Cerita Kehamilan Bulan Keempat


[Sponsored Post] Cerita Kehamilan Bulan Keempat. Sebelumnya mau bilang terima kasih tri semester pertama dan welcome tri semester 2 :"). Cepet ya sudah masuk 4 bulan saja kehamilan saya. Rata-rata ibu hamil sepakat kalau tri semester 2 ini adalah masa yang paling menyenangkan.

Cerita kehamilan bulan lainnya bisa dibaca di :

Tapi emang lebih tenang sih masuk bulan ke-4 ini. Dalam agama Islam, bulan ini bayi dalam kandungan sudah ditiupkan nyawa ruh. Rasa takut akan keguguran karena flek atau janin tidak berkembang atau pikiran lainnya mulai berangsur-angsur berkurang. Karena pada bulan ke-4 ini janin sudah menempel kuat dirahim ^^. Rasanya tenang banget :"). Pikiran aneh-aneh tentang takut janin kenapa-kenapa mulai menghilang :"). Btw, mau kehamilan berapa saja tetep kok perasaan was-was itu ada ^^.

Bulan ke-4 ini dimulai dari minggu ke-13 konsepsi (minggu ke-15 HPHT) sampai minggu ke-16 konsepsi (minggu ke-18 HPHT). Saat saya kontrol kedokter, berat badan belum naik juga. Tekanan darah masih di 90/60 dan itulah kenapa saya masih pusing, keliyengan, mual dan muntah terusan walau sudah dibulan ke-4 kehamilan. Biasanya, tensi darah turun diawal kehamilan dan naik sedikit saat menjelang persalinan. Dan tekanan darah rendah yang konstan lebih tidak berbahaya dibanding tekanan darah konstan yang tinggi. Jangan lupa untuk konsumsi zat besi juga buat ibu hamil karena selain baik untuk badan juga bermanfaat untuk bayi dalam kandungan ^^. 

Tapi walau begitu, mungkin karena rasa khawatir memang berkurang saya mulai terima kerjaan nulis mulai sedikit banyak hehehehe. Lihat saja arsip blogpost Mei dan Juni lumayan banyak kan wkwkwk. Maklumlah ibu hamil lagi getol cari rejeki :v. Udah bisa start lagi :).

Karena sudah mulai kegiatan lagi sedikit demi sedikit, saya tetap berusaha jaga kesehatan. Apalagi pas bulan keempat ini hujan terus-terusan didaerah rumah, bikin badan kurang fit saja. Untung saya punya cara mencegah flu yang efektif pakai sup ayam buatan suami dan minum vitamin daya tahan tubuh. Jangan sampai deh flu lagi kayak awal-awal hamil, kalau ketularan kan kasihan Raffi :(.

Kembali ke kehamilan, bulan ke-4 ini saya kena yang namanya gejala infeksi saluran kemih (ISK). Hasil tes urine saya positif terkena bakteri. Rasanya tidak enak itu ayang-ayangan, mau tidur malam yang susah banget --". Karena setiap saat kudu kekamar mandi huhuhu. Tapi akhirnya sudah move on dari gejala ISK ini seh alhamdulillah.



Pada bulan keempat kehamilan, volume darah ditubuh meningkat, tapi jangan lupa untuk istirahat cukup loh ya^^. Tetap banyak minum air, konsumsi vitamin ibu hamil dan jangan lupa bahagia :)).

Oh iya, dibulan keempat kehamilan walau BB tidak naik tapi bagian perut sudah makin menonjol. Kalau saya perhatikan perutnya makin membesar mengikuti gelambiran bekas bawah pusar Raffi dulu. Hahahaha. Kan abis lahiran Raffi gitu bentuk kantung gitu, nah ini ngikutin gitu gedenya wkwkwk. Jadinya baju mulai berasa tidak cukup dah kudu beli baju baru atau pakai baju yang rada gombrong. Bedanya, dulu kan pas hamil Raffi saya belum pakai jilbab sekarang pakai jilbab jadi bajunya kudu punya yang lebih tertutup mau tidak mau. Yah yah yah... ini termasuk ke biaya selama kehamilan loh ya.



Janin mulai terasa gerakannya

Bulan ini biasanya juga pada sedikit merasakan gerakan janin, rata-rata kan mulai minggu ke-17 biasanya. Raffi juga dulu pas minggu ke-16 saya kerasa gerakannya, Tapi untuk kehamilan kali ini saya belum merasakan gerakan janin yang bener-bener terasa. Yang saya rasakan kalau dia lagi meregangkan badan-badannya gitu jadi kayak ketekan perut dibeberapa bagian. Atau dikit-dikit pas dia nendang juga keras tapi masih halus ^^.

