Cerita Kehamilan Bulan Ketiga

cerita kehamilan bulan ketiga

[Sponsored Post] Cerita Kehamilan Bulan Ketiga. Pada bulan ketiga kehamilan saya masih konsen untuk bedrest dan tidak banyak kegiatan karena flek yang berjalan 2 minggu lamanya kemarin.

Baca cerita kehamilan bulan pertama dan cerita kehamilan bulan kedua dulu yuk ^^.



Pada bulan ketiga ini, berat badan saya belum juga naik. Tapi berat badan janin dan perkembangannya sudah pesat. Flek yang saya alami juga berhenti, jadi flek berlangsung selama 2 minggu berturut-turut. Terus mual muntah dibulan ketiga kehamilan tetap saya alami :)))). Dulu saat hamil Raffi, bulan ke-3 kehamilan saya sudah enak makan tanpa mual, tapi untuk kehamilan kali ini bulan ketiga masih berlanjut (ini saya nulis saat bulan ke-5 loh dan masih mual juga :v).

Dibulan ini juga, janin sudah mulai peka terhadap sentuhan. Jadi kita bisa mulai elus-elus perut, ketok-ketok bentar perut dan mengajak janin mengobrol. Bulan ini juga bulan terakhir cek rutin wajib di tri semester pertama kehamilan, seperti tes TORCH, tes darah dan tes urine lengkap. Hasil tesnya alhamdulillah semua baik dan normal tidak ada yang perlu saya khawatirkan.

yang harus dilakukan oleh ibu hamil


Kehamilan minggu ke-9 konsepsi atau minggu ke-11 HPHT

Pada periode ini semua organ vital sudah terbentuk sempurna dan janin juga banyak gerak. Karena setelah flek kantungnya masih belum bulat bener, saya dikasih peer agar minum dan istirahat yang banyak demi kembali keawal lagi kantungnya. Untuk flek sudah tidak ada, saya juga lebih berkurang rasa khawatirnya :").

Mulai minggu ini, saya mulai ngerasa kalau aerola payudara jadi makin menghitam.Tidak apa-apa, hal itu wajar kok kan nanti buat ASI. 

Karena saat ini jadwal saya periksa, pas dilihat alhamdulillah kantungnya sudah rapi dan membulat (walau agak lonjong dikit). Tapi so far, keadaanya sangat lebih bagus daripada bulan-bulan sebelumnya.

Yang lucu saat pemeriksaan, saya dan suami bisa melihat dia muter keatas kebawah bolak balik kanan kiri gitu, sampai bengong kitanya xD. Lupa videoin, saking terpesonanya xD. Yang pasti alhamdulillah janin sehat dan perkembangannya sehat. Alhamdulillah. Ukuran CRL-nya 42,1 mm. 

USG kehamilan 11 minggu
USG kehamilan 11 minggu
CRL 42,1 mm


Kehamilan minggu ke-10 konsepsi atau minggu ke-12 HPHT

Minggu ini saya seperti kena gatal-gatal gitu dikiri kanan bagian paha. Dan itu tidak apa-apa selama tidak mengganggu banget. Kalau kata orang bawaan bayi :v. Tapi gangguan kulit ini sering dialami ibu hamil kok. Santai saja, nanti hilang saat sesudah melahirkan.

Pada janin, selain geraknya sudah lincah dia kadang juga sudah bisa diketahui jenis kelaminnya saat USG. Jadi kalau sesekali ibu hamil ngerasa nyeri dikit gitu berarti dia lagi gerak banget dan nendang-nendang walau belum terasa banget.

Oh iya, pada minggu ini saya sempat kena diare. Duh rasanya sesuatu banget buang air besar terus menerus. Akhirnya setelah konsul dokter, saya diminta konsumsi obat diare diatabs. Sehari saya minum alhamdulillah sudah enakan. ^^ Yang penting tetap minum yang banyak yaaa. Padahal yang sering sembelit, baru ini diare :v 


Kehamilan minggu ke-11 konsepsi atau minggu ke-13 HPHT

Pada fase ini, janin sudah mirip wajahnya dengan manusia. Kita bisa melihat jelas mata, badan atau tangan dan kaki yang lagi gerak-gerak. Janin juga mulai belajar gerakan refleks dalam kandungan.

