Hati-hati! Ternyata Isi Galon Mudah Dipalsukan, Ini Caraku Melindungi Keluarga Tercinta

Hati-hati! Ternyata Isi Galon Mudah Dipalsukan. Ini Caraku Melindungi Keluarga Tercinta

Siapa di sini yang sehari-hari suka minum pakai air galon? Toss, kita sama keluarga saya juga kesehariannya pakai air galon buat minum dan masak. Gara-gara melihat berita isi galon mudah dipalsukan jadi kepikiran seh, jangan sampai keluarga yang saya cinta minum air isi galon palsu. Huhu, pasti bahaya buat kesehatan keluarga tercinta kan?

Ya gimana tidak bergantung sama air galon, wong air minum di lingkungan ga baik buat dikonsumsi. Bayangin saja, kota besar kan airnya buteknya kayak gimana walau bakal disaring dan dikasih macam-macam proses penyulingan ya menurut saya tetap tidak layak konsumsi juga. Airnya suka berbau dan rasanya sumpah aneh banget. Hehehe, ada yang sama tidak? 

Mungkin kalau di kota kecil atau di desa ya beda cerita yaaa! Air-air di dekat sumber mata air lebih bersih, jernih plus layak dikonsumsi. Cuma kalau di kota ya lambaikan tangan ke kamera :”). Jadi jangan heran kalau memang banyak yang menggantungkan diri sama air galon. Makanya gemes banget sama yang tega bikin isi galon palsu buat dijual. Kok ya tega!

Kenyataan di lapangan yang sering terjadi adalah tutup dan galonnya asli, tapi isinya yang oplosan. Loh kok bisa? Ya bisa sih, kayaknya ini ya sindikatnya punya alat untuk membuka dan menutup tutup galon tanpa cacat. Sehingga kita sendiri susah membedakan secara kasat mata, mana yang asli. Soalnya semua terlihat asli dan tidak rusak.

Tapi memang iya, sekarang itu banyak banget beredar galon palsu. Maksudnya galon palsu itu adalah galon dan tutupnya asli tapi mudah dibuka dan tutup kembali tanpa cacat cela sehingga isinya dipertanyakan nih. Kebayang ya ruginya saya sebagai konsumen, bayar harga normal untuk galon asli eeeh malah dapatnya galon palu. Pedih banget, sakitnya tuh di sini! *Sambil pegang dompet. Sebenarnya semua bukan cuma karena uang saja kok, kalau keluarga kita kebetulan konsumsi galon palsu bukan hanya bahaya buat kesehatan lo!.

Bahaya Konsumsi Isi Galon Palsu Untuk Sehari-hari

Bahaya Konsumsi Isi Galon Palsu Untuk Sehari-hari

Lalu kalau misal beli galon palsu secara tidak sengaja bagaimana? Yang pasti sangat berbahaya. Jangan sampai ya amit-amit dah! Ini beberapa bahaya kalau kita mengkonsumsi isi galon palsu.

1. Air Isi Galon Palsu Terkontaminasi Kuman dan Bakteri

Kebayang ya kita minum air galon palsu yang banyak bakteri dan kuman di dalamnya. Air tidak melalui proses pengolahan yang benar jadi bukannya buat air makin sehat malah bikin penyakit. Padahal kalau air galon yang asli itu ambilnya dari sumber mata air yang bisa dikonsumsi dan dilakukan beberapa macam sehingga air aman dikonsumsi.

Tapi kalau isi galon palsu yang ada bisa dari air keran yang kadang penyaringan dan disenfeksi tidak dilakukan pastinya. Tidak heran kalau dalam air isi galon palsu ini banyak sekali kuman dan bakteri di dalamnya. Hiiii, seram!

2. Bahan Kimia Plastik Berbahaya

Kalau kebetulan dapat galon palsu (isinya lho yah bukan tutup galon palsu nya) air di dalamnya jadi diragukan nih. Nah, kebayang kan sudah airnya diambil dari sumber tidak jelas plus banyak bakteri, kuman dan bahan kimia lain yang berbahaya.. Ya yang ada pasti nambah bahaya ketika dikonsumsi kan?