Wajar tidak? Tenang saja, nanti saat masuk minggu ke-22 biasanya gerakannya sudah mulai kencang dan siap-siap ngerasain yaaa hihiihi. Pernah iseng pakai balsem diperut karena eneg dan pusing gitu dielus2, eeeeh yang ada dia muter-muter tidak suka keknya jadi saya mual dah wkwkwk. Lagian emaknya iseng :v :v.

Oh iya, saat di USG beratnya sudah 200 gram saat minggu ke-18 HPHT atau minggu ke-16 konsepsi dan panjangnya saya lupa berapa -___- dokternya tidak nulis coba di buku catatan kehamilan. :v.

Dibulan ke-4 ini, janin sudah memiliki fungsi kekebalan tubuh, sudah ada rambut-rambut halus juga (biasanya kalau orang tua bilang mulai gatal perutnya xD), makin aktif bergerak dan mulai mendengar. 

Karena dia sudah bisa mendengar tidak ada salahnya mulai ajak ngobrol dan memperdengarkan musik kedinding perut bayi secara rutin. Ini bisa untuk kecerdasannya loh ^^. Ingat-ingat, 1000 hari pertama kehidupan itu penting nutrisi dan stimulasi ^^.


Bayi laki-laki atau perempuan?

Saat USG juga, kami juga jadi tahu jenis kelamin bayi yang saya kandung. Si papih sih nebak cewek soalnya kan hamilnya agak rewel, kalau saya sih mau cowok cewek apa saja. Kalau cowok ya lumayan, baju Raffi bisa dilungsurkan :v dan tidak perlu pernak-pernik cewek yang saya kurang suka xD. Kalau cewek ya, lengkap dah sepasang dan berarti kudu beli baju plus motif lucu-lucu xD.

Eng ing eng... pas di USG ternyata adiknya Raffi cowok wkwkkw. Ya sudah emang rejekinya cowok lagi kan ^^. Tapi kalau lihat dari gen suami yang kebanyakan cewek dan dia cowok satu-satunya masuk akal, karena gen cowok suami lebih kuat daripada gen saya. Makanya kalau cowok lagi wajar seh. Dan saya bersyukur tidak perlu beli barang-barang cewek yang notabene girly banget. Jadi masih bisa tetap masuk style black and white kan :D.

Trus dokternya nyeletuk, "Gampang nanti bikin lagi siapa tahu cewek"
Papih dan saya langsung serempak jawab, "Oh tidak cukup dua sajaaaaaaaa"
Dokternya langsung ngakak xD.

USG di minggu ke-18 kehamilan
Jenis kelamin bayi sudah kelihatan

Dibulan keempat ini walau nafsu makan sudah mulai enak tetap jaga porsi makan ya ^^. Banyak minum air dan jangan lupa untuk konsumsi buah-buahan (biasanya suka sembelit--").

Yang pasti, bulan ke-4 ini saya menjalani Ramadhan kembali alhamdulillah. Jadi si bayi bisa lebih sering diperdengarkan ayat-ayat Allah kan sudah mulai bisa mendengar ^^. Kalau ada yang pengajian gitu berasa didoain sayanya mah :"),

Ini cerita kehamilan bulan keempat saya ^^. Setiap ibu hamil pasti ceritanya berbeda. Semoga ini jadi penenang juga buat yang deg-degan dengan kesehatan janinnya ^^, belum bisa merasaka gerakan atau kekhawatiran ibu hamil lainnya. Selow ya selow. Stay calm and do a healthy pregnant :*. Happy pregnancy, Mom!

14 comments:

  1. Alhamdhulilah udah ga ngeflek moga mualnya jg segera ilang ya mak. Aku mual udh ga lagi sekarang malah laper mlulu hahhaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aamiin mak semoga bisa segera maem enak. hihi ati2 jaga makanan xD

      Delete
  2. Bulan keempat kalau saya janin belum begitu terasa pergerakannnya. Pas bulan 5 baru deh terasa ada yang gerak-gerak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya paling gampang memang pas 5 bulan pasti kerasanya xD. ini biar ibu2 hamil ga pada deg2an baca cerita jadi ada yang terasa ada yang tidak pas 4 bulan

      Delete
  3. semoga adeknya Raffi dan mamanya sehat2 terus ya Chaaaa ^^

    ReplyDelete
  4. Waaaa udah bulan keempat :D keep strong ya Mbak :D

    ReplyDelete
  5. lengkap banget documentasi cerita kehamilannya mak :3
    bookmark dulu aja deh wkwk :v

    ReplyDelete
  6. great to know you're getting healthier Cha...semoga lancar sampai lahiran. Aku paling seneng kalaubayi udah bergerak-gerak. Rasanya takjub :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini masih alus gerakannya tapi dah mulai kerasa alhamdulillah mba

      Delete
  7. thanks, pengalamannya dapat memberikan gambaran bilananti menghadapi kehamilan istri saya hehe,....
    semoga senantiasa dalam kesehatan :)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^