Biasanya BB ibu jadi bertambah (walau sayanya tidak) ah yang penting janin yg tumbuh gede sehat dah. Terus karena emang bawaan badan saya yang rada besar, jadi perut mulai rasa-rasa gatel dikit. Saatnya mulai oles pakai vco atau produk alami buat oles-oles perut. Ini banyak produk seh buat strechmark, selulit dan regangan perut saat hamil. Ada lovama, ada utama spice, ada gizi super cream, ada produk dari mothercare dll. Pakai yang cocok saja ^^.

vco untuk ibu  hamil
Saya pakai ini buat oles-oles perut menghindari strechmark dan gatal

Kehamilan minggu ke-12 konsepsi atau minggu ke-14 HPHT

Pada minggu ini, saya periksa kembali untuk cek kandungan demi melihat progress yang dijalankan selama 2 minggu ini. Dan you know? Alhamdulillah banget semua sehat, bayi sudah terlihat nyaman. Ukuran kantung juga normal dan sekarang mengikuti besar janinnya. Jadi saya tidak perlu khawatir lagi dengan ukuran kantung, flek dll. Alhamdulillah.

Kondisi bayi juga sehat, sehat banget. Ukuran bayinya sudah sekitar 80mm dengan berat 1 ons (28gram). Alhamdulillah.  Saat lihat kelihatan jenis kelaminnya atau tidak, ternyata si bayi lagi bokongin jadi tidak terlihat. 

Diperiksa juga apa ada kelainan atau tidak. Alhamdulillah normal semuanya. Garis tulang belakang lurus dan normal. Pada umur ini, bayi mulai belajar bernapas yang didapat dari oksigen plasenta melalui tali pusar. Oh ya, ini memang perlu kita tanya jelas kedokter loh tentang ada tidaknya kelainan pad abayi (dan kita sebagai pasien yang harus aktif). Karena pada bulan ini mulai bisa kedeteksi sindroma pada janin.

Video usg kehamilan 3 bulan 14 minggu HPHT

Ahhh senengnya, walau masih mual, muntah dan kliyengan yang penting saya sudah rada tenang sekarang. Di bulan ketiga kehamilan ini flek berhenti, kantung janin sudah normal dan yang utama adalah bayi tumbuh sehat dalam kandungan . Alhamdulillah. Saya bisa mulai bernafas lega sepertinya... Tiga bulan pertama kehamilan sudah terlewati juga alhamdulillah. Bayi lebih kuat pastinya juga kan ^^.

Karena merasa badan lebih enakan, berarti ini saatnya hunting babymoon neh. Yang dekat-dekat saja sih, yang penting bisa refreshing sejenak. Secara tri semester pertama ini saya ngedekem dirumah mulu xD. Ibu hamil juga butuh jalan-jalan kan ^^. Karena rencana babymoon-nya ke Bandung, saya cari hotel di Bandung dekat stasiun biar bisa pulang pergi naik kereta praktis dan cepat. Tinggal berdoa biar pas babymoon sudah tidak mabuk, mual dan muntah. Hehehehe.

Sekarang, ucapkan selamat datang ke tri semester 2 kehamilan (bulan ke-4 hingga bulan ke-6) ^^. Sehat-sehat yo, Nak!

6 comments:

  1. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    ReplyDelete
  2. Trimester 2 adalah masa paling menyenangkan dari tiga mester kehamilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa enak kemana2 juga ya...tinggal muale iki

      Delete
  3. Aku pas anak pertama, mual2nya gak brenti sampai hampir melahirkan. Tapi yo tetep aja ndutnya banget. Wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah amit2 jangan sampe lahiran aku mual2 mbak kasian raffi dan papih aku teler terusss xD
      iya ya walau gitu ternyata jadi besar ya perut

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^