3 Langkah Mudah Punya Rumah Sendiri


[Sponsored post] 3 Langkah Mudah Punya Rumah Sendiri. Kalau saya bilang rumah itu penting untuk tempat bernaung dan investasi yang menguntungkan. Semakin lama, harga rumah semakin mahal sedangkan penghasilan naiknya cuma dikit banget. Mau tidak mau kita harus bisa cari cara biar bisa punya rumah sendiri. Betul tidak?

Saya sendiri juga sama kok, pengennya punya rumah yang sesuai dengan keinginan. Mau bentuknya bagaimanapun yang pasti kudu hitam putih hihihi. Dan hal itu saya aplikasikan kerumah yang jadi tempat tinggal selama ini. Untunglah suami tidak pernah komplain dengan selera saya yang rada-rada nyentrik. Hitam putih saya bikin disegala bagian, kecuali kamar anak yang memang berwarna xD. Tapi hati puas dan plong nata rumahnya :").

Susah tidak sih punya rumah sendiri itu? Ya, kalau saya bilang sih tidak ada hal yang tidak mungkin. Semua bisa saja terjadi, apalagi kalau punya niat dan keinginan kuat. Kalau kata temen saya sih kun fayakun ceunah :D. Tapi boleh ya, saya sharing bagaimana agar kita bisa punya rumah sendiri? Siapa tahu bisa menginspirasi

Ini dia 3 langkah mudah punya rumah sendiri


1. Pilih rumah impian yang diinginkan 

Memilih rumah impian itu memang susah-susah gampang. Kata orang jodoh-jodohan seh, jadi kita tidak bisa memaksakan tapi tetap harus mencari biar dapat yang pas. Mulai dari akses atau lokasi, keamanan, bentuk rumah, jumlah kamar, sanitasi dan hal-hal lain harus kita perhatikan dalam memilih rumah tinggal. Dan rejeki memang tidak pernah salah kok ^^.

Baca : Tips memilih rumah impian

Tapi saya punya pengalaman, rumah yang sudah lama tidak dipakai (rumah baru tapi tidak pernah ditinggali) itu harganya lebih murah daripada lainnya. Dan saya sudah berkali-kali membuktikannya. Hehehehe. Tenang, kan rumah itu kan tinggal dibenerin (pihak developer) dan akan tampak seperti baru. Tidak ada bedanya kok^^.

Ini contoh 2 rumah yang saya miliki dengan rekondisi rumah baru tapi sudah lama tidak pernah ditinggali. Tetap terlihat bagus kan? Yang penting kan setelahnya, kita bisa menata sendiri atau membayar jasa interior design. Takut ada hantu? Halah, percaya ama Allah saja atuh :D. 



Rumah pertama saya setelah direnovasi
Cari-cari foto dulunya tidak nemu yang sebelum renovasi

Kita tinggal menata sesuai hati agar menjadi nyaman :")
Rumah kedua saya yang sudah lama tidak pernah ditinggali lalu dibenerin lagi

Salah satu pojok rumah untuk ruang kerja saya. 
Tetap hitam putih :))))

2. Sesuaikan budget yang ada dan buat riwayat keuangan yang baik

Banyak cara agar kita bisa punya rumah sendiri, bisa tunai, cash bertahap atau menggunakan layanan KPR. Yang pasti sesuaikan budget saat membeli rumah. Jangan pernah besar pasak daripada tiang. Kita bisa berdoa agar punya rumah mewah milyar-milyaran, tapi tetap harus masuk akal loh ya. 

Untuk yang memilih jalan KPR (seperti saya :v), yang pasti selain budget harus punya riwayat keuangan yang baik. Maksudnya adalah jangan sampai kita punya tunggakan kredit diluar dan saat di BI checking ternyata masuk daftar hitam. Kalau sudah seperti ini proses kredit Segala macam termasuk KPR pasti susah. Jadi intinya, kalau tidak perlu-perlu amat jangan berhutang untuk konsumtif. Kalau sudah kebutuhan penting seperti punya rumah untuk payung berteduh dipanas dan hujan kan susah jadinya :").
Ini tips singkat mengajukan KPR

3. Pakai KPR BTN yang sekarang bisa mengajukan online di BTNProperti

Nah, salah satu alternatif untuk punya rumah adalah dengan menggunakan KPR Bank BTN. Kebetulan saya sudah 2 kali pakai KPR BTN ini. Menurut pengalaman saya enak-enak saja, pelayanan cepat, murah dan mudah. Pokoknya tidak berbelit-belit seh.