Air isi galon palsu pasti menggunakan kemasan plastik yang tidak memenuhi standar kesehatan. Partikel berbahaya dari plastik bisa banget masuk dan tercampur ke dalam air yang gak jelas sumbernya. Bila diminum sama keluarga kita ya yang ada bakal merusak kesehatan.

3. Bisa Menimbulkan Banyak Penyakit

Bakteri dan kuman yang ada di dalam air isi galon palsu akan membuat keluarga kita terkena beberapa penyakit berbahaya. Diantaranya adalah diare, muntaber, tifus bahkan hingga bisa menyebabkan kanker untuk pemakaian dalam jangka waktu lama loh! Dan ini harus dihindari untuk mengkonsumsi galon palsu apalagi meminum dan memakainya untuk masakan keluarga tercinta kita.

Cuma, ya benar tadi memang rada susah membedakan beberapa macam galon palsu dan asli. Tenang-tenang, saya dan kalian punya kekhawatiran yang sama. Untuk mengantisipasi boleh banget ikutan cara saya biar terhindar dari serangan isi galon palsu.

Isi Galon Mudah Dipalsukan, Cek-cek Jangan Sampai Dibeli!

jangan beli galon palsu karena isi galon mudah dipalsukan

Agar keluarga saya tidak mengkonsumsi air isi galon palsu, yang pertama pasti kondisi air yang ada di dalam galon tersebut, karena walau galon dan tutupnya asli, ternyata isinya bisa jadi oplosan. Selain itu kita harus lebih berhati-hati lagi karena galon yang digunakan adalah galon merk terkenal yang sudah ada lama di Indonesia.

Cek Ini Juga Biar Tidak Beli Galon Palsu!

Karena isi galon mudah dipalsukan, galon palsu juga beredar banyak banget. Cara gampangnya, dari jauh air dalam galon palsu biasanya lebih butek sedikit dan ada warnanya. Kalau galon asli kan bening banget tidak berwarna. Tapi kalau hampir sama warna jernihnya, deketin dan lihat tutup galonnya sama tidak dengan kode produksi kemasan galon.

Kalau asli biasanya kode produksinya sama antara tutup galon dan kemasan galonnya. Misalnya berbeda ya sudah pasti itu palsu deh! Oh iya, kode produksi yang tertera pada tutup dan kemasan galon itu tanggal pembuatannya terbaca jelas ya! Bisa dicek juga di website resminya. Namun memang sedikit susah dilakukan karena kode tersebut samar, kecil dan susah dibaca. Jadi bikin ribet nyocokin kan? Apalagi sekarang kenyataanya walau kode tutup dan botol galon bisa dilihat, bukan jaminan isinya tidak oplosan. Kan mungkin ada alat yang bisa buku tutup galon, jadi isinya malah yang diubah ☹.

Yang pasti, belilah produk galon yang tutupnya benar-benar tersegel dengan benar dan cari kemasan yang bisa terlihat isinya secara gamblang. Ini supaya kita benar-benar yakin bahwa galon itu asli, tutup asli, isinya juga asli. Ya nggak?

Masak Dahulu Sebelum Konsumsi

Karena saya kebetulan orang yang tidak mau mengambil resiko lebih, semisal beli galon ya pasti saya masak dulu airnya. Jadi tidak dikonsumsi langsung, begitupun buat keluarga juga sama! Jadi mau minum atau buat masak ya semua direbus dulu, terus dimasukkan ke dalam tempat pitcher atau termos baru dikonsumsi keluarga saya. Ya namanya juga tujuan preventif jaga keluarga tercinta kan? Karena satu-satunya yang dipakai buat minum dan masak ya cuma dari air galon saja. Misal ada apa-apa ya masih bisa diantisipasi, karena melalui proses pemanasan hehehe.

Beli di Agen dan Toko Resmi Galon Air Mineral yang Terpercaya

Biar terhindar galau takut beli galon palsu, mending beli di agen resminya saja deh. Kan banyak itu bisa di minimarket atau memang toko resmi yang memang dipercaya menjual galon asli. Bagaimanapun air yang merupakan kebutuhan primer ini termasuk sistem kepercayaan juga jualannya. Kalau sampai ketahuan ada toko atau agen yang jual galon palsu, waaaaah panjang urusannya! Jadi, beli di tempat resmi saja ya!

