5 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Anti Mubazir Yang Harus Dimiliki Ibu-Ibu Jaman Now

5 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Anti Mubazir Yang Harus Dimiliki Ibu-Ibu Jaman Now

5 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Anti Mubazir Yang Harus Dimiliki Ibu-Ibu Jaman Now. Saat memiliki bayi, pasti kita tidak sabar untuk membeli berbagai macam perlengkapan bayi yang pastinya sangat lucu-lucu. Tapi berhubung lapar mata, kadang hampir semua Ibu ingin membeli perlengkapan bayi yang dilihat.

Tenang, ini bukan berlaku untuk anak pertama saja kok. Saya sendiri anak ke-5 pun tetap excited dengan belanja perlengkapan bayi baru lahir. Rasanya diri itu dilahirkan jadi Ibu kembali gitu saat kita memiliki bayi yang akan hadir di tengah-tengah keluarga kami. 

Tapi memang belanja sebenarnya adalah hobi hampir semua wanita yang sudah mendarah daging. Termasuk membeli perlengkapan bayi bayu lahir kan juga termasuk salah satu aktivitas belanja untuk ibu hamil. Ibu hamil kalau belanja pasti jadi senang kan? Bayi dalam perut juga pasti akan bahagia. Ya gimana gak bahagia, ibunya hepinya minta ampun karena belanja xixixi.

Kapan waktu belanja perlengkapan bayi yang tepat?


Sebenarnya dari awal kehamilan bisa saja membeli perlengkapan bayi, tapi di Indonesia ada mitos kalau lebih baik belanja saat kandungan di atas 7 bulan. Katanya (Yes, Indonesia itu kental banget sama "katanya" ini). Makanya banyak Ibu yang belanja di atas 7 bulan.

Kalau dari segi kesehatan, sebenarnya belanja dimenjelang TM 3 sekitar 6-7 bulan memang lebih nyaman. Selain rasa mual sudah bisa ditolerir, Ibu hamil di TM 2 itu sangat menyenangkan. Pokoknya usia kandungan paling sip dan tepat buat belanja perlengkapan bayi baru lahir. Karena kalau kandungan sudah TM 3 dan dekat masa melahirkan, biasanya kontraksi dan rasa gak nyaman pada Ibu.

Tapi, pengalaman saya sendiri saya itu belanja perlengkapan bayi rata-rata di usia kehamilan 8 bulan. Karena jiwa nesting (Pokoknya hasrat bersih-bersih menjelang lahiran) tinggi, biasanya lebih enak sekalian merapikan perlengkapan bayi dan anak-anak.


5 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Anti Mubadzir Yang Harus Dimiliki Ibu-Ibu Jaman Now


Seiring perkembangan jaman, percaya tidak kalau masa hamil pertama saya 8 tahun lalu itu sangat berbeda. Selain itu juga, yang sangat terlihat perbedaannya itu loh perlengkapan bayinya sekarang makin lama makin bagus dan makin lucu-lucu. Makin modern pula, beneran! Canggih-canggih gitu barangnya sekarang.

Apalagi saat anak pertama buat investasi untuk adik-adiknya kan bisa banget. Soalnya kepake banget. Tapi walau begitu kita harus tahu apa saja perlengkapan bayi yang anti mubadzir. Soalnya tahu sendiri kalau ternyata karena Ibu yang terlalu lapar mata alias kepengen aja lihat perlengkapan bayi yang unyu-unyu, jadinya saat si bayi sudah tidak membutuhkannya lagi jadinya tidak terpakai. Kan sayang banget ya belanja banyak tapi dipakai tidak lama.

Cuma punya bayi ya memang gitu sih kalau dipikir-pikir, karena tumbuh kembangnya yang cepat banget. Bayangin dalam setahun saja bayi bisa berbagai macam milestone, mulai merangkak, makan, berjalan, bicara dll. Karena itu sebagai Ibu smart mau tidak mau harus smart juga mikirin mau beli perlengkapan bayi apa saja yang tidak mubazir. 