Kalau dulu tenor masa KPR BTN itu 15 tahun, tapi ternyata sekarang bisa sampai 25 tahun loh. Kan kalau hukum keuangan sih pengennya pilih yang tenor cepat walau cicilan sedikit mahal. Tapi beneran loh, tidak terasa itu cicil KPR bertahun-tahun gitu. Apalagi kalau rumahnya enak, dirawat dan berkah :"). Ujug-ujug, anak udah besar dan rumah sudah lunas.

Pokoknya nih ya syarat-syarat KPR lengkap, riwayat keuangan baik dan proporsi antara hutang dan pendapatan seimbang pasti disetujui kok^^. Lama acc KPR biasanya seminggu sampai sebulan lebih. Tapi pengalaman saya seminggu sudah diberi kabar acc atau tidaknya.

Sekarang, mengajukan kredit KPR tidak perlu ribet datang kekantor Bank BTN. Sudah ada BTNProperti, portal khusus untuk para developer dan masyarakat yang ingin punya informasi dan akses tentang perumahan.

Jadi nih ya, di BTNProperti kita bisa konsultasi KPR, simulasi KPR, baca artikel, mencari rumah dll. Kita tinggal cari rumah yang diinginkan dan bisa sekaligus memasukkan data lengkap untuk form pengajuan kredit KPR. Kelebihannya, semua yang mengajukan kredit lewat BTNProperti akan mendapat persetujuan awal kredit tanpa harus repot datang kekantor Bank BTN

Kok gampang ya? Makanya sekarang langsung saja ajukan kreditnya pakai BTNProperti di https://btnproperti.co.id. Lumayan banget kan! Cepat, mudah dan langsung disetujui.

Oh ya, ngomong-ngomong sudah tahu belum ada pesta KPR BTN Merdeka. Mulai tanggal 13-21 Agustus 2016 di Jakarta Convention Center. Ada 710 properti yang ikutan dan juga promo 5,1 % saja dalam memperingati 71 tahun Indonesia merdeka. 

Dan buat yang datang ke booth BTN digital solution dibagian selasar penghubung hall A & B JCC akan ada banyak hadiah loh. Ada photo competition dibooth BTN  #BTNIPEX2016, ada lomba X-box competition dan ada souvenir buat yang registrasi online KPR di BTNProperti. Jangan lupa untuk download apps BTNProperti di playstore dan appstore ya ^^ biar dapat hadiah juga ^^.


Ini pengalaman saya selama pakai KPR BTN dan 3 langkah mudah punya rumah sendiri. Apalagi sekarang sudah ada BTNProperti lebih cepat lagi kan prosesnya. Semoga bermanfaat ya!. Yang pasti, impian punya rumah idaman bukan hanya angan-angan lagi kan? Cukup selangkah lagi ^^. Tinggal klik https://btnproperti.co.id dan dapatkan rumah impianmu! 

53 comments:

  1. Beli rumah itu aku dulu nekad Mbak, soalnya ya lihat harga rumah makin hari memang makin mahal, gilak aja kalau gak beli sekarang nanti makin mahal lagi. Aku juga pakai KPR BTN, sekarang Alhamdulillah udah lunas :D

    Btw rumahmu cakep banget Mbak, adem, luffff :*

    ReplyDelete
  2. Keceeee rumahnyaa. Enak yaa kalau udah punya rumah sendiri, ade gitu rasanya

    ReplyDelete
  3. Bank BTN selalu jadi rekomendasi buat pengajuan KPR ya Mba, emang sistemnya juga bagus trus bunganya juga lumayan rendah.

    ReplyDelete
  4. Wah memilih rumah impian yang di inginkan itu memang mudah tetapi mengawali nya yang susah :(

    ReplyDelete
  5. Aku malah belum berani ngambil KPR. Banyak takutnya kalau2 di tengah jalan gak bisa bayar cicilan. Padahal dr pada ngontrak ya mending buat nyicil ya, lama2 lunas.

