Cerita Kehamilan Bulan Kesembilan


Cerita Kehamilan Bulan Kesembilan. Yuhuuu, tidak terasa kehamilan saya sudah masuk dibulan ke-9. Bulan demi bulan saya ceritakan diblog ini, dengan harapan nanti anak bisa membaca cerita mereka dan tahu kalau saya (plus papih) suaaaayaaaang banget sama mereka :").


Untuk bulan-bulan sebelumnya, silahkan dibaca :
Kehamilan Bulan ke-1
Kehamilan Bulan ke-2
Kehamilan Bulan ke-3
Kehamilan Bulan ke-4
Kehamilan Bulan ke-5
Kehamilan bulan ke-6
Kehamilan bulan ke-7

Kehamilan bulan ke-8

Tapi cepat ya rasanya :"). Perasaan kayak baru testpack saja, maklumlah kehamilan yang sekarang memang perlu perjuangan. Karena sebelumnya saya keguguran spontan  dan selang sebulan tiba-tiba hamil kembali. Jadi, yang lagi ikhtiar untuk mendapatkan momongan tetap semangat ya \m/. Karena Gusti Allah mboten sare :*. 

Saking rajinnya memperhatikan kehamilan kali ini, setiap bulan saya mengabadikan foto "perut buncit" dengan pakaian yang sama. Untungnya juga baju gamis itu masih cukup, secara saya BMI udah overweight dan selama hamil cuma naik 6-8 kilo selama 9 bulan. Jadi memang cuma perutnya saja yang membesar dan alhamdulillah janin tidak kurang sesuatu apapun. Sehat!.

Oh ya, ide foto hamil ini gegara liat di pinterest (Thanks banget buat orang-orang kreatif dipinterest). Dan baru saat hamil kali ini bisa direalisasikan, soalnya pas Raffi cuma foto hamilnya dikit banget. Tapi tidak apa-apa ya Raffi ya, mamih tetap saaaayang sama kamu :*. Makanya di foto kehamilan kali ini, saya kadang mengikutsertakan Raffi sambil pegang perut dll. Padahal sebenarnya sih, Raffi lagi gangguin mamihnya foto :v. 


Dan ini foto perut kehamilan saya dari bulan ke bulan
Jangan lupa dicoba loh ya ^^
Buat kenang-kenangan :")

Perkembangan Janin Bulan ke-9

Saat diperiksa di minggu ke-36 HPHT, berat badan bayi di sekitar 2,6kg. Saya memang sangat menjaga biar tidak kegedean bayinya. Berasa banget loh lahirin Raffi waktu itu 4 kg. Jadi perkiraan saya di sekitar 3 kilo saja bb lahirnya nanti. Tapi sebenarnya bukan itu sih alasan utama, saya kan punya penyakit syaraf kejepit jadi kalau beban tubuh terlalu berat sakitnya ampun-ampun. Makanya dengan dokter juga disarankan tidak terlalu banyak mengkonsumsi gula dan yang manis-manis. Padahal nih ya kalau boleh jujur, saya itu kepengeeeeeen banget sama yang namanya kue coklat dan sejenisnya. Kayaknya diotak itu lezat banget :"). Tapi ya ditahan makan cuma dikit, mending bayinya gede diluar daripada gede didalam kandungan kan ^^.

Pada kehamilan bulan kesembilan, paru-paru janin sudah matang dan sempurna. Selain itu karena ruang geraknya yang terbatas, janin akan menekuk tungkai kaki dan tangan. Mungkin karena dah sempit juga, gerakan janin terasa banget dibulan-bulan ini.

Untuk posisi sudah menghadap kebawah, tapi melintang kekanan. Huhuhu. Harus lebih rajin lagi diposisi sujud ini keknya. Hayo dek, kita sama-sama berjuang ya. Semoga pemeriksaan seminggu berikutnya posisinya sudah pada tempatnya. Bismillah. 


