5 Bumbu Dasar Rumahan Praktis Yang Awet Disimpan Lama

5 Bumbu Dasar Rumahan Praktis Yang Awet Disimpan Lama

5 Bumbu Dasar Rumahan Praktis Yang Awet Disimpan Lama. Suami saya suka memasak, saking senangnya hampir setiap hari selama 10 tahun menikah dia pasti yang masakin buat sekeluarga. Ya saya juga kadang ke dapur, tapi porsinya lebih banyak Papih (suami) memang. Selain dia memang suka memasak, papih lebih pintar mengolah bahan yang ada buat menu sekeluarga. Karena dia tahu, kalau saya yang masak misal ga mood pasti jadinya beli lauk di luar :v. Peace ya, Pih. 

Pokoknya masakan yang saya bikin sendiri itu MPASI sama kue pokoknya kalau di rumah, selain itu buat sehari-hari papih dah nyiapin atau memang dia yang masakin. Kalau dulu dia ngantor, sebelum berangkat kantor dia sudah nyiapin bahan-bahan untuk diolah buat sarapan, makan siang dan malam. Seperti tempe sudah dibumbui, sayur sudah bersih disiangin, atau bumbu-bumbu yang mau dipakai sudah disiapkan juga. Saya cuma tinggal rebus atau goreng sebentar pokoknya.

Tapi memang masak itu butuh perencanaan tepat sesuai budget sehingga menu menyesuaikan dengan bahan makanan. Dan kebetulan yang pinter mengolah dan sangat mengerti harga bahan ya papih :p. Jadi kami kalau belanja itu biasanya 2 minggu sekali terus sama papih bikin ala-ala food preparation ditaruh di wadah di kulkas. Dan beberapa bahan memang diolah terlebih dahulu sebelum disimpan. Seperti wortel, hati, ayam dan telur direbus terlebih dahulu. Satu lagi, papih biasanya buat bumbu dasar rumahan yang praktis agar awet disimpan dalam jangka waktu lama.

Ngomong-ngomong tentang bumbu dasar rumahan ini kayaknya memang praktis kalau kita dah siapin deh. Soalnya selama saya perhatikan, paling lama masak itu nyiapinnya. Apalagi masakan Indonesia yang luar biasa bumbunya dan lama pembuatannysa. Kalau bumbu dasar rumahan sudah dibuat akan lebih mudah ketika akan mengolah bersama bahan makanan lainnya. 

Walau banyak pilihan bumbu instan, tapi pasti pengennya kan yang rasa rumahan. Apalagi di masa pandemi, mau tidak mau semua serba dibikin sendiri demi kesehatan. Sama kayak kami juga demikian, makanya saat memutuskan untuk food preparation di kehamilan anak bungsu sangatlah tepat. Anggota keluarga  yang makin banyak, masakan dibuat sendiri lebih sehat, lebih hemat waktu uang dan tentunya rasanya rasa masakan rumahan. Masakan buatan orang tuanya sendiri biar diingat anak-anak. Ehem. 

Pak suami kalau mau masak dia gampang banget tinggal ambil bumbu dasar rumahan praktis. Terus udahan  tinggal sreng sreng sreng atau rebus, yang penting waktu dia tidak terlalu lama saat menyiapkan bumbu.


Mengolah Bumbu Dasar Rumahan Praktis dengan Electric Chopper Blender IDEALIFE


Tapi mengolah bumbu itu memang sesuatu loh lamanya. Papih loh dari mulai ngupas satu-satu bisa lama banget. Belum kudu halusin bumbunya ya tambah lama lagi pokoknya. Itu baru satu bumbu, lah kebayang kalau dia kudu bikin banyak bumbu lain buat persiapan. Bisa lebih lama lagi kan?

Untungnya sekarang jaman sudah makin modern, yang tadinya manual saat ini sudah bisa elektrik. Iya, ada banyak pilihan perlengkapan masak elektrik yang bisa menjadi pilihan buat membantu kita memasak setiap hari dan bahkan membuat bumbu dasar rumahan praktis.

Electric Chopper Blender (Penggiling Pemulat Listrik) IDEALIFE tipe IL-219s bisa menjadi pilihan kita untuk membuat bumbu dasar rumahan praktis. Desain Stainless Steel Blade x 3 yang sangat elegan dan mudah dipakai merupakan daya tarik chopper elektrik yang cuma menggunakan daya 100-300watt saja.

