Cerita Puting Lecet Saat Menyusui

krim mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui

Menyusui itu menyenangkan ya? Walau cuma sebentar ternyata banyak kenangan dan nostalgianya. Perjuangan setiap Ibu juga beda-beda. Tapi saya percaya setiap Ibu itu punya rules dan caranya sendiri, karena apapun yang jadi pilihan kita Beda Caranya Sama Cintanya. Semua berdasarkan rasa cinta yang luar biasa untuk si buah hati.


Saya sendiri juga menyadari kalau tiap anak itu punya ciri khas sendiri-sendiri. Pokoknya, cerita menyusui masing-masing anak-anak saya itu beda-beda deh. Walau semua tidak semulus jalan tol, tapi alhamdulillah saya berhasil semua memberikan ASI hingga masa sapih 2 tahun. Doakan semoga Rafif sekarang bisa menyusui sampai 2 tahun  juga ya!

Walau hampir semua mulus, saya juga pernah mengalami masalah saat menyusui. Itu semua anak-anak saya beda-beda masalah menyusuinya. Ada yang ASInya seperti kurang banyak, ada yang rasanya banyakan foremilk saja, bahkan saat Raffi saya mengalami masalah milk blister (Penyumbatan kelenjar susu pada payudara). Di Rafif, saya ternyata kenalan sama yang namanya puting lecet.

Rasanya? Jangan ditanya! Luar biasa!

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan puting lecet saat menyusui. Saya coba ambil di web Mama's Choice ya artikel tentang puting lecet pada ibu menyusui ini! Ternyata ada beberapa penyebab kenapa puting lecet saat menyusui. Beberapa saya malah baru tahu, karena saya pikir pasti gara-gara perlekatan saja yang kurang baik.


Ini loh penyebab puting lecet saat menyusui :



1. Saluran ASI tersumbat
Saluran susu yang tertutup epidermis dapat menyebabkan peradangan dan membuat payudara sakit banget. Si bayi yang menyusu mau tidak mau menghisap kuat dan akan membuat puting jadi lecet. 

2. Pelekatan yang kurang sempurna
Nah, ini yang saya tahu. Biasanya semua akar masalah menyusui berawal dari perlekatan yang kurang sempurna. Mulut bayi tidak tepat pada puting payudara saja. Padahal harusnya bayi menyusui itu se aerolanya juga ikutan. Harusnya. Tapi kan namanya bayi semua adaptasi, pasti agak susah di awal :"). Butuh perjuangan. Yang tadinya cuma bikin tidak nyaman malah bikin lecet.
 
3. Iritasi pada puting  
Bintik putih pada area puting dan rasanya sangat sakit ini biasanya disebut milk blister. Aliran asi kehalang jadi seperti jerawat gitu. Paling enak memang kalau disusuin terus ke bayi, walau rasanya ampyunnnnnnn sakittt. Ini pas Raffi saya mengalami hal ini :"(. Satu-satunya cara ya memang harus dipecahkan dengan disusui terus menerus atau ke dokter laktasi. Cuma ini akan bikin puting lecet karena baik kita dan si bayi sama-sama tidak enak. Sakit booook! Beneran!

4. Infeksi payudara
Biasanya disebut mastitis dan penyebabnya karena bakteri membuat jaringan payudara terinfeksi melalui luka di puting maupun saluran susu, di mana bakteri ini berasal dari mulut bayi dan permukaan kulit payudara. 

5. Gesekan pompa ASI
Penggunaan pompa ASI yang tidak benar pun dapat memicu puting lecet. Karena nyedotnya pompa ASI kan beda sama bayi. Apalagi kalau kita terlalu kencang, lecet lecet dahhhhhhh. Makanya sebelum pakai pompa ASI, kita harus tahu benar cara pakainya.

6. Si Bayi yang masuk fase tumbuh gigi
Nahhhh, ini #CeritaJujurMama yang sekarang sedang saya alami. Sesuatu memang ini tumbuh gigi, apalagi kalau giginya sudah banyak. Bisa ngaduh-ngaduh kesakitan sampai bikin lecet. Huhuhu sakit. Gigi Rafif di usia 9 bulan ini sekarang ada 6, lagi lucu-lucunya pokoknya nyusui.

Dulu saya biasanya pakai ASI dioles saat si bayi gigit dan bikin lecet puting payudara. Tapi sembuhnya lamaaaaa sekali, yang ada putingnya sudah keburu hitam terus digigit lagi. Pedih banget. Habis gimana ya? Ibu menyusui kan harus hati-hati milih produk yang aman selama hamil dan menyusui. Jangan sampai kita salah pilih produk, yang ada bukannya tambah menyelesaikan masalah menyusui kita tapi tambah nambah masalah.

Beneran deh, produk yang aman untuk ibu hamil dan menyusui sampai saat ini masih sangat sedikit. Jadi memang harus pintar-pintarnya kita memilih mau pakai apa. Jangan sampai kemakan iklan padahal produknya tidak direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui.

