Ultah Raffi ke-5 : DIY Paw Patrol Birthday Party


DIY Paw Patrol Birthday Party. Yuhuuu, gak kerasa Raffi udah 5 tahun. Iya, anak yang lahir setelah kemoterapi ini alhamdulillah tumbuh sehat alhamdulillah. Tidak terhingga rasa syukur saya melihat perkembangannya setiap hari. Uhhh anakku, cepat sekali kamu sudah 5 tahun :").

Seperti janji saya, setiap tahun saya bikin ultah untuk Raffi. Waktu umur 1,2 itu saya yang ulang tahun. Tapi setelah 3 tahun ke atas, Raffi sudah bisa menentukan mau tema yang mana. Anak kicik udah punya selera :v. 

Dari awal Raffi ditanya mau ultah apa sekarang, dia sudah mantap jawab Paw Patrol. Hehehe iya enak kalau dah gede, kita tahu dia maunya apa. Mungkin karena sering nonton filmnya kali ya :v. 

Mulailah saya cari-cari dekorasi ultah, printable dan ngumpulin vector gratisan paw patrol. Sambil tetap minta pendapat Raffi suka yang mana. Dia sih selalu bilang bagus dan lucu :v.

Terus saya ngerayain di mana? Tentunya di sekolahlah. Serius murahnya, motong budget banget. Cuma memang bentar sejam kurang dah selesai hahaha. Tapi demi bajet masuk kantong emaknya, hayulah di sekolah aja. Selain itu plusnya di sekolah gak capek bersih-bersih kayak di rumah.



Bukan Echa namanya kalau ga DIY hehehe. Hampir semua peritilannya diy, kecuali makanan tentunya karena kalau ini saya handsup banget ga sanggup. Iya, nyerah gak bisa masak dan tahu diri xD.

Sekarang, saya mau share ya peritilin apa saja sih yang saya buat untuk ulang tahun Raffi. Penasaran kan? Yuk, letsgo!

Persiapan
Setelah nyimpan banyak printable dan milih-milih, akhirnya keluar satu warna dominasi kuning dan biru untuk warnanya. Terus untuk logonya saya ganti tulisan paw patrol jadi nama Raffi is turning 5. Dan itu yang bakal menjadi awal dari kesemua printable yang saya bikin.

Kemudian saya ngelist apa saja yang harus dibikin seperti biasa. Biar ga kebobolan juga (duitna) hehehe. Total waktu mengerjakan kira-kira sebulan sambil disambi dengan kesibukan sehari-hari ngurus anak-anak


Printable

Printable yang saya buat itu ada poster A3, logo untuk cupcake dan lainnya, kaleng celengan, pensil, penghapus, serutan, mainan, label susu, tokoh paw patrol, pernak-pernik gambar dan name tag tiap makanan untuk dipajang. Oh iya saya bikin bianglala yang tiap tempat duduk ada tokoh paw patrolnya. Terus di pinggir-pinggir tempel markas paw patrol.

Ada beberapa yang saya bikin sendiri, seperti celengan yang tinggal ditempeli stiker, cake stand untuk tempat susu, pudot Dapur Moma yang saya tempelin stiker terus atasnya dikasih kertas doileys, terus tempat cemilan inaco yang dibentuk kayak kandang anjing, tempat naruh lolipop dari gabus, gambar-gambar yang dipajang dll. Pokoknya pelan-pelan masukin peritilan hahahaha.

Capek? Iya, tapi seneng.



Undangan

Kali ini undangan saya bikin ala es krim. Cuma kayaknya terlalu kecil kalau 8 cm hihihi next bikin yang gedean deh. Saya tinggal print saja ukuran bulat, lalu ditempel pakai selotip d pinggir stik es krim dan belakangnya ditutup kertas warna warni yang masih tersisa.

