Cara Mengajari Bayi Minum Pakai Sedotan


Wihiiii Rafif sudah 8 bulan, sudah masuk masa MPASI. Dan sekarang waktunya mengenalkan dia dengan sedotan. Minum pakai sedotan sebenarnya adalah jalan menuju ke gelas, tapi berhubung minum dari gelas sudah bisa tinggal dimahirin lagi, minum pakai sedotan saya ajarin juga demi kepraktisan saat pergi.


Tahu sendiri kalau minum dari gelas itu, masyaAllah buat bayi 8 bulan. Biar sama-sama enak saat lagi keluar rumah, pakai botol yang ada sedotannya wajib dibawa (bahkan sampai anak gede loh). Serius, saya malah lebih senang bawa botol minum yang ada sedotannya daripada yang model gelas atau tanpa sedotan. Biasanya menghindari tumpah, yahhh you knowlah jalan-jalan gitu kan ribet ya kalau baju basah, tumpah dll. Biar emaknya waraslah.

Baca juga :

Dan ternyata, minum pakai sedotan itu bisa menjadi salah satu pencapaian motorik sesuai tumbuh kembang bayi. Penelitian menunjukkan bahwa ketidakmampuan anak dalam menggerakkan rongga mulut menjadi tanda akan mengalami terlambat bicara, salah satunya ditunjukkan dengan minum pakai sedotan. Sesederhana itu ya. 

Kapan waktu tepat bayi belajar minum pakai sedotan?


Bisa dimulai saat masuk masa MPASI. Mengajari bayi tidak semudah mengajarkan orang dewasa minum tata krama. Karena saat MPASI, akan ada gumoh, tumpahan, semburan, dll sepanjang masa MPASI.

Gimana dong kalau gitu?

Ya tidak apa-apa. Secara bayi belajar, kita adaptasi juga. Kita belajar juga lebih sabar, bayi juga adaptasi. Saling melengkapi antara bayi dan orang tua saat masa MPASI ini. Kan biasanya minum ASI cair, tiba-tiba harus ada teksturnya yang makin lama makin naik pasti butuh waktu untuk menjalaninya dengan ceria tanpa menghilangkan nafsu makan bayi. Hehehehe.

Pakai sedotan akan mempermudah bayi untuk buru-buru minum saat merasa MPASI yang diberikan kurang disukai atau sedikit padat untuk dicernai. Minum jadi bikin lebih lancar masuk ke pencernaan. Betul kan?.

Saat mengajarkan Rafif minum pakai sedotan di awal pasti saya pusing. Berantakan gak karuan. Tapi sekarang, saya sudah lebih tenang saat Rafif pegang sendiri botol minum sedotannya.

Pakai botol dengan sedotan bagaimanakah yang bagus untuk mengajarkan bayi minum pakai sedotan?


Ada banyak merek yang beredar di dunia perbayi-perbalitaan-ibu-anak ini. Bisa dipilih sesuai budget dan kebutuhan setiap bayi dan keluarga ya. Btw, di postingan ini saya mau memperkenalkan salah satu sippy cups dari Nuby Indonesia. Yaitu Nuby PP Comfort Flip It With Handle. Ini adalah botol dengan sedotan yang dilengkapi pemberat di dalamnya. Sehingga bila bayi minum sampai goyang ke atas ke bawah, pemberat akan berada di posisi air terakhir ada. Jadi bayi bisa minum pakai sedotan hingga tetes terakhir.

Iyes, kenapa saya bilang hingga tetes terakhir? Karena pemberat yang saya ceritakan itu. Misalnya bayi lagi sakit tiduran, kita bisa meminumkannya dengan posisi miring. Dan yang paling bikin aman, ini tidak bikin tersedak. Karena aliran air yang keluar mengikuti kencangnya sedotan bayi dengan ada pengatur air yang keluar. Bayi kemungkinan besar tidak tersedak saat minum pakai sedotan dengan Nuby PP Comfort Flip It With Handle.



Ada beberapa cara jitu ala Echaimutenan untuk mengajari bayi minum pakai sedotan

 
1. Sebagai peniru ulung, kita bisa mengajarkan bayi minum pakai sedotan dengan mencontohkan caranya. Kita minum pakai sedotan, pasti nanti bayi akan mencontohnya. Dulu saya suka pakai sedotan minuman gelas gitu buat belajar. Untungnya sekarang sudah punya Nuby PP Comfort Flip It With Handleya, jadi gampang ngajarinnya. BPA free gitu loh.

