Perlukah Anak Usia 3 Tahun Ke Atas Minum Susu?

Perlukah Anak Usia 3 Tahun Ke Atas Minum Susu?

Saya sangat percaya bahwa ASI yang terbaik. Karena itu selama 2 tahun saya selalu mengASIhi semua anak-anak saya. Kalau kata perASIan, anak-anak saya lulus S3 semua. Ya alhamdulillah ya!

Cuma kadang kalau anak sudah lepas ASI banyak yang bingung perlu tidak sebenarnya minum susu. Apalagi kita tahun 3-5 tahun itu adalah usia anak yang sangat membutuhkan asupan terbaik untuk mengimbangi perilaku yang biasanya membutuhkan energi besar. Bahkan di usia ini biasanya anak sudah mulai masuk PAUD dan TK pasti butuh konsentrasi besar kan walau di usia mereka pasti bermain saja.

Dan ini pasti akan membuat seorang Ibu secara naluriah akan gundah gulana galau tidak berkesudahan. Banyak pasti yang dipikirkan, mulai dari asupan sudah cukup belum, stimulasi bagaimana, dll. Banyak ya yang bukibuk pikirkan loh ternyata. Karena membesarkan anak ternyata tidak semudah itu Fergusso!

menyusui tetap yang terbaik
ASI yang terbaik

Belum lagi kalau melihat berat badan anak yang usia segitu emang susah naik sehingga Ibu (kembali) galau. Sebenarnya saya punya anak yang BBnya memang pas-pasan dibandingkan anak lainnya. Tapi itu bukan suatu alasan saya menjudge anak dia kekurangan gizi di masa tumbuh kembangnya.

Tapi untuk mencapai titik itu, saya perlu untuk diagnosa tepat kan? Seperti konsultasi dokter, cek darah, perhatian tumbuh kembang yang ternyata hasilnya sesuai tumbuh kembangnya, walau mungkin garisnya pas di garis bawah. Tapi masih masuk normal tetap membuat kita lega.

Saya tahu, anak usia 3 tahun ke atas masuk usia prasekolah tumbuh kembangnya pasti sangat cepat. Dan di usia 3 tahun ke atas perkembangan otaknya juga masih melaju pesat hingga 90% dari ukuran otak dewasa. Demikian pula dengan pertumbuhan fisiknya, pasti cepat tingginya.

Kalau ditanya sebenarnya perlu tidak susu untuk anak 3 tahun ke atas? Jawaban dokter dan para konselor biasanya akan lebih memfokuskan pada pentingnya pemenuhan menu nutrisi anak sehat gizi sesuai umur dan kebutuhannya. Karena bila anak dari pola makannya sudah pas menu isi piringku sehat bergizi seimbang, itu sudah sangat cukup.

Cuma namanya Ibu-ibu ya, tetap saja galau kan? Ya bukibuk gitu loh!

Susu formula di dalamnya ada kadar gula yang besar. Bila kita memberikan makanan manis jika diberikan berlebih maka akan membuat kebiasaan yang buruk untuk kesehatan mulai dari gigi rusak, obesitas bahkan nafsu makan menghilang. Dan maunya malah nanti ngemil terus tidak makan malah jadi masalah kan? Jadi bisa dibayangkan kan kalau minum susu formula terusan?

Makanya kenapa dokter anak, konselor dan ahli nutrisi menyarankan tetap di perbaikan makan anak dibandingkan minum susu. Bila makannya baik, maka pemenuhan nutrisi akan terpenuhi di masa emas gemilang ini. 4 sehat 5 sempurna dilengkapi susu? So old, sekarang dikampanyekan menu sehat gizi seimbang yang memenuhi kebutuhan zat yang diperlukan di masa tumbuh kembangnya dalam isi piring makan anak kita.

Baca juga

Tapi namanya (lagi) Bukibuk, kalau tidak nyoba rasanya ada yang kurang kan? Tenang saya pun sama hehehe. Yang penting memang sudah lepas ASI kan? Walau sekarang saya lebih mementingkan pola makannya sih ya? Jadi anak saya tidak addict sama minum susu. Kalau ada minum kalau tidak ada ya nggak, kan yang penting makannya!

Btw, ada beberapa susu yang pernah dicobain anak saya di usia 3 tahun ke atas ini dan menurut dia rasanya enak. Mau tahu apa saja?

susu untuk 3 tahun ke atas


Ini dia rekomendasi susu anak 3 tahun yang pernah dicoba anak saya!


