata tiap motor beda olinya ya, dan penting banget oli bagus untuk kesehatan mesin..

    ReplyDelete
  18. Wah perlu tahu nih ibu-ibu soal perawatan motor ya, jangan pakai doank hihhi

    ReplyDelete
  19. Ibu strong nih, nuntun motor. Kalau aku udah pasti ngomel-ngomel ke suami, kenapa olinya gak diganti-ganti dari bulan kemarin. Ini sampai kering kerontang. Hahhaa

    Yupz, setuju pisan, pakai oli bukan hanya karena merknya saja, tapi harus disesuaikan dengan jenis motornya. Karena kalau salah oli, bisa-bisa motornya ngambek.

    Btw, saya juga suka dengan istilah "Pangeran Oli" wahahaha

    ReplyDelete
  20. Aku udah beberapa kali ganti oli, mbak. Biasanya ada catatannya kayak di kartu gitu kan, jadi asal bisa menyimpan dengan baik nggak bakal deh kehabisan oli. Kasihan Rafii ya jadinya, gak berangkat les, sampai merengut, hihiii

    ReplyDelete
  21. Hayo lho siapa suka nyampur oliii haha.
    Bener banget kudu pilih oli yang cocok sama kendaraannya. Biasanya juga aku suka cekin kendaraannku minim sebulan atau maksimal kalau gk sempet tiga bulanan udah sekligus ganti oli hehe

    ReplyDelete
  22. Perlu banget nih merawat motor supaya tetap sehat dan jalannya lancar. Kudu rajin ganti oli soalnya kalau oli udah kering susah juga harus ke bengkel.

    ReplyDelete
  23. memang ngga boleh telat ganti oli yaaa, supaya motor tetap prima. Untung ada produk yang oke buatan negeri

    ReplyDelete
  24. Sama mak, saya juga buta urusan mesin motor. Tahunya pakai saja. Cuma saya lumayan rutin bawa ke bengkelnya. Wah, baru tahu nih kehebatan oli enduro. Selama ini ngikut sama tukang servisnya dikasih oli apa. Oke, saya besok minta oli enduro ke tukang servisnya kl ke bengkel. Mksh infonya

    ReplyDelete
  25. Nah, sering kejadian nih gini sama aku. Pake motor doang tapi ga pernah keingetan untuk segera ganti oli kalau udah sekitar 2 bulanan gitu. Padahal kalau telat gitu jadinya ngaruh banget ke mesin motor. :(

    ReplyDelete
  26. Hahahahaha aku banget ituuuuu, cuma bisa bawa kendaraan aja. Urusan perawatannya mah angkat tangan dan kaki.

    ReplyDelete
  27. Aku pas LDRan sama cumimi nih belajar banyak tentang perawatan motor. Tapi sering lupa juga kapan harus service dan ganti oli. Tapi walau bagaimana pun itu, oli pilihanku enduro dong

    ReplyDelete
  28. Walau perempuan,bukan berarti tidak tau tentang perawatan motor. Buktinya Mom's satu ink segala bisa.

    ReplyDelete
  29. Sama Maaak.. Aku juga bisanya make doank, ga ngerti urusan mesin atau oli, kayaknya juga mesti ikutan belajar ini.

    ReplyDelete
  30. Enduro ini tentunya sangat direkomendasikan untuk mesin motor anda karena memiliki keunggulan yang luar biasa untuk meningkatkan performa mesin motor

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^