Pandemi Melanda? Yuk Jualan Online!

pandemi melanda? yuk jualan online

Sudah setahun lebih ya pandemi ada di belahan dunia manapun. Walau sekarang memang mulai mengurangi pembatasan yang tadi harus benar-benar jaga jarak dll, sekarang mulai menggeliat kembali seperti normal sedia kala. 

Cuma sayangnya, ekonomi memang belum utuh sepenuhnya. Mulai dari yang kehilangan pekerjaan belum tentu dapat kerja kembali, atau bahkan para UKM kecil yang belum selaras antara produksi dan penjualannya. Eeeeh, saya juga kok kena imbas pandemi hihi. Usaha dekor balon belum mulai kembali terus bangkit lagi dengan jualan ikan asin plus rengginang eeeeh ternyata masih ada cobaan minyak goreng naik.

Jelas ini mempengaruhi penjualan saya banget. Kalau dulu, saya bisa memasok ikan asin pilihan terbaik ke seluruh Indonesia bisa setengah kuintal perbulan bahkan lebih, sekarang penjualan menurun karena imbas naiknya harga minyak sawit yang harusnya Indonesia kaya akan sawit malah mahal. Tapi tapi tapi itu pun bukan halangan untuk terus diam saja kan?

Saya dan suami tetap berusaha mencari cara bagaimana agar bisnis in tetap berputar kembali, mengingat kami sekarang sudah memiliki karyawan yang harus dihidupi. Walau cuma dua dengan tenaga saya dua orang juga, kalau tidak diputerin juga berasa kan karena harus kudu ambil yang tadinya uang puteran modal. Huhuhu.

Pandemi ini memang bukan halangan sebenarnya buat orang yang mau bergerak dan selalu berusaha. Saya pun demikian. Karena sebenarnya kalau saya pikir, setiap orang itu selalu berusaha yang terbaik untuk memuliakan hidupnya tentu dengan cara masing-masing.

Salah satunya adalah berjualan online. Iyes, memiliki online shop adalah salah satu cara survive terbaik saat pandemi waktu itu buat saya. Walau sempat berganti-ganti produk, tapi yang penting kan usaha tetap jalan. Apalagi saat pandemi di awal hampir semua kegiatan dilakukan online. Dan ini yang ternyata banyak dipilih orang untuk mempertahankan usahanya.

Termasuk saya juga, yang walau sebenarnya memang semua serba online kan? Ya coba aja deh, mulai dari usaha dekor, jilbab, serundeng sampe ikan asin plus rengginang semua dilakukan online. Tidak salah sih kalau saat itu ecommerce banyak diserbu pelaku usaha yang mulai hijrah buat jualan online. Kalau dipikir-pikir, sebenarnya ini memang pilihan terbaik usaha kecil buat jualan online loh buat masarin banyak produk ke sejumlah pasar yang lebih luas. Mudah pula kan?

Saya sendiri pun sama sebenarnya, langsung buru-buru punya online shop di beberapa ecommerce. Sangat membantu banget pokoknya. Jadi jangan ragu ya, Yuk Jualan Online !

Tips Mudah Kelola Keuangan Online Shop untuk Pemula


Sepengalaman saya beberapa tahun jualan online ini yang sangat-sangat terasa itu manajemen keuangannya. Perputaran modal ini yang sangat berasa sebenarnya, soalnya kalau dipikir-pikir modal kami sangat besar bahkan dapat suntikan dana dari teman yang investasi juga ke usaha kami. Tapi kadang saya sendiri tidak memutar lagi modal eeeh malah kecatut yang nantinya malah susah :(.

Mudah Kelola Keuangan Online Shop untuk Pemula

Nah sebenarnya mudah-mudah susah sih mengelola keuangan, apalagi kalau misalnya untungnya kecil. Cuma kalau tidak diterapkan ya susah juga kan?

Ini saya dapat tips mudah dari Lazada dan berhasil asal kita sebagai pelaku usaha disiplin menerapkannya. Mau tahu apa saja? Cekidot!

1. Jangan lupa pisahkan uang pribadi dan uang usaha

Buat pelaku usaha kecil apalagi pemula, saya yakin ini yang benar-benar jadi hal utama masalah keuangan online shop. Kok tahu? Ya saya juga kan. Karena mau pisahin keuangan itu susah banget. Apalagi kadang kita nerima pembayaran tidak sekaligus kan. Satu pembeli misalnya bayar hari ini ada yang bayar besok atau lusa. Jadi tidak langsung membayar sehingga kita merekap penjualan dan produksi sedikit susah.

