10 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Terbaik Untuk Dikonsumsi

10 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Terbaik Untuk Dikonsumsi

Masa kehamilan itu paling menyenangkan menurut saya. Bagaimana tidak, masa kehamilan yang hanya 9 bulan ini, kita bisa menyayangi sesuatu di perut hanya karena mendengar detak jantung lewat USG saat periksa ke dokter kandungan.

Iya, ya? Kadang saya sendiri bertanya-tanya, kenapa bisa jatuh cinta sama orang yang belum pernah kita temui. Cuma, memang bahagia, sih, kalau hamil itu. Saya biasanya lebih diprioritaskan sama suami hihihi. Pokoknya bermanja-manja, apalagi anak pertama, aduhhh tidak terlupakan masa-masa itu. Dulu.

Eh, mbak Echa kok bahas kehamilan? Lagi hamil, tah? Ooo tentu tidak, tapi di postingan ini saya mau cerita-cerita sedikit tentang asupan susu hamil yang dikonsumsi dulu saat hamil. Ya, sedikit flashback, mengingat yang gede sudah sekolah dasar. Siapa tahu di sini banyak yang bingung mau makan apa saat hamil. Apalagi, 1000 hari pertama kehidupan itu dihitung dari masa kehamilan. Jangan sampai kita tidak melengkapi nutrisi dengan baik. Iya, nggak?

Asupan Nutrisi Penting Di Masa Kehamilan


Nah, kembali lagi ke kehamilan, ya. Dulu saat hamil, hampir semua anak saya susah makan. Jangankan makan yang enyak-enyak, minum saja kadang uek uek muntah. Makanya saya suka iri sama yang hamil kebo. Eladalah, kebetulan rezekinya hampir yang dikit-dikit makan dimuntahin. Sering saya khawatir, ini cukup tidak,ya, asupan nutrisinya? Buat saya dan bayi di perut? 

Ternyata, ibu hamil memang membutuhkan nutrisi makro mikro, vitamin, dan mineral dalam jumlah lebih banyak bila dibandingkan ketika tidak hamil. Karena banyak ibu hamil yang susah untuk makan bergizi porsi cukup, sehingga bisa mempengaruhi nutrisi penting yang seharusnya diperlukan oleh ibu hamil dan bayi. 

Beberapa nutrisi penting itu mulai dari protein, lemak, asam folat, zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Semua nutrisi penting ini minimal dikonsumsi ibu hamil setiap hari agar pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan maksimal. Ibu hamil pun juga akan lebih sehat badannya karena nutrisi terpenuhi. 

Di antara 9 nutrisi penting di atas, biasanya asam folat, kalsium, dan zat besi menjadi perhatian utama di masa kehamilan. Protein juga akan lebih diperhatikan bila kenaikan berat badan janin kurang sesuai dengan grafik kehamilan. 

Asam folat sangat dianjurkan ketika pertama kali kita merasa ingin punya anak (perencanaan kehamilan). Asam folat sangat berperan dalam pembentukan sel-sel tubuh, sehingga meminimalisir cacat lahir. Asam folat juga membantu produksi sel darah merah yang pasti akan meningkat ketika kita hamil. 

Zat besi juga penting karena ibu hamil biasanya sedikit lemas karena anemia. Dengan zat besi yang cukup, selain stamina ibu hamil meningkat, juga akan mencegah terjadinya bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Sedangkan kalsium, membantu pembentukan gigi tulang bayi. Kalsium juga meredakan kesemutan ketika hamil bahkan mencegah resiko osteoporosis.

Banyak, ya, ternyata yang harus dipastikan asupannya terpenuhi. Kalau nutrisi buat janin kurang, biasanya akan mengambil jatah ibu. Itu akan membahayakan ibu hamil, loh, kalau tidak segera diatasi. 

Namun, terkadang kita sendiri susah makan apalagi saat tri semester awal, boro-boro kudu ngitungin satu-satu kecukupan asupan nutrisinya, kan? Ya ampun, hamil aja riweh malah disuruh menakar makanan. Susaaaaah.

Nah, buat ibu hamil yang agak susah makan kayak saya, disarankan untuk menambah asupan makanan dengan mengkonsumsi Susu Ibu Hamil. 