Untunglah saat ini saya sudah kenal sama Mama's Choice. Bahkan saat prelaunchnya saya datang loh! Bahkan ternyata hanya 1 dari 9 Ibu yang tahu tentang bahaya zat kimia pada produk yang biasa digunakan buat ibu hamil dan menyusui. Artinya banyak produk yang selama ini digunakan ibu hamil dan menyusui tidak ramah buat janin dan bayi. 

Cerita prelaunch Mama's Choice bisa dibaca di 


Dan untunglah ada Mama's Choice yang merupakan produk aman dan bebas toksin khusus untuk ibu hamil dan menyusui di Indonesia. Produk #PilihanAmanMama  memiliki kandungan bahan-bahan alami terbaik dan mengeliminasi bahan toksin berbahaya untuk perkembangan janin dengan menyediakan produk perawatan yang aman, halal dan natural.

Setahun lalu baru ada mouthwash dan pasta gigi, ternyata sekarang produk Mama's Choice ini sangat banyak loh! Ada massage oil, streach mark cream sampai nipple cream yang saya butuhkan juga sudah ada. Lengkap ya buat ibu hamil dan menyusui.


krim mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui
 

Puting Lecet? Pakai Mama's Choice Intensive Nipple Cream

Dan ini penyelamat saya saat ini karena puting lecet gegara gemesnya gigi Rafif yang tumbuh satu-satu, Intensive Nipple Cream Mama's Choice. Ukurannya memang mungil cuma 15ml, tapi jangan salah ini adalah produk krim pertama dan saru-satunya yang mengandung ekstrak kurma yang dapat secara efektif menenangkan, melembutkan, dan menghidrasi kulit puting bermasalah baik karena menyusui langsung maupun pumping.

#PilihanAmanMama untuk mengobati puting kering, lecet, dan pecah-pecah semua dapat teratasi dengan Mama's Choice Intensive Nipple Cream.
 
krim mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui

Kelebihan Mama's Choice Intensive Nipple Cream ini banyak loh. Kandungan alaminya saja banyak dan bahan terpilih terbaik pokoknya. Ada ekstrak kurma, minyak kelapa, shea butter dan vitamin E yang aman untuk Ibu menyusui.


Selain itu, krim ini juga bersertifikat food grade sehingga aman jika tertelan bayi. Praktis banget, tidak perlu dibilas saat mau menyusui. Dan karena Mama's Choice Intensive Nipple Cream halal dan bebas dari bahan toksin berbahaya cocok untuk kulit sensitif dan Hypoallergenic karena telah teruji secara dermatologis.

See? Produk ini tanpa Paraben, Phthalate, Pewangi buatan dan Alkohol loh!


krim mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui

krim mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui

Btw saya mau #ReviewMamasChoice deh yang Mama's Choice Intensive Nipple Cream ini. Rasanya puting lebih lembab seh, yang biasanya kering bekas gigitan bayi kan kerak-kerak luka gitu. Ini jadi menutup lebih cepat daripada biasanya. Kayaknya kandungan alaminya bikin lebih cepat sembuh deh.

Terus biasanya kalau lagi lecet kan biasanya kalau mau nyusuin lagi harus dilap dulu biar tidak kena mulut bayi saat menyusui. Tapi pakai Intensive nipple cream ini nggak seh. Bisa langsung saja. Jadi bikin lebih tenang dan lega kan?

Tekstur Mama's Choice Intensive Nipple Cream ini warna coklat muda dan encer. Jadi harus buru-buru menutup biar tidak cepat habis ya. Tapi cukup ampuh walau setetes saja dioleskan ke puting ya, tidak perlu banyak-banyak.

krim mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui


Oh iya sekarang lagi ada promo diskon loh di Shopee Mama's Choice. Semua produk lagi diskon, termasuk Nipple cream ini juga cuma Rp 69ribu saja (Dari harga awal Rp 99ribu loh). Biar jadi double diskonnya, jangan lupa pakai kode promo saya MAMAECHAR biar dapat diskon lagi sebesar 15%  minimal pembelanjaan Rp 150ribu. 

Hari gini siapa yang tidak suka diskon kan? Yuk pakai rangkaian produk Mama's Choice selama masa hamil dan menyusui. Puting lecet saat masa menyusui sudah tidak masalah lagi, kan ada Mama's Choice!

Selamat belanja Mama's Choice yaaa!! Tinggal buka  https://shopee.co.id/mamaschoiceid dan masukkan pakai kode voucher saya MAMAECHAR . Aman dari Hati, Untuk Mama dan Bayi.

krim mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui

Tentang Mama's Choice bisa buka
Instagram @mamaschoiceid

20 comments:

  1. Aaaahhh akirnya, aku nemu artikel yang ngobatin puting lecet. Ini pemakaiannya setelah penggunaan cream, kalo mau menyusui harus dibilas dulu kah mbak?

    ReplyDelete
  2. Duh mbaeee, bener banget tuh kalau tiap anak pengalaman menyusuinya beda2. Kalo aku yg paling horor anak ke 4 ini. Yg lainnya cuma mewek di awal aja.