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, ini dia 5 perlengkapan bayi baru lahir anti mubadzir yang harus dimiliki Ibu-Ibu jaman now :

1. Gendongan
gendongan bayi
Baca juga :

Kalau dulu kita harus menentukan size yang sesuai dengan usia bayi, kalau sekarang gendongan juga sudah modern ada yang bisa digunakan dari newborn sampai toddler. Jadi hanya butuh satu gendongan saja. Gendongan saat ini juga sudah inovatif, jadi banyak sekali macamnya. Kita tinggal menyesuaikan budget dan kebutuhan Ibu anak saja.


2. Alas matras bayi besar atau playmat bayi (Baby Bumper Bed)
Alas matras bayi besar atau playmat bayi (Baby Bumper Bed)
Menurutku ini perlengkapan bayi yang sangat dibutuhkan dan anti mubadzir, bisa sampai anak gede malah. Soalnya ya sampai toddler beneran deh tu anak suka jatuh-jatuh, pokoknya aaaaaaada saja. Nah lebih baik daripada beli matras yang murah, beli yang mantep sekalian kayak bumper bed yang bisa dimodifikasi begini enak. 


3. Baby food maker
Baby food maker
Baca juga :

Menurut saya punya baby food maker multifungsi ini kepake banget sampai gede. Percaya atau tidak, sampai sekarang saya masih pakai baby food maker buat manasin makanan atau buat cemilan anak atau juga sekedar masak telur hihihi. Rasanya tidak rugi gitu pas beli ini 8 tahun lalu, beneran kepake banget xD.

4. Tas diaper/ Diaper bag

Breast pump dan tas diaper

Baca juga : 

Pergi sama bayi pasti riwehnya ampun yaaa. Makanya sekarang sudah ada yang namanya diaper bag atau tas perlengkapan bayi. Nah, sekarang tuh ya lucu bangetttt macam-macam tas bayi. Terlihat kece walau perlengkapan bayi yang dibawa sangat banyak. Beberapa ada yang memiliki tempat untuk menyimpan ASIP atau botol Asip. Kompartemen yang banyak sela-sela kantungnya memudahkan kita membawa peritilan bayi yang sangat banyak.

5. Dish Sterilizer Bayi dan Keluarga IDEALIFE
Dish Sterilizer bayi IDEALIFE


Satu lagi yang harus dimiliki perlengkapan bayi baru lahir anti mubazir adalah dish dryer sterilizer dari IDEALIFE. Ini bukan hanya bisa dipakai anak bayi saja, tapi semua perlengkapan makan keluarga bisa semua pakai Dish Sterilizer  IL 119 IDEALIFE ini. Bukan cuma ngeringin perlengkapan makan minum yang basah, tapi juga bisa untuk sekalian menstrilisasinya. 

Soalnya kapasitasnya besar, ukurannya 26 liter jadi kalau di rumah ada sampai 3-5 orang pas banget buat sterilisasi semua perlengkapan makan minum keluarga. Beneran loh ini kepake banget, kalau lagi pada sakit apalagi jaman pandemi gini dikit-dikit sterilin pokoknya pakai ini. 

Cara pakainya juga gampang. Setelah dicuci, perlengkapan makan minum keluarga jangan diangin-anginkan. Karena itu semua perlengkapan tinggal dimasukkan saja ke dalam dish dryer terus tutup dan setting timer 0-60 menit. Sebenarnya tidak perlu sampai 60 menit, 20 menit juga sudah bisa. Nanti bila sudah selelai sterilisasi dan pengeringan, maka akan otomatis mati sendiri. Bila tidak dibuka bakal tetap steril 24 jam ke depan malah. Kece banget ga?

Nanti dalam prosesnya, alat ini akan mengeluarkan angin panas 70 derajat yang dalam suhu tinggi tersebut sudah bisa membunuh bakteri dan kuman yang ada di perlengkapan bayi baru lahir dan sekeluarga. 

