5 Manfaat Anak Belajar Menggambar dan Mewarnai Sejak Kecil, Seperti Hobi Raffa

5 Manfaat Anak Belajar Menggambar dan Mewarnai Sejak Kecil, Seperti Hobi Raffa

Pasti sudah banyak yang tahu kalau salah satu anak saya senang menggambar dan mewarnai. Halah, kegeeran banget saya ya wkwkwk. 

Tapi memang iya, Raffa lagi sangat suka menggambar dan mewarnai. Tadinya, saya masih maju mundur buat ngedukung hobi gambarnya. Mengingat Raffi kan karate, pengennya yang mirip-mirip si kakak gitu. Namun setelah saya coba akhirnya paham kalau hobi minat anak memang tidak bisa dipisahkan. Raffa setahun karate tidak pernah naik sabuk dan gerakannya tidak nambah-nambah bagus.

Baca Juga : Anakku aktif

Akhirnya saya mengalah, mungkin memang dunia Raffa di menggambar dan mewarnai.

5 Manfaat Anak Belajar Menggambar dan Mewarnai Sejak Kecil

karya raffa di instagram

Sebelumnya, pasti ingin tahu kenapa saya mendukung Raffa menggambar dan mewarnai. Soalnya ternyata banyak banget manfaat menggambar dan mewarnai buat anak euy. Menurut saya, ini beberapa hal yang saya dapatkan ketika mengajarkan anak belajar menggambar dan mewarnai sejak kecil!

1. Menstimulasi Motorik Halus dan Koordinasi Mata

Dengan menggambar dan mewarnai, anak akan distimulasi kemampuan motorik halusnya. Sekaligus koordinasi gerak mata dan tangan anak sehingga lebih baik. Soalnya anak kan belajar pegang pensil, krayon dan alat-alat gambar lainnya. Itu bisa membuat dia lebih siap untuk belajar hal lain. 

Kinerja otot mata dan tangan juga dibuat selaras sehingga akan melatih koordinasi yang bagus pada anak. Buat anak kecil, dengan menggambar dan mewarnai akan mengasah aktivitas badan yang dia lihat, pikir dan kerjakan. Sehingga dapat berguna untuk kegiatan lain nanti. 

2. Belajar Mengembangkan Emosi dan Imajinasi Untuk Media Berekspresi

Anak bisa belajar berekspresi dan mengembangkan emosi plus imajinasinya dalam menggambar. Biasanya yang digambar kan dari hal sederhana coretan saja, hingga pelan-pelan berbentuk dan makin detail. Semuanya memang bisa dibilang seni kok, karena semua memang tergantung yang melihatnya.

Selain itu, anak juga akan lebih mudah mengatasi stres dengan lebih baik menggunakan media. Sehingga ekspresi yang diperlihatkan lebih mudah dalam bentuk gambar dan warna. Anak juga bisa belajar memenuhi rencana dan target yang dia buat ketika menggambar mewarnai. Dan terjadilah suatu bentuk gambar yang dia buat hingga selesai.

3. Meningkatkan Kreativitas dan Konsentrasi Anak

Menggambar bebas apapun bisa membuat anak lebih kreatif dan melatih konsentrasinya saat membuat gambar. Anak bakal belajar fokus bukan hanya pada kegiatan menggambar dan mewarnai saja. Tapi juga dalam pelajaran atau kegiatan lain yang membutuhkan konsentrasi. Kreativitas tanpa batas bakal terjadi pokoknya!

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

lomba mengukur kemampuan

Kalau anak bisa menggambar dan mewarnai bakal dipakai sampai gede bahkan tua. Tahu nggak? Si Raffi gak bisa menggambar loh beda banget kayak Raffa. Ini juga salah saya seh tidak mengajarinya dengan baik, lebih ke karate. Alhasil sekarang sudah kelas 3 untuk gambar laporan atau pelajaran kurang terampil. 

Lalu kalau diikutkan lomba, menurut saya anak jadi tahu gitu kemampuan orang lain banyak yang lebih. Jadi termotivasi untuk belajar dan belajar lag!

Makanya ini penting jadi bikin kepercayaan diri bertambah besar juga kan? 

