5 Tips Mudah Memilih Provider Internet Terbaik dan berkualitas

5 Tips Mudah Memilih Provider Internet Terbaik dan berkualitas

5 Tips Mudah Memilih Provider Internet Terbaik dan berkualitas. Ada yang suka memanfaatkan fitur pulsa sos Telkomsel? Melalui fitur ini kita bisa mendapatkan pulsa saat darurat. Bahkan kita bisa memilih paket internet darurat dan membayarnya kemudian. Saya tuh beberapa kali pakai, biasanya lupa isi pulsa pas habis masa berlaku internet.

Tapi ngomong-ngomong kalau kita  bicara soal provider internet, banyak sekali yang berlomba-lomba untuk mencari provider berkualitas. Baik itu kalangan pebisnis hingga mahasiswa membutuhkan paket internet sesuai kebutuhan. Lalu apakah Telkomsel provider terbaik yang bisa digunakan?

Supaya kita tidak salah membeli provider yang menyediakan internet berkualitas, ikuti tips memilihnya berikut ini ya!

5 Tips Mudah Memilih Provider Internet Terbaik


Penggunaan internet sudah jadi hal umum di kalangan masyarakat modern. Tak hanya untuk bisnis tetapi juga belajar dan mencari hiburan. Jaringan internet manakah yang disediakan oleh provider dari Indonesia yang kuat?

Setiap orang pasti memiliki kriteria masing-masing dalam memilih provider. Misalnya saja seorang pebisnis, tentu ingin mencari provider internet yang bisa menyediakan sinyal kuat. Berbeda lagi dengan mahasiswa yang kebanyakan mencari provider dengan harga murah.

Supaya kita bisa mendapatkan provider internet yang berkualitas, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebagai berikut ini.

1. Cari tahu apa kebutuhan internet kita

Hal pertama yang bisa kita perhatikan adalah apa saja kebutuhan kita dalam berinternet? Karena setiap orang berbeda-beda, jadi kita bisa mencari tahu mana yang lebih penting. Misalnya kita perlu kuota besar untuk sering mengunduh file atau butuh kuota untuk nonton drakor *eh.

Bisa juga kita butuh internet yang masa aktifnya panjang karena biasanya malah jarang menggunakannya, cuma kudu ada kuota saja. Boros tidaknya kuota juga akan disesuaikan dengan penggunaan gawai. Ketika kita menggunakan internet di laptop maka kecepatan habisnya berbeda dengan handphone.

Belum lagi apa saja yang kita akses melalui internet juga mempengaruhi berapa banyak sih kita membutuhkan internet dalam satu bulan. Jadi cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu kebutuhan apa saja yang kita harus penuhi.

2. Di manakah lokasi kita sekarang?

Lokasi turut mempengaruhi dalam pemilihan provider. Tidak semua provider menyediakan sinyal kuat. Kita bisa melakukan survey terlebih dahulu apakah sinyal yang paling kuat berada di daerah yang sering kita kunjungi.

Misalnya saja di tempat kerja atau di rumah, bagaimana sinyal yang kita dapatkan dari provider yang sedang digunakan saat ini? Kita bisa juga menanyakan kepada tetangga atau keluarga provider apa yang mereka gunakan untuk mengecek lebih lanjut.

3. Jangan lupa sesuaikan harga

Masalah harga tentu jadi pertimbangan yang cukup besar. Apalagi kita berencana untuk membeli paket internet bulanan. Nah untuk tahu mana yang terbaik kita bisa membandingkan beberapa provider dengan jenis paket yang sama.

Misalnya saja paket provider A dengan fitur kuota reguler 5GB dengan harga 50 ribu tapi kita mendapatkan bonus paket internet malam 10 GB. Sedangkan provider B menjual harga 40 ribu tetapi fiturnya adalah paket 5 GB saja.

Dilihat dari perbandingkan ini, jika kita sering begadang dan butuh internet malam maka provider A jauh lebih baik. Tapi jika kita tidak sering menggunakan kuota malam lebih baik pilih paket B.

4. Perhatikan juga kecepatannya

Jangan lupa untuk memperhatikan kecepatan yang diberikan oleh provider. Biasanya informasi ini jarang sekali diberitahukan jika kita hanya membeli kuota harian atau mingguan saja.

Tapi jika kita membeli paket internet bulanan yang jumlahnya besar biasanya akan ada informasi lengkap dari website resmi provider tersebut. Pastikan kecepatannya cukup baik untuk digunakan chatting, menonton video atau menyesuaikan aktivitas yang sering kita lakukan.

5. Pertimbangkan menggunakan modem

Apabila kita ingin menggunakan internet di rumah agar bisa disambungkan ke beberapa perangkat, maka belilah dari provider yang juga menyediakan modem. Dengan begitu kecepatan yang didapatkan akan lebih baik daripada kita harus melakukan tethering setiap hari.

Cek juga kualitas modem yang disediakan provider tersebut dan pastikan juga bukan barang murahan. Biasanya modem dari provider langsung akan dijual sedikit lebih mahal tapi lebih awet digunakan dan menjamin sinyal kencang dalam waktu yang lama.

Memilih provider internet memang tidak boleh sembarangan apalagi kita berencana menggunakannya untuk bekerja. Selalu pilih provider internet yang menyediakan fitur sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Jadi sudah tahu kan 5 Tips Mudah Memilih Provider Internet Terbaik dan berkualitas! Jangan bingung lagi ya!

4 komentar:

  1. Iyaa, aku setuju banget kalau butuhnya internet sesuai kebutuhan kita. Kalau aku dulu cari yang terlalu besar, akhirnya mahal. Padahal nggak terlalu dipake, finally sekarang pilih yang kecil dan rasanya nyaman banget Kak.

    Anyway, salam kenal ya Kak.

    BalasHapus
  2. Iya banget.
    Kalau salah memilih provider, malah rugi sebenernya. Karena jadi mubadzir kuota. Aku pernah ngalamin. Dan gak mau ngulangin lagi. Jadi memilih provider yang sudah pasti jaringannya luas, tanpa was-was.

    BalasHapus
  3. Iya nih soal pilih provider internet ternyata banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Jangan sampai mubazir beli kuota yang ga sesuai dengan kebutuhan. Yang pasti tiap provider punya kelebihan dan kekurangan masing2

    BalasHapus
  4. lima hal itu memang harus diperhatikan dan menjadi hal yang dasar banget kalau mau milih provider untuk modem juga.. buatku kecepatan dan harga itu pertimbangan utama hehe

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^