2. Gunakan sedotan yang bisa mengatur debit air yang keluar


Bayi 6 bulan loh, butuh minum sebanyak apa sih? Makanya kita yang harus menjaga agar bayi tidak meminum terlalu banyak air sehingga menghindarkan bayi dari bahaya tersedak

3. Pilih sedotan yang lentur

Umur 6 bulan atau lebih biasanya bayi mulai yang namanya tumbuh gigi. Dengan sedotan yang lentur anti rusak, akan menjaga bayi tidak terluka rongga dalam mulutnya. Selain itu juga akan bisa menjadi tetheer sementara bayi.

Percayalah yang tadinya cuma diemut dan digigit-gigit akan dihisap lama-lama.


4. Biarkan bayi memegang sendiri untuk eksplorasi

Ijinkan bayi untuk bereksplorasi dengan memberinya kewenangan untuk memegang sendiri botolnya. Bayi akan terlihat sangat senang bilan memegang langsung botol minumnya. Paling nanti kalau dia bosen atau tidak sengaja, botol minumnya dijatuhkan begitu saja.

Untung Nuby PP Comfort Flip It With Handle ini ada pegangan dan sangat kuat botolnya ya! Karena dibuat dari bahan tritan yang anti pecah walau transparan biar orang tua bisa lihat ada apa di dalam botol minumnya. Dibanting anak-anak saya, aman loh! Gak peyok sama sekali!

 
5. Cari botol minum dengan sedotan yang anti tumpah, anti sedak, ramah di kantong dan bisa minum hingga tetes terakhir

Nuby PP Comfort Flip It With Handle 275ml ini bisa dibawa ke mana saja. Masuk dalam diaper bag anak, warming bag dll. Praktis sih menurutku, apalagi kelebihan lainnya dia bisa minum sampai tetes terakhir, jadi sedotan dalamnya ada pemberat di bagian bawah gitu. Jadi mau bagaimanapun posisi minum bayi akan tetap bisa minum air yang terakhir.

Dan harga Nuby PP Comfort Flip It With Handle 275ml ini tidak sampai 100ribu loh. Untuk dipakai lama, kan mayan ngirit. Ya nggak? Ya nggak?


6. Isi botol minum dengan jus buah, air putih atau variasi lain yang bisa disesuaikan untuk MPASI bayi.  
 
Saya sebenarnya seringnya pakai air putih saja. Tapi sesekali jus sirsak, alpukat dll kan tidak apa-apa. Debit air yang keluar tetap lancar kalau pakai Nuby PP Comfort Flip It With Hand. Apalagi bersihkan botol dan sedotannya juga gampang kok. Tidak susah.



Nuby PP Comfort Flip It With Handle 275ml ini punya beberapa pilihan warna, yaitu pink (lebih ke arah merah), biru dan kuning. Kalian suka yang warna apa hayooo?

Mudah kan mempraktikkan cara mengajari bayi minum pakai sedotan ini. Dengan minum botol pakai sedotan, bayi akan dirangsang untuk terus latihan gerak pada rongga mulunya. Sehingga masa tumbuh kembang berbicaranya akan terlewati baik tanpa takut terlambat.

Bayi haus? Tidak lagi! Kan minumnya pakai Nuby PP Comfort Flip It With Handle! Bayi minum pakai sedotan? Gampang! Selamat mengajari bayi minum pakai sedotan.

Rafif senang minum pakai Nuby PP Comfort Flip It With Handle

17 comments:

  1. Wah Rozan blm aku kenalin sedotan. Tapi dulu kakaknya memang lebih pinter duluan minum dari gelas sih.

    Ngajarin anak minum sedotan agak susah sih. Apalagi anaknya mengira sedotan itu bukan dihisap to digigitin. Makannya harus pinter mancing si anak bwt nyedot.

