Ultah Raffi ke-3 : DIY Car Birthday Party

Ultah Raffi ke-3 : DIY Car Birthday Party

[Sponsored post] Ultah Raffi ke-3 : DIY Car Birthday Party. Tidak terasa ya, Raffi sekarang sudah umur 3 tahun :"). Seperti sebelum-sebelumnya, saya memang janji seumur hidup ngerayain ultah Raffi semampu saya. Karena apa ya? Punya Raffi itu anugerah banget buat saya yang riwayat kanker. Sebagai syukur saya ya ngerayain walau kecil-kecilan. 

Baca juga DIY ultah Raffi lainnya :


Apalagi yang saya suka itu  tiap tahun saya jadi tertantang untuk membuat ulang tahun yang lebih baik lagi dibanding sebelumnya. Rasanya senang gitu bikin pritilan ulang tahun Raffi. Kalau capek pas buat lalu ngeliat muka Raffi, saya jadi semangat lagi :). Dan 3 tahun ini saya berhasil bikin DIY ulang tahun anak buat ngerayain ultah Raffi. Alhamdulillah.

Yes, my baby is turning 3 now. 
Semoga Raffi tumbuh jadi anak yang bahagia, baik, beruntung dan selalu dijalanNya. Aamiin.


Tema ulang tahun Raffi kali ini adalah mobil atau car. Tapi bukan mobil yang di film car itu, lebih ke mobil yang rada vintage. Setelah mencari-cari gambar mobil yang bagus diinternet, akhirnya saya jatuh cinta sama satu gambar mobil yang menurut Raffi lucu. Iyes, Raffi tetap jadi pemilik ulang tahun. Jadi beberapa gambar mobil saya tunjukkan sama dia untuk minta pendapatnya yang mana disukai. Dan untungnya sama pilihan mobilnya :v :v. '

Btw, ulang tahun kali ini dirayain disekolah jadi lebih butuh adrenalin tinggi hehehehe. Karena tempatnya sempiiiit dan waktunya sebentar banget, cuma pas makan bekal saja yang tidak lebih dari 15 menit :v. Tapi, ternyata saya bisa :D. Tidak terlalu #lampauibatas yang penting kuatkan niat :D.

Kali ini saya buat step-stepnya ya biar tahu harus mulai dari mana kalau mau bikin DIY Ulang tahun anak hehehe. Semoga berguna buat yang mau ngerayain ulang tahun ^^. 

Dan ini dia step by step DIY ulang tahun anak tema mobil atau DIY car birthday party.

1. Saya tentuin warna untuk ulang tahunnya
Untuk kali ini pakai 3 warna yaitu merah, putih dan hitam. Namanya juga tema mobil hehehehe, untung warnanya saya suka :D.

2. Buat logo ulang tahunnya biar gampang perbanyak dengan model macam-macam. 

Kali ini pakai gambar mobil warna merah yang sudah disepakati sama Raffi dan diedit dikit. Saya edit-editnya pakai paint dan aplikasi photoscape. Semua saya lakukan dikomputer biar tidak pecah gambarnya.


Logo mobil dan logo ulang tahun mobil


3. Bikin desain ulang tahun. 

Ini saya buat background, dessert table dan meja anak. Jadi ini akan memudahkan kita tahu apa saja yang harus diprint dan dibuat DIY-nya. Lebih detil karena dicatat jadi lebih tahu apa yang akan dilakukan. Btw, saya juga bikin timeline setiap hari harus ngapain saja hehehe. 

Ultah Raffi ke-3 : DIY Car Birthday Party
Ini desain ala saya :D

4. Buat printable sesuai budget yang akan diundang.

Yang pasti yang pertama kita harus tahu berapa orang yang diundang. Raffi kebetulan cuma 30 orang saja totalnya. Jumlah yang lebih sedikit daripada tahun-tahun sebelumnya hehehe. Oh ya, jangan lupa sediain tinta dan printer ya buat ini. Saya ngeprintnya pakai kertas tebal gitu beli ditoko kertas 50ribu dapat 1 rim kertas tebal.

Printable yang saya buat itu : bunting flag, gambar mobil, label makanan, label minuman dan toppers. Jadi saya print dulu trus potong satu-satu hehehe. Loh cha kok ga pesen aja sih ginian? Lah bukan DIY dong jadinya kalau pesan :D *emak keukeuh :D.

printable  DIY Car Birthday Party
Ini desain printable

5. Bikin goodie bag

Karena saya jatuh cinta sama tas Raffi pas ulang tahun ke-2, maka kali ini saya pesan ditempat yang sama lagi. Karena harganya murah meriah hehehe dan kualitasnya bagus. 