Wahai Para Pemalsu Isi Galon Mudah Dipalsukan, Insyaflah!

Yang perlu diingat adalah bukan tutup galon palsu tetapi isinya yang kemungkinan oplosan, karena galon dan tutup asli itu ternyata mudah sekali dibuka dan ditutup kembali menggunakan alat oleh oknum tertentu. Kalau mudah dibuka dan ditutup seperti itu isinya jadi dipertanyakan nih, apakah masih asli atau bisa jadi sudah dioplos.

Gemes ya memang sama yang tega malsuin isi galon palsu. Kok tega gitu memproduksi kebatilan yang bisa membahayakan banyak orang. Semoga makin banyak pelaku yang sadar kalau perbuatannya ini merugikan orang banyak. Bukan hanya bahaya penyakit, tapi juga kematian karena yang disebabkan isi galon palsu ini. Semoga pada insyaf deh ya!

Ini cara saya biar keluarga tercinta tidak mengkonsumsi air isi galon palsu. Amit-amit jangan sampai. Kalau kalian bagaimana?

Komentar

  1. Jadi ikut was2 juga nih Mba Echa, secara kami sangat bergantung dengan air galon. Tapi aku punya masalah perut yg sangat sensitif sama air, jadi kayaknya itu bisa bantu aku buat mengenali galon palsu dan asli. Aku pakainya air galon yg pH 8 itu lo Mba Echa, kan kerasa kalo pH 8 itu enak di perut gak begah. Bilamana nanti galon ku tiba2 bikin begah, fix itu mah palsu

    BalasHapus
  2. waduh serem amat ya, ternyata ada galon palsu, kukira kalau galon tuh udah pasti ori dari pabrik pembuat air minum, ternyata ada yang palsu juga, serem kalau sampai bikin penyakit ya

    BalasHapus
  3. Wong jahat ki kok yo onoookkk ae idenya ya.
    Ngeri bgt klo sampe isi galon palsu ini beredar luas.
    Karena penyakit jaman now kan aneh2 juga, gegara banyak pemalsuan barang konsumsi

    BalasHapus
  4. Wah harus makin waspada ya mbak, apalagi sama pemalsuan air minum yang pastinya menyangkut untuk kesehatan kita dan keluarga juga. Toss samaan kayak aku mbak, akupun kalau beli air isi ulang selalu aku rebus lagi, mau dipakai masak atau dibuat minum supaya maksimal aja. Kayak g sreg kalau belum direbus. Berarti makin ke sini harus semakin waspada ya, karena para pelaku modus kejahatan bermacam macam termasuk dengan pihak yang tega memalsukan isi galon

    BalasHapus
  5. Wkwkwk.. lihat foto paling atas bikin kaget dong, kirain bisa angkat 2 galon sekaligus, kosong kan yak :))
    Dulu tuh kayaknya aku pernah dikasih, cek tanggal produksi galon yg ada di badan atau bagian bawah, tapi sekarang emang kudu teliti ketika beli

    BalasHapus
  6. Aku suka dengan gayamu mak Echa :D Kocak hihihi :D Iya ya zaman now kok kejahatan makin jadi aja. Urusan galon air mineral yang dipalsukan ini duuuh kayak wawah deh hhhmm...miris! Jadi kita mesti memperhatikan buangeeet saat membeli galon ya. Secara kasat mata sih mirip dengan yang asli, duh jadi bingung. Tapi aku akan praktikkan tips dari mak ini ... makasih yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi toss mak nurul. Aku juga suka gaya mak echa...uculll.. outfitnya juga disesuaikan dong sama warna galon.. terniaaat. Btw, beli galon palsu dg harga asli, ini yg nyeseg. Masih mending sekalian beli isi ulang, dr awal emang uda tahu kalau bukan air dengan brand mahal.

      Semoga dibaca nih mak imbauannya buat para pemalsu galon.

      Hapus
  7. jahat banget sih pelaku pemalsu isi galon, beneran deh ih sebel! Segitunya nyari uang dengan cara mengdzalimi orang lain

    BalasHapus
  8. Ya Allah serem banget sih orang bisa keidean sampe gini, tujuannya buat apa coba. Nyari celaka dan penyakit ke orang lain. Mudah2n kita gak pernah beli galon yang palsu ya mba aamiin

    BalasHapus
  9. Jadi gemes banget ya sama pemalsu isi galon gini, huhu. Jaman sekarang, ngerugiin orang gini gak peduli sih ya yang penting dia untung, hiks.