Rekomendasi Susu Ibu Hamil Terbaik 


Salah satu cara agar ibu dan bayi tidak kekurangan nutrisi, saya minum susu ibu hamil. Ternyata, susu ibu hamil ini banyak manfaatnya. Bukan hanya untuk asupan makanan ibu hamil sendiri, tapi juga untuk kecukupan nutrisi janin dalam kandungan.

Dengan nutrisi cukup, pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan juga bisa optimal. Bahkan sampai bayi dilahirkan, dia akan tumbuh menjadi anak yang sehat, kuat, tidak mudah sakit, dan pintar. 

Kenapa harus minum susu ibu hamil? Ya, karena susu ibu hamil itu sudah mengandung kelengkapan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayi. Namun, banyaknya susu ibu hamil di pasaran membuat ibu bingung harus membeli yang mana. Iya, kan?

Ada susu ibu hamil yang mengandung asam folat tinggi, ada susu ibu hamil yang mengandung banyak kalsium, dan ada susu ibu hamil yang bisa menambah berat badan janin. Ini perlu menjadi perhatian kita, karena masa depan tumbuh kembang anak ditentukan sejak mulai masa kehamilan.

Susu Ibu Hamil Terbaik

Baiklah, berikut 10 rekomendasi susu ibu hamil yang baik untuk pertumbuhan janin :

1. Prenagen

Susu Ibu Hamil ini terdengar sangat akrab, ya? Iya, Prenagen Mommy ini paling mudah ditemukan di berbagai market. Susu Ibu hamil yang menyediakan kebutuhan nutrisi ibu dan janin dengan lengkap ini mengandung DHA Kolin, zat besi, asam folat, serta vitamin B1 yang membantu proses perkembangan pada otak janin dan juga pertumbuhan sel darah merah. 

Prenagen Mommy ini bisa diminum oleh ibu hamil dan ibu menyusui agar kebutuhan nutrisi tercukupi hingga masa memberikan ASI selesai. Rasanya enak apalagi diminum hangat.

2. Anmum Materna 

Kandungan Anmum Materna lengkap, mulai dari asam folat, DHA, kalsium, zat besi, hingga asam sialat yang berguna untuk mental bayi. Selain itu, juga ada kandungan Inulin yang bermanfaat untuk kesehatan pada saluran pencernaan Ibu. Susu ibu hamil ini cocok buat Ibu hamil yang mudah mual dan muntah.

3. Bebemama 

Nutrisi lengkap untuk gizi ibu dan bayi seperti asam folat, minyak ikan, kalsium, dan serat tersedia di Bebemama. rasanya pun lezat dan tidak bikin mual. Jadi, akan sangat meminimalisir terjadinya morning sickness. Susu ini cocok buat Mama yang merasa mual terutama di awal-awal kehamilan. 

4.  Enfamama A+ 

Susu Ibu hamil ini memiliki nutrisi gizi lengkap yang dibutuhkan ibu hamil agar dapat menunjang proses kehamilan dan tumbuh kembang janin. Susu ibu hamil ini juga bisa dikonsumsi Ibu menyusui, loh!

Rasa coklat dan vanila yang tidak bikin mual sangat membantu perkembangan otak anak. Enfamama A+ adalah susu Ibu hamil rendah lemak dengan formula tinggi asam folat, kalsium, zat besi, dan vitamin C. Tentunya, mampu membantu meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan otak janin.

5. Frisomum Gold 

Susu Ibu hamil rasa vanila ini memiliki kandungan probiotik yang bernutrisi lengkap. Mulai dari protein, ALA/LA, nukleotida, prebiotic, kalsium, asam folat, hingga zat besi. Susu ini juga membantu melancarkan pencernaan ibu hamil dan ibu menyusui sehingga akan jarang konstipasi atau sembelit. Iya, susu ini bisa dikonsumsi sampai selesai menyusui.

6. Lactamil Pregnasis

Lactamil ini hadir dengan formula ADIK+ (Asam Folat, Vitamin D, Zat Besi, Kalsium) yang bermanfaat untuk menjaga kondisi janin di dalam kandungan. Dengan kadar lemak yang rendah, ada Lactamil Enesis buat ibu hamil yang sering mual dan Lactamil Lactasis untuk ibu menyusui. Kebetulan saya pakai yang Pregnasis. 