Tapi ini memang seninya orang jualan kan? Melatih disiplin penjual mengelola keuangan termasuk modal, untung plus ruginya usaha. Dengan memisahkan keuangan pribadi dan usaha, kita bisa tahu untung dan ruginya usaha kita. Tahu perkembangan dari bulan ke bulan.

Iyes, jangan sampai usaha kita berantakan karena kesalahan kita sendiri ya!

2. Bikin perencanaan matang dalam sebuah bisnis agar bisa menyusun strategi bisnis usaha dengan tepat

3. Catat mendetail arus kas keuangan usaha sekecil apapun uang keluar masuk biar semua transparan

4. Atur keuangan bisnis secara detil sesuai posnya

5. Gunakan kemudahan teknologi untuk mengatur cash flow laporan keuangan mudah


Nah, ini bisa terbantu kalau kita jualan di ecommerce loh. Soalnya uang keluar masuknya kelihatan, dibayar kapan, admin berapa sampai biasanya kita diberikan laporan keuangan sedetail mungkin. Buat yang buta laporan keuangan apalagi kalau pemula sangat sangat sangat membantu.

Buat lengkapnya boleh banget baca artikel aslinya di Mudah Kelola Keuangan Online Shop untuk Pemula. Bakal ada banyak banget info dan tips menarik lainnya yang cocok banget kita aplikasikan untuk mendukung usaha online shop kita makin bagus. Saya sendiri saja sampai tidak berhenti baca banyak tips trik di sini. Kalau dipikir-pikir semua artikel di sana cocok buat berbagai orang loh, apalagi yang mau usaha.

perhatian lazada untuk para seller agar yuk jualan online

Jadi mudah kan kelola keuangan online shop untuk pemula? Yuk jualan online!

Yuk, Jualan Online! Dimana? Jualan di Lazada dong!


Buat yang bingung mau jualan online shop di mana, santaii brooo santai sis! Sekarang kita bisa kok Jualan di Lazada dengan cepat dan mudah. Selain bisa jualan produk kita gampang banget, kalau Jualan di Lazada kita bisa dapat informasi banyak seperti bisa tahu informasi mengenai penjualan, bisnis, hingga trik untuk e-commerce yang semuanya bakal bikin kita lebih matang dalam mengelola online shop kita. Pandemi, aihhh tetap semangat dong pastinya!

Oh iya, mau jualan di Lazada itu gampang kok. Ini saya saat membuat akun untuk jualan juga mudah banget, tidak sampai 5 menit jadi udah toko online kita tanpa bingung!

1. Buka web lazada.co.id dan klik menjadi seller
2. Kli daftar menjadi penjual sekarang
3. Masukkan data pribadi dengan lengkap
4. Toko online kita sudah jadi nih, masukkan produk yang kita jual ya
5. Mari mulai Jualan di Lazada

jualan di lazada gampang

Mudah kan ternyata jualan di Lazada ini? Makanya mumpung Lazada itu adalah ecommerce yang bisa diakses banyak orangg untuk membeli, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka toko online di sana. InsyaAllah usaha tidak mengkhianati hasil. 

Pandemi memang masih ada. TYidak perlu kita pikirkan kapan berhentinya, yang ada kita harus memikirkan bagaimana bisa tetap survive mau pandemi atau tidak. Sehingga usaha dan bisnis kita makin baik dan dikenal banyak orang. Terus semangat ya jangan menyerah. Saya saja tidak menyerah selalu mencari cara agar bisa terus maju usahanya.

Yuk Jualan Online! Kita bisa!!!

Komentar

  1. Pendapatan dari bisnis dan tabungan biasa memang sebaiknya dipisah. Di perbankan sendiri nasabah wajib sbnrnya memisahkan uang antara bisnis dan uang tabungan biasa. Itu ada aturannya. Berhubungan Ama perpajakan soalnya. Dulu di bank trakhir aku kerja, kalo ketahuan rekeningnya dipakai buat bisnis, nasabahnya diksh peringatan. Tipe rek nya harus diubah dulu.