    Awalnya aku ksh air mineral yg cup itu. Kan kelihatan kalau kesedot apa gak dan gitu cupnya dipencet supaya airnya bisa naik kan. Jadi aku mancing si anak buat nyedot dgn cara mencet cupnya smp bisa kesedot. Dan gak lama anaknya bisa nyedot, hihi. Terus sedotan air mineral cup jg gk terlalu besar jd gak bikin tersedak. Yah maklum lah dulu jaman anak pertama msh blm bnyk peralatan minum cangging kyk sekarang

    ReplyDelete
  2. Pengalaman pas si kecil belajar minum pake sedotan tuh sebenernya nggak sengaja dan itu juga dicobainnya sama tetanggaku mbak. Jadi si kecil memang udah bisa minum pake gelas gitu walau kadang masih suka tumpah-tumpah. Tapi untuk pake sedotan belom pernah ku cobain, eh sama tetangga dikasih air mineral kemasan gelas gitu dan ternyata dia bisa. Jadi aku speechless pas dia bisa itu nggak butuh waktu lama padahal kalo minum uht gitu nggak bisa hahaha. Jadi buat mama mama yang ragu anaknya ni bakal bisa nggak ya khususnya dalam hal minum pake sedotan. Yakinkan lah diri kita dulu kalo anak kita ni pasti bisa kok kalo dicoba dan diajarin hehehe

    ReplyDelete
  3. Pengalaman uwais minum pakai sedotan.

    Jd awalnya pas uwais usia mau 7bln, uwais itu selalu ngikutin apa yang bunda nya lakuin, nah setiap aku minum aqua gelas uwais sering bgt kepengen, awalnya aku gak kasih krna takut dia keselek dan ketusuk sedotannya. Tapi akhirnya krna dia ngamuk2 dan aku kasih, ternyata dia sudah bs, aku amaze bgt pdhl ku ga melatih dia utk minum pakai sedotan. Nah sejak saat itu sampe skrng kalau minum ya maunya pakai gelas yang ada sedotannya. Sekian ��

    ReplyDelete
  4. Cerita pengalaman uwais minum pakai sedotan.

    Jadi awalnya pas usia uwais mau masuk 7bln, dia itu selalu meniru apa yg aku lakuin, dan saat aku minum pakai aqua gelas pakai sedotan, dia juga kepengen tuh ikutan minum, tapi sering ku ga kasih krna takut dia kesedak dan ketusuk si sedotan nya itu. Cuman kok dia selalu ngamuk klo ga dikasih, akhirnya bismillah ku kasih lah, daannn ternyata dia bs nyedot dengan sempurna, amazing bgt pdhl ku ga pernah ngajarin dia untuk minum pakai sedotan, krna kupikir blm waktunya deh nnti aja. Dan skrng dia skrng udah semakin jago minum dgn gaya apapun😁

    Sekian cerita bundanya uwais.

    ReplyDelete
  5. Aku salfok sm kecanggihan botol Nuby mbk Echa, kece badai. Si ken dlu agak lama baru bisa minum pakek sedotan. Sepertinya karena aku yg nggak telaten. Awalnya, kalau diberi minuman yg pakek sedotan, sedotannya digigit sama ken sampek trepes bin penyet gitu, entah mungkin karena terlalu sering digigit si ken atau entah mungkin karena bahannya yg gampang trepes kali ya. Trs lama-lama, dia pun bisa nyedot. Klok nggak salah pas usianya udah 2 tahunan gitu. Awal2 bisa nyedot gitu dia sempet kesedak. Kasihan. Trus nyobak lagi, lagi, lagi, alhamdulillah lama-lama bisa. Btw makasih sharenya ya mbk echa, next bisa aku praktekin tahanpannya ke si kecil sina.

    ReplyDelete
  6. bener, anakku dulu juga waktu 9 bulanan ta beliin yang bisa diminum tapi sambil boboan, trus 1 taun baru yang sedotan. haha telat ya. enaknya jadi ga gampang tumpah

    ReplyDelete
  7. Aahh ingin ikutan yah mak echaaa... Cukup pengalaman yg menariik buat akuu.. waktu kk Reska pertama kali MPASI kk reska blum kenal sedotan dan masih disuapi pakai sendok.. sampai lama2 capek juga apalagi kalau lagi diluar rumah harus nuang air dr botol ke wadah buat disendokin.. akhirnya di umur kk Reska hampir menginjak 8bln baru bisa hunting botol sama paksu.. mulai dr yg gepeng kk Reska selalu kesedak sampai sedotan.. awal pakai sedotan kk Reska gk langsung pinter nyedot melainkan di kunyah hihi.. yg berujung mamak buka tutup botol dan kembali disendokan wkwk.. tp ttp dikenalin dgn dimasukin kemulutnya.. entah naluri yg Masya Allah anak itu bisa nyedot dn tampa drama kesedak lagiiiiii.. mudh2an kk Reska menang giveaway inii.. karna botolnya cuman 1 hihi #giveawayecha #nubyfriends #giveaway

    ReplyDelete
  8. Akuuu lupa sih tepatnya gimana cara ngajarin Arra, tapi aku inget pertama kalinya aku taqjub saat dia bisa nyedot air di botol air mineral 600 ml pakai sedotan standart putih itu loh. Juga saat pertama kali dia minum minuman kekinian yang ada kenyel2nya itu 🤣

    Tapi seperti yang dirimu sampaikan, mbak.. aku pun meyakini, bocah itu peniru yang ulung. Dan bocah akan meng-upgrade kemampuannya secara bertahap.