Untuk isinya saya bikin kukis hias, cupcake, susu, printable mewarnai mobil, bento dan boneka belajar menanam potty horta buat anak. Karena dirayain disekolah, untuk guru Raffi saya kasih gudibek kosmetik (karena kebetulan ada stok buat direview *eh). Saya tidak mau ngasih cemilan ciki-ciki gitu kayak sebelumnya, soalnya kasian anak saya sendiri tidak makan gituan masak saya kasih orang lain. Lebih sehat makan buatan mamanya Raffi, biar rasanya standar yang penting sehat :D.

goodie bag DIY Car Birthday Party
Isi goodie bag ulang tahun Raffi

Printable mewarnai mobil untuk anak

6. Membuat background

Saya beli 3 warna kertas krep yaitu merah, putih dan hitam sesuai tema ulang tahun. Seperti sebelumnya saya potong-potong untuk buat juntaian gitu sampai lantai. Ada yang nanya kenapa pakai kertas krep dan selalu menjuntai, alasan saya karena ini adalah bahan paling murah dibandingkan buat pakai backdrop lainnya hehehehe. 

Bahan yang disiapkan cuma gunting, kertas krep, lem, selotip motif hitam putih, kertas karton, printable bunting, printable mobil dan angka 3. Semua saya kerjakan pelan-pelan sendiri 2 harian gitu, jadi kalau tidak ngetik saya bikin ini hehehehe.

Kekurangannya : sayaaaa lupa pasang balon huhuhuhu :(((( itu rasanya nyesek aja gitu lupa beli balon huhuhu.

DIY Car Birthday Party
Ini background DIY car birthday party

7. Membuat dessert table

Untuk dessert table DIY car birthday party, sebagai penutup meja saya gunakan juntaian kertas krep juga diselang seling gitu hehehe. Lalu saya tinggal print label nama makanan, print diy placemat untuk naruh makanan (jadi tidak perlu bawa piring-piring), foto Raffi (tetep narsis), cupcake tier dan satu foto Raffi ditempel ditengah (yang tadinya mau ditaruh dibackground awalnya).

dessert table DIY Car Birthday Party



Saya buat kue tart bentuk mobil isinya brownies (enak ternyata resepnya) dan biar tidak banyak pewarna saya langsung pakai icing yang warna putih hehehehe. Saya pakai alas kue yang 30 cm dan pakai cutter huruf bertulis RAFFI 3 dari icing. Menghias kuenya, saya pakai pen foodmarker buat gambarnya (kebetulan punya :D). Dan sisanya disekelilingnya saya tabur coklat chacha saja dan dikasih hiasan printable topper plus bendera hitam putih.


Untuk detil dessert tablenya : ada puding (pakai nutrijel warna merah putih ternyata salah beli ungu putih :v ), DIY kukis bentuk mobil, DIY kukis bentuk lampu merah, susu yang sudah ditutup label minuman, kukis gambar mobil dan cupcake yang dihias pake printable toppers (pakai resep cupcake vanilla ncc dan ditutup coklat cair lalu dihias sprinkle warna warni). 

Selain bahan bikin kue, saya juga beli bahan jadi dan perlengkapan dessert table lainnya seperti coklat chacha, biskuit good time, susu ultramimi, tempat cupcake merah totol-totol, cupcake tier, tempat cupcake tenteng, lilin ulang tahun, tempat puding dan plastik kukis (masih ada sisa ternyata dari ultah yang dulu-dulu)

dessert table

cupcake

8. DIY meja kursi anak

Karena ini dirayakan disekolah, mau tidak mau saya juga menghias meja anak-anak. Jadi saya pakai sisa kertas krep untuk menghias sandaran bangku anak dan DIY Placemat buat makan. Saya juga nyediain tempat cupcake untuk dibawa pulang kerumah.

Jadi di meja anak sudah tersedia masing-masing alas makan, didepannya ada bento dan disampingnya ada tempat cupcake. Dibangku anak ada penutup pakai kertas krep selang-seling gitu tiap bangku dan diberi goodie bag.

Untuk tengah meja karena tidak ada ide (tadinya mau bikin dari kertas karton gambar mobil gitu xD cuma ga sempet), akhirnya saya cuma meletakkan balon warna-warni saja yang dibeli si papih di toko sebelah sekolah :v.

Ini detil meja kursi untuk anak

Dan ini penampakan meja kursi anak yang sudah dihias :D. Lumayanlah ya hehehe paling tidak sedikit berwarna hehehe. Dan saya yakin anak-anak pasti senang (baca ya : anak-anak yang jadi fokus saya hehehe).