1. Pediasure

Ini susu pertama yang dicoba anak saya, tentu karena iklan dan bisik-bisik tetangga *uhuk. Jadi galau terus luluh keteguhan hati untuk tidak mencobanya. Ini susu produksi dari Abbot bisa sampai anak 10 tahun. Untuk Pediasure Complete Triplesure mengandung mikro nutrisi yang terdiri dari 12 vitamin dan 7 mineral. Seperti vitamin A, C dan E, mineral zink dan selenium. Lalu juga ada makro nutrisi, seperti protein, lemak dan karbohidrat untuk mendukung pertumbuhan tumbuh kembang anak. Untuk anak yang alergi susu sapi ada asam lemak esensial yang aman yaitu asam linolenat. Jadi biasanya anak alergi bisa, tapi tetap harus dicoba seh ya. Harganya untuk ukuran 850 gram susu ini sekitar Rp 290.000.

Pas saya coba memang rasanya enak, tidak terlalu manis dan tidak eneg. Seneng saja dia minum pokoknya.

2. SGM Eksplor 3 + dengan presinutri

Ini adalah susu penyelamat saat masa paceklik, soalnya memang ekonomis sekali. Harganya 35ribuan cukup terjangkau memang. Kalau anak saya lagi maksa banget pengen minum susu ya saya beliin ini seh. Susu ini produksi Sari Husada memang sangat akrab sama kita, mungkin dulu saat saya masih kecil minum ini kali ya? Mungkin?

SGM Eksplor mendukung kebutuhan gizi dan pertumbuhan si Kecil yang mengandung protein, asam linoleat, vitamin A, kalsium, zinc, dan zat besi. Jadi gizi terpenuhi, saluran cerna dan tulang pun terjaga.

3. Friso Gold 4

Susu untuk anak usia 3-12 tahun ini memiliki teknologi locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi, supaya tidak berubah saat proses pemanasan dan mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu Friso Gold 4 diperkaya dengan beragam nutrisi, seperti ALA & LA, prebiotik & probiotik, nukleotida, vitamin A, C, E, zink, serta selenium yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari dalam. Antibodi anak jadi kuat dan mereka tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Rasa? Jelas manis kok. Anak saya suka.

Untuk harga sekitar Rp. 220.000

Itu beberapa susu yang anak saya pernah konsumsi untuk usia 3 tahun ke atas. Yang penting jangan lupa variasikan menu makanan sehat gizi seimbang setiap harinya. Kemudian perbaiki pola makan anak, mulai dari makanan utama dan waktu cemilannya. Ingat dan perlu digaris bawahi, anak tidak mau makan solusinya tidak selalu dengan minum susu ya. Lebih baik fokuskan ke makan sehat gizi seimbang ya dengan porsi tepat di isi piringku.

Beli dimana kalau belanja susu? Di Shopee saja sih kalau saya, apalagi sekarang sudah ada Shopee Moms Club! Sudah tahu belum Shopee Moms Club itu? Ini adalah online platform dari Shopee yang memfasilitasi ibu dalam memenuhi kebutuhan ibu & anak. Dan sekarang Shopee Moms Club ulang tahun ke-1. Secara banyak sekali promonya di sana! Rekomendasi susu anak 3 tahun pun ada kok, tinggal dicari harga bersaing pastinya kan!

Jangan lupa bergabung dengan Shopee Moms Club ya! Soalnya ada promo spesial Shopee Moms Club 1st Birthday bagi anggota baru mulai dari tanggal 25 Februari sampai dengan 3 Maret 2021. Di promo Shopee Moms Club 1st Birthday ini kita bisa dapat Free Gifts atau hadiah gratis untuk member baru, Promo Terbatas Rp1, dan Cashback s/d 1JT Rupiah, serta menghadirkan promo-promo dari brand seperti Enfa, Abbott, Mamaschoice, Zwitsal, Mamypoko, Cussons, dsb.

Nah, sekarang sudah tidak galau lagi kan mencari rekomendasi susu untuk anak usia 3 tahun ke atas? Jangan lupa, yang penting itu isi piringku makan menu sehat gizi seimbang ya! Anyway, selamat berbelanja di Shopee!

No comments:

Post a Comment

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^