    Awalnya Arra belajar minum pakai sedotan di air mineral dalam kemasan gelas (nggak #GoGreen banget yak 🙈 mon maap). Kemudian yang aku sebutkan di atas, pakai sedotan yang agak panjang, perlu beberapa kali percobaan sih dia akhirnya bisa nyedot dengan sempurna. Berlaku juga dengan sedotan yang diameternya lebih besar. Haha..

    Awalnya, Ayahnya yang gak jago minum pakai sedotan (selalu tersedak) emang gak mau anaknya diajarin minum pakai sedotan, "langsung gelas aja sih", katanya. Tapi lagi-lagi betuuulll banget seperti yang mbak Echa sebut di tulisan, ribet pasti saat travelling kalau gak pakai sedotan. Apalagi pas di kendaraan kalau langsung pakai gelas atau nenggak botol. Aduduuuhhh kuyup ya pasti bajunya 😭
    Kasihan donk bisa2 malah masuk angin.
    Dan aku pun bersyukur banget Arra gak kayak Ayahnya 🤣
    #laah

    Eh terus, pas waktu itu dapat hadiah Nubi dari dirimu itu. Masyaa Allaah aku taqjub, aku sempet bingung itu gimana cara nyedotnya aku gak berhasil2, eh lah Arra mudah banget. Ternyata kontrol rahang dan lidahnya itu bagus banget ya. Si Nubi itu ternyata mengadaptasi 'isapan' bayik saat menyusu ya 😍

    Semoga rejekinya Arra dapet hadiah (lagi) #giveawayecha biar kembaran sama adek R jadi #nubyfriends 🥳

    #giveaway

    Salam sayang untuk budhe sekeluarga ❤

    ReplyDelete
  9. Hai Rafiiif.. pake merah aku suka hihi
    Sedot minuman akak waktu itu. Buavita 😅 ngetes,trus kesedot. Haduh.. skrg lg jarang nih pake sedotan karena digigit mbak nomor 2. Botol minumnya dipake diaaa si nomor 2 hua.. mau punya botol kayak ginii

    ReplyDelete
  10. Termasuk drama banget sih ngajarin anak minum pake sedotan itu. Dulu aku ngajarin 2 anak nyedot itu pake sedotan aqua gelas, karena aku pikir sedotannya kecil gak bakan bikin anak tersendak. Dan skrg baru tau ternyata ada sedotan anti sedak setelah baca postingan ini. Dan berharap untuk anak k3 ini bisa belajar pake sedotan Nuby ini ��.

    ReplyDelete
  11. Hai Rafif masyaallah pintarnya.
    Anakku usia 7 bulan. Dan masyaallah baca artikel Mbak manfaat bgt. Padahal aku plan ngajarin anak pas usia 8 bulan aja u minum pakai sedotan. Ternyata bisa ya sejak mulai MPASI.

    Alhamdulillah, pernah sesekali iseng untuk kasih anak minum air putih + sedotan. Tapi pakai sedotan es yg panjang 🤣 karena kebetulan adanya itu dirumah. Dan reaksi baby G jelas aneh. Ngak bisa dan nyerah. Hehe mungkin kepanjangan juga bentuknya.
    Terus cobain sedotan yang dr Aqua gelas. Yg kecil. Duh jadi takut ketusuk hahahaha... Dan Alhamdulillah doi juga belum berhasil sih. Walaupun sampai skrng blm bisa.sebenernya kemampuan sedot2 gitu sepertinya doi bisa. Tapi media nya saja kurang mendukung seperti yg Mbak Cha punya.
    Tapi. Tetep kalau ada medianya saya akan stimulus baby G. Dan insyaallah sudah planning untuk fokus ajarin minum pakai sedotan Dnegan mwmlbeli media nya pas gajian suami nanti.