DIY Car Birthday Party

Penampakan DIY meja kursi sekolah yang saya hias DIY car birthday party

9. DIY Bento untuk makan

Ini gegara lihat teman yang bikin bento sendiri pas ulang tahun anaknya, saya jadi kepengen bikin juga. Pas dihitung-hitung masuk budget malah sangat murah :") perporsinya :"). Tadinya sih mau beli fastfood gitu, etapi ya maklum duitnya pas-pasan hehehe. Jadi kudu kreatif biar ttp bisa dikonsumsi :).

Akhirnya saya pilih bikin sendiri bento tema mobil. Yang pasti saya beli cetakan nasi bentuk mobil dan tempat bentonya dulu. Setelah itu tinggal belanja buat nugget, sosis, wortel, selada, telur dan nori. Tutup bento saya hias pakai selotip hitam putih dan dihias pakai gambar topper biar rada lucu :v. 

bento DIY Car Birthday Party
Ini dia bento mobilnya, saya taruh puding disana biar penuh wkwkwk

Kekurangannya cuma satu kalau bento bikin sendiri : makanannya dingin :"). Gimana gitu rasanya kasian kalau ngasih makan kurang panas :"). Kalau fastfood kan pasti panasnya :D.

Hari H acara ulang tahun Raffi akhirnya tiba...

Ulang tahun Raffi saya rayakan dihari senin tanggal 29 Agustus 2016. Iya sih memang beda 2 minggu dari ulang tahun dia sebenarnya 17 Agustus, tapi tak apalah :D baru sempetnya juga pas itu. 

Hari jumat saya mulai menata-nata goodie bag, masukin satu-satu boneka tanaman pokoknya yang selain makanan biar rapi. Lalu hari sabtunya saya mulai bikin kukis hias, kukis mobil dan kukis lampu merah. Minggu pagi saya buat brownies untuk kue tartnya dan saya baru hias saat malam hari, langsung masuk kulkas biar keras icingnya. Minggu siang saya buat cupcake-nya lalu masukin kulkas. Malamnya, saya masukin kukis yang sudah diplastikin ke masing-masing tas goodie bag.

Senin pagi sekitar jam 4 pagi, giliran si papih yang beraksi bikin bento xD. Jadi sambil masak nasi yang dikasih agar-agar (biar rasanya enak), papih goreng-goreng sosis dan nugget. Itu sambil ngerebus wortel juga sih sekalian. Saya cuma dapat giliran motong-motong nori biar dapet bentuk mobilnya.

Jam 5 atau setengah 6 pagi lupa, mulai ngehias ditempat bentonya satu-satu. Pokoknya semua selesai sekitar jam setengah 7. Lalu saya masuk-masukkan kedalam tempat plastik IKEA biar enak bawanya hahahaha.

Btw, ulang tahun Raffi ini saya dandan dong :v. Mumpung baru perawatan lagi di dokter kecantikan, jadi muka lebih keliatan lebih kinclong dibanding awal-awal hamil xD. Sampai pas disekolah diledek sama mama-mama macan ternak, tumben ceunah dandan :v. Ishhh mumpung anak ultah biar dapet mukanya mamanya kece :v.

Lalu sekitar jam stgh 9 akhirnya kami berangkat kesekolah naik taksi. Untunglah si Amel teman saya bersedia bantuin bawa-bawa barang ikutan kesekolah juga (duh makasih pisan ya mel hatur nuhunnn). 

Sampai disekolah, ternyata mereka lagi tidak belajar dikelasnya tapi diruangan lain. Saya jadi lebih leluasa ngedekor :v alhamdulillah. Tapi tidak sampai 10 menit sih sebenarnya sudah semua ditata rapi, akhirnya saya dan papih nungguin jam makan bekalnya --".
  
DIY Car Birthday Party
DIY car birthday party disekolah

Setelah anak-anak datang, yang pasti pada SUKA ngeliat kelasnya didekor sedemikian rupa (walau tanpa balon huhuhu). Setelah berdoa dan menyanyikan lagu selamat ulang tahun, Raffi pun tiup lilin. Sayangnya pas foto bersama Raffi tidak mau ikutan foto dong :v :v, malah melipir ke papihnya :v :v. Cuma ada satu poto itu bareng-bareng sekeluarga dan foto bersama teman-teman kelasnya tidak ada karena Raffi tidak mau :v :v. Serunya, anak-anak 3 tahunan ini udah ngerti gitu nyanyi selamat ulang tahun. Itu yang rada beda dibanding ultah Raffi pertama dan kedua dulu :"). Terharuuuu anak-anak itu cepet besareee.