    Heran deh sama si bungsu, hobi banget nemplok sampe bikin lecet walau pelekatan udah bener. Biasanya karena kelamaan nyusu sih. Jadi pengen nyobain nipple creamnya mamas choice deh aku

    ReplyDelete
  3. Aku juga anak pertama dulu puting sampai lecet dan berdarah karena digigit si kecil. Kapok rasanya menyusui, tapi tetap harus dijalani. Untung sudah ada solusinya ya pakai krim dari mama choice

    ReplyDelete
  4. Resiko Busui yaitu puting jadi lecet dll bisa terselamatkan dgn produk ini ya.
    Siiip, aku share ke temen busui yak

    ReplyDelete
  5. Sukak dengan quote nya Mbak Echa ini "apapun yang jadi pilihan kita, Beda Caranya Sama Cintanya" Karena basically setiap Ibu akan memebrikan yang terbaik, termasuk ketika masa-masa memberikan ASI, segenap daya akan dikerahkan agar sang buah hati mendapatkan ASI terbaik.

    Alhamdulillah, utk masalh puting lecet, sekarang ada Mama's Choice Intensive Nipple Cream ini, sehingga drama puting lecet bisa diminimalkan dan ikhtiar memberika ASI terbaik bisa lebih optimal, aamiin

    ReplyDelete
  6. klo misalnya dipumping aja bikin lecet juga gak mbak? serius nanya. kasian ibunya, tapi mau gimana lagi yaa.. cinta ibu sepanjang masa hikz

    ReplyDelete
  7. Aku pernah ngalami ini, dan rasanya memang wow bngt. Klo aku dl, Krn perlekatannya masih salah...jd lecetnya parah.

    Thanks infonya mb.. kali aja nanti ada sodara yang ngeluh putingnya lecet...bisa direcomend in obat ini..

    ReplyDelete
  8. Baca artikel ini langsung ngilu. Keinget dulu juga punya pengalaman yang sama. Emang ya, udah jadi masalah umum kalau menyusui tuh suka luka puting. Untung sekang udah ada Mama's Choice

    ReplyDelete
  9. Baca artikel ini langsung ngilu. Keinget dulu juga punya pengalaman yang sama. Emang ya, udah jadi masalah umum kalau menyusui tuh suka luka puting. Untung sekang udah ada Mama's Choice

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah meskipun tidak sering, tapi aku juga pernah nih megnalami masa-masa lecet karena diodot-odot bayi, wkwkkk.. Beruntung sekarang ada cream buat mengatasinya ya

    ReplyDelete
  11. Kalau anak lagi menyusui kemudian giginya mau tumbuh itu memang jadi ujian juga buat Ibunya bisa jadi giginya gatal dan juga bisa jadi dengan menggigit dia terasa nyaman tapi sebenarnya kita bisa berkomunikasi juga dengan baik secara baik-baik ya Bukankah menyusui itu adalah kerjasama antara ibu dan anak

    ReplyDelete
  12. masiiih inget bangeet deh cha lecetnya yang bikin demam dan sakit banget yaaa. Kalau pakai produk yang satu ini bisa mengurangi sakitnya yaa Chaa

    ReplyDelete
  13. Aku pun dulu pernah mengalami puting lecet di awal-awal menyusui. Rasanya pun masih kuingat sampai sekarang. Warbiasak. Untung semua telah terlewati dan ada solusinya. Tetap semangat para pejuang ASI! :)

    ReplyDelete
  14. Masa-masa menyusui itu memang masa paling nano-nano saat punya anak ya.
    Suka gemes kalau puting kita digigit trus bikin lecet, tapi nggak disusuin, bikin payudara bengkak, kitanya sakit juga, anaknya nangis kejer.
    Asyik ya jadi ibu menyusui zaman sekarang, kalau ada problem, ada solusinya seperti Mama Choice's ini.

    ReplyDelete
  15. Puting lecet itu rasanya memang luar biasa. Luar biasa sakitnya. Untung sekarang ada produk yang bisa mengurangi rasa sakitnya ya, aman pula buat ibi menyusui.

    ReplyDelete
  16. Aku langganan puting lecet kalau anak we tumbuh gigi nih sekarang lecet maning untung ada nipple cream ini jadi ga uwuw banget pas nenenin hahaha

    ReplyDelete
  17. Gara2 putingku lecet dan luka parah, aku berhenti mengASI anak keduaku di usia 20 bulan, mbak. Sedih, tapi aku bener2 ngga kuat.. huhu.. jadi curcol malahan ini

    ReplyDelete
  18. Puting lecet itu rasanya aduhai apalagi pas mash lecet tetep di sedot baby...serrr ngilunya...untung ya sekarang ada mamas choice produk aman dan halal

    ReplyDelete
  19. bisa kurekomendasikan ke adikku nanti kalau udah punya anak nih, saya dulu juga mengalami putih lecet parah pas anak kedua

    ReplyDelete
  20. Baru tau lho kak kalo ada produk khusus yang bisa ngilangin lecet di puting. Cocok banget nih buat para new mom yang baru melahirkan.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^