Electric Chopper Blender (Penggiling Pemulat Listrik) IDEALIFE tipe IL-219s

Mesin berkecepatan 300W motor yang sangat halus dengan kapasitas besar 1,5 liter bisa dioperasikan dengan 2 macam pilihan kecepatan. Bila mesin kepanasan ada thermostat control, jadi akan otomatis mati lalu 30 menit kemudian bisa digunakan kembali. Chopper yang sangat praktis dan cocok ini juga mudah dibersihkan dan sangat cocok digunakan untuk daging, sayung dan bawang.

Spesifikasi Electric Blender Chopper 219s

Quite motor
Safety ON Switch
Bowl Capacity: Large 1.5 Litre and 700ml High Grade Plastic Bowl2 Speed
Stainless Steel Blade x 3 (extra functionality)
Thermostat Control: Penjaga mesin overheat, jika mati, diamkan 30 menit, bisa dipakai seperti biasa
Extra accesories: egg beater, whisk
Easy Cleaning
Perfect for: Meat, Vegetables, Mince
Powerful 300W motor
Wattage : 100-300Watt
Barcode No : 9852.2020.0502
Outer Carton Dimension : 61.5*37.5*26.5Cm
Gift Box Dimension : 30*18*25Cm
Kg per Carton : 7.7Kg
Gram per Pcs : 1.7Kg
NO. HS LABEL : 8509.409.000
Nomor Tanda Pendaftaran Petunjuk & Kartu Jaminan: IMKG.2198.10.2020
Lab Test: QI-20/10/0253 - Test Report
K3L: 20-L-004909

Tapi memang pakai Electric Chopper Blender (Penggiling Pemulat Listrik) IDEALIFE tipe IL-219s ini banyak banget manfaatnya. Kita bisa menggiling daging sampai halu, bikin bakso, es batu dan tentunya bumbu-bumbu dapur yang kita butuhksan dlam mengolah makanan. Bumbu dasar rumahan? Tentunya akan lebih mudah pakai chopper ini.

Harganya terjangkau kok di Rp 567.000 dari 750ribuan. Belinya juga bisa di  Idealifeonline . Klikklik belanja santai secara online, nunggu barang di rumah deh! Siap bikin masakan macam-macam plus bumbu dasar rumahan praktis pakai Chopper Idealife kalau gini. Betul tidak?


Resep 5 Bumbu Dasar Rumahan Praktis

Nah, alat sudah lengkap sekarang kita tinggal buat bumbu dasar  rumahan praktis. Ini saya pakai resep langsung enak yang memang sudah viral dan kebetulan cocok di lidah. Misalnya bumbu ada yang kurang bisa ditambahkan sesuai selera ya.

1. Bumbu Dasar Putih

Bisa digunakan buat masakan lodeh, rawon, semur, opor ayam, empal. Tapi sebenarnya juga bisa untuk tumisan mie/bihun goreng, oseng-oseng dan lain-lain.

Bahan yang diperlukan :

30 siung bawang merah10 siung bawang putih
10 butir kemiri
2 sdm ketumbar
1 ½ sdt garam
2 sdt gula pasir
20 ml minyak (ikut dihaluskan bersama bumbu, membuat bumbu tahan lebih lama)
150 ml minyak menumis

2. Bumbu Dasar Merah

Bumbu dasar ini yang biasa digunakan untuk masakan pedas seperti nasi goreng, sambal goreng, balado, ayam ricca, dll. 

Bahan yang diperlukan

20 buah cabe merah, buang sebagian bijinya
30 siung bawang merah
10 siung bawang putih
1 ½ sdm gula pasir
1 sdt garam
20 ml minyak (ikut dihaluskan bersama bumbu, membuat bumbu tahan lama)
100 ml minyak untuk menumis

3. Bumbu Dasar Kuning

Untuk masakan seperti soto, ayam goreng, opor, nasi kuning, pepes ikan, acar kuning dll bisa menggunakan bumbu dasar rumahan praktis kuning ini. 

