5 Cara Mudah Memulai Bisnis Rumahan Bersama Youtap

5 Cara Mudah Memulai Bisnis Rumahan

Hello 2021! Tahun ini memang masih pandemi, tapi bukan berarti kita diam-diam saja kan. Misalnya kehilangan pekerjaan bukan berarti kita diam saja kan? Tetap harus berusaha agar kita bisa mencari nafkah untuk mewujudkan masa depan cerah penuh cahaya *eaaaa.

Makanya 2021 ini saya dan suami berencana membuka usaha makanan di kios, jadi seperti depot isi makanan gitu. Mungkin kalau kita mengenal dengan istilah warung ya! Iya, semacam warung yang isinya macem-macem makanan gitu, Trus nanti di sebelahnya saya pengennya sih buka usaha print gitu sama dekoran balon *teteuppp.

Ya pokoknya buka usaha offline, karena walau sebenarnya enakan online tapi offline 2021 kita ingin coba. Papih dengan kemampuan memasaknya dan saya dengan hobi dekornya bersebelahan jualan offline. Pokoknya bismillah gitu biar bisa jualan offline punya tempat stand kios depot. Bismillah yaaaa doakan. Sebenarnya, kami sudah memulai bisnis rumahan ini sudah 1-2 tahun ke belakang.

Waktu itu kalau ditanya gimana caranya mulai ya mulai saja sih. Karena sebenarnya apalah ide tanpa realisasi, ya nggak! Yang ada hanya di pikiran saja tidak maju-maju, kalau sekarang pokoknya yang penting action dulu. Maju dulu, tentunya dengan niat baik untuk mendapat rejeki berkah. 

Jadi pengen sharing sedikit walau bukan pemain lama tapi ya lumayanlah buat nambah penghasilan bagaimana dulu awal memulai bisnis rumahan saya. Ini 5 cara mudah memulai bisnis rumahan :

1. Tekad, niat, bismillah dan insyaAllah berkah

Gampang kan sebenarnya poin nomer satu ini, tapi tahu tidak? Ini memakan waktu lama banget buat bilang, "Iya, hayo kita mulai". Beneran! Waktu itu maju mundur terus nanti gimana tanggapan orang dll kita pikirin semua. Cuma benar kata pepatah kalau kita terus dengerin orang lain ya gimanaaaaa?

Akhirnya dengan niat bismillah menuju berkah insyaAllah dimulali. Jadi memantapkan hati untuk tekad, kuat, teguh ini memang tidak mudah. 

2. Tentukan produk atau jasa yang ingin dibuat sehingga tahu modal, biaya produksi dan harga jual

Kalau kita sudah tahu ingin menjual produk atau jasa apa, pasti bakal memudahkan kita dalam menentukan butuh modal berapa, belanja barang dimana atau cara membuatnya bagaimana juga bisa sehingga biaya dan proses dalam pembuatan sebelum produk dijual itu bisa dihitung mulai dari modal berapa tambah jasa kita sebagai penjual akan mendapatkan harga jual untuk umum. 

Jangan sampai kita salah, misalnya mau buat produk A ternyata belanja produk B atau bahkan kita kurang bahan ketika akan membuat produk C. Yahhh, yang ada bukannya kita untung jadinya kerja bakti saja :v kan kocak :v.

3. Banyak belajar dari usaha lain yang sejenis dan buat ciri khas produk sendiri

Jadi kita bisa menjadikan usaha lain sebagai contoh atau role model apa yang bisa diamati, ditiru dan dimodifikasi. Semacam studi kasus gitu hihihi, ambil yang bagusnya buang yang kurangnya. Di dunia usaha sebenarnya sudah biasa hal seperti ini, makanya tidak heran kalau kadang usaha A dan usaha B semirip.

4.  Menentukan strategi promosi yang tepat

Mau usaha online atau offline, semua harus pakai promosi. Iya tidak? Mau terang-terangan atau tidak ya tetap harus promosi produk agar banyak orang yang tahu kelebihan produk atau toko kita. Awalnya sih memang branding kan? Tapi lama-lama ya kita sudah percaya diri menjual produk. 

5. Pencatatan terperinci dengan menggunakan Youtap

Buat usaha apapun, jangan lupa untuk mencatat transaksi apapun untuk usaha ya. Karena itu penting banget. Mulai modal belanja sampai pembelian, pembayaran pun harus dicatat. Jadi transaksi apapun harus dicatat! Harus!

Nah buat yang usaha kadang suka lupa sama transaksi ketika menjual produk. Ini beneran loh, karena kadang kita lebih fokus pada biaya produksi tapi kadang lupa sama transaksi penjualan. 

