Mudahnya Pengiriman Barang dengan Sistem Pembayaran COD

23 komentar
Mudahnya Pengiriman Barang dengan Sistem Pembayaran COD

“Ma, ada paket”
“Iya gak papa, ambilin saja, Nak!”
“Ma, sama omnya pake disuruh bayar dulu katanya”
“Oh iya lupa pakai COD ini”, kataku sambil tepok jidat

Sering tidak menemukan hal semacam itu? Buat yang sering belanja online shop pasti sudah sering dengar. Kadang kalau kita belanja apa gitu, suka ada yang bayarnya langsung saat sudah diterima, sistem pembayaran COD (Cash on delivery). Buat yang online shop dan sering kirim barang, pasti tahu COD itu sistemnya bagaimana. Jadi biaya yang akan dikeluarkan ongkos kirim akan tertagih kepada penerima saat barang sampai.

Kayak saya barusan ini. Biasanya kan anak-anak kalau ada paket langsung main ambil saja, kalau ini disuruh bayar dulu baru paketnya dikasih. Untungnya ada uang cash, coba kalau tidak? Berabe pastinya.

Pasti penasaran saya beli apa :D. Ini loh saya beli cemilan puff buat si bayi, kebetulan promo bisa buy 1 get 3. Nah daripada belum jelas dapat tidaknya cemilan puff ini, mending saya COD-in. Dapat ya syukur, tidak dapat ya tidak apa-apa.
 

Kapan Harus Memilih COD (Cash On Delivery) ?


Saya sendiri sering pakai COD buat teman-teman yang kebetulan mau memakai jasa saya untuk acaranya. Atau kalau mau ngehibahin barang-barang bayi seringnya pakai COD bayarnya. Soalnya kan kadang suka bokek mau nalangin ongkos kirim, apalagi kalau lama bayarnya*uhuk. Kan mending dia bayar saja sekalian pas barang nyampe. Sah gitu.

Beberapa ecommerce juga menyediakan sistem COD untuk pembelian barangnya. Jadi customer akan membayar saat barang datang. Biasanya customer memilih COD untuk barang yang ragu-ragu dia bakal dapat atau tidak. Misalkan barang promo biasanya, kan kalau dibayar semua biasanya semisal promonya tidak jadi dapat, saldonya akan diretur ke saldo belanja. Tapi kalau COD kita pasti dapat jadi enak bayarnya. Lagian COD itu seperti jual beli seperti biasanya dalam Islam. Kita memilih dan membayar barang setelah diterima. Akadnya jelas jual beli dan serah terimanya.

Tapi memang pembayaran secara COD cocoknya berlaku untuk yang selalu stay di rumah atau ada orang di rumah. Sama cocok untuk yang suka ada uang tunai di rumah. Karena paket kan bisa datang sewaktu-waktu, kalau penduduk rumah sering keluar ya paket tidak akan sampai-sampai. Hehehehe. Terus misalnya kalau yang tipe cashless gitu sistem COD kurang cocok, kasihan abang paketnya nunggu kelamaan kita ambil di ATM. Jadi lebih baik kalau sudah pasti akan pakai sistem COD, harus langsung sediakan uang tunai di rumah ya!
 

Berapa Besar Biaya COD (Cash On Delivery) ?


COD untuk seputaran Jabodetabek juga tidak terlalu mahal, sama saja dengan bayar biasa. Biaya COD ya sesuai dengan harga barang ditambah ongkos kirim. Jadi ya fair juga menurutku sistem pembayaran COD ini. Besar ongkos pokoknya menyesuaikan dengan daerah penerima berapa.
Pilih Jasa Pengiriman yang Mana Ya Untuk COD (Cash on delivery) ?

Tidak banyak jasa pengiriman yang memiliki sistem pembayaran dengan COD. Karena memang tidak banyak yang memiliki fitur jasa pengiriman COD ini. Yang biasa saya pakai ini adalah Ninja Xpress, soalnya jasa pengiriman ini menyediakan layanan bayar di tempat.

Mungkin karena saya sudah enak kali ya kalau pakai Ninja Xpress ini, sudah dijemput barangnya ke seller, masih diantar pula barang ke buyer untuk produk yang dijual. Jadi saya yang ribet antar jemput anak dan ngurus anak lainnya tidak perlu sibuk-sibuk keluar rumah antar ke jasa pengiriman. Tinggal duduk cantik pakai roll rambut sambil nunggu mas Ninja Xpress datang. 

Salah satu cemilan bayi yang saya beli dengan sistem COD Ninja Express

Sistem pembayaran COD Ninja Xpress ini membantu juga buat buyer dan seller agar akadnya jelas, barang diterima setelah dilakukan pembayaran secara tunai.

Jadi dah tahu ya harus pilih jasa pengiriman yang mana untuk kirim barang secara COD atau beli barang secara COD. Pilih Ninja Xpress demi masa depan cerah, eh salah demi pilihan pengiriman paket COD yang mudah, nyaman dan aman. Untung ada Ninja Xpress, cemilan puff bayiku aman persediaannya sebulanan ini berkat promo.