Raffi sempet nanya, mama bikin undangan es krim atau kipas sih. Trus anak-anak lain juga cerita, tadi sama miss dikasih es krim tapi es krimnya ga ada *LOL. Wkwkwkwk anak-anak mah lucu bener.



Goodie Bag

Ini adalah peritilan pertama kali yang saya buat selama ini kalau nyiapin ultah anak. Karena jumlahnya banyak dan  kadang ribet (karena dikerjain sendiri). Terus, berusaha nyenengin anak-anak. 

Untuk tempat gudibek, saya pakai paperbag trus saya hias dengan kertas-kertas warna warni sesuai wajah dan tema paw patrol.Jumlahnya menyesuaikan jumlah anak perempuan dan laki-laki di sekolah Raffi. Nempelinnya cuma pakai lem aja kok.



Isi goodie bag apa saja?
1. Celengan 
2. Fundoh
3. Mainan glitter glue
4. Mainan gelembung
5. pensil, penghapus dan serutan
6. stiker paw patrol
7. Buku gambar
8. Penggaris
9. Cemilan  (simba crackers, selai olay, mayasi, inaco)
10. Susu
11. lolipop
12. pudot ini saya beli di Dapur Moma di instagram. Cek deh enaaaaaaaaak
13. ucapan terima kasih
14. Tiupan ultah
15. Makan siang
16. Balon

Pilihannya kok mainan dan art semua, Cha? Iya, karena saya senang yang model gini memang kebetulan. Biar ga cuma kenyang anak tapi buat stimulasi anak. Atuhlah ciri khas ga bisa diilangin. Suka nggak anak-anak? Yaaaa, tergantung anaknya juga seh wkwkwk.

Semua ini rataan mainan harga 1000-2000 rupiah saja kok ^^.



Dan untuk miss(guru sekolah), saya kasih lipstick pixy. Btw, thank to Mak Steffanie :*. Saya bikin sendiri tempatnya dari kertas hvs warna terus dibuat paper bag terus atasnya saya kasih kertas doiles biar lucu.


Karena waktunya pas makan siang, saya pesan ke salah satu orang tua siswa yang memang buka katering. Bukankah lebih enak membantu teman dengan membelinya ^^. Seporsi cuma 13ribu rupiah saja. Nasi kuning, tempe, telur, naget dan suwir ayam. Pengennya sih makan  bento, sayangnya uangnya ngepas hahahaha.



Dekorasi

Untuk dekorasi, yang bisa saya bikin ya bikin aja. Termasuk balon-balon yang saat ini saya geluti. Saya bikin balon gate 1 dan standing balon 2 dengan diatasnya kasih balon foil paw patrol saja. Lalu di samping-samping saya pakai akrilik untuk membuat balon berdiri di samping meja.

Untuk backdrop saya pakai tirai foil gold dengan dihias atasnya dengan balon. Lalu ditempelin tulisan happy birthday. Samping-samping meja saya kasih balon yang ditaruh di akrilik lalu depannya ditempel mercu suar plus tokoh paw patrol. Dan samping depan saya kasih balon standing saja kanan kiri,

Semua balon saya bikin H-1 di rumah dan anak-anak sudah ga sabar semuanya :V.



Dessert Table

Untuk dessert table saya dah bikin sketsa kasarnya. Tinggal dijalankan saja hahaha. Untuk kali ini, antara ekspektasi dan kenyataan alhamdulillah beda tipis ga jauh-jauh banget. Ihhh seneng deh pokoknya saya pas lihat hasilnya. Rasanya bangga bisa bikin Raffi senyum senang banget di hari ulang tahunnya.

Lagi-lagi untuk kue tart saya beli di bread talk saja dah. Karena ga sanggup beli kue tart yang customized gitu. Raffi milih black forest dan biar agak beda saya hiasi gambar-gambar paw patrol di sekitar kue.

Paw tart

Untuk susu, saya bikin label susu yang seukuran ultra mimi. Terus pas di dessert table ditata di tier stand yang saya bikin dari kardus kosong.

