Kenapa Harus Memiliki Toko Online Sendiri? Ini Alasannya!

Kenapa harus punya toko online sendiri

Dalam beberapa tahun terakhir toko online semakin berkembang dalam mendorong penjualan produk melalui kanal digital. Banyak perusahaan baru bermunculan berkat adanya toko online. Bahkan, jika dulu sebagian penjual hanya berperan sebagai reseller atau dropshiper, kini tak sedikit yang sudah bisa memproduksi barang sendiri.

Banyak cerita sukses yang bisa dipetik berkat pemanfaatan toko online untuk mendongkrak penjualan. Hal tersebut tentu menjadi salah satu alasan kenapa kamu harus memiliki toko online sendiri untuk mengakomodir penjualan.

Membuat website toko online sendiri saat ini sudah semakin gampang berkat adanya layanan seperti WordPress dan Shopify. Kamu hanya perlu menyewa nama domain dan Cloud VPS murah bulanan untuk menampung ribuan traffic dari calon pelanggan.

Baca juga : apa itu web server

Agar lebih yakin, berikut sudah kami rangkum beberapa manfaat memiliki toko online sendiri yang bisa dijadikan sebagai referensi. Gampangnya, anggap saja website toko online sebagai aset digital yang bisa menambah nilai brand kamu di mata calon pelanggan.

Alasan Kenapa Harus Memiliki Toko Online Sendiri


Berjualan menggunakan marketplace seperti tokopedia, bukalapak, olx, shopee, dan lain sebagainya memang tidak ada salahnya. Akan tetapi, beberapa alasan berikut ini kayak dipertimbangkan untuk membuat website toko online sendiri.

Baca juga

1. Memperkuat Brand


Alasan pertama kenapa kamu harus memiliki toko online sendiri adalah faktor brand value. Pasalnya, jika kamu melakukan aktivitas jual-beli lewat marketplace maka para konsumen hanya akan mengenal brand marketplace yang digunakan. Seiring berjalannya waktu mungkin ada beberapa pelanggan tetap yang ingat dengan nama toko atau merchant tempat kamu jualan, tapi itu hanya sebagian kecil saja.

Dengan memiliki website toko online sendiri otomatis konsumen akan mengingat logo, nama domain, serta elemen branding yang digunakan. Jadi, jika mereka membutuhkan produk yang sama maka akan langsung kepikiran dengan toko onlinemu.

Terlepas dari itu, jualan di marketplace juga relatif lebih rumit karena di satu platform calon pelanggan bisa menemukan produk sejenis yang dijual oleh kompetitor.

2. Meminimalisir Persaingan dalam Satu Platform


Layaknya kondisi di pasar konvensional, kompetisi antar penjual di marketplace juga mengharuskan setiap toko untuk rela melakukan strategi perang harga, karena jika tidak dilakukan calon pelanggan bisa dengan mudah menemukan produk serupa dengan harga lebih menarik di tempat lain.

Situasi ini tentu tidak akan ditemukan ketika kamu memiliki website toko online sendiri. Pasalnya, seluruh produk yang dijual adalah produk dari tokomu dengan harga yang sudah diatur sesuai margin keuntungan yang ingin didapatkan. Sangat menarik, bukan?

3. Lebih Fleksibel


Bagi penjual, memiliki toko online sendiri akan memberikan kebebasan dan fleksibilitas yang tidak bisa didapatkan ketika berjualan di marketplace. Apa saja fleksibilitas yang akan didapatkan?

Kamu bisa menjual berbagai kategori produk, jasa, atau layanan tanpa adanya moderasi, bebas menentukan harga jual tanpa perlu khawatir adanya persaingan, bebas menentukan promo, dan lain sebagainya.

Jika ada perselisihan atau masalah dengan pelanggan proses penyelesaiannya juga lebih cepat karena tidak harus berhubungan dengan pihak petiga.

4. Tidak Ada Potongan Penjualan


Seperti kita ketahui, berjualan produk atau jasa di marketplace pihak ketiga terkadang membebankan biaya administrasi atau komisi setiap terjadi penjualan. Hal ini tentu tidak terjadi ketika kamu membangun website toko online sendiri karena seluruh kontrol kebijakan bisa diatur sesuka hati.

5.Terhubung Langsung dengan Pelanggan


Keberadaan website toko online sedikit banyak mampu memudahkan konsumen untuk mendapatkan pelayanan. Mulai dari konsultasi produk/jasa yang dijual, customer service, support after sales, dan lain sebagainya.

Jualan lewat marketplace memang mampu memberikan banyak kemudahan, namun di sisi lain penjual juga memiliki keterbatasan dalam berbagai hal. Maka dari itu, tidak heran jika belakangan ini banyak pebisnis yang mulai berinisiatif membangun toko online sendiri selain menggunakan marketplace.

6. Meningkatkan Repeat Order


Selain terkesan lebih eksklusif dan profesional, memiliki website toko online sendiri juga berpeluang meningkatkan repeat order. Bagaimana caranya? Di masa mendatang kamu bisa membuat sistem member area dengan memanfaatkan data kontak pelanggan. Fitur ini bisa dibekali dengan poin atau cashback khusus sehingga pelanggan lama akan tertarik untuk membeli lagi.