Tiup liliiinnnnnn 
Untuk ngedapetin foto gini itu perlu 3 kali nyalain lilin, karena udah ditiup duluan wkwkwk

Setelah itu, anak-anak pada makan dan gurunya masukin cupcake ketempatnya untuk dibawa pulang ^^. Selesai. Iya gitu aja, cuma bentar tapi bikin hepi orang :))). Dan tentunya Raffi dong yang senang, dapat kado banyak gitu :v. Makasih banyak kadonya yaaaa :*.


Dari mamih papihnya, lagi-lagi ulang tahun Raffi kami kadoin sepeda. Kali ini sepedanya sudah ada pedalnya bukan strider lagi. Ini sepeda 12" untuk seumur Raffi warnanya tetep dong merah dan hitam wkwk. Sayangnya masih terlalu tinggi buat Raffi, tapi beberapa bulan lagi pasti sudah pas ^^. Harganya? Gratis dong berkat nulis aplikasi ibu hamil :D. Alhamdulillah. Semoga suka ya, Nak!.


cepeda baluu

Biaya DIY Car Birthday Party
Ini untuk 30 orang ya biayanya

Kertas karton : 50ribu
Kertas krep 3 warna : 20ribu
Tas gudibek : 150ribu
Bento : 60rb
Alat-alat cupcake (cupcake tier, cupcake wadah, cupcake dus) : 80ribu
Tanaman  potty horta : 240ribu
Bahan kue (brownies kue ulang tahun, cupcake dan kukis) : 200ribu
Balon dan lilin : 30ribu
Bahan bikin bento (nugget, wortel, selada, sosis, nori) : 150ribu
Susu : 60ribu
Dll lupa apa aja : 100ribu

Total : 990ribu anggap saja 1jt. 


Lumayan murah kan :))). Kalau masalah rasa emang standar seh, secara saya bikin sendiri. Tapi insyaallah makanannya bersih dan sehat seperti yang biasa saya bikin buat Raffi. Dan tentunya saya bikinnya penuh cinta buat anak-anak dan Raffi juga ^^. Sesuai budgetlah secara saya dan suami bokek berat waktu ini hahahaha.

Kalau boleh saya review pribadi dari ulang tahun 1, 2 dan 3 Raffi, ulang tahun ini adalah yang paling detil. Karena saya dapat tempat kecil dan waktu yang sempit plus uang yang terbatas :D. Tapi saya bisa akhire #lampauibatas untuk bikin DIY ulang tahun lebih kreatif lagi :))). Dan saya bangga dengan hal itu *eh ini yang seneng ulang tahun ibu e atau anak e sih :v.

Tapi alhamdulillah berjalan lancar, terima kasih tak terhingga buat pak suami yang selalu mewujudkan dan mendukung (mau tidak mau) ide-ide istrinya yang kadang rada-rada aneh :v :v . Terima kasih ya sayang :*. Terima kasih lagi buat Raffi yang selalu berikan semangat langsung dan tidak langsung, sehingga mamihnya bisa terus semangat hidup hingga saat ini bikin ulang tahun Raffi dari dulu sampai nanti :"). Terima kasih juga buat dede unyu dalam kandungan yang mengerti mamihnya lagi bikin kue :))). Sehat-sehat ya sayang sampai waktunya tiba kita bertemu :*.

Terima kasih buat teman-teman semua atas doanya buat Raffi sekeluarga, semoga selalu kebaikan menyertai hidup kita. Aamiin. Terima kasih semoga kita selalu dilindungiNya dengan penuh cinta :*.

Semoga bermanfaat ya detil DIY car birthday party ulang tahun ke-3 Raffi kali ini. Btw, lebih suka mana ulang tahun Raffi yang pertama, kedua atau ketiga? 

birthday party ideas

36 comments:

  1. Mba Echaaaaaaa.....
    Bingung mau ngomong apaan, wkwkwk. Speechless, aku terpana, terharu dan tak berdaya *iki opo seh*
    Dirimu superb, kreatif, gigih, nggak malesan. Emangnya aku #plaaak.