Sudah ada yang mencoba juga? Yuk

Related Posts

23 komentar

  1. Saya agak jarang sih kalau COD. Tetapi, pembayaran dengan sistem ini memang bisa bikin tenang. Barang dibayar setelah datang. Gak khawatir ditipu

    BalasHapus
  2. Wah sekarang metode pembayaran macem-macem ya mba. Salah satunya sistem COD ini jadi memudahkan kita apalagi harganya juga nggak mahal ya mba. Allhamdulillah sekarang kita semakin dimudahkan ya mba 🙂

    BalasHapus
  3. Mauuukkk coba Ninja Xpress
    Banyak yg rekomen nih Mak.
    Aku juga demen kalo COD-an
    Lebih tenaaangg :)

    BalasHapus
  4. Ninja Express juga ada COD toh. Kebetulan deket rumah ada Ninja Express nih, pengen kirim barang juga ke temen. Cobain ahh...

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah COD, mba. Mungkin karna nggak standby di rumah ya. Tapi skali skali mau mencoba ah COD di Ninja Express :)

    BalasHapus
  6. Aku kalau beli-beli jarang COD karena Jepara memang bukan termasuk kota besar. Tapi ada beberapa yang sudah bisa sih dan ini sangat bantu apalagi kalau males ke Atm karena gak punya mbanking

    BalasHapus
  7. Aku jarang bisa COD, biasanya terbatas pada makanan yg penjualnya adalah teman-temanku dewe. Qiqiqi... kasian ya ndeso sih.

    BalasHapus
  8. Aku agak jarang pakai COD secara biasanya paket dikirimkan ke alamat mertua, Cha, ninja expres ternyata bisa kirim pake sistem cod juga ya

    BalasHapus
  9. Baru tahu kalau pakai Ninja Xpress bisa COD. Tapi di daerahku belum ada apa, ya. Hiksss... semoga Ninja Xpress segera hadir di kotaku.

    BalasHapus
  10. Wah, Ninja Xpress bisa COD juga ya. Baru tahu aku. Kudu nyoba nih. Selama ini aku seringnya dikirimin paket Ninja yang biasa. Cepetnya itu luar biasa. Pagi dihubungi kalo barang baru dikirim, eh siangnya nyampe. Apalagi kalo pake COD ya.

    BalasHapus
  11. Wah asik bisa COD an yah. ibu saya kalau belanja online beliau lebih seneng COD an katanya lebih puas, kalau saya pribadi lebih seneng transfer aja soalnya jarang di rumah.

    BalasHapus
  12. Sistem COD ini justru malah lebih dekat kepada Syari’ah ya Mbak. Bayar ketika barang sudah diterima. Nah adab-adab berniaga seperti ini yang kadang dilupakan.

    BalasHapus
  13. Udah tau lama tentang sistem COD ini, tapi belum pernah nyobain, Mbak.
    Terbiasa bayar dengan cara ditransfer

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah nyobain COD dengan ekspedisi Ninja Xpress mbk. Seringnya ya langsung terima paket aja 🤣

    BalasHapus
  15. Suamiku suka banget beli sistem COD an ini soalnya dianter ke kantor dan dia bayar langsung.

    BalasHapus
  16. Sempet ngakak aku tadi liat ada ninja terbang. Hahaha. sejauh ini aku blom pernah pake COD sih, soalnya ya gitu jarang punya cash di rumah.

    BalasHapus
  17. Aku juga pernah dapet kiriman dari Ninja Express gini pakenya sistem COD. Tapi emang agak susah ya kalau yang punya rumah sering bepergian. Di rumah adanya si bibik yang ga bawa uang heuheuuu...

    BalasHapus
  18. Aku baru sekali COD. Soalnya kalau COD kan harus standby di rumah. Nah takutnya pas kemana gitu. Jadi lebih nyaman pakai paket biasa . Nggak ada org di rumah barang tinggal di lempar ke depan pintu asal yg bukan fragile

    BalasHapus
  19. Aku lebih nyaman COD an kalo misal harus jualin barang bekas. Beli pun juga gitu sih mak. Soalnya kalo harus kirim2 gitu sering ngerasa insecure.

    BalasHapus
  20. Naah iniii, ternyata iya ya, ada pilihan COD. Aku suka nggak ngeh kalau ada pilihan ini. Biar ga kesulitan trf juga kalau pakai COD ya. Thanks ya makCha udah diingetin.

    BalasHapus
  21. Saya juga suka COD an karena lebih tenang. Barang sudah diterima jadinya tenang..

    BalasHapus
  22. pernah dapat paketan via ninja expres tapi udah dibayarin sama pengirimnya sih, jadi bukan yang cod, baru tahu kalau bisa dengan sistem cod.

    BalasHapus
  23. Aku belum pernah COD-an, selama ini lebih seneng transfer. Tapi bisa dicoba nih biar enggak kena tipu. Kalo COD gini, semisal barang ga sesuai boleh minta balik, kan?

    BalasHapus

Posting Komentar