PawSu : Paw Susu

Lalu karena saya beli puding sedot Pudot Dapur Moma, saya cukup ngehias bagian atasnya pakai kertas doiyles dan diikat pakai tali benang putih saja. Terlihat cantik kannnnn?

PawDot : Paw Pudot

Lalu untuk tier cakenya saya pakai donat kayak tahun lalu saja hahaha. Tinggal taruh saja itu lidi tag cupcake hihihi. gampang dan murah. Yang pasti anak-anak ga akan ada yang nolak JCO wkwkkw

PawNat : Paw Donat

Untuk lolipop, saya tinggal tempel saja logo ultah Raffi dan tancepin ke gabus yang sudah dihias. Jadi deh tempat lolipop yang murmer bikinnya. Dan ternyata loliponya habis sampe sisa 5 doangan :v. Anak-anak demen amat ama permen ya.

PawPop : Paw Lolipop

Terus karena saya beli inaco *puding jelly kecil-kecil itu loh, biar keliatan cantik saya masukin ke dalam kotak yang dibuat ala kandang anjing. Tadinya mau saya taruh dipiring saja, tapi pas dapat ide dari temen oh iya ya, bikin ala kandang doggy aja deh. 

Sebenarnya kalau gugling ide ultah paw patrol banyak banget yang pakai kandang anjing bahkan tempat makan anjing untuk makanan. Tapi berhubung ini sekolah Islam dan saya males diomongin jaga perasaan juga, ya sudah kandang anjing aja yang dipraktekin.

Tempat Inaco

Hari H Ulang Tahun Raffi

Akhirnya tiba hari H ultah Raffi, 3 September 2018 kemarin. Pagi-pagi saya antar Raffi sekolah sambil bawa beberapa perlengkapan ultah. Pokoknya 3 kali saya bolak balik ke sekolah untuk bawa pritilan sambil antar.

Yang paling beda, beberapa tahun kemarin saya pakai gocar dan tahun ini saya bawa perlengkapan ultah Raffi naik mobil sendiri. Alhamdulillah :"). Duh jadi mellow kalau inget :").

Jam 11.30, saya sudah siap di sekolah sambil dekor pelan-pelan. Raffa dipegang papih, cuma butuh waktu setengah jam untuk menyiapkan sendiri. Sayangnya, ibu-ibu sekolah telat datangnya jadi pas nyampe udah kelar ngehias semua. Dan untungnya ada OB yang bantuin masang-masang jadi cepet hihihi.

Yang lucu, karena ultah ini saya ngasih tiupan terompet gitu anak-anak rame banget niupnya sampai missnya susah nenangin anak-anak. wkwkwk. Maaf ya Miss. Yang penting anak-anak seneng xD.

Raffi yang memang sudah tidak sabar ulang tahun udah langsung duduk di kursi ultahnya. Acara dimulai dengan menyanyi masing-masing kelas lalu kemudian tiup lilin. Makan bersama dan bagi gudibek. Udah selesai. Hahahaha, ultah ya gini aja emang kalau di sekolah.

Cuma yang tidak akan pernah saya lupakan kenapa selalu bikin ultah Raffi itu senyumnya. Senyum bahagia Raffi merayakan ulang tahun. Itu langsung nyiram semua rasa capek saya mempersiapkan ultah sebulanan ini :").

Alhamdulilllah ya Raffi :").

Pas pulang, semua anak-anak dapat balon jadi mereka seneng semua. Raffi juga buru-buru pulang karena pengen cepet buka kado, padahal ibunya masih beres-beres :v. Yaaaa namanya juga anak-anak :v.