5. Membantu Mengenal Perbedaan Warna Untuk Terapi

Mengenal berbagai macam warna membuat anak akan tahu banyak warna di dunia ini yang bisa dia gambar dan warnai dalam media gambar. Kita juga bisa mengajari anak untuk tahu warna-warna yang bisa dia gunakan dan bisa membedakannya.

Orang tua juga jadi tahu kalau ternyata misalkan anak sedang sedih atau marah atau bahagia lewat warna yang dipilih anak. 

Tips Mengajarkan Anak Belajar Menggambar dan Mewarnai Sejak Dini Ala Echaimutenan

Tips Mengajarkan Anak Belajar Menggambar dan Mewarnai Sejak Dini Ala Echaimutenan

Nah, Raffa itu terprogress kok. Tidak tiba-tiba bisa mewarnai langsung jadi hehehe. Tidak ada yang ekspressss gaes. Dulu saat masih 3,5 tahun saya masukin ke sanggar. Lalu pandemi kan ya sudah berhenti dan coba-coba aja di rumah gitu. Ternyata Raffa memang suka menggambar dan mewarnai.

Akhirnya saat masuk TK, saya arahin lagi. Dia saya lesin juga akhirnya. Dan progressnya terlihat yang tadinya warnai dan gambar semena-mena, sekarang lebih rapi dan terarah. Cakep pokoknya*menurut saya hehehe.

Sekarang, Raffa sudah beberapa kali menang lomba menggambar dan mewarnai. Alhamdulillah.

Btw, kalau boleh ngasih tips ini beberapa yang bisa saya sarankan agar anak mau belajar menggambar dan mewarnai sejak dini.

1. Jangan paksa anak

Iya, biasanya ambisi orang tua wkwkwk. Dulu, saya kan kurang dukung Raffa di gambar dan warnai. Tapi ternyata hobinya bukan di karate, jadi ya wes saatnya saya dukung dia.

Baca Juga : Belajar karate buat anak

Termasuk, misalnya anak ga suka gambar dan warnai ya jangan dipaksa terus untuk seperti itu. Kasian juga stres anaknya nanti. Lebih baik, arahkan yang memang anak suka saja. Lebih nyaman di hati. Cuma memang paling tidak skill gambar dan warna dia bisa walau sedikit demi sedikit. Untuk modal kalau buat laporan atau tugas sekolah, kasian kan kalau gambarnya jelek. Soalnya ini terjadi sama Raffi yang tidak suka gambar, jadi yaaa gambarnya ya gitu wes huhu.

2. Dukung dengan membeli perlengkapan mewarnai yang baik

8 Perlengkapan Lomba Mewarnai Untuk Anak TK dan SD

Saya membedakan alat gambar dan warna untuk latihan sama lomba. Kalau latihan harian saya kasih dia krayon biasa saja, tapi kalau lomba dan mau lomba baru perlengkapan lomba yang bagus dikeluarkan. Karena buat irit saja seh hehehe.

Baca lengkapnya di sini ya sudah saya tulis apa saja yang dibutuhkan : Perlengkapan Lomba Mewarnai

3. Kasih semangat dan dukungan selalu

Tahu nggak? Anak kalau tidak ada dukungan pasti ya nggak ngapa-ngapain. Pokoknya orang tuanya juga kudu aktif. Jangan lupa untuk selalu memberikan dukungan mulai semangat, moral, makanan, perlengkapan, ngelomba dll. Kalau orang tuanya 'males' pasti anaknya juga akan males. Serius ini! Apalagi anak kecil ini kan moodyan jadi bener-bener kudu dijaga semangatnya. Dalam hobi apapun yang pasti!

Raffa kalau mau lomba, setiap hari pasti latihan. Tapi kalau tidak lomba, setiap hari dia menggambar saja kadang mewarnai. Yang pasti terus saya ulang-ulang latihan terus harian agar tidak lupa dan tentunya lebih bagus plus rapi.

Jadi jangan patah semangat, misalnya merasa anak memang ada ke arah menggambar dan mewarnai cussss dukung dan fasilitasi. 

Di balik anak yang berprestasi ada orang tua yang menyemangati! Percayalah, tidak ada hal yang percuma yang kita lakukan untuk anak! Semangat mengajari anak menggambar dan mewarnai yaaaa!

Komentar