7. Nestle Mom and Me 

Asupan nutrisi yang Ibu hamil dan bayi butuhkan seperti asam folat, zat besi, kolin, DHA, protein, dan kalsium yang tinggi ada pada susu ibu hamil Nestle Mom and Me. Probiotik bifidus BL dan vitamin juga ada dalam susu ini. Menariknya, susu Nestle Mom and Me bisa menambah nafsu makan ibu hamil yang menurun, loh!

8. Lovamil

Waktu saya hamil Raffi, susu ibu hamil Lovamil ini baru ada. Harganya pun murah dibandingkan susu ibu hamil lainnya. Formula CINTA dari Cerna, Impian, Nutrisi tambahan, Tumbuh, dan Aktivitas di susu Lovamil ini mengandung serat pangan (inulin), asam folat, omega 3, omega 6, vitamin, kalsium fosfor, serta zat besi.

9. SGM Bunda

Hadir dengan susu ibu hamil yang memiliki mikronutrien penting buat ibu dan janin, SGM Bunda ini memiliki PRENUTRISI+ dan COMPLINUTRI+ yang dapat dikonsumsi dari masa kehamilan hingga tahap menyusui. Ada 3 rasa, yaitu coklat, stroberi dan, jeruk dengan harga terjangkau.

10. Frisian Flag Mama

Dilengkapi dengan zat  besi, asam folat, dan inulin, susu ibu hamil ini punya 29 multivitamin dan 5 formula yang baik untuk ibu hamil. Untuk rasa tidak perlu diragukan lagi, enakkk!

Nah, itu semua susu ibu hamil rekomendasi saya. Sisanya jangan lupa, ya, disesuaikan budget. Selain susu ibu hamil, saat hamil saya juga minum vitamin blackmores. Ya, saya berusaha untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saya dan bayi. Secara, saya mudah mual saat hamil.

Btw, belinya di mana? Kalau dulu di minimarket, tapi beberapa tahun terakhir karena marketplace banyak banget yang kece, saya beli online di Shopee. Belanja di Shopee itu gampang banget, tinggal pilih barang, ambil diskonnya, masukkan vouchernya, setelah itu langsung check out. Tunggu barang di rumah.

Menurutku, memang enak belanja di Shopee. Semua keperluan bayi dan balita lengkap ada di sana. Cek di https://shopee.co.id/Kebutuhan-Ibu-cat.45.15161, deh! Saya saja hampir setiap hari check out. Apalagi lagi musim promo tahun baru seperti ini.

Belanja susu hamil dan keperluan bayi di shopee

Jangan lupa ikutan promo Shopee Year End Sale, ya! Ada banyak diskon dan promo menarik setiap waktu sampai tahun baru, loh!.

Cusss, langsung ke https://shopee.co.id/m/year-end-sale buat cek barang lainnya. Bukan hanya susu ibu hamil ini saja yang bisa kalian dapatkan, semua kebutuhan dari A-Z juga ada di Shopee!

Shopee end year sale

Ibu hamil dijamin bakal bahagia dan sehat banget kalau setiap hari cek out belanja di Shopee. Betul, kan?

Sudah tahu mau minum susu ibu hamil yang mana? Yuk, lengkapi kebutuhan gizi bayi dalam kandungan dengan susu ibu hamil. Happy pregnancy, Mom!

23 komentar:

  1. Ahh, ada susu aku waktu hamil juga, prenagen nih.
    Sekarang makin banyak juga produk susu hamil yaa, dan semuanya tetep membuat sehat bumil dan debaynya.Apalagi kalo ada promo gede2an di Sophee, waah makin banyak nyetok niih.

    BalasHapus
  2. Kalo aku dulu pas hamil tuh rajin minum prenagen karena rasanya gak terlalu bikin eneg sih, dan emang aku minumnya langsung glek aja karena emang niatnya biar sehat bareng babynya jugaa

    BalasHapus
  3. halo kak echa,
    rekomendasi susu untuk ibu hamilnya lengkap banget, new mommy pasti seneng nih bacanya. aku kasih adik iparku ah. aku dulu pake SGM bunda, rasa coklatnya pas gak terlalu enek. kan kalo lagi hamil kadang cocok - cocokan yang soal rasa. udah coba yang lain tapi malah mual.