    Akupun misahin uang bisnis dan tabungan. Soalnya biar jelas juga cash flow nya, mana yg uang buat diputar lagi, mana yg utK aku pakai sehari2. Kalo ga gitu, bingung malah mba. Submit pajaknya juga puyeng 🤣

    BalasHapus
  2. Nah tu Duit buat Usaha dan Pribadi sebaiknya emang dipisah,
    Kalau enggak wahh bisa Dilibas habis buat Belanja Pribadi 🤨

    BalasHapus
  3. aku ribet banget dah kalo dah urusan misah2in duit. kecuali kalo dititipin duit orla insyaallah gak berani ganggu2. tp klo sama2 duit sendiri, dahlah, blm pernah berhasil

    BalasHapus
  4. Belum pernah jualan online, baca artikel ini sangat bermanfaat dan memacu saya buat nyoba jualan online di masa pandemi seperti saat ini. Terimakasih yah.

    BalasHapus
  5. Memisahkan uang pribadi dan uang jualan ini msh sulit sy lakukan hhhh tp pntg banget sih klu mw jualan kita terakomodir. Btw punya usaha kecil pengen daftarin di Lazada nih

    BalasHapus
  6. Kalau kita pinter baca peluang, bisa banget ya mendatangkan cuan.
    Apalagi di masa pandemi dan harga kebutuhan pokok juga naik, bisa nambah uang belanja sekaligus nabung

    BalasHapus
  7. Jualan online di lazada mudah banget, nggak repot dan bisa nambah income asal kita tekun ya mbak.

    Kalau jualan online, memang penting banget buat pisahakan dana pribadi dengan hasil penjualan. Biar lebih jelas dan manajemen keuangannya jg lebih mudah. Kita lebih mudah buat menghitung pendapatan dan labanya jg

    BalasHapus
  8. Nah, bagian memisahkan uang usaha dan uang pribadi itu kadang tricky banget, Mak. Kayaknya simpel tapi sering tercampur, apalagi kalau usaha baru memulai dan hasilnya masih belum nampak memuaskan. Tips ini jadi bermanfaat banget, bakalan efektif lagi jika bisa ikut jualan di Lazada. Gampang dan pasarnya luas, makasih sharingnya.

    BalasHapus
  9. Wah Mbak Echa mah kreatif, selalu ada aja bisnis baru

    jadinpingin buka toko di Lazada kalo caranya semudah itu
    Karena beberapa kali dapat tawaran dropshipper tapi gak tau harus gimana

    BalasHapus
  10. aku baru-baru ini jualan online kak, bukan produk baru sih, jual produk barang bekas layak guna, tapi tekor alias rugi soalnya salah setting promo gratis ongkir jadinya nanggung ongkir pembeli deh, niat mau untung malah buntung deh.

    salah aku juga sih, harusnya lebih banyak edukasi seller dulu biar gak gagal paham sama sistem yg berlaku

    BalasHapus
  11. Betul sekali, kak Echa..
    Rasanya pandemi memang menjadi salah satu alasan kita semua untuk lebih memperbanyak menggali ide yang selama ini ada hanya selintas di otak. Kini, mewujudkan dengan doa dan usaha.
    Kami pun memiliki usaha dan rasanya jatuh bangun ini membuat setiap melambungkan doa semakin "terasa" khidmatnya.

    BalasHapus
  12. Aku ga ahli buat misahin duit maaak...

    BalasHapus
  13. Dari dulu pengen jualan online tapi hingga kini masih wacana saja, hehehe..
    Padahal bagi ibu rumah tangga seperti aku sepertinya enak jualan online, apalagi di tulisan ini juga ada tips untuk atur keuangan bagi penjual online

    BalasHapus
  14. aku masih buruk niii manage keuangan keluarga dan jualan.. sering kepake 😭

    BalasHapus
  15. Inspiratif bangeeeet sih mak tulisan nya.. jadi semangat euyy

    BalasHapus
  16. Wah, aku baru tau kalau bisa buka toko di Lazada... Kirain cuma di lapak ijo sama lapak orange aja...
    Thank you infonya mbaaaak...

    BalasHapus
  17. Hayu ah jualan online. Biar dpt pemasukan tp keluarga tetep bs keurus 🥰

    BalasHapus
  18. Boleh juga nih nyoba jualan di lazada

    BalasHapus
  19. Aku pengen deh coba jualan onlie.. Nice info mbaak.. Habis lebaran siap jualan di Lazadaa.. Amin bisa yuk bisa

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!