Bahan yang diperlukan :

250 gr bawang merah
100 gr bawang putih
100 gr kemiri
1 sdm kunyit bubuk
2 sdm jahe halus (ginger paste)
6 iris lengkuas
¾ sdm lada bubuk
3 sdt garam
4 ½ sdt gula pasir
50 ml minyak (ikut dihaluskan bersama bumbu dan membuat bumbu tahan lama)
150 ml minyak untuk menumis

bumbu kunng bahan dasar kuning

4. Bumbu Dasar Bawang

Ini enak digunakan saat membuat sop, nasi goreng, capcay, schotel, bakso, nugget dll. Bumbu wajib ini memang bisa masuk ke berbagai masakan. 

tumisan bumbu dasar bawang


Bahan yang diperlukan

250 gram bawang merah
250 gram bawang putih
500ml minyak untuk menggoreng

5. Bumbu Dasar Orange

Bumbu ini dapat digunakan untuk memasak makanan seperti gulai, rendang, kare, sambal goreng, ikan panggang.

Bahan yang diperlukan :

350 gr cabe merah
100 gr kemiri
100 gr bawang putih
200 gr bawang merah
1 sdm kunyit bubuk
1 sdt jinten bubuk
2 ½ sdm ketumbar bubuk
2 sdm jahe halus (ginger paste)
6 iris lengkuas
2 sdt lada bubuk
3 sdt garam
5 sdt gula
50 ml minyak (ikut dihaluskan bersama bumbu dan membuat bumbu tahan lama)
150 ml minyak goreng untuk menumis


Cara Membuat ke-5 Bumbu Dasar Rumahan Praktis Yang Awet Disimpan Lama 


Alat sudah siap pakai chopper, bahan bumbu sudah ada semua, nah sekarang kita buat dulu ya bumbu dasarnya. Sebenarnya sangat mudah, yang penting semua sudah dibersihkan dan dikupas seperti bawang dan untuk cabe bisa dibuang ranting kecilnya.

1. Haluskan semua bahan, kecuali gula dan minyak untuk menumis, hingga halus benar

2. Panaskan minyak untuk menumis, serta tumis bumbu sampai harum dan matang. Masukan gula, tumis sebentar, angkat dan dinginkan.

3. Masukkan ke dalam toples, siap digunakan.

Cukup mudahkan membuat bumbu dasar rumahan ini. Nanti bumbu dasar ini kalau disimpan dalam kulkas bisa tahan sampai 3 bulan. Kalau mau masak tinggal ambil sedikit secukupnya dan tambah bumbu lain seperti daun salam, pandan atau jeruk biar makin sedap sesuai selera. 

Masak yang biasanya lama jadi lebih mudah pasti karena kita sudah punya bumbu dasar rumahan ini.  Misalnya saja masak nasi goreng, panaskan minyak sebentar lalu masukin bumbu secukupnya tumis sebentar dan masukkan telur dan nasi lalu aduk sampai rata. Aduh itu gurihnya jangan ditanya, anak-anak senang banget pastinya. 

Hayo siapa di sini yang bikin bumbu dasar rumahan praktis awet tahan lama kayak saya juga? Aduhh sudah tidak musim ngulek loh, sekarang saatnya beralih bikin bumbu dasar pakai chopper 219s dari Idealife. Siapa yang pakai chopper juga? Share dong resep bumbu dasar favoritnya!

19 comments:

  1. Bumbu dasar ini andalan banget ya mbk. Lebih praktis dan nggan ribet. Hemat waktu masak. Muoeng pingin punya chopper idealife

    ReplyDelete
  2. Dengan bumbu dasar rumahan ini banyak waktu yang bisa dipangkas untuk menyiapkan berbagai menu masakan keluarga ya Mbak. Sudah gitu kita tahu pula jenis bahan-bahan yang digunakan yang dijamin pasti terjamin mutunya :)

    ReplyDelete
  3. wah iya ya mbak, klo uda buat bukbu dasarnya dulu, masak jadi lebih cepat dan praktis.
    aq jadi pgn pny choper blender dari idealife ini

    ReplyDelete
  4. Kurang siji ki Cha,
    rendaman atau baceman bawang putih yang termasuk "penyedap" serbaguna. Kita bisa pake untuk aneka menu tumisan, untuk ditambahkan ke mi kuah, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Nah si bawang putih dicincang dan digongseng sebentar lalu direndam aja gitu di minyak

    ReplyDelete
  5. Nah, aku suka bikin yang bumbu putih itu loh, mak. :D Dan emang kalau pake chopper lebih halus, aku suka pakai. Dan dari kemarin itu mupeng berat sama chopper Idealife, bisa halusin nggak hanya bumbu ya tapi juga daging.