Dish Sterilizer IDEALIFE


Untk rumah, listriknya termasuk irit karena cuma 260 watt saja. Desain yang ringkas juga bisa dibawa-bawa. Buat nyuci juga tinggal diangkat raknya terus bagian lain dilap bersih saja. 

Sterilizer Dish Dryer IDEALIFE ini lagi diskon menjadi harga Rp 829.049 dari 1.015.000. Bisa dibeli online seh sekarang di idealifeonline 

Spesifikasinya IDEALIFE - Sterilizer Dish Dryer – Pengering Piring - IL–119
Capacity: 3-5 person 26Litres
Hot Air Drying: Temperature: 70 celcius immobilize the bacteria E-COLI cause diarrhea, cholera, typhoid fever and hepatitis A and STAPHYLO coccus aureus causes food poisoning and skin infections that can sterilize tableware well.
Anti Bacterial + Storage
Timer Control: 0-60 Minutes
Large opening - for larger plates 
Storage double layer: Bowl x 5, Plates x 7, chopsticks x 8, spoons x 5
Storage single layer: plates x 7, knives and forks x 7sets
Storage: tea cups x 12
Perfect to sanitize baby utensils
Wattage: 260Watt
Pcs per Carton: Pcs
Bercode No : 9852.1903.0918
Outer Carton Dimension : Cm
Gift Box Dimension : 44*39*40Cm
Kg per Carton : 12Kg
Gram per Pcs : 12Kg
NO. HS LABEL : 8422.2000.0000

Nah, gimana? Jangan lupa untuk masukin list ya perlengkapan bayi rekomendasi saya kali ini. Beneran dah kepake banget ga bakal mubazir dibeli. Investasi buat anak dan canggihnya peralatannya juga bakal bikin Ibu-Ibu tercengang. Yang penting sangat berguna buat anak kita kan?

Sudah tahu apa saja perlengkapan bayi baru lahir anti mubazir yang harus dimiliki Ibu-Ibu jaman now? Selamat berbelanja? Happy Mommy happy baby <3. Sehat sehat ya sampai lahiran, jangan kalap belanjanya. 

25 komentar:

  1. wah aku jadi intip2 idealifeonline.com ni mak, banyak yg bagus2 dan mupengin ya.

    BalasHapus
  2. alat sterilisasi yg sungguh praktis dan mumpuni!
    Buibu wajib punya niiih
    aku demen bgt poduk2 idealife karena super duper kece dan affordable bangettt

    BalasHapus
  3. ih cakep bentuk sterilizernya IDEALIFE nih, bisa buat peralatan bayi dan peralatan makan biasa juga ya maaak.. Praktis dan perlu banget nih buibu yang punya bayiiii..

    BalasHapus
  4. Penting banget tuh alat sterilisasi peralatan makan bayi Dan bisa dipake buat beberapa anak. Makanya harus pilih yang merk berkualitas.

    BalasHapus
  5. Aku juga masih punya anak yang mpasi. Jadi sterilizer ini kepake banget deh. Apalagi kalau anak anak kan masing rentan ya, jadi memang segala sesuatu harus steril

    BalasHapus
  6. Iya.. punya dishsterilizer itu memang bermanfaat banget sampai skrg. Buat sterilin piring punya anak2 bahkan malah punya kita.

    BalasHapus
  7. Aku punya semua 1-4, yang nomor 5 nih beluuuum. Duh, tau gitu aku beli nih buat sterilin peralatan bayi. Masih belum terlambat, kan. Aku mau beli ah. Bermanfaat banget soalnya.

    BalasHapus
  8. Kalau dish dryer ini sih bakal awet terus Mak Eca. Bisa dipakai sampai kapanpun. Coba aku masukin wish list dulu ya buat si baby lahir nanti.