Karena posisi bayi melintang itulah saya jadi mellow yellow dan cemas. Soalnya dokter kandungan bilang, kalau masih melintang harus dioperasi caesar :"(. Sedangkan saya berdoa untuk bisa normal biar dapat kelas VIP dengan harapan Raffi bisa ikut masuk kerumah sakit. Lah kalau sesar kan mau tidak mau pilih kelas 2 atau 3 biar dicover asuransi. Dan kalau dirawat dikelas 2 atau 3 jadinya Raffi tidak bisa ikutan masuk kerumah sakit. Kan tidak ada yang jagain kebetulan huhuhu. 

Tapi lagi-lagi, papih ngasih semangat. Berdoa yang terbaik biar mudah dijalanNya apa saja. Doain yaaaaa...

Kondisi Ibu Hamil dibulan ke-9

Keluhan kehamilan di tri semester akhir ini makin banyak sih ya. Yang pasti saya sudah susah tidur dan susah ngetik (yup perut rasanya sudah mentok :v). Tapi walau melekan dan susah tidur, papih ikut menemani saya. Mulai dari dipijeti, dielus, dibikinin minuman hangat atau makanan sampai didengarkan cuma curhat doang jam 2-3 pagi :v dia jabanin :v. Aaaaah, pas kayak gini kerasa banget sayangnya suami sama saya :").

Saya juga sudah mengalami yang namanya kontraksi palsu walau tidak sering. Well, tahu sendiri kan saya sudah kontraksi itu dari umur kehamilan 6 bulan :v. Jadi menghadapi kontraksi palsu atau biasa disebut Braxton Hicks, rada santai. Paling efeknya ya tidak bisa tidur itu. Soalnya sekarang kan sudah tidak boleh lagi minum obat anti kontraksi (Bricasma). Jadi ya, lumayan sesuatu sampai keringet dingin kadang. Hehehe.

Btw, saya masih anter Raffi kesekolah sampai saat ini. Padahal ibu-ibu macan ternak (mama cantik anter anak) sudah pada ngelarang jangan naik motor takut ada apa-apa. Tapi gimana lagi toh, yang mau anter jemput siapa? Secara kami memang tidak pakai pembantu :D. Disuruh naik taksi, omg pp 60 ribu lumayan buat saya bisa beli makan :v. Yah, lagi-lagi bismillah saja dan ada jalan sendiri-sendiri. Semangaaat \m/.

Terus saya juga mulai senam dan yoga hamil. Lalu nyoba hypnobirthing ala-ala juga sih. Yah lumayan numbuhin sugesti positif bahwa persalinan yang akan terjadi akan lancar dan ibu bayi sehat. Itu saja sih, secara rasa 'cemas' memang wajar terjadi menjelang proses melahirkan.

Road to Brojolan

Tas untuk kerumah sakit sudah siap, termasuk dokumen yang diperlukan. Kan bisa kapan saja terjadi persalinan mah ya, jadi kudu siaga. Untuk perlengkapan bayi juga sudah lengkap semua insyaAllah. Lumayan juga sih nyicil mulai kehamilan dibulan ke-7 belanjanya. Belanja banyaknya waktu itu pas lagi ada promo perlengkapan bayi. Pan jadi murmer pisaeun. Apalagi stok diapers Goo.N banyak banget buat menyambut kelahiran bayi ^^. Alhamdulillah pokoknya mah.


Baca juga : perlengkapan melahirkan yang dibawa ke rumah sakit

Yeay, stok diapersnya banyak \m/

Terus apalagi ya... Oh iya, kami juga sudah mulai menyiapkan nama buat baby R. Yang pasti nama depannya Raffa. Biar gampang manggilnya kek kakaknya, Raffi-Raffa gitu maksudnya. Untuk nama panjangnya nanti saja yaaaa kalau dah lahiran hihihi. Tapi emang rada rempong ya cari nama itu, apalagi nama itu adalah doa :").