    BalasHapus
  4. Nutrisi ibu hamil sangat penting untuk menentukan kualitas janin yang akan lahir. Semoga semua nutrisi yang dikandugn dalam 10 susu rekomendasi yang diusulkan itu akan bermanfaat.

    BalasHapus
  5. Ternyata pilihan susu Ibu Hamil banyak juga yah hehe. Mau aku infoin ke temen-temen ku yang saat ini lagi hamil ah hehe. Merek pasti butuh informasi ini. Nuhun yah Teh Echa ;)

    BalasHapus
  6. Rekomendasi susu ibu hamil sangat lengkap sekali dan bermanfaat untuk para ibu hamil

    BalasHapus
  7. lengkap banget itu produknya di shopee yak, tinggal pilih aja mana yang cocok buat bumil dan semuanya bagus sih

    BalasHapus
  8. Dari 10 brand cuma familier prenagen yang saya minum di semua kehamilan saya
    Rasanya gak enak, tapi maksain minum demi anak 😀😀😀

    BalasHapus
  9. aku dulu pake susu prenagen nih, hihi. jadi keinget pas mau lahiran eh dibikinin susu dulu sama suami, nunggu dingin susunya, ternyata keburu mau lahiran sampai nggak keminum deh. wkwk

    BalasHapus
  10. wah ternyata banyak juga ya produk susu hamil, yang paling nempel di kepala saya sih Prenage, ga pernah minum sih. wwkwkw, asupan gizi lewat susu memang penting saat hamil yaa

    BalasHapus
  11. makin byk susu bumil ya skrg, 4thn lalu aku cma minum prenagen dan anmum aja, pling suka anmum yg vanilla

    BalasHapus
  12. Anmum materna teman baik ku selama hamil hehehe gak tau deh, suka aja rasanya

    BalasHapus
  13. Semakin bervariasi ya susu untuk bumil semoga kehamilannya sehat dan lancar sampai persalinan ya bund

    BalasHapus
  14. wahh ternyata ada banyak pilihan susu ibu hamil ya mba, ini kalau dalam waktu 9 bulan gonta-ganti gpp?

    BalasHapus
  15. Waktu hamil aku pernah minum Prenagen, Anmum, Lactamil, gonta ganti sih, tapi lupa persisnya. Periode awal hamil memang berat minum susu, agak mual. Aku sangat suka minum susu.

    BalasHapus
  16. Wah pertimbangannya banyak juga yaa utk pilih susu ibu hamil. Kebetulan saya orangnya gampang enek kalo minum susu, jd dpt rekomendasi di sini yg ga bikin mual. In sya Allah ke sini lagii kalau hamil nanti hehehe

    BalasHapus
  17. 10 rekomendasi ini jadi pilihan banget nggak hanya buat ibu yang sedang hamil, buat yang ingin kasih kado ke temen yang lagi hamil pasti bermanfaat

    BalasHapus
  18. wah ini dia pengalaman dari yang berpengalaman hamil heheh. makasih lho infonya mba, jadi tahu apa aja

    BalasHapus
  19. Huaaah aku dulu sempat konsumsi susu hamil tapi bertahan beberapa lama aja hehe padahal banyak manfaatnya yap.Bar denger merek Bebemam Mak.

    BalasHapus
  20. Aku waktu hamil pilih yang Anmum dan Prenagen mak. Kayaknya kalau hamil lagi tetap pakai itu soalnya dah cocok. hehe

    BalasHapus
  21. Aku malah gak minum susu hamil hihiii sempat minum prenagen di awal hamil terus mager bgt buat nyeduhnya haha.. jd lbh milih susu uht yg tinggal tuang dan minum 😂

    BalasHapus
  22. kata mama... mama rajin minum susu buat aku hehehe

    BalasHapus
  23. Terima kasih atas referensi 10 susu hamil terbaik ya, Mak Echa.
    Pasti bakal aku share ke istriku nanti..

    Btw aku gagal fokus sama label kategori blognya di header atas.
    Unik dan kreatif sekali seperti sticker WA..

    Semangat terus ngeblognya*

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^