    BalasHapus
  10. Nah iyaa kalau dulu katanya liat tutupnya aja, eh sekarang malah ada yang berani memalsukan isi airnya. Makanya aku pun selalu beli di tempat yang bisa dipercaya kyk minimarket, supermarket, serta agen resmi air galon langganan.
    Kesel emang sama penipu2 ini, kalau ada yang kenapa2 mereka nanggung dosanya juga kaaann zzz

    BalasHapus
  11. Semoga diberikan hidayah deh mereka yg memalsukan isi air galon. Pastikan kita cek n ricek dulu ya mba, biar nggak terjebak masa lalu eh terjebak air galon palsuuu. Haduh serba hati2 deh zaman now. Semogs keluarga kita selalu dalam lindungan Allah amiin.

    BalasHapus
  12. Wah, ada saja ya ulah oknum yang tak bertanggung jawab memalsukan berbagai produk demi keuntungan semata. Tanpa memikirkan kalau itu bisa merugikan dan membahayakan orang lain. Hm, kita harus selalu waspada dan jadi konsumen yang cerdas supaya tidak mudah dibohongi..

    BalasHapus
  13. Pemalsu galon ini mbok ya insya ya..tindakannya itu membahayakan kesehatan banyak pihak, duh ngeri akibatnya kalau isi galon mudah dipalsukan begini

    BalasHapus
  14. Hare gene ada saja ya cara picik untuk menipu.Serem banget'kan untuk isi galon bisa dipalsukan. Selama ini aku beli air mineral terkenal di agen resmi dan tersegel mak Echa

    BalasHapus
  15. Aku jujur awalnya nggak ngeh kalau teryata ada juga ya yang memalsukan isi galon. Kepikiran aja berbuat kejahatan. Kayak gini harus was was tapi harus tetap waspada. Terima kasih remindernya mba

    BalasHapus
  16. Jadi konsumen sekarang kudu makin cerdas. Kalau emang gak mau ambil risiko, ya pilih beli di agen terpercaya. Soalnya air ini kebutuhan vital sih. Salah konsumsi bisa nimbulin banyak penyakit

    BalasHapus
  17. Masiiih ada aja ya pemalsu isi galon, jaman dulu viral banget kan peristiwanya sampai akhirnya masuk penjara. Aku beli isi ulang galon selalu di langganan, jadi yakin deh dengan keasliannya

    BalasHapus
  18. Ngeri banget. Molly semenjak tahu bahwa ada air galon palsu. Nyuruh ayah buat beli air galon di tempat resmi biar aman. Misal minimarket.

    BalasHapus
  19. Gosip tentang galon oplosan ini memang bukan kali ini saja, sebetulnya sudah lama yaa nah skrg boo

    BalasHapus
  20. Galon oplosan ini booming lagi, emang parah pelakunya ga memikirkan korban. Kita sbg konsumen wajib cek dengan teliti.

    BalasHapus
  21. Echa emang paling keren kalau bikin foto foto untuk postingan. Pasti unik dan mengagetkan.. out of the box.. mosok angkat galon dua!

    Itu yang malsuin galob njaluk dibejek bejek

    BalasHapus
  22. Iya, ngeri banget ya mbak ada isi galon palsu
    Tentunya ini bisa mengganggu kesehatan kita

    BalasHapus
  23. Sebenernya sifat fisik dari air bisa hilang kalau dimasak, tapi kalau sifat kimia, rasanya kudu ada step penjernihan air menggunakan bahan kimia tak terlarut. Hehe, ini yang bikin aku maju mundur buat pasang filter air buat air minum di rumah.

    BalasHapus
  24. Pernah lihat reka adegan isi galon palsu di TV dulu.
    Serem emang, tega banget orang-orang itu cari cuan ngga halal.
    Harusnya orang-orang yang suka malsuin ini dihukum berat biar kapok.
    Mbaku juga suka ngerebus dulu air galon

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!