Dan sekarang sudah hadir, Youtap aplikasi usaha untuk memulai bisnis rumahan. 

Youtap. Aplikasi Usaha Teman Dagang Untuk Memberdayakan Bisnis di Indonesia


Kalau boleh jujur, sebenarnya aplikasi ini cocok banget buat yang usaha warung, toko, kelontong dan  restoran karena ada aplikasi kasir yang beneran bisa bikin gampang bertransaksi. Biar tidak penasaran ini beberapa alasan kenapa harus pakai Youtap sebagai aplikasi usaha kita. Mulai pencatatan penjualan, penerimaan pembayaran bahkan analisis laporan keuangan menjadi lebih digital dan modern.

1. Mempermudah mengelola semua transaksi

Youtap ini memiliki kemudahan layanan kasir (Point of Sale). Salah satunya data produk disimpan dalam bentuk barcode, tinggal scan keluar harga dan nanti setelah pembayaran akan memotong jumlah produk kemudian pemasukan dari pembayaran bertambah. Jadi lebih canggih dan digital kan semuanya, cukup 2 detik saja untuk setiap transaksi. Jadi bakal bikin semua transaksi terekam rapi dan akurat dalam aplikasi laporan penjualan dalam Youtap.

2. Mempermudah menerima semua pembayaran

Lewat aplikasi layanan kasir (Point of Sale),  kita bisa menerima segala jenis pembayaran baik tunai maupun non-tunai dengan cepat dan aman. Kalau non tunai ya tinggal Scan QR Code saja berlaku buat semua e-wallet loh! Kalau tunai, transaksi langsung tercatat di Aplikasi Usaha Youtap, tidak ribet! 

3. Mempermudah merencanakan laporan penjualan sekaligus menganalisa

Kalau pakai Youtap nanti kita bakal dapat laporan penjualan harian, mingguan, dan bulanan. Terus yang asyik lagi laporannya real-time! Jadi kita bisa menentukan strategi usaha ke depannya mau bagaimana kan?

Youtap

Oh iya kalau mau pakai Youtap cukup download aplikasi Youtap di Google Playstore dan Appstore. Cepat banget dan gratis! Ke depannya bakalan ada yang pro gitu nanti cuma coming soon masih kalau saya cek di webnya. Kita nantikan bareng-bareng ya!

Tidak sabar rasanya pakai aplikasi ini nanti di depot atau warung saya! Doakan semoga terwujud ya! Yang penting jangan lupa, mulai dulu. Ke depannya sambil berusaha berdoa pasti bisa maju. Tidak ada yang tidak mungkin kan? Mari sama-sama berusaha yuk!

2021 Pasti bisa memulai bisnis rumahan! Kan ada Youtap! Saya sudah pakai, kamu? 

23 komentar:

  1. Semoga sukses rencana bisnisnya bu Echa.
    Asyik aku paling suka aplikasi yang free apalagi bisa membantu banget terutama buat yang memiliki usaha ya, supaya gampang dalam mengelola bisnis juga.

    BalasHapus
  2. buat UKM pasti seneng nih kalo baca tulisan mba yang ini karena serasa diberikan solusi luarbiasa untuk menjalankan dan memulai bisnis dari rumah

    BalasHapus
  3. MasyaAllah, bermanfaat sekalini infonya, mbaa. Aku kebetulan mau mulai usaha rumahan nih. Biar ada pemasukan tambahan dan nabung buat nyenengin orang tua.
    Kayaknya seru juga ya kalau pakai ap Youtap ini nanti.
    Semoga lancaarr untuk niat baik kita semuaaaa.....

    BalasHapus
  4. Mak Echaaaa, aku padamuuu!
    Greget buangeett dah kalo lihat semangat mak Echa dan suwamik. BarokAllah yaaa

    Alhamdulillah di era digital segalanya dipermudah ya.
    Misalnya ada Youtap, Aplikasi Usaha Teman Dagang Untuk Memberdayakan Bisnis di Indonesia.
    Ini sih mantuuull abiiiis!

    BalasHapus
  5. Sukses ya mbaa echaaa.. di mana pun beradaa
    Bener banget klo dengerin omongan orang jadi takut2 sendiri... youtap yaaa, pak suami mau usaha jualan makanan tapi masih ngulik2 resep euy 😅 moga nanti bisa pakai youtap

    BalasHapus
  6. Urusan nyatet pemasukan dan pengeluaran bisnis ini nih asli bikin ribet sendiri. Apalagi kalau catet manual suka pusing nyocokin angkanya. Enak kalau ada Youtap. semua administrasi keuangan lebih rapi dan kita bisa lebih fokus ama produk dan service pelanggan.