    ReplyDelete
  6. semoga tidak lama lagi saya bisa punya rumah sendiri, amin..
    btw rumah Mba echa cantik bingits *jempol*

    ReplyDelete
  7. Belum berani KPR soalnya belum jelas mo tinggal dimananya. Mudah2n segera settle. Aamiin

    ReplyDelete
  8. Asyik ya sekarang bisa ajuin aplikasi KPR secara online. Gak perlu ribet ke sana ke mari. Cepat, mudah, dan murah. Aaah... jadi pengen nyobain. :D

    ReplyDelete
  9. cantik juga ya mba rumah nuansa hiam putih :)

    ReplyDelete
  10. Wah, sekarang enak ya ada fasilitas BTNProperti, jadi bisa baca dulu dengan seksama sebelum membeli rumah. Kalo aku dulu nikah suami udah punya rumah, yg dapat jatah ibunya tapi yang byr suami, mumpung belum nikah jadi masih bisa bayar angsurannya. Selamat ya udah nempati rumah sendiri, moga makin berkah rezekinyaaa, aamiin :)

    ReplyDelete
  11. Hiks aku mupeng sama rumahmu, Mba :'). Mudah2an bisa terwujud punya rumah sendiri. AMIN.
    Sekarang masih pindah2 nempatin rumah dinas. Pengeeen banget kalau someday pindah lagi ke Jakarta udah ada rumah dan tinggal nempatin. Mba Echa kalau ada rumah deket situ yang harganya masuk akal, info2 ya Mba. Siapa tau kita bisa tetanggaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah pengen dikampung gt adem keknya :")
      hahaha disini hargane aneh2 :v bilang bata padahal batako

      Delete
  12. cakeeeep rumahnyaaa :). Aku pun memanfaatkan KPR cha..alhamdulillah bisa punya rumah :)

    ReplyDelete
  13. aku lg lirik2 btn jg nih mbk, pgn ngambil kpr an di situ, byr ndang2 bs punya rumah impian gt. cm masih msih mundur kenak mau ke sananya, jd lewat online aja dlu yak. tengkiu infonya mbk echa

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba via online mak lebih cepet prosese

      Delete
  14. aku belum berani ngambil KPR sih mbak, menimbang2 dulu jika mau pilih KPR pilih yang mana, soalya belum tau banyak info nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gpp cari2 dulu cuma pengalamanku ini paling kecil bunganya

      Delete
  15. Ada meja kerja khusus ya mbak, enak bisa ngeblog tanpa pegel. Aku dirumah masih lesehan. Pengen beli meja gitu tapi kata suami menuh2in rumah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mau ga mau mak, soalne komputernya besar layarnya

      Delete
  16. wah, makasih ini infoknya, makmil

    ReplyDelete
  17. Pingin punya rumah sendiri juga. Semoga dimudahkan seperti mbak echa. Aamiin

    ReplyDelete
  18. rumah udah ada, maunya sih renovasi lagi, bisa juga gak lewat BTN? ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba tapi bukan kpr kredit multiguna jatuhnya sih ya...kan refinancing buat benerin rumah

      Delete
  19. Rumahnya kelihatan nyaman, Cha :)

    ReplyDelete
  20. Nice info kak, btw rumahnya juga kece

    ReplyDelete
  21. Kalau bikin rumah tanpa KPR gimana ya caranya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayar cash mas :D *melipir kedapur

      Delete
  22. jaman dulu pertama kali ambil rumah mesti wara wiri ya, s ekarang bisa lewat online, gampang banget yaa

    ReplyDelete
  23. saya juga berpikir ingin punya rumah sendiri, namun penghasilan masih belum menentu...
    kalo dipaksakan untuk mengajukan pinjaman agar punya rumah, masih dipikir-pikir....
    takut tidak bisa bayar....
    hehehe

    ReplyDelete
  24. Mantap nih infonya terimakasih gan

    ReplyDelete
  25. jadi sekarang ada fasilitas dari BTN yang kita ngga perlu jauh jauh lagi.

    dulu waktu mau mabil kpr, btn belum banyak memberikan informasi seperti sekarang.

    ReplyDelete
  26. Thanks banget untuk tipsnya mba, btw rumahnya terlihat nyaman banget.

    ReplyDelete
  27. bener-bener hitam putih, untuk harga kayaknya harus nabung duludeh untuk menbeli rumah sendiri, kan engga murah ya mba yaa

    ReplyDelete
  28. Subhanallah, ini rumah idaman saya... apalagi workspace-nya itu loh... bikin jjatuh cinta. Kayanya selera kita sama-sama tinggi.

    ReplyDelete
  29. jaman sekarang mungkn gak beli rumah tanpa kpr?

    btw bagus banget tempat kerjanya. hitam puth. wkwk keknya kedepan perlu dicontoh hehe

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^