Metode ini sendiri sudah lazim digunakan dalam bisnis di dunia offline, dengan memiliki website toko online sendiri kamu pun bisa melakukan strategi yang sama untuk meningkatkan penjualan.

Dari beberapa alasan di atas bisa disimpulkan bahwa memiliki toko online sendiri merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan agar bisnis bisa terus berkembang. Tips dari dari kami, segera buat website toko online mulai dari sekarang. Agar lebih mudah ditemukan, kamu bisa mempromosikan website toko online melalui strategi online marketing seperti iklan di Facebook, Google, hingga Instagram.

Selamat mencoba.

Komentar

  1. Wah bagus nih ulasannya mengenai alasan harus memiliki toko online sendiri. Ternyata memang banyak banget ya keuntungannya kalau kita memiliki toko online sendiri. Terima kasih yaa sharingnya

    BalasHapus
  2. Betul juga ya mom dengan kita punya toko online sendiri ini lebih banyak untungnya seperti memperkuat brand dan meminimalisir persaingan. Kalau satu platform banyak produk sejenis. Good idea nih

    BalasHapus
  3. Kalau saat ini,
    punya toko online itu gak "cuman" majang barang ya Cha, tapi lebih ke edukasi dengan skill bahasa copywriting tingkat dewa

    untuk enabler, udah ada beberapa deh kayaknya di Indonesia, jadi ga usah punya website perusahaan pribadi, "nebeng" aja di ecommerce enabler

    BalasHapus
  4. Nah iya, benar juga ya, Mbak, kalau punya toko online sendiri bisa memperkuat brand dan membuat konsumen lebih percaya untuk order. Dan biasanya bisa membuat konsumen melakukan repeat order

    BalasHapus
  5. Iya juga ya, sebagai pembeli aja, kalau di marketplace saya juga cari barang dengan harga termurah. Membandingkan dari beberapa seller yang menjual barang yang sama.

    Kalau punya toko online sendiri, nggak ada saingan

    BalasHapus
  6. Iya nih mba. Walau saya hanya tukang make up, saya juga punya website sendiri www.makeupbydyah.com untuk branding juga.
    Tapi masih agak lambat mengisi konten di sana hehe

    BalasHapus
  7. Mempunyai toko sendiri ternyata banyak keuntungan ya mak. Lebih percaya diri dan bisa dekat dengan pelanggan.

    Bener sih kalau di marketplace banyak saingan, perang harga dan ada potongan.

    BalasHapus
  8. Punya toko online sendiri rasanya memang lebih mantap dan lebih percaya diri ya, Mbak. Dan bener, branding menjadi lebih kuat.

    Coba liat2 harga VPSnya aah!

    BalasHapus
  9. Punya toko online sendiri rasanya memang lebih mantap dan lebih percaya diri ya, Mbak. Dan bener, branding menjadi lebih kuat.

    Coba liat2 harga VPSnya aah!

    BalasHapus
  10. Kalo punya toko online sendiri kita bisa leluasa konsultasi, tanya jawab tentang produk yang mau dibeli sama calon Customer. Seringnya emang repeat order

    BalasHapus
  11. Wah iya, buat pemilik bisnis online, punya toko online sendiri jadi lebih mudah dalam mengembangkan bisnis ya mbak
    Lebih cepat bertansaksi dgn pembeli

    BalasHapus
  12. Sekarang menurutku emang wajib punya toko online mba. Karena ini bisa represntatif dari sebuah produk. Bagus nih toko online dengan banyak keunggulan. Termasuk tak ada potongan penjualan

    BalasHapus
  13. Sekarang udah banyak banget toko online ya, meskipun ga punya modal banyak juga udah bisa jualan online pakai sistem dropship.
    Tapi paling enak sih memang punya toko online sendiri ya jadi kendali juga ada di kitanya & pastinya harus punya stratego online marketing supaya bisa meningkatkan penjualan

    BalasHapus
  14. Udah kayak tren sih punya olshop sekarang. Soalnya orang orang juga udah jadiin belanja online sebagai kebutuhan primer dan bahkan kalo gak belanja seharipun rasanya ada kurang haha, jadi memang banyak keuntungannya..

    BalasHapus
  15. Iya, punya web jualan sendiri lebih nyaman ya lebih personal dan akrab dengan para pembeli, aku dulu bikin web sendiri pas masih buka Toko Nabihah, kalau di marketplace saingannya bejibun, perang harga dan potongannya besar ya...

    BalasHapus
  16. Walopun udah punya toko online di marketplace, punya toko online dengan brand sendiri emang keharusan ya. Biar brandingnya dapet, terpercaya, bonafid. Manfaaynya juga banyak pastinya. Toh sekarang, untuk bikin toko online tidak susah, terjangkau pula harganya.

    BalasHapus
  17. Punya toko online sendiri tuh banyak manfaatnya apalagi kita bisa mengatur toko kita secara leluasa, thats why waktu mulai jualan online buka toko online sendiri

    BalasHapus
  18. Aku masih nebeng marketplace mba toko online ya heheheh. Kalau udah punya web sendiri kudu makin semangat jualan nih makasih tipsnya mba bermanfaat banget.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!