    BalasHapus
  7. Youtap, mau download ah mumpung masih gratis hehehe.... bagus nih bisa sampai kasih analisa juga.

    Pencatatan uang masuk dan keluar ini yang masih sering saya lalai, nggak rajin buat catatan

    BalasHapus
  8. Wah baru tahu youtap. Mau ah coba buat aplikasi jualan ayam. Yg dipake sekarang agak bingung bacanya. Makasi infonya ya caa :*

    BalasHapus
  9. Asik banget ya mbak klo pakai Youtap ini
    masalah keuangan bisnis jadi makin mudah
    semoga sukses dengan bisnis rumahannya ya mbak Echa

    BalasHapus
  10. Semua bermula dari niat ya, Cha. Insya Allah jika diniatkan untuk sesuatu hal yang besar, Karena Allah karena ingin mencukupi kebutuhan keluarga, semua akan dimudahkan

    Aplikasi ini membantu sekali untuk pemula yang baru memulai bisnisnya dan hanya single player gitu ya. Ada fitur kasir juga untuk memudahkan penghitungan dan pencatatan. tepat sekali nih, pilihannya untuk Youtab

    BalasHapus
  11. karena pandemi aku mulai jualan online dari rumah
    tapi ya emang masih on-off, kurang kuat niatnya kali yaa
    memang tips pertama ya mulailah dulu baru dipikir sambil jalan

    BalasHapus
  12. Bismillah. Insya Allah nih saya instal aplikasi Youtap. Rencana mau buka usaha gitu. Lagi nentuin tempatnya dulu. Semoga sebelum puasa udah jadi. Aamiin aamiin.

    Aplikasi Youtap ini berguna banget, ya. Bisa buat mendorong perekonomian yang sedang tidak karuan.

    BalasHapus
  13. Menarik nih Cha rencana bisnisnya semoga lancar ya semua prosesnya..Youtap ini membantu banget para pengusaha pemula ya untuk mencatat keuangan..pengen coba untuk Ruang Aksara

    BalasHapus
  14. Semoga usaha Echa dan suami diberikan kelancaran. Apalagi udah ada aplikasi kasir yang ngebantu untuk usaha macam warung, toko, atau kedai. Bahkan usaha kecil pun juga tetep butuh aplikasi ini ya

    BalasHapus
  15. Kalau saya punya usaha bakal butuh banget aplikasi ini. Terutama untuk fitur pencatatannya. Saya tuh suka malas mencatat manual. Padahal dalam usaha kan pencatatan harus rapi dan jangan sampai campur aduk

    BalasHapus
  16. Amiiin, Bismillah semua rencana dilancarkan yaaa. Apalagi dengan bantuan dari Youtap, berasa punya Asisten pribadi yang memudahkan pastinya. Semangat 2021, Bisaaaa!

    BalasHapus
  17. Ah iya, yang palin penting dari membuka usaha adalah langkah pertamanya yaa, kak Echa.
    Setelah itu instal apps Youtap untuk memudahkan usaha.

    BalasHapus
  18. Baru tahu deh saya soal Youtap ini
    Mau kepo kepo dulu supaya ga salah paham
    Mau usaha rumahan juga dengan jamu

    BalasHapus
  19. Keren yaa youtap sampai dibuatkan laporan keuangan lengkapnya. Jadi kita tau ya, Mba untung ruginya bisnis kita dengan pakai youtap.

    BalasHapus
  20. Semoga usaha yang dirintis sukses ya Cha. Bener banget, yang pertama dalam memulai usaha ya harus segera dijalankan. Dengan bantuan Youtap makin mudah deh mengelola sisi finansial dari usaha yang kita miliki.

    BalasHapus
  21. Wah, aplikasi Youtap ada POS nya juga ya. Mempermudah kita banget saat memulai bisnis. Aku dukung mbk Echa dan papi lanjut bikin usaha makanan, serundengnya papi enak banget lho mbk.. ^^
    Aku doain semoga usahanya lancar di tempat baru

    BalasHapus
  22. Semoga terwujud ya mbak impian buka usahanya dan laris manis. Aku juga pingin buka apotek sebenarnya. Apakah bisa pakai Youtap juga?

    BalasHapus
  23. Aamiin mudah - mudahan usahanya cepat buka dan laris manis ya mak Echa. Saya juga lagi merintis usaha nih, mau maju mundur wkwkw

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^