    BalasHapus
  9. wah iya banyak ya perlengkapan bayi baru lahir..
    btw dish dryernya cakep, produk idealife ini emang terkenal bagus ya kualitasnya

    BalasHapus
  10. Naksir nih dish dryernya. Kayaknya aku butuh walaupun belum punya bayi baru lahir. Hehhehe

    BalasHapus
  11. Mbak Eca tuh kalau posting past mencerahkan banyak. Gak nyangka dari gendongan bayi aja model dan jenisnya segitu banyak. Aku mah dulu gendong anak tahunya pakai kain panjang aja hahaha...Baik lah, kalau punya cucu nanti, saya tahu mau beli yang mana

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Postingan yang sangat informatif mbak. Ini layak baca bagi ibu hamil maupun orang-orang yang bingung mau ngado lahiran. Ngado yang ada di daftar ini pasti bakalan berguna banget buat ibu baru :)

    BalasHapus
  14. Produknya keren-keren ya Cha Idealife ini, dish dryernya juga bermanfaat karena sekalian sterilin peralatan makan kita ya...lagi diskon pula...

    BalasHapus
  15. Produknya keren-keren ya Cha Idealife ini, dish dryernya juga bermanfaat karena sekalian sterilin peralatan makan kita ya...lagi diskon pula...

    BalasHapus
  16. Perlengkapan bayi yang tak lekang oleh waktu ya mbak hehe.. peralaatan bayi anak pertama aku aja masih bisa terpakai oleh anak kedua aku hehe tapi ya memang kadang modelnya sudah ngga update karena berbeda jauh hehe.. semoga artikel ini banyak yang baca ya mbak dan sebagai panduan untuk para ibu ibu diluar sana

    BalasHapus
  17. wah iya bener mba.. dish sterilizer itu berguna bangnet ya walau udah ga punya bayi tapi masish pas buat dipakai harian ya.

    BalasHapus
  18. Aku dulu punya bayi belum punya Sterilizer Bayi. Tar deh kalau punya bayi lagi masuk list hehe

    BalasHapus
  19. Walaupun udah lewat boleh juga nih ya jadi ide buat kado untuk adik yg akan melahirkan bulan depan.. semuanya penting Dan bermanfaat Dan akan selalu dipake terus

    BalasHapus
  20. Kalau ada Dish Sterilizer Bayi dan Keluarga dari IDEALIFE di rumah, lebih tenang ya Mak urusan perlengkapan makan. Bisa bantu urusan kebersihan dan kesehatan kita.

    BalasHapus
  21. Duh jaman anak2 saya masih bayi blm banyak pilihan alat sterilisasi begini jdnya manual pake air panas, rempong. Enak nih ibu2 jaman now

    BalasHapus
  22. Wah ini ga harus yang punya bayi nij yang punya sterilizer nya idealife. Musim pandemi kayak sekarang kayaknya aku juga butuh

    BalasHapus
  23. Eh lucu banget itu sterilizernya :D
    Wah cocok ya buat yang masih punya anak usia nyusu botol atau mpasi :D
    Tapi pas gede juga bis adipakai utk perlatan makan seluruh anggota keluarga shg gak mubazir :D

    BalasHapus
  24. Waaw...melihat alat tempur kak Echa.. aku jadi merasa gak punya apa-apa.
    Gendonganku 3 aja uda dikomentarin Ibu, huhuu..
    Padahal tergantung situasi yaa...

    Dan yang oke banget kalau punya Dish Sterilizer Bayi.

    BalasHapus
  25. mak, sambil baca tulisannya jadi keingetan waktu lahiran anak saya, belum sempet belanja eii lahirnya maju ^_^ betul mak yang aman kalau belanja pas hamil 7 bulan an, jangan terlalu deket hpl, ntar kaya saya jadi tinggal rencana hehe btw langsung ke web idealife nih lirik lirik ternyata ada barang keren lagi pada diskon, duuu

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^