Sekarang tinggal menanti mules kontraksi aslinya dan berdoa semoga posisi pas sudah dijalan lahir. Sambil berdoa lahirannya bisa normal, lancar, mudah dan semuanya sehat sempurna. Bismillah.

Bulan November ini sebenarnya bulannya kami yang penuh cinta *halah. Secara bulan ini adalah anniversary nikah, ulang tahun cucuth dan ulang tahun saya. Makanya, kelahiran bayi ini akan jadi kado buat kami semua ^^. Feeling saya sih sekitar di minggu ke-3 gitu...kemungkinan sih ya :D.

Minta doanya agar persalinan saya lancar ya teman-teman semua. Mohon maaf kalau saya ada salah kata dan sikap, lahir batin dan semoga hati sama-sama bersih. Makasih juga sudah bersedia membaca cerita galau kehamilan dari awal hingga bulan ke-9 ini :"). Semoga tulisan dan blog saya banyak manfaatnya. Aamiin.

Menanti si bayi hadir di cerita kehamilan bulan kesembilan ini. Bismillah lancar \m/.


[Sponsored Post]

36 comments:

  1. Aminn,,amin semoga lancar dan sehat selalu 😙.

    ReplyDelete
  2. Amiiin..sehat ya mbak sampai lahiran..suka lihat perempuan lagi hamil.Kesannya cantik banget :)

    ReplyDelete
  3. Mudah2an normal ya? Eh masih bs normal ya ternyata? Tapi walaupun normal atau sesar yang pentingnya si baby R nya sehat wal afiat ya saat lahir. Semua pasti udah ada jalannya :)
    Ibunya juga sehat. Aku doakan dari jauh ya.

    ReplyDelete
  4. Maaak, smoga lancar persalinannya. ibu dan baby sehat aminn

    ReplyDelete
  5. Sehat selalu bu. Sebentar lagi melahirkan, semoga anaknya cowok hehe

    ReplyDelete
  6. Mudah2an persalinannya lamcar,ibu dan bayi sehat...^^

    ReplyDelete
  7. selamat ya mbak mau melahirkan...gambarnya lucu deh yg bawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi ini foto diremake lagi ^^. doain yaa

      Delete
  8. Semangat ya, Echaaa
    Lancar buat lahirannyaaa :)

    ReplyDelete
  9. Semoga bisa lahiran dengan lancar ya Mba'.. :)

    ReplyDelete
  10. Wah bentar lagi babynya launching. Moga lancar semua ya mbak :D

    ReplyDelete
  11. sehat terus mba Echa, relaaxx....heheh sotoy ya aku kayak yg pernah lairan aja hihii

    ReplyDelete
  12. Lengkap banget nih tulisannya mulai dari kehamilan bulan 1 sampe yang ke 9. Kalo udah ngebaca yang bulan pertama, terus aja pengen baca bulan kedua. Gitu terus sampe masuk bulan yang ke 9.

    ReplyDelete
  13. mantep nih,, tulisannya kayak diary aja lengkap banget :) seneng banget bisa baca ceritanya pas lagi hamil :)

    ReplyDelete
  14. selamat ya mbak, udah 9 bulan, bentar lagi melahirkan :)

    ReplyDelete
  15. Seru cerita kehamilannya hihi
    Semoga lancar persalinannya Mba Echa.. Ibu dan dedek bayi sehat dua-duanya ya. Aamiin

    ReplyDelete
  16. Semoga diberi kelancaran dalam persalinan nanti mba, sehat selalu. ini kehamilan yang kedua yah?

    ReplyDelete
  17. Semoga lancar lahirannya, Mbak. Ditunggu foto si kecilnya. :) Hehehe

    ReplyDelete
  18. Semoga proses persalinannya nanti lancar ya Mbak, amin ya rabb... Salam kenal dari #BloggerPontianak

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^