    ReplyDelete
  6. nah penting banget ya bumbu dasar ini. pake chopper, kerjaan jadi lebih cepet dan jadi praktis. chopper IdeaLife mantap banget nih, nabung aah

    ReplyDelete
  7. Ternyata mudah2 aja bahannya ya. Aku jadi pengen bikin, beli toplesan dulu kayanya nih, nyetok bumbu putih sm bumbu bawang

    ReplyDelete
  8. Yg bikin malas masak itu ya karena tiap hari lama ngulek bumbu, kudu luangin sehari bikin bumbu cemacem kaya gini, biar masak jd lebih praktis emang.

    ReplyDelete
  9. Wah papi jago masak ya senangnya Chaaa...aku sering dikirimin dari Bogor bumbu putih dan kuning buat masak, memang praktis banget ya apalagi ada choppernya Idealife...

    ReplyDelete
  10. Saya suka nyetok bumbu dasar karena bisa memangkas waktu memasak. Tetapi, memang suka malas bikin bumbunya. Agak lama menghaluskannya karena chopper yang saya punya berukuran kecil. Enak kalau punya yang besar kayak Idealife ini

    ReplyDelete
  11. aku juga suka nyetok bumbu dapur yang fresh biar tinggal sreng sreng masaaak ya cha.. enak nih punya perlengkapan dapur yang kereen

    ReplyDelete
  12. Aku jg di rumah selalu stock bumbu halus di kulkas, jd mempercepat proses memasak ya.
    Duh iru papih telaten banget sih jadi suami, bisa masak and mauan bikin foodprep :) biasanya para suami jarang ada yg mau :D

    ReplyDelete
  13. kalau udah sedia bumbu dasar, di saat kepepet apapun tetap bisa nyajiin menu enak ya mba.. Tapi memang cara menghaluskan setiap bumbu dasar ini beda-beda biar ga mengurangi citarasanya... Blender yang tepat juga bakal mempengaruhi hasil ya..

    ReplyDelete
  14. Aduh mau banget itu Chopper-nya. Bisa buat bikin-bikin ya. Dari bumbu sampe makanan.

    ReplyDelete
  15. Penting dan bermanfaat banget kalau sudah nyetok/sedia bumbu dasar rumahan gini ya mak. Gak makan waktu lagi ngeracik bumbu tiap kali masak.

    ReplyDelete
  16. Persis, kak Echa.
    Di rumahku yang jago masak malah suami. Tapi aku sadar banget sih...karena doi pernah ngekos dan intinya berani mencoba.

    Aku kan masaknya gitu-gitu aja yaa..

    Dan bumbu dasar ini penting banget buat stok. Masak jadi lebih simpel dan secepat kilat.
    Hhehhee~
    Pakai chopper Idealife yang cakeep.

    ReplyDelete
  17. Bener juga ya, kalau punya stok bumbu dasar gini, proses masak jadi cepet. Kebayang deh kalau masih punya anak kicik gini, waktu sangat berharga. Cepet pula bikin bumbunya pake chopper yang berkualitas bagus gini.

    ReplyDelete
  18. Satu resep bumbu dasar itu bisa untuk berapa kali masak ya? Praktis juga sih, membuat masak jadi cepet. Apalagi kalau semua sayur juga sudah disiangi

    ReplyDelete
  19. Ya Allah, Mak, ini solusi banget sih. Aseli kalau masak itu paling mager di bagian nyiapin bumbunya. OMG. Makanya masakanku jadinya nggak berkembang gara-gara malas sama bumbu-bumbu. Wkwkwk. Aku udah bookmark lho, ya, tulisan ini. Semoga aja aku beneran jadi rajin masak kalau sudah ada bumbunya. Tingga choppernya aja, sih, yang belum punya. Wkwkwk.

    ReplyDelete

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^