    Selamat ulang tahun sekali lagi ya Raffi ganteeeng. Kiss kiss :*

    Aku suka yang kedua dong, soalnya ada pink-pinknya *teteup*

    Btw itu nomer 6 kayak ada kalimat yang belum selesai ya Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya itu lupa belum diterusin xD. makasih dikasih tau :*

      yang ke-2 ya, itu balonnya wendys salah harusnya biru kuning malah biru pink :v

      Delete
  2. Kereeeen, Mba Echa.. :D Bentonya juga lucuk gitu pake cetakan mobil.. Dekornya jg keceee.. Sukaaa :D

    ReplyDelete
  3. Kreatif banget mbak Echa... persis seperti pesan di jasa event organizer ya.. Selamat ulang tahun untuk Raffi semoga sehat dan makin pintar sekolahnya, tahun depan mau buat tema apalagi mbak?

    ameltami.com

    ReplyDelete
  4. kreatif bgt emaknya, selamta ultah Rafiiii

    ReplyDelete
  5. huwoww mantepp benerrr.
    senengnyaa rafii punya mami yg super kreatipp.
    pas ultah dd irsyad kemarin kayaknya total habis 1juta an. tapi aku ga pake pernak-pernik cantik kayak rafii. abis gede di bentonya doang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat ulang tahun dd irsyad
      iyaaa aku kan suka pritilan mba xD

      Delete
  6. Wah kreatip.... dan rajin banget... niat banget.. brrapa hari itu mempersiapkan semua detilnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini detilnya seminggu aja. tapi pesen gudibek sebulan sebelumnya

      Delete
  7. Ah Echa, kamu memang gak ada matinya. Gak capek apa semua dikerjain sendiri? Hehehe... sehat-sehat selalu, ya. *Tiyom Raffi*

    ReplyDelete
  8. yeaaay raffi udah gede, caem n tmbah pinteeer y nak

    ReplyDelete
  9. Masya Allah...nak raffi baca ini baek2 kalo dah gede, betapa mami-nya sayang sama kamu...

    ReplyDelete
  10. Kreatif banget mba, nyiapin printilan yang detil buat alas makan dll...bisa buat ide nih

    ReplyDelete
  11. Isi goodie bagnya enak banget deh... Makanan sehat buat temen2 Raffi

    ReplyDelete
  12. Kereeeeenlah... Kreatip ini mah... Met ultah ya raffi, jadi anak yg soleh, jadi kebanggaan kedua orang tua... Amin :)

    ReplyDelete
  13. Kreatif sangat, banget, pisan.. Bisa terima job buat bikin ultah anak kecil.. Aaaak.. keren mbak Echa..

    ReplyDelete
  14. Wuih, rajin amat ya Mba', bagi-bagi dong rajinnya.. :3
    Bagi resep biskuitnya dong Mba'.. ;)

    ReplyDelete
  15. Selamat Ulang Tahun Raffi. Ini keren banget, Cha. Kirain pake birthday organiser lho.

    ReplyDelete
  16. mbk echaaa, keren bin kreatif bgd sih dikau mbk, saluuuuttt

    ReplyDelete
  17. wah keren idenya. totalnya juga murah...kerennn

    ReplyDelete
  18. Mba Echa, met milad ya utk Raffi, barakallah fii umrik.. Keren banget, mamaknya raffi, seneng banget aku lihatnya :D love DIY..

    Menginspirasi banget mba..makasih yah, detail bgt ^^

    ReplyDelete
  19. Selamat ulang tahun adek raffi... keren banget dekorasinya.... seperti pakai birthday organiser... bagus banget...

    ReplyDelete
  20. mba echa super duper kreatif! kalau aku? udah bhaay! pesen aja deh.. mba echa ini bisa loh buka bisnis dessert table sama printing ulang tahun anak :D

    ReplyDelete
  21. Rafiiiii hepi bday yaaa
    pinjem sepedanya donk :D

    ReplyDelete
  22. Echaaa.. kamu kece banget sihh..
    Telaten bikinin anak begituan sendiri.

    ReplyDelete
  23. Mba Cha...
    Cintamu pada Raffi dan keluarga, mana lagi hamil gede pisan. Ckckckck inspiratif!
    Suka suka sukaaaaaa, semoga bahagia selalu, aamiin ya Rabb :)

    Btw dari sekian budget yang bikin banyak gudibeg si horta ya. Dan aku suka ultah Raffi yg ke-2, hmmm selera kali ya. Warna ungu sama birunya kece hehe.

    ReplyDelete
  24. Sekue-kuenya bikin sendiri to Mbak... meh 100% DIY yaaa kecuali tas gudibeg-nya. Kereeen mbakee...

    ReplyDelete
  25. Nggak terasa Raffi sudah 3th. Waktu ketemu Raffi masih didalam perut. Selamat ulang tahun ya Raffi sayang. Beruntung punya mami Echa & papih yg sukarela kerjabakti demi ultah yg mengesankan untuk dikenang. :))

    ReplyDelete
  26. huaaa keren banget chaaa, kreatif bangeeet, suka, sukaa...

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^