    ReplyDelete
  12. Wiw! Rafif diem-diem canggih ya udah bisa minum pake sedotaaan.. HEBAT!
    Si Adek (Jehan), aku ajarin pake cara Si Kakak dulu (pake gelas dan sedotan) malah disampar. Jadilah banjir lokal wkwk!

    Tapi beda anak, beda crita suksesnya kali ya?

    Sedikit share pengalaman ngajarin Si Kakak (Khansa) bayik minum pakai sedotan yhaa...

    Jadi dulu si Kakak baru bisa minum pakai sedotan tuh pas umur 8 bulan. Agak sedih sih, pas itu dia opname karena Roseola (muntah, demam tinggi sampai kejang dikit, trombosit terjun bebas, terpaksa opname). Nah pas itu dia hanya dapat makan bubur polos dan plain aja dari RS. Ga nafsu lah dia, makanan pun ga masuk. Akibatnya dia dehidrasi dan lemas.

    Lalu kucoba kasih minuman manis dengan harapan agak bertenaga dikit. Karena adanya cuma teh manis (hehe ini emergency ya, jangan ditiru) eh dia antusias! Malah mau makan juga. Yey!

    Awalnya masih aku sendokin. Tapi tampaknya dia beneran bernafsu, jadi aku coba pakaikan sedotan biar masuknya lebih banyak. Karena belum bisa nyedot, jadi mulanya aku masukkan sedotan di gelas, tutup bagian atasnya biar air di dalam sedotan bisa diangkat dan dilepas di mulut Si Kakak. Gitu terus..

    Sesekali aku juga lihatin dia cara menyedot teh. Kebetulan sedotannya warna putih jadi air teh keliatan pas aku sruput. Nah, setelah itu aku gunting sedotannya supaya Si Kakak lebih mudah nyedot pas aku suruh nyedot sendiri. Jadi, dia nyedot, aku dan suami ikut nyedot.

    Percobaan awal masih diemut, digigit, lalu ditiup. Eh lama-lama disedot. Yey! Jadi training kilat kurang dari sehari udah bisa nyedot langsung deh dia.

    Nah kali ini Si Adek udah 8 bulan. Mau aku ajarin nyedot tapi ya itu.. drama kumbara basah semua. Mungkin kalo pake Nuby ini, mau disampar pun ga bakal banjir lokal kali ya? Okedeh besok dicoba.. Wish me luck!

    Sekian....
    With love,
    Hanichantique :D

    ReplyDelete
  13. Hai Rafiff, waw udah canggih euy pakai sedotaan.
    Kuikutan sharing ya mba echa ❤

    Karena sabran udah anak ketiga, jadi sebenernya tinggal copas aja gimana dulu ngajarin kakak kakaknya pakai sedotan hehe.

    Bedanya, masalah waktu ajasih.
    kalau kakak kakaknya di usia 8bulanan baru aku kenalin sedotan, tapi kalau sabran pas mulai mpasi udah dikenalin.

    pertama, pakai sedotan a*ua gelas yang kecil tipis bening itu. Langsung bisa nggak? YA ENGGAK DONG (hahaha), pertama cuma dimasukin mulut aja ga diisep.

    kedua, masih pakai alat yang sama, cumaa si a*ua nya aku pencet jadi keluar air lewat sedotan.
    mungkin dari situ sabran mikir ya, wooii bisa keluar air ternyata 😂.

    ketiga, sudah langsung bisa nyedot sendiri tapi... DISEMBUR (wqwqwq)

    telaten dan sabar adalah KOENTJI, jadi alhamdulillah habis tau kalau ternyata disembur bikin baju basah, sabran pun mau nelen air dari sedotan YEAAYY!

    Selanjutnya, sabran aku kasih botol minum dari nuby juga yang type sippy flex bottle - dan dipakai sampai sekarang.

    Minum banyak dan no tumpah tumpah club

    With love,
    Aul

    ReplyDelete
  14. Masya Allah gantengnya, itu giginya gemes banget sih, sudah 2 aja nih. Minum pakai sedotannya pinter banget apalagi kalau wadahnya cocok ya.

    ReplyDelete
  15. Anakku yang pake sedotan cuman Miqdad. Yang lain masuk barisan waktu kecil disuapin. Miqdad pake botol minuman yang ada sedotannya juga sebentar aja mak. Enaknya males banget nyuci sedotannya. Buahahaha.

    ReplyDelete
  16. Giginya uculllll Dekk, eh lucuuu! Daripada dodot ya Mba,mending diajarin pakai sedotan, sekalian melatih otot bicaranya.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^