Senyum di hari ultah

Keluarga R

Brother

Anak-anak yang penting hepiiii

Biaya Ulang Tahun 

Ini untuk buat anak 45anak ya
Kertas warna-warni  30ribu
Ngeprint ke digital printing : 200ribu lebih kurang
Paper bag 40ribu
Pensil, penggaris, setip, serutan 160ribu
Lolipop 42ribu
Balon biru kuning 50ribu
balon foil 10ribu
tangkai balon 20ribu
Kantong plastik 20rb
Glitter glue 121
Gift box, doiles 52ribu
table cover 14500
terompet kecil 20ribu
banner 10ribu
Tempat kue dan sendok 7rb
celengan 75ribu
gelembung sabun dan fundoh 100ribu
cemilan anak (simba crackers, susu, selai olay, inaco, 300rb
Makan siang anak (45 anak) dan guru 700ribu
Puding 220rb
Kue tar bread talk 225rb
Gift miss gratis
Jco 100ribu
Total 2,5juta

Alhamdulillah, ultah Raffi berjalan lancar. Dia senang, teman-temannya senang dan sayanya capek wkwkkw. Tapi lega dan seneng karena bisa bikin peritilan sendiri.

Terima kasih ya Raffi sudah hadir dalam hidup Mamih Papih. Jadilah anak yang sehat, bahagia, cerdas, kreatif dan penuh sayang. Selamat ulang tahun ya, Nak. Anak yang lahir setelah kemoterapiku, anak yang menjadi semangat hidupku dan anak yang selalu menginspirasiku. Terima kasih memilih Mamih jadi Ibumu. Dan kami, Papih Mamih Adik sayang Kakak Raffi.

Love you Nak!


Semoga menginspirasi ya buat yang cari ide ultah anak laki-laki. Salah satunya adalah DIY Paw Patrol Birthday Party yang saya bikin untuk ultah Raffi ke-5. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

20 comments:

  1. gimana kagak idolain ni bloher alamak mau bikang keren n kasi jempol tangan kaki juga ga cukup 😂

    terbaiqueeeeeeee 😍😍😍

    selamat ultah y kaka Raffi

    ReplyDelete
  2. Beuhhh kerennnn,, terharu liatnya huhu.

    ReplyDelete
  3. Aduh Mba Echa, andai dekat sini. Aku sewa deh buat bikinin ultah Salfa haha. Anaknya udah mau 5 tahun tapi emaknya belum sanggup ngasih kek gini..

    Salam buat kakak Raffi

    ReplyDelete
  4. maaakkkkk.... aku gak bisa berkata kata...mak echa kerennn bangetttt

    ReplyDelete
  5. Wowww ini keren bgt super mom banget ih mba echa 😍 aku jg pengen bisa bikin ultah begini tp sadar diri jadi mundur cantik aja deh hehe

    ReplyDelete
  6. Zuper zekali mbk echaaaa... mamak kerennnn. Aku takjub beneran dah.

    Btw selamat ulang tahun abang Raffi, semoga jd anak yg sholeh, sehat selalu, bahagia dan sukses dunia akhirat, pokoknya yg baik2 deh. Aamiin aamiin ya robbal'alamiin

    ReplyDelete
  7. selamat ulang tahun raffi..:) semoga panjang umur dan sehat selalu

    ReplyDelete
  8. Saluuuut, kereeen mbaaa. Semua dibikin sendiri, kebayang sih repotnya apalagi kalo ga sabaran. Aku aja kalo bisa sabar, mau sih bikin sendiri drpd ujung2nya gagal hanya krn aku ga telaten wkwkwkwk... Isian goodie bagnya aku sukaaa ih. Lbh bermanfaat drpd kalo isinya permen dll :D.

    Srlamat ulang tahun ya Rafii.. Jadi anak baik, sehat selalu dan jadi kebanggaan papa mama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih doanya mak
      iya ini gudibeknya biasa ae murmerrrrr

      Delete
  9. Metulang tahun Raffi, tambah pinter, sehat selalu ya.
    DIY birthday partynya keren, nih Raffi pasti seneng dibikinin ginian. Emaknya kreatif dan telaten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba li seneng banget dee
      makasih banyak mbak

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^